Gampang! Begini Cara ke Kampung Inggris dari Stasiun Papar

Untuk menuju Pare Kampung Inggris menggunakan kereta api, rata-rata orang akan turun di Stasiun Pare Kediri atau Stasiun Papar. Namun, masih banyak yang bingung bagaimana cara ke Kampung Inggris Pare dari Stasiun Papar

Pare merupakan sebuah kota kecil yang terletak di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, yang terkenal sebagai pusat kursus bahasa Inggris terbesar di Asia Tenggara. Banyak orang yang datang ke Pare untuk memperdalam kemampuan bahasa Inggrisnya. Selain itu juga untuk mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda dari yang ada di kota-kota besar.

Bacaan Lainnya

Di artikel ini, akan membahas berbagai macam transportasi yang bisa kamu gunakan.

Ke Kampung Inggris Naik Apa?

Transportasi ke Kampung Inggris dari Stasiun Papar

Jarak yang dapat kamu tempuh dari Stasiun Papar Kediri ke Kampung Inggris Pare adalah sekitar 18 km. Sedangkan waktu tempuh sekitar 30 menit (tergantung kondisi lalu lintas). 

Berikut ini berbagai jenis transportasi yang dapat kamu gunakan untuk pergi ke Kampung Inggris Pare dari Stasiun Papar Kediri. 

Taxi atau Ojek Online

Untuk memudahkan perjalanan ke Kampung Inggris Pare dari Stasiun Papar Kediri, kamu dapat menggunakan taksi atau ojek online seperti Gojek atau Grab. Harga untuk menggunakan taksi atau ojek online ini bervariasi, tergantung pada jarak dan waktu tempuh. Namun, biaya rata-rata untuk menggunakan taksi atau ojek online adalah sekitar Rp50.000 hingga Rp80.000.

Untuk mendapatkan taksi atau ojek online, kamu bisa memesannya di aplikasi masing-masing. Berikut adalah rute lengkap yang kamu lalui jika menggunakan taksi atau ojek online:

Keluar dari Stasiun Pare Kediri dan langsung menuju ke arah timur ke Jalan Raya Pare-Kediri. Tetap lurus di Jalan Raya Pare-Kediri sekitar 15 km hingga tiba di Jalan Raya Pare.

Setelah sampai di Jalan Raya Pare, belok kanan menuju Jalan Bahagia. Kemudian, melanjutkan perjalanan sekitar 2 km hingga tiba di Kampung Inggris Pare.

Travel

Travel juga merupakan salah satu pilihan transportasi yang dapat kamu gunakan untuk pergi ke Kampung Inggris Pare dari Stasiun Papar Kediri. Jenis transportasi ini adalah sebuah kendaraan berukuran kecil yang dapat menampung 7-10 orang penumpang dan akan berangkat jika sudah penuh. Biaya untuk menggunakan travel adalah sekitar Rp25.000 hingga Rp30.000 per orang.

Agar tidak kehabisan tempat duduk, kamu sebaiknya memesan travel terlebih dahulu satu hari sebelum keberangkatan. Kamu bisa memesan secara online dengan menghubungi jasa travel tepercaya yang dapat mengantar kamu ke Kampung Inggris Pare. Biasanya, mereka memiliki layanan antar jemput, jadi kamu bisa membuat kesepakatan jam berapa dan di mana akan dijemput.

Shuttle Bus

Selain menggunakan taksi atau ojek online, serta travel, kamu juga dapat menggunakan shuttle bus sebagai cara ke Pare Kediri dari Stasiun Papar. Shuttle bus adalah bus kecil yang melayani perjalanan dari Stasiun Papar Kediri ke Kampung Inggris Pare dengan waktu keberangkatan yang sudah ditentukan. Biaya untuk menggunakan shuttle bus ini sekitar Rp25.000 hingga Rp30.000 per orang.

Shuttle bus biasanya disediakan oleh beberapa sekolah bahasa Inggris di Pare. Jadi, jika kamu sudah mendaftar ke salah satu sekolah bahasa Inggris di Pare, kamu bisa menggunakan layanan shuttle bus mereka. Namun, jika kamu belum mendaftar, kamu masih bisa menggunakan layanan shuttle bus dengan membayar biaya tambahan.

Bus

Jika kamu ingin menggunakan transportasi umum, kamu juga bisa menggunakan bus dari Stasiun Papar Kediri ke Kampung Inggris Pare. Harga tiket bus ini bervariasi, tergantung pada jenis bus dan fasilitas yang tersedia. Namun, biaya rata-rata untuk menggunakan bus adalah sekitar Rp15.000 hingga Rp20.000 per orang.

Terdapat beberapa terminal bus yang dapat kamu gunakan sebagai alternatif:

  • Terminal Kota Kediri: Terletak sekitar 6 km dari Stasiun Papar Kediri, dapat kamu akses dengan taksi atau ojek online dengan biaya sekitar Rp20.000. Dari Terminal Kota Kediri, kamu dapat menaiki bus menuju Kampung Inggris Pare dengan biaya sekitar Rp15.000 hingga Rp20.000 per orang.
  • Terminal Plosoklaten: Terletak sekitar 14 km dari Stasiun Papar Kediri, dapat kamu akses dengan taksi atau ojek online dengan biaya sekitar Rp40.000. Dari Terminal Plosoklaten, kamu dapat menaiki bus menuju Kampung Inggris Pare dengan biaya sekitar Rp15.000 hingga Rp20.000 per orang.
  • Terminal Kandangan: Terletak sekitar 15 km dari Stasiun Papar Kediri, dapat kamu akses dengan taksi atau ojek online dengan biaya sekitar Rp45.000. Dari Terminal Kandangan, kamu dapat menaiki bus menuju Kampung Inggris Pare dengan biaya sekitar Rp 15.000 hingga Rp 20.000 per orang.

1. Jenis Bus yang Tersedia dan Jam Operasional

Terdapat beberapa jenis bus yang tersedia menuju ke Kampung Inggris Pare, antara lain adalah:

  • Bus Mini: Bus mini atau bus mikro, merupakan jenis bus kecil dengan kapasitas penumpang sekitar 10 hingga 20 orang. Bus ini biasanya memutar jalur-jalur kecil dan berhenti di banyak titik di sepanjang jalan. Tarif bus mini dari Terminal Kota Kediri ke Kampung Inggris Pare adalah sekitar Rp 15.000 hingga Rp 20.000 per orang.
  • Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP): Bus AKAP merupakan jenis bus besar dengan rute yang jauh, menghubungkan antar kota dan provinsi. Tarif bus AKAP dari Terminal Kota Kediri ke Kampung Inggris Pare adalah sekitar Rp 15.000 hingga Rp 25.000 per orang.

Jam operasional bus di Terminal Kota Kediri cukup luas, yaitu mulai dari pagi hari sekitar jam 06.00 hingga malam hari sekitar jam 20.00. Namun, jam operasional ini dapat berbeda-beda tergantung pada jenis bus dan waktu keberangkatan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengecek jadwal keberangkatan bus terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan transportasi umum dari Terminal Kota Kediri menuju Kampung Inggris Pare.

2. Rute Menggunakan Bus

Berikut adalah rute lengkap yang dilalui jika menggunakan bus:

  • Keluar dari Stasiun Papar Kediri dan langsung menuju ke terminal bus terdekat. Naik ke bus yang tujuannya ke Kampung Inggris Pare. 
  • Setelah sampai di Kampung Inggris Pare, turun dari bus dan langsung menuju ke lokasi yang dituju.
  • Untuk menuju Kampung Inggris Pare menggunakan bus, kamu dapat turun di Terminal Pare. Terminal ini terletak di Jalan Raya Pare, sekitar 2 km dari Kampung Inggris Pare. 
  • Setelah turun di Terminal Pare, kamu dapat melanjutkan perjalanan menuju Kampung Inggris Pare dengan menggunakan taksi, ojek online, atau becak. Biaya untuk menggunakan taksi atau ojek online dari Terminal Pare ke Kampung Inggris Pare adalah sekitar Rp10.000 hingga Rp20.000, sedangkan biaya untuk menggunakan becak adalah sekitar Rp5.000 hingga Rp10.000.
  • Namun, kamu juga dapat berjalan kaki dari Terminal Pare ke Kampung Inggris Pare yang memakan waktu sekitar 20-30 menit.

Kelebihan dan Kekurangan Masing-Masing Transportasi

Pilihan Transportasi ke Kampung Inggris dari Stasiun Papar

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan masing-masing transportasi untuk menuju ke Kampung Inggris Pare dari Stasiun Papar Kediri:

Taksi atau Ojek Online

Kelebihan:

  • Praktis dan cepat
  • Bisa kamu pesan kapan saja
  • Lebih fleksibel karena bisa langsung diantar hingga ke tempat tujuan
  • Tidak perlu khawatir tentang parkir kendaraan

Kekurangan:

  • Harga bisa cukup mahal terutama jika dibandingkan dengan transportasi lain seperti bus atau mobil travel
  • Tergantung pada ketersediaan ojek atau taksi di daerah tersebut

Mobil Travel

Kelebihan:

  • Harga yang terjangkau daripada naik taksi atau ojek online
  • Tidak perlu repot membawa kendaraan sendiri
  • Lebih aman dan nyaman karena biasanya lengkap dengan fasilitas AC dan jeda perjalanan

Kekurangan:

  • Jadwal keberangkatan yang lebih terbatas daripada naik taksi atau ojek online
  • Tergantung pada jumlah penumpang dan tujuan 

Shuttle bus

Kelebihan:

  • Harga yang lebih terjangkau daripada naik taksi atau ojek online
  • Lebih cepat daripada menggunakan bus umum karena tidak berhenti di banyak tempat
  • Terdapat pilihan jadwal keberangkatan yang lebih banyak daripada naik mobil travel

Kekurangan:

  • Jadwal keberangkatan terkadang tidak selalu sesuai dengan jadwal perjalanan kamu
  • Tergantung pada jumlah penumpang dan tujuan
  • Tidak setiap tempat kursus memberikan layanan shuttle bus

Bus

Kelebihan:

  • Harga yang paling terjangkau daripada naik taksi atau ojek online dan mobil travel
  • Banyak pilihan jadwal keberangkatan dari berbagai terminal
  • Lebih aman dan nyaman karena lengkap dengan fasilitas AC, tempat duduk yang cukup, dan toilet

Kekurangan:

  • Waktu tempuh yang lebih lama daripada naik taksi atau ojek online dan mobil travel
  • Kadang-kadang berhenti di banyak tempat sehingga memakan waktu lebih lama

Setiap jenis transportasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihan tergantung pada kebutuhan dan budget kamu. Jika kamu mengutamakan kenyamanan dan fleksibilitas, taksi atau ojek online mungkin menjadi pilihan terbaik. 

Namun, jika kamu mengutamakan harga yang terjangkau, maka bus bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Mobil travel bisa menjadi pilihan alternatif yang nyaman dan terjangkau.

Tips dan Catatan Penting

Tips ke Kampung Inggris dari Stasiun Papar

Selain mengetahui cara menuju Kampung Inggris Pare dari Stasiun Papar Kediri dan kelebihan serta kekurangan dari setiap jenis transportasi. Ada beberapa tips dan catatan penting yang perlu kamu perhatikan saat akan melakukan perjalanan ke kampung ini, yaitu:

1. Cari Informasi tentang Jadwal Keberangkatan

Sebelum melakukan perjalanan ke Kampung Inggris Pare, pastikan untuk mencari informasi terkait jadwal keberangkatan transportasi yang akan digunakan. Informasi ini bisa kamu lihat melalui website resmi operator transportasi atau langsung bertanya kepada petugas di terminal atau stasiun.

2. Siapkan Biaya yang Cukup

Pastikan untuk menyiapkan biaya yang cukup untuk perjalanan. Biaya yang kamu perlukan dapat berbeda-beda tergantung pada jenis transportasi yang kamu gunakan dan jarak tempuh yang harus ditempuh. Oleh karena itu, pastikan untuk memperkirakan biaya yang dibutuhkan dan menyiapkan uang tunai yang cukup.

3. Jaga Keamanan selama Perjalanan

Pastikan untuk selalu menjaga keamanan selama perjalanan. Jangan membawa barang berharga terlalu banyak, pastikan pintu kendaraan terkunci dengan baik, dan selalu berhati-hati saat berada di terminal atau stasiun.

Kesimpulan

Pilihan transportasi untuk pergi ke Kampung Inggris Pare dari Stasiun Papar Kediri sangatlah beragam, mulai dari taksi atau ojek online, travel, shuttle bus, hingga bus. Pilihlah jenis transportasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu, seperti waktu, biaya, dan kenyamanan. 

Jangan lupa untuk melakukan perhitungan terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan jenis transportasi tertentu agar tidak kehabisan uang selama di perjalanan. Semoga informasi tentang cara ke Kampung Inggris dari Stasiun Papar ini dapat membantu kamu dalam perjalanan.