Liburan kali ini mau ke Pare? Ya, liburan adalah kesempatan baik untuk belajar bahasa Inggris di Pare guna meningkatkan nilai TOEFL atau percakapanmu dalam bahasa Inggris. Sudah tahu cara ke kampung Inggris Pare dari Kediri naik apa? Nggak cuma biaya kursus saja yang perlu kamu tahu, rute dan transportasi pun perlu kamu cek sebelum tiba di Pare.

Lokasi Kampung Inggris Pare adalah di Kabupaten Kediri. Jadi sudah pasti tujuan utama kamu dari berbagai daerah adalah Kediri. Untuk sampai ke Kediri ini tentunya kamu bisa naik berbagai mode transportasi darat seperti bus, travel, atau kereta api menuju Stasiun Kediri atau Terminal Kediri. Aksesnya bisa kamu sesuaikan dengan yang ada di daerah asal kamu mulai berangkat.

Jalur Kedatangan Penumpang dari Luar Daerah ke Kediri

cara ke kampung Inggris Pare dari Kediri dengan kereta

Para pengunjung dari luar provinsi biasanya akan menempuh rute kedatangan ke Jawa Timur melalui bandara Juanda di Sidoarjo. Dari bandara, umumnya penumpang naik travel atau bus untuk tiba di Kota Kediri. Tujuannya bisa via terminal atau stasiun di Kediri jika menggunakan transportasi kereta api dari Sidoarjo atau Surabaya.

Pengunjung dari Surabaya juga menggunakan berbagai mode transportasi. Mulai dari travel, kereta api, bus, atau mobil pribadi. Travel dari Surabaya ke Kediri tarifnya sekitar Rp130.000, sedangkan travel dari Bandara Juanda  ke Kediri tarifnya sekitar Rp150.000.

Selain travel dan kereta api, pengunjung juga banyak yang memilih transportasi bus dari Surabaya atau daerah lain. Biayanya lebih terjangkau karena ada pilihan kelas, dari yang ekonomis sampai eksekutif.

Nah, setelah tiba di Kediri bagaimana caranya untuk sampai ke Kampung Inggris yang ada di Pare? Perlu kamu ketahui, Pare adalah nama sebuah perkampungan yang ada di daerah Jalan Brawijaya, Anyelir, Kemuning (Desa Pelem dan Tulungrejo), Kecamatan Pare, Kediri, di Jawa Timur. Inilah lokasi kampung Inggris yang akan kamu tuju.

Lalu, bagaimana cara ke Kampung Inggris Pare kalau kamu sudah sampai ke Kediri?

Cara Menuju ke Kampung Inggris dari Stasiun Kediri

Stasiun Kediri

Kalau kamu memilih jalur darat via kereta api dari kota mana pun, kamu akan turun di Stasiun Kediri. Ada banyak kereta yang melintasi Stasiun Kediri. Dari Bandung misalnya ada kereta Malabar, dari Ciamis ada kereta Kahuripan, dari Serang ada kereta Krakatau, dari Jakarta ada kereta Majapahit, Brantas, Krakatau, dan Matarmaja.

Oh ya, kamu mungkin nanya, stasiun di Kediri ada berapa? Jawabnya ada dua, yakni Stasiun Kediri dan Stasiun Ngadiluwih. Tapi, jalur kereta api dari luar kota umumnya akan berhenti di stasun kota saja, yaitu Stasiun Kediri.

Lalu, bagaimana cara ke Pare Kediri dari stasiun? Dari stasiun ini, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Kampung Inggris menggunakan beberapa pilihan transportasi: angkot dan ojek online.

1. Dari Stasiun Kediri ke Kampung Inggris Pare via Angkot

Untuk keluar dari Stasiun Kediri dan mencari angkot, kamu bisa naik becak yang mangkal di halaman stasiun. Kamu tinggal bilang mau ke Kampung Inggris, nanti becak akan mengantarkan kamu ke lokasi pemberhentian angkot. Kamu bisa sampaikan mau naik apa. Biaya becak ini sekitar Rp10.000.

Nah, kalau kamu memilih angkot, biayanya sekitar Rp25 ribu untuk sampai ke Kampung Inggris. Kamu bisa naik angkot P (Pare). Tapi, karena angkot sekarang agak sep, maka risikonya akan sering ngetem di jalan. Nah, kalau barang bawaanmu banyak, kamu mungkin akan sedikit repot.

Kalau kamu naik angkot, usahakan kamu sudah tahu lokasi kursus yang akan kamu tuju. Sebaiknya kamu memilih yang lokasinya di Jalan Brawijaya sehingga lebih mudah diturunkan oleh angkot.

2. Dari Stasiun Kediri ke Kampung Inggris Pare via Ojek

Selain angkot, di Stasiun Kediri juga biasanya tersedia ojek. Tarifnya sekitar Rp40.000 per orang. Layanan jasanya cukup beragam, pastikan kamu tahu kisaran harganya dan melakukan tawar-menawar agar nyaman dan aman selama menggunakan transportasi ini.

Selain biaya, pastikan juga memilih layanan yang tepercaya. Apalagi jika kamu masih baru pertama kali tiba di Kediri. Kamu harus memastikan mendapatkan layanan transportasi yang tidak hanya nyaman, tetapi juga aman.

3. Dari Stasiun Kediri ke Kampung Inggris Pare via Travel

Kamu yang sudah berniat menuju tempat kursus Kampung Inggris Pare dan transit di Stasiun Kediri, juga bisa menggunakan transportasi travel atau ojek yang tersedia di stasiun.

Tarif sewa travel di stasiun ini biasanya kisaran Rp150 ribu sekali jalan. Meski agak pricey, namun kendaraan travel ini bisa menampung hingga 5 orang. Namun tentu saja kamu tentunya harus benar-benar tahu harga kisarannya supaya tidak jadi korban calo.

Cara ke Kampung Inggris Pare dari Terminal Kediri

cara ke kampung Inggris Pare dari Kediri

Kalau kamu memilih kendaraan bus menuju ke Kediri, maka silakan memilih perberhentian di Terminal Kediri. Banyak bus-bus dari luar kota yang akan berhenti di terminal ini. Sebut saja misalnya bus Harapan Jaya dari Jabodetabek, Rosalia Indah dari Semarang, Yogyakarta, Solo, bus Lorena dari Lampung dan Pelabuhan Merak, dan bus Gunung Harta dari Bali.

Setelah sampai di terminal kamu harus naik apa lagi?

Nah, di terminal ini ada beberapa pilihan transportasi, yaitu angkutan kota (angkot) dan bus.

1. Dari Terminal Kediri ke Kampung Inggris Pare via Angkot

Opsi pertama, kamu bisa naik angkot dengan kode P (Pare). Tarifnya sekitar Rp20 ribu plus tambahan biaya untuk membawa barang-barang penumpang. Naik angkot ini lebih ideal karena kamu bisa minta turun di Kampung Inggris atau langsung di depan tempat kursus yang ada di sekitar Jalan Brawijaya.

2. Dari Terminal Kediri ke Kampung Inggris Pare via Bus

Kalau kamu tidak menemukan angkot P, alternatif lainnya kamu bisa naik bus yang menuju ke Malang (Puspa Indah). Ukuran bus ini sedang dan warnanya biru. Selain itu, ada juga bus-bus besar seperti Surya Indah, Hasti, Harapan Jaya, Jaya Mulya, dan Bagong. Bus tersebut adalah bus-bus besar yang akan melintasi Pare. Tarifnya sekitar Rp10 ribu.

Cara ke Kampung Inggris Pare dengan Taksi Online

Cara ke Kampung Inggris Pare dari kediri dengan pesan Taksi Online

Cara ke Kampung Inggris Pare yang lebih simple alias no ribet memang menggunakan transportasi online. Untuk bisa memesan angkutan online dari stasiu, kamu perlu jalan dulu keluar dari stasiun untuk bisa mengakses transportasi online tersebut. Cara ini bisa kamu lakukan kalau barang bawaan kamu tidak terlalu banyak.

Kalau mau lebih simple, kamu juga bisa naik becak dulu keluar stasiun dan mencari titik perhentian untuk bisa memesan angkutan online. Namun, secara biaya tentunya akan lebih mahal ketimbang transportasi angkot. Mari kita buat simulasinya.

1. Biaya Taksi Online dari Terminal Kediri

Misalnya saja kamu dari Terminal Kediri dan ingin naik transportasi online menuju ke Kampung Inggris. Jarak Terminal Kediri ke Kampung Inggris sekitar 30 kilometer. Jika kamu memesan taksi online maka biayanya bisa kamu hitung sesuai tarif yang berlaku di Kediri.

Saat ini kisaran tarif transportasi online per kilometernya antara Rp 10ribu hingga Rp12 ribu. Itu adalah kisaran paling minimal. Jadi, kalau kamu bisa kalikan dengan jaraknya yang sekitar 30 kilometer, maka kisaran biaya yang harus kamu keluarkan lebih dari Rp300 ribu.

Untuk mengakali biayanya, kamu bisa berangkat bersama 2-3 orang lainnya dan patungan. Cara ini tentu lebih ekonomis dibandingkan harus berangkat sendiri dari terminal.

2. Biaya Taksi Online dari Stasiun Kediri

Sedangkan kalau kamu tiba di Stasiun Kediri, jarak menuju ke Kampung Inggris bisa lebih dekat yakni 26 kilometer. Nah, kalau naik transportasi online tentunya akan lebih murah jika kamu tiba di stasiun ketimbang di terminal.

Cara ini jadi opsi yang paling nyaman atau ketika kamu bersama rombongan dengan barang bawaan yang banyak. Tentunya lebih aman dan nyaman menggunakan kendaraan roda empat karena bisa langsung antar ke alamat.

Ke Kampung Inggris Pare dengan Fasilitas Jemputan Lembaga Kursus

mobil jemputan ke kampung inggris pare dari kediri

Kalau kamu tidak ingin ribet merencanakan transportasi saat tiba di Kediri, sebenarnya kamu bisa memanfaatkan layanan prima dari penyedia jasa kursus di Kampung Inggris.

Beberapa lembaga kursus menyediakan layanan penjemputan untuk calon peserta kursus di terminal, stasiun, bahkan ada juga yang menyediakan layanan penjemputan hingga di Bandara Juanda, yang lokasinya di Sidoarjo.

Layanan penjemputan ini biasanya akan masuk paket Kampung Inggris yang kamu bayar. Lebih simple dan mudah, tetapi kamu tentunya harus bayar lebih mahal dan tidak bisa berpetualang mencoba berbagai transportasi yang ada di Kediri.

Cara Lain Menuju ke Kampung Inggris Pare

naik mobil ke kampung inggris pare dari kediri

Cara yang paling nyaman untuk sampai ke Kampung Inggris Pare tentu saja dengan kendaraan pribadi atau kendaraan rental yang kamu bawa dari kota domisilimu. Kendalanya mungkin kamu harus memastikan peta perjalanan yang tepat agar waktu kamu bisa lebih efisien.

Jika kamu punya rekan, teman, saudara, dan kerabat yang ada di Kediri, ini juga cukup menguntungkan karena kamu bisa mendapatkan arahan transportasi terbaik untuk sampai ke lokasi. Termasuk kemungkinan kamu untuk minta antar ke lokasi.

FAQ

Apakah di kawasan Kampung Inggris Pare tersedia travel untuk ke luar daerah?

Ya, setelah kamu berada di kawasan Kampung Inggris Pare, ada banyak pilihan travel kendaraan yang bisa membawa kamu ke luar kota. Para peserta kursus biasanya menggunakan travel ini bukan hanya untuk kendaraan pulang, tetapi juga untuk wisata dan jalan-jalan.

Apakah di Pare Ada Stasiun?

Di Pare ada stasiun, tetapi Stasiun Pare Kediri tersebut telah nonaktif. Stasiun Pare (PE) lokasinya di Pare, Kediri. Jadi, pilihan kamu untuk tiba dengan transportasi kereta api harus menuju ke Stasiun Kediri yang ada di Kediri.

Kapan waktu yang tepat untuk datang ke Kampung Inggris? 

Umumnya waktu liburan banyak jadi pilihan para peserta kursus. Tujuan para peserta antara lain akan mengikuti tes TOEFL untuk kuliah, beasiswa, pekerjaan, dan lainnya banyak berkunjung di waktu tersebut.

Namun, kalau kamu ingin lebih santai, belajar dan berwisata di Pare, kamu bisa datang di luar waktu liburan. Banyak kesempatan belajar plus jalan-jalan di berbagai tempat wisata yang ada di Jawa Timur.

Penutup

Nah, bagaimana? Apakah sekarang kamu sudah dapat gambaran transportasi yang jelas untuk sampai di lokasi kursus tujuanmu? Panduan ini cocok untuk kamu yang tidak mengambil layanan penjemputan dari lembaga kursus. Sekalian, kamu bisa berpetualang menikmati keindahan suasana di daerah Kediri khususnya Pare.

Itu dia keempat cara ke kampung Inggris Pare dari Kediri yang bisa kamu pertimbangkan. Selamat datang di Pare. Selamat belajar dan lejitkan kemampuan berbahasamu sekarang!

Bagikan: