Jenis Visa Korea dan Cara Membuat Visa Korea Lengkap

Jenis Visa Korea dan Cara Membuat Visa Korea Lengkap

Jika Anda seorang yang mencintai drama korea, boyband, atau pun girlband. Tentunya, terlintas dipikiran Anda untuk mengunjungi negara Korea Selatan, baik sebagai pelajar, pekerja, atau pun untuk liburan. Namun untuk melakukan kebutuhan tersebut, Anda membutuhkan dokumen seperti paspor dan Visa. Untuk visa sendiri, ada beberapa jenis visa korea yang bisa Anda buat sesuai kebutuhan. Pada artikel kali ini, visitpare.com akan memberitahukan Anda jenis-jenis visa Korea yang dapat Anda buat.

Jenis-Jenis Visa Korea

jenis bisa korea Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Korea Selatan dan bertujuan untuk liburan ke sana maka ada beberapa jenis visa liburan yang perlu Anda ketahui. Anda dapat membuat visa melalui Korea Visa Application Center atau KVAC yang berada di Kuningan, Jakarta Selatan.

1. Visa Kunjungan Kurang Dari 90 Hari/ Single Visa

Jika Anda ingin ke Korea Selatan dalam kurun waktu beberapa hari saja, Anda dapat membuat single visa yang hanya berlaku kurang dari 90 hari. Visa ini diperuntukan bagi Anda yang ingin Wisata, Bisnis/Meeting, Menghadiri acara, Seminar/Workshop, Menghadiri Pernikahan, Mengunjungi kerabat di luar negeri. Untuk pembiayaan pembuatan jenis visa ini sebesar Rp. 576.000,00 dengan tambahan admin KVAC sebesar Rp.240.000,00. Sehingga total biaya pembuatan sebesar Rp. 816.000,00 saja.

2. Visa Kunjungan Lebih Dari 91 Hari/ Single Visa Khusus

Ini adalah jenis single visa yang sedikit berbeda pada poin 1, visa ini berlaku lebih dari 91 hari. Jenis visa korea ini bertujuan bagi Anda yang bekerja, belajar di luar negeri, dan mendampingi kerabat. Biaya pembuatan visa korea jenis ini adalah sebesar Rp.864.000,00 dengan biaya admin KVAC sebesar Rp. 240.000,00. Sehingga total jasa pembuatan visa single ini sebesar Rp. 1.104.000,00.

3. Double Visa

Jika Anda berencana untuk pergi ke Korea lebih dari 1 kali kunjungan namun tidak terlalu lama, maka double visa adalah pilihan yang tepat. Jenis visa korea ini ditunjukan bagi Anda yang akan melakukan Dua (2) kunjungan dalam 6 bulan dengan masa tinggal kurang dari 90 hari. Biaya yang perlu Anda keluarkan untuk mendaftarkan visa ini adalah sebesar Rp. 1.008.000,00 dengan biaya admin KVAC Rp. 240.000,00. Sehingga total pembiayaan pembuatan visa ini adalah Rp. 1.248.000,00. Sayangnya, Aplikasi visa jenis ini tidak tersedia selama pandemi COVID19.

4. Multiple Visa

Jenis visa korea ini, sangat cocok untuk Anda yang sering pulang pergi ke Korea. Jenis visa ini terbagi menjadi dua tipe. Pertama, memiliki keuntungan 5 tahun bebas kunjungan ke Korea dengan masa tinggal 30 hari. Kedua, 10 tahun bebas kunjungan ke Korea dengan masa tinggal 90 hari. Berapa biaya yang Anda butuhkan untuk membuat jenis visa korea ini ? Anda membutuhkan biaya yang tidak mahal kok. Anda cukup membayar sebesar Rp. 1.296.000,00 dengan biaya admin Rp. 240.000,00. Sehingga total biaya yang Anda keluarkan adalah Rp. 1.536.00,00. Sama seperti jenis double visa, Aplikasi visa ini tidak tersedia selama pandemi COVID19.

5. Grup Visa

Apakah Anda ingin pergi liburan ke Korea dengan anggota lebih dari 5 orang ? Apakah Anda seorang travel agent resmi ? Maka, Anda dapat membeli grup visa. Visa ini sangat menguntungkan karena biaya pembuatannya jauh lebih murah. Syarat jenis visa korea ini adalah terdiri dari grup wisatawan minimal 5 orang dan maksimal 50 orang dengan jadwal keberangkatan dan kepulangan yang sama. Pendaftaran grup visa hanya dapat diajukan oleh travel agent yang terdaftar di Kedutaan Republik Korea di Indonesia. Biaya yang Anda butuhkan adalah sebesar Rp. 216.000,00 dengan biaya admin Rp. 147.000,00. Sehingga total biaya yang Anda keluarkan Rp. 363.000,00. Aplikasi jenis visa korea ini tidak tersedia selama pandemi COVID19. Jika Anda perhatikan, selalu ada penambahan biaya admin KVAC. Sebenarnya, apa itu KVAC ? Mari kita kenal lebih jauh mengenai KVAC.

Tambahan Jenis Visa Korea Untuk Menetap Sementara

Bagi Anda yang berencana menetap di negara Korea, maka ada tambahan visa yang perlu Anda buat.

1. Visa Untuk Belajar di Korea Kode D-2/ Visa Single

Jika Anda berniat untuk menempuh pendidikan ke negara Korea Selatan, maka Anda perlu membuat Visa pelajar. Baik Anda berkuliah kesana karena beasiswa atau pun dengan uang mandiri, Anda memerluka jenis visa korea ini. Visa untuk belajar ini digunakan Anda untuk menempuh pendidikan S1 hingga S3. Syarat untuk membuat visa ini adalah Anda mengisi formulir yang pihak visa center/ kedutaan sediakan. Kemudian, Anda menyertakan beberapa dokumen seperti:
  • Paspor
  • Surat keterangan lulus sekolah seperti Ijazah.
  • Surat keterangan diterima oleh pihak kampus Korea
  • Keterangan sehat
  • Bagi pelajar jalur individu wajib mempunyai tabungan di bank berisi USD 20.000, bisa tabungan pelajar yang ingin ke korea tersebut atau tabungan orang tua nya. Untuk penerima beasiswa, bukti tabungan ini tidak perlu Anda lampirkan karena biaya Anda sudah ditanggung oleh pihak beasiswa secara penuh.
Visa ini masuk ke dalam jenis visa single korea. Oleh sebab itu, biaya pembuatannya akan sama seperti biaya pembuatan single visa di atas.

2. Visa Bagi Suami atau Istri Yang Berkewarganegaraan Korea tipe F-6-1.

Jika Anda memiliki suami atau pun istri orang Korea dan Anda ingin menetap disana, maka Anda memerlukan visa ini tipe F-6-1. Persyaratan awal Anda harus mengisi formulir pihak visa center atau kedutaan sediakan. Anda bisa meminta formulir tersebut secara online.
  • Anda membutuhkan paspor beserta fotocopy nya
  • Formulir permohonan pembuatan visa
  • Surat jaminan yang dapat Anda minta di pihak pembuat Visa
  • Surat undangan dan surat alasan mengundang dari suami atau istri Anda untuk tinggal di Korea. Formulir ini dapat Anda minta di pihak pembuat visa
  • Dokumen surat pernikahan sah dari negara Korea
  • Surat pernikahan Indonesia
  • Dokumen lainnya seperti keterangan kerja, gaji, keuangan, dsb yang dapat Anda minta di pihak pembuat visa seperti Korea Visa Application Center
  • Proses interview dengan pihak pembuat visa
  • Menggunakan visa single di bawah 90 hari, sehingga perlu melapor kepada pihak imigrasi untuk perpanjangan.
Biaya pembuatan mengikuti biaya visa single di atas.

3. Visa Belajar Bahasa Korea tipe D-4

Visa ini dikhususkan bagi Anda yang ingin belajar bahasa korea langsung di negaranya. Hampir sama dengan visa belajar pertama, namun ini lebih dikhususkan untuk yang belajar bahasa korea saja. Persyaratan yang pertama Anda perlu mengisi formulir permohonan pembuatan visa belajar bahasa korea tipe D-4 yang dapat Anda dapatkan di pihak pembuat visa seperti KVAC. Persyaratan dokumen lainnya seperti:
  • Paspor asli beserta fotocopyan nya
  • Formulir permohonan pembuatan visa
  • Surat bukti lulus sekolah seperti ijazah
  • Bukti diterima pihak universitas
  • Saldo keuangan minimal USD 9000, sertakan buktinya. Jika mendapatkan beasiswa maka tidak perlu
  • Surat keterangan sehat
  • Surat pengantar dari universitas Anda saat ini, jika Anda mengikuti program pertukaran pelajar

4. Visa Untuk Bekerja Program Resmi Pemerintahan ke Pemerintahan tipe E-9

Apakah Anda ingin ke Korea karena mempunyai tujuan untuk bekerja disana ? Jika iya, maka Anda membutuhkan visa tipe E-9 yang khusus untuk pekerja yang disalurkan melalui program pemerintah ke pemerintah. Persyaratan dari visa ini adalah Anda harus mempunyai sertifikat EPS-TOPIK yang merupakan singkatan dari Employment Permit System – Test of Proficiency in Korean. EPS-TOPIK ini merupakan tes kemampua berbahasa korea yang ditujukan kepada para calon pekerja mancanegara yang ingin bekerja di Korea Selatan. Sehingga, bagi Anda yang tidak bisa berbahasa Korea, maka Anda harus mulai belajar dari sekarang. Jika Anda tidak ingin menguasai dasar bahasa Korea, Anda hanya perlu mengubur mimpi Anda untuk bekerja di Korea. Untuk dokumen yang Anda perlukan yaitu formulir permohonan pembuatan visa, paspor asli beserta fotocopy, dan lainnya yang bisa Anda dapatkan detail informasi ini di pihak pembuatan visa.

Mengenal KVAC Untuk Membuat Berbagai Jenis Visa Korea

kvac mengurus berbagai jenis visa Jika Anda ingin membuat visa ke Korea selatan, maka Anda harus berpapasan dengan KVAC atau Korea Visa Application Center. Berlokasi di Lotte Shopping Avenue Ciputra World 1 Unit 5F-05A LT. 05 Jl. Prof. DR. Satrio No.1, RT.18/RW.4, Kuningan, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940 Indonesia. KVAC dikelola oleh perusahaan swasta yaitu PT KOREA VISA CENTER JAKARTA.
  • KVAC merupakan perusahaan jasa pelayanan visa milik perusahaan swasta yang sudah mengantongi izin dari kementerian kehakiman Korea. Artinya, Korea Visa Application Center adalah kantor pembuatan visa korea yang legal dan sesuai hukum republik Korea.
  • KVAC menjadi perwakilan swasta yang mewakili pihak kedutaan korea untuk menerima paspor, dokumen persyaratan pembuatan visa dan dokumen yang terkait.
  • Kemudian, KVAC sebagai wadah bagi Pemerintah Republik Korea untuk memberitahukan berbagai informasi dasar dan lanjut terkait Visa.
  • Korea Visa Application Center juga memberikan layanan untuk pendaftar visa dalam menyerahkan dokumen seperti paspor, dokumen visa dan dokumen terkait ke pihak kedutaan.
  • KVAC mewakili pihak kedutaan Korea untuk menerima pembayaran visa dan layanan aplikasi penerbitan berbagai jenis visa korea. Selanjutnya, menjadi pusat informasi dan center pertanyaan para pembuat visa melalui website resmi mereka, telepon, pesan, dan email.
  • KVAC juga menyediakan berbagai layanan lainnya.
Tentunya, sebagai layanan swasta KVAC mengenakan biaya layanan kepada para pengguna jasa sebesar Rp. 240.000,00/ orang dan khusus travel agen dengan minimal 5 orang pemohon/ pendaftar sebesar Rp. 147.000,00/ orang.

1. Layanan Yang di Sediakan KVAC

  • Korea Visa Application Center menyediakan berbagai informasi mengenai jenis visa korea, prosedur permohonan visa, dan menyediakan layanan pertanyaan online dan pengecekan status pembuatan visa.
  • KVAC juga mempunyai loket penerimaan dan petugas yang siap melayani Anda dengan informasi dasar. KVAC pun menyediakan informasi mengenai perjalanan ke Korea dan apa saja yang Anda perlukan.
  • Korea Application Center menyediakan antrian terpisah untuk individu dan travel. Sehingga Anda tidak akan berlama-lama hanya untuk sekedar antri.
  • Selain itu, segalan proses yang berada di KVAC dipantau secara real time. Sehingga, Anda akan mengetahui informasi yang tepat dan cepat.

2. Jadwal Layanan KVAC

KVAC melayani para pemohon pembuatan visa mulai dari senin – jumat jam 10.00 hingga 15.00. Kemudian, KVAC tutup pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, hari libur Kedutaan Besar di Korea Selatan. Untuk layanan pengembalian paspor, KVAC buka dari senin – jumat jam 11.00 hingga 16.00.

Langkah Pembuatan Berbagai Jenis Visa Korea

daftar berbagai jenis visa korea   Selanjutnya, Anda sudah mengetahui berbagai jenis visa korea dan dimana Anda dapat membuat visa ini. Kali ini, kami akan memberitahukan kepada Anda mengenai bagaimana langkah untuk membuat visa.

1. Lengkapi Dokumen Visa

Sebelum Anda pergi ke Korea Visa Application Center atau KVAC, baiknya Anda melengkapi semua dokumen persyaratan yang Anda butuhkan. Jangan sampai pembuatan visa Anda terhambat karena ada dokumen yang kurang. Dokumen yang perlu ada isi dan cek adalah sebagai berikut:
  • Isi formulir pendaftaran pembuatan visa dan tempel foto Anda berukuran 35×45 dengan latar belakang berwarna putih.
  • Bawalah paspor asli dan fotocopy nya.
  • Kartu keluarga asli dan fotocopy nya.
  • Surat keterangan kerja
  • Surat keterangan pelajar
  • Bukti keuangan fotocopy seperti SPT pajak atau rekening koran selama 3 bulan
Itu adalah dokumen umum yang perlu Anda bawa, tetapi sesuai dengan yang kami informasikan pada awal artikel. Ada beberapa persyaratan khusus sesuai dengan visa yang Anda daftarkan. Maka tambahkan daftar dokumen ini dengan dokumen pada bahasan awal ya.

2. Isi Formulir Pendaftaran

Setelah Anda menyerahkan semua dokumen dan memastikan semua dokumen lengkap, saatnya Anda mengisi formulir pendaftar pembuatan visa. Pada tahapan ini, Anda hanya perlu mengisi formulir tersebut dengan apa yang sistem intruksikan. Jika Anda bingung, Anda dapat bertanya kepada petugas yang bertugas. Anda bisa mengunduh formulir pendaftaran di sini.

3. Pergi ke KVAC dan Pilih Visa Yang Sesuai

Saat ini, Anda sudah mengetahui bahwa untuk mengurus visa tidak perlu pergi ke kedutaan korea tetapi Anda dapat pergi ke KVAC. Setelah Anda sampai disana, pergilah ke loket pengajuan pemohon visa sesuai dengan kebutuhan Anda baik sebagai individu maupun travel agen. Kemudian, pilihlah visa yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan kesesuaian dokumen yang Anda bawa. Untuk jenis visa dapat Anda cek pada bahasan awal.

4. Pendaftaran dan Pembayaran

Setelah Anda mengisi semua formulir dan menyiapkan semua dokumen untuk pergi ke Korea. Maka langkah selanjutnya adalah menyerahkan dokumen tersebut ke pihak KVAC. Setelah Anda memilih jenis visa yang ingin Anda buat, Anda perlu membayar lunas biaya pendaftarannya. Kemudian, Anda akan mendapatkan bukti pembayaran berupa materai yang dapat Anda gunakan untuk mengambil nomor antrian. Jika Anda sudah mendapatkan antrian, Anda dapat memilih loket yang sesuai dengan jenis visa korea yang Anda buat. Kemudian, Anda tinggal menyerahkan seluruh dokumen yang sudah Anda isi dan siapkan. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan tanda terima. Untuk proses pembuatan visa kurang lebih selama 6 hari kerja, dan untuk memudahkan Anda melakukan pengecekan proses pembuatan visa. Anda dapat bertanya secara online kepada pihak KVAC atau mengecek secara mandiri ke website https://www.visa.go.kr/.

5. Pengambilan Paspor dan Visa

Tahapan terakhir dari pembuatan visa adalah pengambilan paspor dan visa. Ketika Anda ingin mengambil paspor dan visa yang Anda buat, jangan lupa untuk membawa tanda terima yang telah diberikan pada proses penyerahan dokumen pada poin 4. Untuk cara membuat paspor dapat Anda baca pada artikel ini. Itulah akhir dari artikel kami mengenai jenis visa korea. Semoga artikel ini dapat membimbing Anda yang ingin pergi ke korea baik untuk bekerja, belajar, liburan, dsb.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.