Begini Trik Mengenai Cara Cepat Lulus Kuliah! Wajib Dicoba!

Berada pada jenjang pendidikan yang tinggi pasti membuat hal ini sangat antusias bagi sebagian orang. Banyak yang memang niat untuk lulus lebih dahulu dibandingkan teman temannya. Hal ini sah saja jika memang pilihan masing masing sesuai dengan rencana. Namun, apabila ingin lulus awal, maka memang ada trik khusus cara cepat lulus kuliah.

7 cara cepat lulus kuliah

Trik atau cara ini haru dilakukan sedari awal masuk perkuliahan, bukan mendadak ketika pada saat menjelang skripsi. Tidak lain dan tidak bukan bahwa persiapan ini dilakukan untuk mendapatkan nilai yang baik serta persiapan yang lebih matang. Ada hal lain juga yang perlu diketahui, berikut tips atau cara cepat selesai kuliah lebih awal, yaitu:

1. Susun KRS dengan Baik

cara cepat lulus kuliah yang pertama dan memang perlu adalah susun rencana jadwal KRS dengan teratur dan pas dengan porsinya. Dalam perkuliahan pasti yang merupakan hal pokok adalah jadwalnya. Jadwal dalam perkuliahan ini sering disebut dengan KRS atau artinya Kartu Rencana Studi. 

Namanya juga rencana, pastikan terencana dengan baik. Ketika menyusun KRS ini hal yang harus dipertimbangkan banyak, misalnya waktu perkuliahan dan dosen pengampu. Sebenarnya dosen pengampu bukanlah menjadi alasan atau sebuah masalah, karena semua itu tergantung pribadi masing masing. 

Masalah akan terjadi jika mendapati dosen yang tidak ramah dan senang mempersulit mahasiswanya. Maka jika mahasiswa menganggap ini penting, maka bertanyalah terlebih dahulu pada kakak tingkat dan pilihlah dosen yang ramah serta mendukung.

2. Disiplinlah dalam Segala Hal

Cara cepat lulus kuliah pastinya selalu disiplin. Dengan disiplin dalam segala hal contohnya tugas harian, ulangan mendadak dan kuis dalam kuliah maka tentu semuanya akan mendapatkan nilai sempurna. Semua hal yang baik tidak bisa didapatkan tanpa sebuah usaha, usaha yang penting adalah dilengkapi dengan kedisiplinan. 

Dosen akan sangat menyukai mahasiswa yang disiplin dalam melengkapi tugas tugasnya. Biasanya dosen akan menandai mahasiswa tersebut, dan memberikan nilai plus pada transkrip mereka. 

Apabila sudah mendapatkan perhatian khusus dari dosen maka tidak sulit apabila mahasiswa berencana ingin berjuang dalam nilai harian. Hal ini bukan semata mata mencari muka pada pembimbing atau pengampu, melainkan untuk menekankan dan memaksimalkan usaha dalam hal akademik yaitu nilai.

3. Buatlah Target IPK

Setelah menyusun KRS dan juga merencanakan perkuliahan dengan baik, maka tentu tidak jauh jauh dari nilai. Mahasiswa sebaiknya menyiapkan diri ketika aka nada penilaian semester ataupun ketika ulangan akhir. Biasanya ulangan akhir adalah penentu IPK ini tinggi atau rendah. 

Namun tidak semua dosen menetapkan nilai pada ulangan harian sebagai patokan pembuatan IPK. Ada hal lain, seperti keaktifan dalam perkuliahan. Dosen akan selalu memberikan pertanyaan pertanyaan secara mendadak dalam pembelajaran, maka alangkah lebih baik selalu belajar pada malamnya dan siap ketika di pagi hari mendapatkan pertanyaan spontan. 

Tidak jauh jauh dari kontrak pembelajaran yang selalu ditetapkan pada hari pertama kuliah, materi biasanya terkait hal itu. Buku juga saat ini mudah diunduh secara online dan dipelajari secara daring tentunya.

4. Giatlah Melengkapi Tugas

Berbeda dengan disiplin, kali ini lebih pada giat dalam belajar. Jika disiplin lebih pada mengumpulkan segala tugas tepat waktu, maka guat ini lebih pada selalu menyiapkan diri menambah wawasan agar ilmu itu menempel pada otak. Jika ilmu yang ada tidak diterapkan maka kuliah juga hanya akan menjadi teori, bukanlah menambah keterampilan malah hanya pajangan saja. 

Buruk jika memang tidak memiliki niat dan semangat menimba ilmu. Giat dalam memperhatikan penjelasan dari dosen, giat dalam mencari tahu informasi dari teman teman yang belum diketahui. 

Tidak hanya itu, giat juga bisa dalam hal mencatat segala penjelasan yang didapatkan berkaitan dengan informasi perkuliahan. Giat akan sebanding dengan hasil yang memuaskan, orang yang hanya pintar namun tidak rajin akan gampang tersaingi dengan orang yang belum bisa namun selalu giat.

5. Perhatikan Waktu

Untuk lulus lebih awal, maka waktu adalah kunci dari segala kunci. Bukan dilihat dari seberapa banyak KRS yang diambil dalam semester ganjil atau genap, namun seberapa pintar mahasiswa mengatur waktu. Waktu yang dimaksud adalah ketika belajar, melakukan pembelajaran, melengkapi tugas yang segudang, serta organisasi. 

Mengingat pasti akan ada banyak organisasi yang sayang jika tidak diikuti, maka atur waktu agar lebih efektif. Melakukan kegiatan diluar pembelajaran juga harus diatur, apalagi jika kuliah sambil bekerja tentu banyak yang harus diperhatikan. Jadwal kuliah pastikan tidak bentrok dengan apa yang menjadi tanggung jawab dalam kerjaan. 

Jika ada jadwal kerja yang sore, maka ambillah jadwal yang ada di pagi hari begitupun sebaliknya. Memperhatikan waktu bermain jika bersama berkumpul dengan teman juga penting agar semua tanggung jawab tugas tidak terbengkalai.

6. Usahakan Jangan Sampai Retake

Cara cepat lulus kuliah yang keenam ini memang wajib dilakukan. Dalam perkuliahan pasti tidak bisa dipungkiri ada mata kuliah yang tidak mudah, entah itu karena dosen yang kurang menjelaskan atau memang belum mempunyai wawasan itu. Namun segala masalah tentu bisa diatasi. Dalam hal ini maka cara mengatasi maupun mencegahnya yaitu dengan mempunyai wawasan mumpuni. 

Karena pengetahuan adalah kunci dari kecerdasan yang sesungguhnya. Jika sampai retake atau maksudnya yaitu mengambil ulang mata kuliah dan bareng dengan adik kelas, maka ini akan memperlambat. Bukannya menambah kecepatan dalam lulus tepat waktu malah bisa jadi molor. 

Contoh kasusnya jika ada mata kuliah yang hanya bisa diambil di semester genap, maka ketika berada di semester 6 dan harus mengulang, kesempatan mengulang hanya di semester 8. Maka sudah dipastikan tidak bisa lulus dalam waktu 3,5 tahun.

7. Pikirkan Ide Unik untuk Skripsi

Cara cepat lulus kuliah yang menjadi gong dari segala usaha mahasiswa selama kuliah adalah skripsi. Jika pada awal awal biasanya masih lancar, terkadang ada kendala akhir yang berupa skripsi. Mahasiswa yang kesulitan menemukan judul skripsi akan berhenti pada titik ini dan menganggap bahwa lulus kuliah itu sulit. 

Padahal ada cara cepat jika tidak ingin berlama lama, yaitu selalu cari dan baca ide menarik. Ide yang jarang dijadikan penelitian namun memiliki kualitas tinggi. Kualitas yang dimaksud di sini bukan seberapa banyak jumlah skripsi pada halamannya, namun seberapa pentingnya skripsi itu dapat memberikan manfaat dan tidak pasaran.

Lulus kuliah cepat memang dambaan, akan tetapi jangan sampai waktu memang cepat tetapi nilai amburadul. Dalam artian menjadi mahasiswa yang biasa saja, pastikan menjadi mahasiswa yang unggul dan memiliki wawasan luas jadi jika lulus tiga setengah tahun tetap bahagia meninggalkan bangku kuliah.

Cara cepat lulus kuliah memang banyak, ambil cara semuanya, terapkan dengan baik dan jangan terkecoh oleh hingar bingar kesenangan perkuliahan.

 

Rate this post

Tinggalkan komentar