Inilah 8 Cara Menemukan Ide Skripsi dengan Efektif!

Inilah 8 Cara Menemukan Ide Skripsi dengan Efektif!

Setelah melaksanakan perkuliahan, maka agar dapat lulus haruslah membuat sebuah karya ilmiah atau yang lebih familiar dikenal dengan skripsi. Untuk lulusan S1 maka syarat skripsi, namun untuk S2 maka membuat tesis. Dalam membuat keduanya, yang diperlukan yaitu ide. Cara menemukan ide skripsi bisa dibilang tidak semudah yang dibayangkan. 

cara menemukan ide skripsi

Namun, segala masalah tidak mungkin tidak ada jalannya. Sebagai contoh permasalahan ide ini, jika ingin lulus tepat dan cepat serta hasil memuaskan maka di tahap akhir yaitu skripsi ini harus serius. Agar lebih ada pandangan mengenai ide ide, maka sebaiknya ikuti car acara ini untuk memudahkan langkah selanjutnya, yaitu:

1. Perbanyak Baca Jurnal

Cara menemukan ide skripsi yang pertama adalah membaca, terutama membaca jurnal ilmiah yang serupa dengan skripsi ataupun mini research. Dengan melakukan aktivitas membaca, maka wawasan akan terbuka lebar. Sebaiknya membacanya terkait dengan jurusan perkuliahan agar nantinya tidak jauh melenceng jika menemukan ide. 

Saat ini juga membaca tidak begitu sulit karena bisa diterapkan di jalan sekalipun. Perlu niat yang sungguh sungguh dalam hal ini. Tidak perlu bingung dimana dapat menemukan rekomendasi jurnal, mahasiswa dapat mencarinya langsung dengan mengetik di internet atau menemukannya di eric.journal.com. 

Situs jurnal ini terpercaya dan biasanya dilihat oleh banyak mahasiswa. Dengan membaca jurnal, maka akan menambah pandangan pembaca bagaimana menyusun sebuah karya ilmiah, mulai dari kata pengantar sampai lampirannya.

2. Pergi ke Perpustakaan

Tidak jauh dengan cara pertama, yaitu membaca. Namun bedanya jika langkah dua ini lebih pada membaca di perpustakaan. Di perpustakaan banyak sekali kumpulan buku skripsi utuh milik kakak tingkat yang pernah dibuat. 

Perpustakaan kampus juga menyediakan tempat untuk membaca yang nyaman sehingga kegiatan membaca tidak rumit dan membosankan. Apalagi jika membaca bersama teman yang memiliki satu frekuensi.

Untuk beberapa perpustakaan juga memperbolehkan para mahasiswanya untuk meminjam skripsi yang telah ditulis kakak kelas dahulu. Sehingga skripsi tersebut dapat menjadi referensi ketika melakukan penulisan. Dengan memperbanyak membuka skripsi di perpustakaan dan membaca berbagai judul tentu akan menginspirasi.

3. Baca Koran

Jangan dianggap remeh, cara menemukan ide skripsi bisa diperoleh dari baca koran. Dengan melakukan aktivitas membaca koran ini akan membuka wawasan akan hal yang dialami di sekitaran. Jika mahasiswa hukum atau sosial, pasti akan lebih terbantu dengan media cetak ini. Karena tidak hanya mengetahui informasi mengenai sesuatu yang terkini, tetapi juga menemukan ide unik yang bisa bermanfaat untuk kedepannya.

Tenang saja karena bukan hanya mahasiswa hukum dan sosial yang bisa melakukan hal ini, tetapi jurusan pertanian, keguruan, bahkan kedokteran juga bisa terinspirasi dari sebuah berita yang ada di koran. Sebagai contoh ada berita mengenai kekeringan yang panjang melanda hutan Akasia, maka mahasiswa dapat mencari latar belakang kekeringan tersebut dan menjadikannya sebagai landasan untuk ide judul skripsi.

4. Kumpulkan Banyak Kakak Tingkat

Selanjutnya yang bisa jadi acuan adalah informasi dari kakak tingkat. Kakak tingkat adalah sumber informasi terakurat yang mengalaminya sendiri dan kemungkinan besar berkata jujur. Keluhan dan kelebihan dari suatu tindakan dapat diketahui dengan bertanya dari kakak tingkat. Akan tetapi jika tidak beruntung maka kakak tingkat yang ditanya akan tidak ramah dan malah menyesatkan.

Maka untuk menghindari kemungkinan buruk itu, benar benar jeli dalam memilih kakak tingkat. Pastikan dia adalah seorang yang pandai dalam akademik dan tidak malas malasan dalam kuliah. Karena sama saja jika kita hanya bertanya pada kakak tingkat yang selalu mengulang mata kuliah, maka bukanlah solusi jika bertanya kepadanya.

5. Lakukan Observasi Lingkungan

Ini bisa dibilang cara menemukan ide skripsi terefektif dan paling ampuh. Dengan cara melakukan observasi atas apa yang terjadi pada lingkungan sekitar, maka akan lebih mudah mengetahui seluk beluk dari permasalahan sosial. Hal ini malah bisa dibilang latar belakang permasalahan yang real dan cocok sekali dijadikan ide skripsi.

Sebagai contoh, mahasiswa jurusan keguruan melakukan observasi akan bagaimana cara siswa belajar. Maka dengan pengamatan ini, para mahasiswa dapat mencari ide atau solusi untuk perbaikan pembelajaran ini. 

Tentu hasil dari skripsi akan bermanfaat dan lebih akurat untuk sebuah karya ilmiah. Tidak haya keguruan, tetapi juga mahasiswa jurusan lain seperti jurusan ekonomi mengamati kondisi pasar dan jurusan teknik mengamati teknologi masyarakat sekitar.

6. Konsultasi dengan Dosen Pembimbing

Setelah semua cara ditempuh namun belum menemukan kejernihan dalam mencari ide, maka langkah selanjutnya adalah menanyakan kepada dospem atau istilahnya konsultasi terlebih dahulu. Dosen pembimbing memang sudah selayaknya membantu para mahasiswa bimbingannya melakukan pencarian ide atau membimbing skripsi. Jika mendapatkan dosen pembimbing yang memang ramah maka ini akan mudah.

Berbanding terbalik juga apabila dosen yang ada kurang ramah dan terkesan acuh, maka langkah selanjutnya haruslah mencari cara dengan mandiri. Tidak semata mata mengandalkan dosen pembimbing saja karena ini faktor eksternal dalam jalannya skripsi. Akan tetapi tidak ada salahnya juga untuk berkonsultasi dulu mengenai apa kiranya skripsi yang patut diangkat oleh mahasiswa jurusan tersebut.

7. Keluarkan Potensi Diri

Cara menemukan ide skripsi yang berikutnya adalah mengembangkan apa yang kiranya menjadi potensi diri. Setiap orang tentu memiliki potensi yang tidak sama, entah itu dalam hal akademik atau aktivitas lain. Dengan mengerahkan seluruh potensi tentu akan lebih mudah dalam mengembangkan ide skripsi. 

Karena dengan keadaan pikiran yang fresh maka otak akan lebih mudah mencerna apa yang seharusnya dipikir dan dijabarkan. Memang tidak mudah untuk mengetahui potensi dan mengeluarkannya, akan tetapi cobalah sedikit untuk mengerahkan potensi diri. 

Mahasiswa jurusan pertanian dapat melakukan eksperimen secara langsung sesuai dengan potensi. Misalnya seseorang senang berkebun dan ingin melakukan pengembangbiakan pada tanaman khusus, maka ini dapat menjadi ide khusus untuk skripsi.

8. Berdoa

Terakhir yang memang menjadi penutup dalam menemukan ide skripsi ya pastinya berdoa. Semua cara sudah dilakukan dengan halus, hanya berdoa yang sungguh sungguh yang belum ditempuh, maka lakukan ini dengan baik. Mintalah restu dari semua orang untuk selalu mendukung pembaca agar senantiasa diberikan kelancaran. Doa adalah mujarab, tidak ada satupun yang dapat mengalahkannya.

Sesuai dengan keyakinan tertentu, misalnya dalam islam dapat melakukan nazar atau puasa Senin Kamis. Jika dalam agama buddha dapat melakukan sembahyang dengan serius serta bersemedi di Vihara. Intinya lakukan doa dengan penuh ketulusan.

Mencari ide memang mudah mudah sulit. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk terus berusaha secara keras. Berusaha yang keras disertai dengan tawakal maka tentu akan lebih mudah mendapatkan inspirasi.

Cara menemukan ide skripsi memang juga banyak, satu demi satu dilakukan tidak perlu semuanya sekaligus. Karena jika memang bersungguh, maka dengan menerapkan cara satu dan dua saja sudah langsung mendapatkan inspirasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.