11 Ide Lomba di SMA untuk Berbagai Kegiatan

11 Ide Lomba di SMA untuk Berbagai Kegiatan

Bagi siswa SMA mengikuti perlombaan bukan hanya untuk mendapatkan hadiah semata. Namun bagi siswa SMA mengikuti perlombaan juga dapat digunakan sebagai portofolio masuk perguruan tinggi jalur prestasi. Banyak sekali ide lomba di SMA yang dapat diikuti siswa SMA.

Jangan ragu untuk mengikuti perlombaan yang sekalipun tidak pernah ikuti sebelum nya. Karena dengan mencoba ikut perlombaan juga akan mendapatkan ilmu baru dan pengalaman yang sangat berharga untuk meningkatkan kemampuan.

Ide Lomba di SMA secara Offline

Perlombaan secara online memang menarik akan tetapi perlombaan offline lebih asik. Perlombaan secara offline pastinya akan mendapatkan sensasi deg degan yang lebih nyata karena dapat melihat peserta lomba lainnya dengan kemampuan yang dimilikinya.

Ide lomba offline tidak kalah banyaknya dengan perlombaan secara online. Semakin banyak peserta lomba offline maka perlombaan akan semakin menarik selain itu, juga banyak orang yang dapat melihat perlombaan secara langsung. Berikut ini beberapa ide lomba di SMA

1.Lomba Debat Bahasa Indonesia

lomba ini sangat disukai siswa yang berpikir kritis mengenai isu – isu yang sedang panas pada saat itu. Oleh karena itu untuk mengikuti lomba ini sebaiknya analisis terlebih dahulu dan pelajari mengenai isu yang sedang hangat.

Selain kemampuan berpikir kritis mengikuti lomba debat ini juga harus memiliki skill public speaking yang mumpuni. Keberanian dalam berbicara sangat dipertaruhkan untuk memenangkan perlombaan debai ini. Ucapkan saja apa yang ada dalam pikiran jangan takut salah dan belajar untuk menjadi orang egois dalam perlombaan debat.

2. Lomba Pidato

Lomba Pidato ini bukan hanya mengenai permasalahan agama saja melainkan banyak juga bahan pidato yang dapat diangkat pembicara. Pidato ini biasanya dilakukan bukan hanya menggunakan bahasa indonesia saja melainkan banyak juga yang menggunakan bahasa inggris, Arab, Jepang dan lainnya.

Perlombaan pidato ini sangat cocok bagi orang yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa asing. Kemampuan berbahasa asing memang sepatutnya harus ditingkatkan mengingat perkembangan zaman yang begitu pesat.

3. Lomba Cedas Cemat

Siswi SMA pastinya sudah tidak aneh dengan jenis perlombaan yang satu ini. Lomba cerdas cermat merupakan jenis perlombaan yang sangat bergengsi untuk diikuti siswa SMA. Karena dapat menunjukan dan mengasah kepintaran dan pengetahuan.

Lomba cerdas cermat dapat diikuti sesuai dengan bidang mata pelajaran yang sangat dikuasai dan disukai siswa SMA. Seperti siswa yang pandai dalam mata pelajaran matematika sangat bagus untuk mengikuti cerdas cermat matematika tidak disarankan untuk mengikuti lomba mata pelajaran lainnya.

4. Lomba Menyanyi

Banyak sekali ajang audisi perlombaan menyanyi yang ditayangkan dan di selenggarakan oleh TV nasional. Dengan berbagai genre sehingga dapat mengikuti audisi sesuai dengan genre musik yang disukai. Kesempatan untuk menang memanglah tidak mudah akan tetapi jika menang akan mendapatkan feedback yang sangat luar biasa.

Selain mendapatkan hadiah jika lolos audisi akan mendapatkan pelatihan khusus dari pihak penyelenggara dengan pelatih yang profesional dibidangnya. Sehingga akan mendapatkan ilmu yang sangat luar biasa seperti menjadi terkenal dan tawaran job meningkat.

5. Lomba Menari

Selain menyanyi, Menari juga merupakan ide lomba yang dapat diikuti banyak sekali perlombaan menari baik lokal, nasional maupun internasional. Jenis Tarian yang dapat diikuti dan ditampilkan pun beragam baik tarian modern maupun tradisional.

Selain itu lomba menari juga dapat diikuti bukan hanya secara individu saja akan tetapi dengan group. Hobi yang sangat menyenangkan seperti menari siapa sangka dapat mendapatkan uang dengan cara mengikuti perlombaan.

Baca Juga: 10 Ide Lomba di SMP untuk Class Meeting

Ide Lomba di SMA secara Online

Mau ikut lomba tapi mager keluar rumah harus pergi sana sini dan membuang uang untuk ongkos. Jangan salah sekarang banyak sekali perlombaan yang diselenggarakan secara online semua proses dari mulai pendaftaran sampai pengumuman perlombaan dilakukan secara online.

Dengan bermodalkan smartphone atau laptop banyak sekali perlombaan yang dapat diikuti. Cara mengetahui info mengenai perlombaan dapat dilakukan dengan mengikuti akun Instagram yang menginfokan mengenai perlombaan. Berikut ini adalah ide lomba di SMA secara online.

1. Lomba Video Kreatif

perlombaan video kreatif ini biasanya bertema tentang edukasi seperti bagaimana cara mengajak masyarakat umum untuk menjaga lingkungan. Ataupun banyak lembaga organisasi yang menyelenggarakan perlombaan online untuk memperingati perayaan hari besar.

Video biasanya tidak harus berupa acting akan tetapi kreativitas peserta lomba menggunakan aplikasi yang telah banyak tersedia. Dengan begitu video dapat dibuat sangat menarik seperti halnya video animasi atau yang lainnya.

2. Lomba Poster

Bagi siswa SMA yang pandai dalam menggunakan aplikasi desain gambar perlombaan ini sangat cocok untuk diikuti. Biasanya panitia lomba memberikan aturan aplikasi apa yang boleh digunakan supaya adil. Akan tetapi ada juga yang membebaskan dalam penggunaan aplikasinya.

Sertifikat lomba poster ini sangat bermanfaat ketika akan melanjutkan ke jenjang selanjutnya. Lomba desain poster ini banyak sekali diselenggarakan oleh organisasi mahasiswa kampus. Jadi untuk mendapatkan infonya dapat mengikuti akun organisasi kampus.

3. Lomba Menulis Essay

Ide lomba di SMA yang tidak kalah menarik adalah lomba menulis esai. Lomba menulis essay ini adalah menuangkan pikiran dan pendapat siswa mengenai tema essay yang telah ditentukan oleh panitia lomba.

Sudah waktunya untuk seorang siswa SMA mencoba untuk berpikir kritis dan menuangkan idenya melalui tulisan. Karena siapa tau tulisan hasil dari pemikiran akan direalisasikan dan dibeli idenya oleh orang lain.

4. Lomba Cipta Baca Puisi

Lomba satu ini dapat diikuti siswa SMA yang puitis cobalah untuk mempublikasikan tulisan yang ada dalam buku diary. Karena kebanyakan mereka yang mampu merangkai kata yang indah hanya disimpan saja padahal dengan mengikuti lomba dapat menghasilkan uang juga.

Cipta baca puisi merupakan lomba yang sering diselenggarakan di tengah pandemi karena pembuatan puisi tidak perlu membutuhkan banyak bahan. Melainkan menulis dan mengirimkan puisi Serta membuat video ketika membaca puisi.

5.Lomba Olimpiade Online

Setelah pandemi banyak sekali lembaga yang menyelenggarakan perlombaan olimpiade secara online. Hal ini dilakukan untuk siswa supaya tetap produktif di tengah pandemi. Walaupun dilakukan secara online akan tetapi perlombaan ini akan tetap diselenggarakan dengan semaksimal mungkin.

Hadiah yang ditawarkan dalam perlombaan olimpiade ini biasanya tidak main main sekira jutaan atau sampai puluhan juta rupiah. Lomba olimpiade ini bukan hanya tingkat nasional saja akan tetapi banyak juga tingkat internasional.

6.Lomba Games Online

Banyak sekali aplikasi game online yang sudah banyak dimainkan oleh masyarakat Indonesia terutama kaum Adam. Bahkan indonesia merupakan negara yang memiliki pengguna games online paling banyak.

E-sport ini dapat diikuti oleh siapapun bahkan banyak sekali pro player yang mengikuti perlombaan e sport di luar negeri dan memenangkannya. Prestasi yang sangat membagakan indonesia terakhir ini adalah kejuaraan e-sport di tingkat ASEAN.

Ide lomba di SMA ini yang diselenggarakan secara online dan offline dapat diikuti oleh siapapun tanpa memandang bulu. Mengikuti perlombaan akan mendapatkan pengalaman dan ilmu baru serta relasi teman dengan hobi yang sama akan sangat menyenangkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.