10 Rekomendasi Jurusan SMK yang Gampang Cari Kerja

Selain memberikan pelajaran secara normal, SMK juga menjadi jenjang pendidikan yang akan memberikan ilmu tentang kejuruan. Oleh sebab itu, banyak lulusannya yang langsung ingin mencari pekerjaan. Dengan begitu, maka akan sangat penting untuk mengetahui jurusan SMK yang gampang cari kerja. Alhasil, siswanya tidak akan menyesal ketika sudah masuk ke jurusannya.

10 Rekomendasi Jurusan SMK yang Gampang Cari Kerja untuk Para Lulusannya

Lalu biasanya, jika sudah masuk ke bidang yang sesuai dengan keahliannya, maka siswa dapat mempersiapkan secara maksimal ketika ingin bekerja. Walaupun begitu, tetapi tetap saja ada beberapa  jurusan SMK yang gampang cari kerja seperti berikut:

1. Jurusan Akuntansi

Rekomendasi pertama untuk Jurusan SMK yang gampang cari kerja, yakni akuntansi. Kemudian, jurusan ini memang memiliki grade yang sangat tinggi dengan mengharuskan siswanya mempunyai kemampuan baik dalam berhitung. Hal ini disebabkan, prospek kerja yang akan didapatkan pun juga terbilang sangat cerah.

Lalu, ada banyak jenis pekerjaan yang memerlukan bidang akuntansi, seperti perbankan, staff accounting perusahaan, dan lainnya. Selain itu, jurusan ini memang akan selalu dibutuhkan di dunia pekerjaan karena perhitungan akan selalu berhubungan dengan kehidupan. Oleh sebab itu, jurusan ini akan menjadi banyak diminati oleh para siswa setiap tahunnya.  

2. Jurusan Farmasi

Selain akuntansi, ternyata ada farmasi yang juga termasuk jurusan SMK yang gampang cari kerja. Hal ini dikarenakan, farmasi memang sangat dibutuhkan di dunia medis. Selain itu, untuk lulusan SMK jurusan ini pun juga bisa langsung terjun ke lapangan pekerjaan.

Adapun mudahnya lulusan tersebut mendapatkan pekerjaan, karena setiap tahun farmasi akan selalu dibutuhkan . Lalu, untuk gajinya pun juga masuk ke dalam kategori yang relatif tinggi. Oleh sebab itu, lulusan jurusan SMK ini bisa dengan mudah untuk memilih langsung bekerja atau ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi.

3. Jurusan Pariwisata

Jurusan SMK selanjutnya yang bisa dijadikan rekomendasi agar bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus, yakni pariwisata. jurusan SMK yang gampang cari kerja ini juga banyak peminatnya. Hal tersebut pun didukung dengan indahnya pesona alam Indonesia yang membuat wisatawan asing tentunya berminat untuk berkunjung. Oleh sebab itulah, dalam hal tersebut pastinya akan diperlukan bidang pariwisata untuk membantu wisatawan asing.

Selain itu, pendapatan dari pekerja pariwisata juga terbilang mengesankan dan membuat orang merasa tergiur. Bahkan, banyak para lulusan jurusan SMK ini yang sukses bekerja di sektor ini. Dengan begitu, maka sudah sangat jelas bahwa jurusan pariwisata akan selalu dibutuhkan setiap tahunnya.

4. Jurusan Tata Boga

Bagi yang menyukai dunia masak dengan ditambah dengan hal yang kreatif, maka akan sangat cocok jika memilih jurusan tata boga. Selain itu, dengan memilih jurusan SMK ini, maka lulusannya akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Kemudian yang menariknya lagi, bidang ini juga tidak akan mengalami mekanisme pasar yang turun naik.

Hal tersebut dikarenakan, semua orang pastinya akan memerlukan pangan untuk kebutuhan hidupnya. Oleh sebab itu, jurusan ini sangat sesuai untuk para siswa yang mau melanjutkan SMK demi memiliki masa depan yang gemilang. Selain itu, jurusan tata boga pun nantinya akan membuat siswa lebih terbiasa dalam menghadapi tantangan di dunia kuliner.

5. Jurusan Tata Busana

Jurusan tata busana di SMK ternyata juga mempunyai peluang yang tinggi untuk memperoleh pekerjaan dengan mudah. Lalu, jurusan tersebut pun juga sangat cocok orang-orang yang mempunyai keinginan untuk menjadi desainer pilih. Selain itu, tata busana juga bisa membuat para lulusan SMK langsung bekerja di industri konveksi.

Kemudian, lulusan tata busana juga mudah mencari pekerjaan, karena dunia industri fashion selalu banyak orang minati. Selain itu, fashion akan selalu mengalami perkembangan sesuai dengan trend yang ada setiap tahunnya. Oleh sebab itu, lulusan tata busana akan selalu mempunyai prospek kerja yang sangat terbuka dan bahkan bisa menjadi sukses.

6. Jurusan Administrasi Perkantoran

Salah satu jurusan SMK yang juga banyak orang-orang pilih yakni administrasi perkantoran. Hal tersebut karena jurusan tersebut memang memiliki prospek kerja yang terbuka dan mudah untuk orang cari. Adanya hal itu, juga karena banyaknya perkantoran yang ada di Indonesia, sehingga pastinya akan memerlukan staf administrasi.

Dari mulai yang milik pemerintah hingga perusahaan besar tentunya akan sangat membutuhkan SDM bidang ini. Selain itu, gaji yang akan kita dapatkan dari bidang pekerjaan ini juga terbilang cukup memuaskan. Oleh sebab itulah, semakin banyak orang yang ingin berpendidikan di SMK jurusan ini.

7. Jurusan Pemasaran

Beberapa orang memiliki anggapan bahwa jurusan pemasaran memiliki level yang terbilang rendah dalam jenjang SMK. Namun, hal itu sangatlah salah karena jurusan ini akan selalu perusahaan butuhkan. Apalagi, jika perusahaannya memiliki bidang industri, pastinya pemasaran akan sangat berpengaruh untuk meningkatkan reputasinya.

Kemudian, jurusan pemasaran sangat penting pada dunia pekerjaan karena nantinya akan dapat menciptakan strategi yang membuat jasa atau produknya laris. Oleh sebab itu, gaji yang akan mereka dapatkannya pun juga cukup besar. Bahkan dengan bekerja di bidang ini pun juga bisa berpeluang untuk menjadi sukses.

8. Jurusan Animasi dan Multimedia

Bagi yang menyukai bidang digital dan memiliki kemampuan informatika yang baik, maka sangat cocok untuk memilih jurusan ini di SMK. Hal tersebut karena animasi dan multimedia akan memiliki peluang yang cukup besar juga untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Adanya hal itu juga karena dunia hiburan pastinya selalu masyarakat butuhkan.

Oleh sebab itu, para lulusan jurusan ini juga dapat menjadi seorang animator, layouter, maupun ahli pembuat desain grafis. Dengan begitu, maka sudah membuktikan bahwa jurusan animasi dan multimedia memiliki prospek pekerjaan yang menjanjikan. Apalagi dengan semakin berkembangnya dunia teknologi yang membuat orang selalu menggunakan digital untuk kehidupannya.

9. Jurusan Teknik Otomotif

Jurusan SMK yang satu ini juga terbilang sangat mudah untuk mencari pekerjaan bagi para lulusannya. Apalagi jika, siswanya memang sudah handal dalam melakukan perakitan ataupun modifikasi pada objek. Dengan begitu, pastinya akan bisa membuat peluang yang besar untuk menarik perhatian dunia pekerjaan.

Selain itu, hal tersebut juga didukung dengan adanya banyak perusahaan otomotif yang mendirikan pabriknya di Indonesia. Dengan begitu, maka sudah dapat kita buktikan bahwa jurusan ini akan selalu perusahaan butuhkan setiap tahunnya. Kemudian, untuk gaji yang  bisa mereka peroleh sebagai seseorang yang bekerja di bidang ini pun juga terbilang tidak sedikit.

10. Jurusan Kecantikan

Jurusan kecantikan ini ternyata juga bisa menjadi rekomendasi untuk jurusan SMK yang gampang cari kerja. Hal tersebut karena dunia kecantikan pastinya akan selalu orang-orang khususnya wanita yang ingin selalu tampil menawan butuhkan.

Oleh sebab itu, ada beberapa pekerjaan yang membutuhkan bidang ini. Selain itu, para lulusannya juga bisa jika ingin membuka usahanya sendiri pada dunia kecantikan ini.

Baca Juga: Penjelasan Tentang SMK Pertanian yang Ada di Indonesia

Demikianlah ulasan terkait rekomendasi jurusan SMK yang gampang cari kerja dan memiliki peluang untuk sukses. Dengan mengetahui hal tersebut, maka orang-orang yang ingin melanjutkan ke SMK juga tidak akan merasa bingung lagi untuk menentukan jurusannya. Selain itu, siswanya juga tidak perlu khawatir lagi jika sudah lulus dan ingin mencari pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *