Al Quran: Pengertian, Fungsi, Keistimewaan, Asal Usul, Nama Lain, dan Kedudukan

Al Quran: Pengertian, Fungsi, Keistimewaan, Asal Usul, Nama Lain, dan Kedudukan

Kitab suci di dunia ini ada beberapa jenisnya, salah satunya adalah kitab suci Al Quran. Biasanya kitab suci tersebut digunakan oleh umat Muslim yang beragama Islam. Namun, masih banyak yang belum mengetahui pasti pengertian Al Quran secara mendalam.

Di sini akan dibahas mengenai penjelasan kitab suci Al Quran dengan lebih mendalam dan rinci. Jadi, tidak akan ada lagi yang tidak mengetahui informasi mengenai kitab suci ini. Untuk lebih jelasnya lagi, ikuti penjelasannya berikut:

Apa Itu Al Quran? Berikut Penjelasannya

Rasanya hampir semua orang di dunia ini mengetahui Al Quran, terutama bagi umat Muslim. Karena, memang digunakan setiap hari dan dijadikan pedoman juga dalam menjalani hidup. Kitab suci ini sendiri merupakan sebuah mukjizat yang Allah turunkan ke Nabi Muhammad SAW.

Dalam Al Quran terdiri dari 114 surat yang biasa dibaca oleh umat Muslim untuk menjalankan shalat. Bahkan, di luar shalat pun sering dibaca untuk kepentingan tertentu. Namun, secara bahasa Al Quran memiliki arti sesuatu bacaan yang dibaca berulang-ulang.

Al Quran tidak diturunkan langsung begitu saja, namun mengalami proses panjang. Untuk prosesnya yaitu kurang lebih 22 tahun. Isi ayat di dalam Al Quran pun memiliki arti yang sangat mendalam. Selain itu, pedoman hidup umat Muslim pun terpaku pada Al Quran.

Fungsi Al Quran untuk Umat Manusia

Setelah mengetahui pengertian Al Quran secara umum, sekarang akan dibahas mengenai fungsi dari Al Quran itu sendiri. Ada beberapa fungsi atau manfaat dari kitab suci ini yang sangat berguna sekali. Jadi, untuk lebih jelasnya lagi simak penjelasan berikut:

1. Sebagai Petunjuk

Fungsi yang pertama yaitu tentunya sebagai petunjuk hidup umat Muslim. Untuk jenis petunjuknya pun ada tiga macam, yaitu petunjuk untuk umat Muslim, petunjuk untuk orang bertaqwa, serta petunjuk untuk orang yang beriman. Jadi, semua petunjuk hidup ada di dalam Al Quran.

2. Sebagai Pembeda

Untuk yang selanjutnya yaitu sebagai pembeda, seperti sudah disebutkan di atas bahwa semua pedoman hidup ada di Al Quran. Jadi, semua hal yang benar dan salah ada di Al Quran. Inilah yang menjadikan pembeda mana yang benar serta mana yang salah.

3. Sebagai Penyembuh

Selain sebagai petunjuk dan pembeda, Al Quran juga bisa dijadikan penyembuh. Tentunya penyembuh segala penyakit, baik itu fisik maupun hati. Hanya dengan melantunkan ayat suci Al Quran, semua penyakit akan berangsur pulih.

4. Sebagai Pelajaran

Kandungan atau isi pada Al Quran memiliki banyak arti dan pelajaran yang bisa diambil. Apalagi, banyak kisah nabi yang menginspirasi yang bisa dijadikan pelajaran untuk umat manusia. Tentunya pelajaran akan membuat manusia untuk hidup lebih baik lagi.

5. Sebagai Sumber Pokok Ajaran Islam

Tidak hanya memuat kisah nabi saja, tetapi banyak hal penting yang bisa diperoleh dari Al Quran. Bahkan, untuk hal seperti ekonomi dan politik saja sudah diatur di dalam Al Quran. Tentunya bisa dijadikan sumber pokok ajaran yang mengacu pada Islam.

Keistimewaan Al Quran yang Bisa Diambil Pelajaran

Untuk yang selanjutnya akan dibahas pengertian Al Quran dari segi keistimewaannya. Banyak sekali kelebihan atau keistimewaan dari Al Quran yang tidak ada di kitab suci lainnya. Hal inilah yang membedakan Al Quran dengan pedoman hidup lainnya. Berikut beberapa keistimewaannya:

  • Di dalam Al Quran terdapat sebuah ringkasan ajaran tentang Tuhan yang sebelumnya sudah ada di kitab suci lain, seperti Injil dan Taurat.
  • Terdapat kalam Allah yang bisa dijadikan sebuah pedoman hidup manusia dari hidup hingga akhir hayatnya.
  • Memuat seluruh pengetahuan umum dan fenomena yang terjadi di dunia ini.
  • Mempunyai sebuah gaya bahasa kiasan yang mudah untuk dipahami, jadi tidak akan sulit jika ingin mengamalkan ilmu dari dalam Al Quran.
  • Terdapat pelajaran hidup dari kehidupan zaman nabi yang bisa diambil hikmahnya oleh umat Muslim.

Nama Lain Al Quran yang Biasa Dipakai

Pengertian Al Quran juga akan dilihat dari nama lain dari Al Quran itu sendiri. Ada berbagai nama lain Al Quran yang bisa menjadi julukan. Berikut akan dipaparkan berbagai julukan lain dari Al Quran yang mempunyai makna hampir sama:

  • Al-Kitab memiliki arti tulisan yang ditulis.
  • Al-Furqan memiliki arti sesuatu yang menjadi pembeda.
  • Al-Muaziah mempunyai arti sebagai penasihat atau pelajaran hidup.
  • Asy-Syifa yaitu sebagai penyembuh dari segala macam penyakit.
  • Ar-Rahmat sebagai karunia yang sangat besar.
  • Al-Huda sebagai petunjuk arah dalam hidup.
  • Al-Bayan yaitu sebagai penerang dalam hidup.
  • Al-Kalam yaitu sesuatu yang menjadi ucapan atau firman.
  • Az-Zikr memiliki arti pemberi peringatan atau pelajaran hidup.
  • Al-Busyra yaitu sebagai pemberi kabar gembira.

Asal-usul Al Quran Saat Turun ke Dunia

Mungkin masih banyak yang belum tahu bagaimana asal-usul Al Quran yang sebenarnya. Tentunya hal ini harus diketahui, supaya umat Muslim bisa lebih menghormati dan mengamalkan Al Quran dengan baik.

Secara umum, asal-usul Al Quran dimulai dengan diturunkan sebuah mukjizat dari Allah ke Rasulullah melalui Malaikat Jibril. Diturunkannya Al Quran yaitu 17 Ramadhan atau pada saat Rasul menginjak usia 40 tahun. Peristiwa tersebut sering diperingati dengan nama Nuzulul Quran.

Al Quran tidak diturunkan langsung menjadi satu buku penuh, tetapi secara bertahap. Prosesnya sendiri bisa mencapai waktu 22 tahun. Setelah itu, tidak ada lagi kitab lain selain Al Quran. Jadi, bisa dikatakan Al Quran sebagai pedoman hidup yang terakhir.

Dahulu, Al Quran dibuat dengan pelepah pisang dan tulang unta. Sampai sekarang pun untuk versi Al Quran yang asli masih dijaga dan tidak diubah sedikitpun. Namun, untuk yang dibaca sehari-hari sudah diganti dengan kertas yang lebih mudah untuk dibaca.

Baca Juga: Cara Membuat Silsilah Keluarga Menggunakan Aplikasi

Kedudukan Al Quran di Mata Manusia

Semua ajaran agama yang terdapat di dunia, kitab suci Al Quran lah yang memiliki kedudukan paling utama dan paling tinggi. Semua ajaran hidup yang baik atau yang salah sudah tertera semua di Al Quran. Kedudukannya tak bisa tergantikan dengan apapun.

Umat Muslim juga berpegang teguh dengan Al Quran sebagai pedoman hidup yang benar. Bahkan, beberapa orang di luar Muslim pun banyak yang mempelajari Al Quran. Karena, banyak pengetahuan atau peristiwa yang sudah tertuang di Al Quran.

Dari sekian banyak penjelasan pengertian Al Quran di atas, maka bisa dikatakan Al Quran merupakan pedoman hidup tertinggi yang ada di dunia ini. Semua ajaran hidup sudah ada semua di dalam Al Quran.

Tentunya pelajaran hidup bisa diambil hikmahnya oleh manusia zaman sekarang. Karena, mengingat banyak sekali kelakukan manusia yang tidak berpedoman dengan Al Quran. Maka dari itu, manusia hidup dengan seenaknya sendiri dan tidak memiliki pedoman pasti.

Jadi, itulah penjelasan mendalam mengenai pengertian Al Quran dari berbagai sudut pandang. Jadi, sudah tidak ada lagi yang bisa meragukan keberadaan Al Quran. Karena, memang benar-benar ada dan memiliki kedudukan tertinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.