Comparison Degree : Pengertian, Rumus dan Contohnya

Pernahkah Anda mendengar kata he is more handsome atau you are the best? Apakah Anda pernah membaca kata better atau kalimat she is the worst? Semua itu adalah bagian dari comparison degree. 

Apa Itu Comparison Degree?

Comparison degree adalah salah satu cabang pembahasan dalam tata bahasa atau grammar bahasa inggris. Istilah ini mempelajari tentang perbandingan antara sesuatu dengan hal lain. Namun, pengetahuan ini tidak bisa hanya dihafal melainkan dimengerti rumusnya. Mengapa?

Dalam tata bahasa cabang ini, penggunaan kata sifat atau adjective dan kata keterangan atau adverb harus menyesuaikan dengan tingkat bandingannya. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan dengan baik bentuk adjective dan adverb. Jika tidak selaras, maka tata bahasa akan berantakan.

Pola dan Rumus Degree of Comparison

Ada beberapa tingkat dari comparison degree yang perlu dipahami, yaitu positive degree, comparative degree, dan superlative degree. 

Positive degree digunakan untuk mendeskripsikan dua subjek yang sama. Bentuk kata sifat atau kata keterangan yang digunakan tidak ada perubahan sama sekali. Namun, ada penambahan yang mengapit kata sifat atau kata benda, yaitu as…as.

Comparative degree berada di tingkatan lebih tinggi daripada positive degree. Jika Anda menggunakan comparative degree, maka salah satu subjek mempunyai tingkatan yang lebih rendah dari yang lain. Disini perbandingan akan terlihat lebih jelas dan berbeda strata. 

Bentuk kata sifat atau kata keterangan di comparative degree juga berbeda. Umumnya, mereka akan ditambahkan akhiran –er atau awalan more.

Sedangkan superlative degree adalah tingkatan yang paling tinggi. Tidak ada lagi perbandingan terjadi. Satu subjek akan menempati posisi yang terbaik diantara yang lain. Umumnya, kata sifat atau kata keterangan yang digunakan ditambahkan akhiran –est atau awalan most

Positive Degree Comparative Degree Superlative Degree
as…as -er

More …

-est

Most…

Sebanding lebih tinggi paling terbaik

 

1. Pola Conjunction

Comparison degree tingkat pertama menggunakan as…as sebagai kata penyambung kalimat satu dengan yang lain, atau sering disebut sebagai conjunction. Pola ini masih tergolong mudah karena kata sifat atau kata keterangan yang digunakan tidak memerlukan perubahan bentuk.

Anda hanya perlu memahami penempatan kata sambung dan kata sifat atau kata keterangan saja dengan rumus di bawah ini.

Rumus kata sifat adalah sebagai berikut:

S + to be + as adjective as + O

Penempatan sangat penting. Jika Anda menempatkan adjective sebelum as…as, maka kalimat bahasa inggris akan terdengar lucu. Hal ini disebabkan tata bahasa yang tidak benar. 

Rumus kata keterangan adalah sebagai berikut:

S + to be + as adjective as + O 

Untuk kata keterangan sifat cukup mudah. Seperti kata sifat, penempatan perlu diperhatikan dimana kata keterangan harus berada di antara as…as.

2. Pola Double Comparative

Comparison degree tingkat perbandingan akan lebih sulit. Bentuk kata sifat dan kata keterangan akan berubah bentuk. Secara garis besar, rumus sangat sederhana, yaitu:

S + to be + adjective / adverb + than + O

Yang menjadi tantangan adalah menentukan perubahan bentuk dari kata sifat dan keterangan. Bagaimana cara menggunakan bentuk yang tepat pada comparative degree? Kata sifat dan kata keterangan yang mempunyai lebih dari dua suku kata akan menggunakan more

Sedangkan suku kata yang kurang dari tiga, umumnya akan ditambahkan akhiran –er. Lalu, bagaimana cara menghitung suku kata atau di dalam bahasa inggris dinamakan sebagai syllable?

Ini mungkin akan menjadi tantangan bagi yang belum terbiasa. Namun, Anda pasti akan menguasai ini dengan membiasakan diri. Mari kita ambil tiga contoh untuk menentukan suku kata. 

Kata Pelafalan Suku Kata
Cheap /chip/ 1
Simple /sim – pel/ 2
beautiful /biu –ti- ful/  3

Anda perlu memenggal satu kata menjadi beberapa bagian. Untuk kata beautiful, ada tiga suku kata karena pelafalannya terbagi menjadi tiga, yaitu /biu/, /ti/, dan /ful/. Oleh sebab itu, penggunaan beautiful akan ditambahkan more di awal sehingga menjadi more beautiful. 

Lalu, apa yang dinamakan double comparative? Istilah ini menjelaskan kata sifat atau kata keterangan ditambahkan more dan juga akhiran –er. Hal ini cukup umum untuk penekanan dalam mendeskripsikan tingkatan. Contohnya seperti kata sifat loud. Loud mempunyai satu suku kata karena pelafalannya adalah /laud/ saja.

Secara rumus, kata sifat ini hanya akan ditambahkan akhiran –er. Namun, terkadang more juga ditambahkan sehingga menjadi more louderer. Walaupun diakui di dalam bahasa inggris, hal ini tidak awam. 

Oleh sebab itu, sebagai pemula, Anda mungkin ingin menguasai yang mudah terlebih dahulu.

3. Pola Variasi

Comparison degree tingkat paling akhir adalah superlative degree. Di pembahasan ini, tantangan akan menjadi lebih sulit karena ada pola variasi bentuk. Namun, sebelum itu, rumus superlative degree adalah sebagai berikut:

S + to be + the most + adjective / adverb

Rumus cukup mudah. Anda bisa menghafal penempatan dan akan langsung bisa menggunakan tingkatan ini. Namun, bagian tersulit adalah menentukan bentuk dari kata sifat dan kata keterangan.

Di dalam superlative degree ada beberapa kata sifat dan kata keterangan yang berbeda bentuk tanpa mengikuti rumus yang sudah ada. Jadi, Anda mungkin harus menghafal tingkatannya, karena akan berbeda di comparative degree dan superlative degree.

Hal ini dinamakan sebagai irregular comparison. Berikut adalah beberapa kata yang berbeda bentuk tanpa mengikuti rumus awalan more ataupun akhiran –er.

Kata Comparative Degree Superlative Degree
Good  Better Best
Bad Worse Worst
Little Less Least
Far Farther/Further Farthest/Furthest
Many/Much More Most

Khusus untuk far, ada dua pilihan di comparative degree dan superlative degree. Far berarti jarak yang jauh. Namun, di dalam bahasa inggris kamu harus tahu apakah jarak itu bisa dihitung dengan angka atau tidak.

Farther dan farthest digunakan untuk jarak yang dapat dihitung. Contohnya seperti rumah Anda dengan rumah orang tua berjarak 8 kilometer. Sedangkan, further dan furthest tidak bisa dihitung dengan angka dan tidak ada bentuk fisik.

Contohnya seperti I shall give you further information later atau there has been no further improvement since Kenny resigned. 

Contoh Kalimat Degree of Comparison

Kata Positive Degree Comparative Degree Superlative Degree
Good Tony is as good as him Tony is better than him Tony is the best
Simple The test is as simple as before The test is simpler than before The test is the simplest 
Cheap The snack is as cheap as meat  The snack is cheaper than meat The snack is the cheapest

 

Siap Menerapkan Comparison Degree Sekarang Juga?

Mempelajari bahasa inggris tidak hanya memahami, Anda juga harus terbiasa menggunakannya. Oleh sebab itu, gunakanlah dan latihan dengan menggunakan comparison degree. Selamat mencoba!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *