4 Pilihan Setelah Lulus SMA yang Paling Tepat

4 Pilihan Setelah Lulus SMA yang Paling Tepat

Mungkin saat ini bagi siswa SMA adalah momen yang sangat membingungkan. Karena, menjelang kelulusan masih banyak yang bimbang akan melanjutkan kemana atau berbuat apa. Pilihan setelah lulus SMA memang menjadikan sebuah dilema yang sangat sulit. Karena, harus ditentukan dengan baik serta tepat pula.

4 Pilihan Setelah Lulus SMA yang Bisa Menjadi Pertimbangan

Berikut berbagai pilihan yang bisa menjadi sebuah solusi tepat.

Pilihan Kuliah

Sepertinya pilihan setelah lulus SMA yang satu ini diinginkan oleh semua siswa saat ini. Banyak yang sudah mempersiapkannya mulai dari awal masuk SMA. Sebenarnya pilihan ini juga tidak salah, namun jangan asal juga dalam menentukannya. Karena, akan berpengaruh sekali terhadap karir di masa mendatang. Maka dari itu, ikuti tips berikut:

  • Gali kemampuan yang ada di dalam diri, kenali juga sebenarnya kemampuan apa sih yang dimiliki sampai saat ini.
  • Selain kemampuan harus mempunyai minat yang tinggi pula, karena percuma jika memiliki kemampuan tetapi tidak dibarengi dengan minat yang tinggi.
  • Setelah mengetahui terhadap kemampuan apa yang dimiliki, cari tahu tentang jurusan yang berhubungan dengan kemampuan tersebut. Pilihlah juga perguruan tinggi yang memiliki jurusan tersebut setidaknya sudah memiliki akreditasi.
  • Kemudian persiapkan diri dan pelajari semuanya agar bisa masuk ke dalam jurusan itu. Jangan lupa juga untuk konsultasi kepada salah satu guru yang paling dipercaya.
  • Selanjutnya bisa mengikuti seleksi melalui berbagai jalur, bisa SNMPTN, SBMPTN, atau bisa jalur mandiri. Carilah jalur yang memiliki peluang paling bagus serta kemungkinan besar dapat lolos.
  • Siswa dapat mencoba semua jalur, jika tidak berhasil pada satu jalur bisa mencoba jalur lain yang lebih mudah.
  • Jika sudah lolos melalui salah satu jalur, siswa bisa memulai perkuliahan dengan baik. Sebaiknya, tekunlah dalam menghadapi perkuliahan karena mengingat untuk masuk juga membutuhkan perjuangan yang tidak mudah.

Pilihan Kursus

Selain melalui kuliah, pilihan setelah lulus SMA siswa juga bisa mengasah kemampuan dalam dirinya dengan mengikuti kursus atau sebuah pelatihan. Sekarang sudah banyak sekali tempat kursus yang menawarkan berbagai pelatihan. Siswa dapat memilihnya mulai dari sekarang dan juga bisa langsung mendaftarnya. Berikut beberapa tips memilih kursus yang tepat:

  • Sama seperti memilih jurusan di bangku perkuliahan, dalam mengikuti sebuah kursus siswa juga harus tahu dengan skill serta minat yang ada di dalam dirinya.
  • Misal, siswa tersebut menyukai sebuah tata rias maka ikutilah kursus yang khusus untuk tata rias. Tentukan sesuai dengan peminatan serta soft skill yang siswa tersebut miliki.
  • Setelah mengetahui akan mengambil kursus apa, maka langkah selanjutnya adalah menentukan tempat kursus.
  • Sebaiknya pilihlah tempat yang memang pemerintah sediakan, karena biasanya sudah mendapat izin dan siswa pasti akan mendapatkan sertifikat kursus. Untuk peluang kerjanya juga mudah karena memiliki sertifikat yang bisa menjadi alat penunjang.
  • Kemudian, bisa memilih juga tempat kursus atau pelatihan yang gratis. Namun, jika membayar pun biasanya tidak besar dan masih sangat terjangkau.
  • Selanjutnya daftarkan diri di tempat kursus tersebut, lengkapi semua persyaratan dengan baik dan isi data dengan jujur serta sesuai dengan keadaan.
  • Apabila sudah masuk, biasanya akan ada pemberitahuan lebih lanjut mengenai jadwal. Lakukan kursus dengan baik serta jangan sia-siakan kesempatan tersebut. Kemudian jika sudah lulus, bisa mencari pekerjaan dengan menggunakan kemampuan serta sertifikat yang sudah diperoleh.

Pilihan Membuka Usaha

Apabila tertarik untuk menjadi pengusaha yang handal, membuka usaha bisa menjadi pilihan setelah lulus SMA yang tepat. Pilihan ini bisa menjadi sebuah karir serta jalan rezeki yang tepat jika kita jalankan dengan konsisten. Untuk memulai sebuah usaha, tentunya terdapat beberapa cara atau tips yang bisa kita lakukan:

  • Bukalah sebuah usaha yang memiliki banyak peminat serta selalu orang banyak butuhkan, jangan membuka sebuah usaha yang produknya sedang viral.
  • Produk yang sedang viral hanya akan bertahan sebentar saja dan tentunya setelah tidak viral mungkin sepi peminat.
  • Setelah mengetahui akan membuka usaha apa, bisa kita mulai dari kecil terlebih dahulu. Bagi seorang siswa bisa langsung memulainya saat di bangku sekolah, tentunya lebih mudah serta banyak peminatnya.
  • Namun, tentunya produk yang kita tawarkan adalah sesuai dengan kebutuhan siswa. Lalu jika sudah lulus serta usaha dapat berkembang dengan baik, maka usaha itu bisa kita kembangkan lagi.
  • Siswa dapat menggunakan labanya untuk modal utama membuka usaha tersebut atau jika belum ada dana yang memadai bisa meminjam pada salah satu tempat yang menyediakan.
  • Jalankan usaha dengan telaten serta konsisten, memang pasti akan ada saat sepi pembeli. Namun, jangan menyerah karena setiap usaha pasti akan mengalami fase tersebut.
  • Yakinlah jika usaha yang kita jalani merupakan jalan pembuka rezeki, sehingga dapat kita jalani dengan ikhlas dan yang pasti akan mendapatkan keuntungan yang setimpal.

Pilihan Bekerja

Tak sedikit pula yang lebih memilih bekerja setelah lulus. Untuk pilihan setelah lulus SMA yang satu ini juga tidak salah. Karena, pasti banyak pertimbangan yang sudah kita pikirkan sehingga untuk lebih memilih bekerja. Berikut beberapa tips untuk memilih pekerjaan yang tepat serta menghasilkan karir yang cemerlang:

  • Pilihlah sebuah pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi diri serta kemampuan.
  • Tetapi, jika berani dengan sebuah tantangan bisa mencoba pekerjaan yang di luar zona nyaman. Karena, bisa juga sebagai pengalaman yang baru serta dapat mengasah kemampuan di dalam diri.
  • Jangan mencari pekerjaan yang tidak menggunakan skill, karena yang pasti tidak akan mengasah kemampuan dalam diri serta bakat yang ada di dalam diri bisa hilang.
  • Carilah sebuah pekerjaan pada perusahaan dengan profit yang bagus serta memiliki latar belakang yang baik pula.
  • Jangan sampai menemukan sebuah perusahaan abal-abal serta tidak jelas asal-usulnya, karena bisa akan merugikan si pekerja itu sendiri.
  • Bekerjalah dengan jujur serta selalu profesional dalam semua pekerjaan.
  • Apabila konsisten seperti itu terus, maka bisa jadi akan naik pada jabatan dengan cepat.

Kesimpulan

Dari semua pilihan setelah lulus SMA di atas, siswa dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan. Tidak semua siswa harus melanjutkan ke jenjang perkuliahan, bisa juga memilih pilihan lain yang terbaik untuk dirinya. Karena, kembali lagi minat setiap siswa berbeda serta tak dapat kita sama ratakan.

Semua siswa berhak memilih sendiri pilihan yang paling tepat. Karena, semua pilihan di atas merupakan jalan karir terbaik tetapi dengan jalur berbeda. Apabila kita lakukan dengan konsisten, maka akan menghasilkan sebuah masa depan yang cerah. Namun, sebaliknya jika kita jalankan dengan sembarangan bisa jadi malah akan menghancurkan masa depan siswa tersebut.

Baca Juga: 9 Jenis Pekerjaan Sampingan Anak SMA Buat Uang Tambahan

Jadi, itulah beberapa pilihan setelah lulus SMA yang bisa siswa pilih mulai dari sekarang. Semua pilihan merupakan jalan yang terbaik. Karena, setiap siswa memiliki kemampuan serta pemikiran yang berbeda. Jadi, mantap saja dengan pilihan tersebut serta harus menjalani dengan konsisten pula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *