Apa Saja Tugas Helper Gudang? Simak Informasi Lengkapnya Di Sini!

Bagi perusahaan yang bergerak di bidang logistik maupun manufaktur, tentu membutuhkan banyak staff, terutama dalam pengelolaan gudang. Salah satu posisi yang sangat berperan penting dalam hal ini ialah helper gudang. Lantas apa saja tugas helper gudang?

Sebelum membahas lebih jauh, mungkin perlu mengetahui terlebih dahulu alasan perusahaan membutuhkan staff untuk mengisi posisi tersebut. Hal ini karena dalam perusahaan membutuhkan sistem penataan dan pengelolaan bagian gudang agar operasional tetap berjalan dengan baik dan lancar.

Apa Itu Helper Gudang ?

Helper sendiri artinya orang yang membantu dalam melakukan aktivitas tertentu. Dalam perusahaan, helper gudang berarti orang yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan barang yang ada di gudang.

Sesuai dengan namanya, tugas helper gudang secara umum adalah mengelola dan bertanggung jawab penuh terhadap aktivitas di gudang. Seperti halnya melakukan pengecekan barang, mencatat, hingga membuat laporan yang berhubungan dengan ketersediaan stock. Apabila ditemukan kesalahan tentu akan sangat berdampak pada divisi atau bagian lain dalam sebuah perusahaan.

10 Tugas Penting Helper Gudang

Seperti yang sudah disebutkan di awal, secara umum tugas helper gudang adalah membantu keperluan dan mempersiapkan barang yang ada di gudang. Berikut tugas seorang helper gudang yang perlu diketahui, antara lain :

1. Melakukan Pendataan Barang

Risiko seorang helper gudang cukup besar sehingga wajib melakukan pendataan barang dengan benar. Setiap barang yang masuk dan keluar gudang harus selalu ditulis agar tidak menimbulkan selisih stock. Pendataan ini juga tentu saja bertujuan agar bagian gudang juga mengetahui apa saja stock yang ada di gudang saat itu.

2. Mencatat Persediaan Barang Di Gudang

Selain melakukan pendataan barang yang masuk dan keluar, tugas helper gudang lainnya adalah mencatat semua barang atau produk yang ada di gudang. Hal ini karena berhubungan dengan waktu pengiriman barang agar tetap on time. Selain itu,  helper juga perlu berkoordinasi dengan pihak distributor agar tidak terjadi kesalahpahaman terkait barang.

3. Sopir Cadangan

Bukan hanya seorang driver yang bertugas mengantar barang, namun juga bagian helper gudang. Selain mengelola aktivitas yang ada di gudang, dalam kondisi tertentu juga bertanggung jawab untuk mengantarkan barang dan menjadi supir cadangan apabila memang diperlukan.

4. Bertanggung Jawab Penuh Terhadap Kebersihan Gudang

Selain menjaga dan memastikan barang dalam kondisi dan jumlah yang sesuai, bertanggung jawab terhadap kebersihan gudang juga menjadi tugas helper gudang. Karena banyaknya barang yang ada di dalam gudang sehingga perlu dibersihkan secara rutin. Oleh karena itulah, harus selalu memperhatikan kondisi gudang terutama dari segi kebersihan.

5. Mempersiapkan Barang Keluar

Tugas helper gudang selanjutnya adalah menyiapkan barang yang akan keluar dari gudang dan didistribusikan. Namun sebelum benar-benar didistribusikan, helper perlu memastikan dari segi kuantitas dan kualitas sudah sesuai. Lakukan pengecekan sebelum barang benar-benar dikirimkan agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

6. Membuat Laporan

Helper gudang diwajibkan membuat laporan harian, mingguan, hingga bulanan. Semua proses keluar masuk barang hingga stock yang ada di gudang harus dilaporkan. Pembuatan laporan akan sangat penting dilakukan agar bisa dicocokkan dengan ketersediaan barang yang ada. Memastikan bahwa stock di gudang dan laporan tidak ada selisih.

7. Mengelola Faktur Dan Struk

Tugas helper gudang yang tidak kalah penting adalah mengelola invoice dan stok barang dari bagian produksi pada perusahaan tersebut. Faktur sendiri merupakan nota yang berisi informasi terkait biaya yang diperlukan dalam memproduksi barang tersebut.  

Sedangkan struk barang adalah informasi yang berisi produk apa saja yang diproduksi. Dalam hal ini, helper gudang akan membantu staff gudang lain untuk mengelolanya.  

8. Memasukkan Dan Menata Barang Produksi Ke Gudang

Apabila barang sudah diolah di pabrik perusahaan yang bersangkutan, maka produksi barang tersebut akan diarahkan ke gudang untuk disimpan sebelum didistribusikan. Di sini, peran helper adalah siap sedia untuk mengatur barang tersebut, mulai dari mengeceknya dan memastikan sesuai dengan invoice dan menatanya dengan baik.  

9. Memastikan Stok Barang Dengan Sistem

Setiap helper gudang harus memastikan stok barang yang ada di gudang apakah sesuai dengan sistem atau tidak. Di perusahaan besar dengan berbagai macam produk, tentu hal ini sangat diperlukan agar  lebih efisien ketika dibutuhkan maupun didistribusikan kepada konsumen.

Dengan melakukan pengecekan dan memastikan stok dengan sistem, maka helper akan tahu sisa stock barang yang sebenarnya. Hal ini akan menjadi penentu bagi perusahaan untuk menentukan waktu produksi barang. Apabila barang masih dalam jumlah yang cukup, bagian marketing akan push penjualan agar bisa segera produksi barang baru lagi.

10. Mengelompokkan Produk Menurut Kriteria Tertentu

Tugas helper gudang  ini tentu sangat penting untuk dilakukan. Berbagai macam jenis barang yang disimpan sementara waktu di gudang perlu untuk ditata dan dikelompokkan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan ketika dibutuhkan.

Pengelompokkan yang dilakukan ini bisa menurut waktu produksi, jenis, nama, hingga karakteristik dari masing-masing produk. Dalam perusahaan biasanya atasan akan memberikan arahan, helper bisa mengikuti dan menjalankan sesuai instruksi yang diperintahkan.

Apa Saja Syarat Menjadi Helper Gudang ?

Meskipun tampak sepele, namun posisi ini cukup berat karena tanggung jawab yang diemban cukup besar. Biasanya terdapat syarat yang harus dipenuhi agar bisa mengisi posisi ini, antara lain:

1. Memiliki Kekuatan Fisik Yang Baik

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa tugas helper gudang adalah mengelola semua aktivitas yang ada di gudang sehingga dibutuhkan fisik kuat dan tahan banting. Hal ini bertujuan selain untuk memperlancar proses bekerja, juga meminimalisir kecelakaan kerja yang mungkin terjadi.

2. Teliti Dalam Bekerja

Banyaknya produk yang ada di gudang tentu menuntut ketelitian seseorang agar bisa bekerja dengan baik. Dalam melakukan pencatatan keluar masuk barang, mengelola dan mempersiapkan barang  dan tugas-tugas lainnya sangat membutuhkan ketelitian yang baik.

3. Disiplin Dan Tekun Dalam Bekerja

Dalam semua posisi, tekun dan disiplin sangat diperlukan. Terlebih bagi seorang helper gudang. Dengan jobdesk yang terbilang rumit, maka harus memiliki ketekunan dan kedisiplinan yang tinggi agar dapat memastikan sistem pergudangan berjalan dengan lancar.

Berapa Kisaran Gaji Seorang Helper Gudang ?

Berbicara mengenai tugas helper gudang yang cukup berat, tentu banyak yang bertanya-tanya, berapa kisaran gaji yang akan diperoleh. Sebenarnya untuk gaji seorang helper gudang, setiap kota tidak selalu sama. Umumnya jika berada di kota besar, akan mendapatkan kesempatan gaji yang lebih besar pula karena UMR yang lebih tinggi.

Besaran gajinya sendiri tidak bisa disamaratakan begitu saja karena  akan berbeda pada setiap perusahaan dan daerah. Namun biasanya tetap akan berpatok pada UMR dari masing-masing kota maupun daerah.

Tugas helper gudang di atas semoga bisa memberikan gambaran jika mungkin ada yang tertarik untuk bekerja di bidang ini. Untuk posisi ini akan  banyak ditemui pada perusahaan yang bergerak di bidang retail, pabrik, maupun logistik.  

 

Rate this post

Tinggalkan komentar