Gerai Indomaret sudah tersebar di hampir seluruh penjuru Wilayah indonesia. Mulai dari daerah perkotaan hingga pedesaan sudah terdapat gerai Indomaret yang menjamur. Buat yang berminat jadi Kasir Indomaret alangkah baiknya perhatikan serba serbi menjadi kasir Indomaret berikut:

Tanggung Jawab Kasir Indomaret

Menjadi seorang kasir indomaret mungkin terdengar sebuah pekerjaan mudah karena hanya memeriksa belanjaan dan menerima uang. Namun nyatanya hal yang terjadi di lapangan bukan cuma itu saja. Ada tanggung jawab yang besar dipegang oleh profesi ini seperti berikut.

1. Melayani Transaksi Pembeli

Tugas utama kasir sudah tentu untuk melayani pembelian dari customer Indomaret. Hubungan kasir akan sangat erat dengan uang pembelian barang atau transaksi lain seperti tagihan dan pulsa. Kasir juga akan memberikan uang kembalian pada customer yang berbelanja.

Meski terlihat sepele namun pekerjaan ini memerlukan ketelitian yang bagus. Hal ini karena marak beredarnya uang palsu diluar sana memaksa kasir harus punya ketelitian ekstra dalam membedakan uang asli atau uang palsu. 

Jika menemukan uang diduga palsu jangan sungkan untuk mengembalikannya lagi pada pembeli. Uang juga harus dirapikan lagi sesuai dengan nominal agar rapi dan mudah dicari serta dihitung.

2. Membungkus Barang

Supermarket atau minimarket modern semacam indomaret pasti akan melakukan pembungkusan barang belanjaan. Barang yang selesai dibayar oleh customer akan dimasukkan kedalam plastik atau tas belanjaan oleh sang kasir.

Kini kasir juga harus berani untuk menegakkan gerakan mengurangi kantong plastik. Banyak supermarket sudah menerapkan hal ini bahkan indomaret sekalipun aturan ini sudah mulai diterapkan di beberapa gerainya namun masih belum merata.

Kantong plastik akan dikenakan biaya setiap lembarnya, namun kasir juga akan menawarkan kantong lain yang bisa dipakai berkali-kali yaitu kantong kain yang harganya sebesar 5 ribu rupiah.

Baca Juga: 9 Cara Tertidur Cepat yang Paling Optimal

3. Memberikan Informasi

Kasir juga harus mengetahui segala jenis informasi terbaru seputar Indomaret kepada pengunjung. Mulai dari kebijakan baru sampai ke produk terbaru apa saja yang ada di indomaret.

Jangan sampai ketika customer bertanya, kasir tidak bisa menjawab karena tidak akan ada orang lain selain kasir di gerai tersebut. Pembeli yang kesulitan menemukan barang atau ingin tahu suatu informasi pasti akan bertanya pada kasir Indomaret.

Jadi pengetahuan sang kasir disini akan diuji. Sebagai kasir Indomaret yang baik membantu customer yang kebingungan adalah suatu kelebihan tersendiri.

4. Menawarkan Promo

Indomaret seringkali mengadakan suatu promo yang berlangsung dalam beberapa pekan. Mulai dari promo besar sampai promo kecil-kecilan sering di jalani Indomaret. Untuk mensukseskan event tersebut tugas kasir sangat penting di sini.

Mereka akan memberikan informasi tentang promo terbaru pada customer Indomaret agar bisa lebih banyak berbelanja. Selain itu informasi tertulis juga selalu di perbaharui oleh kasir setiap hari baik itu lewat brosur promo atau membuat tulisan pengumuman.

5. Melakukan Pengecekan Stok Produk

Ketersediaan barang di gerai indomaret juga merupakan tanggung jawab kasir. Saat membuat laporan bulanan mana saja barang yang habis dan segera di butuhkan harus selalu tepat dan tidak bisa asal-asalan.

Jika belum genap sebulan namun stok produk menipis maka laporan harus sejak dini dibuat. Tujuannya untuk mengantisipasi terjadinya kekosongan stok dan membantu kasir agar bisa memenuhi kebutuhan pembelinya.

6. Mencatat Kas

Catatan kas menjadi suatu kunci akan kemajuan usaha, jika catatan kas berantakan maka usaha tidak akan maju. Kasir yang baik harus senantiasa mencatat kemana uang pergi dan masuk untuk operasional gerai.

Kasir juga yang mencatat agar pembukuan kas bisa di buat sebaik mungkin sehingga atasan bisa menerimanya. Pembukuan dilakukan dengan menaruh bukti transaksi dan harus disimpan dengan baik oleh kasir.

Kesalahan harus seminimal mungkin dibuat agar tidak banyak error dalam laporan. Kesalahan yang minim membuat laporan akan mudah di mengerti dan di terima.

7. Memegang amanah Uang Transaksi

Kasir harus menjadi seorang yang amanah dalam mengemban tugasnya yang pertama dalam menerima uang dari konsumen. Hal ini tidak cuma dilakukan oleh pegawai kasir Indomaret saja namun setiap kasir pasti akan melakukan hal yang sama.

Agar tidak terjadi kesalahan kasir harus jujur dalam menerima uang dari customer dan memasukkannya dengan benar. Pengelolaan yang baik bisa terjadi berkat kejujuran dan ketelitian dari kasir terhadap uang hasil transaksi.

Jika ada kesalahan yang terjadi karena kelalaian kasir bisa menyebabkan kerugian pada gerai Indomaret. Untuk itu seringkali terjadi pengecekan saat melakukan pergantian shift yang tujuannya agar saat serah terima laporan tentang beberapa transaksi yang masuk akan di beritahukan.

Kualifikasi Menjadi Kasir Indomaret

Indomaret memang selalu membuka lowongan kasir, namun ada kualifikasi yang harus di penuhi pelamar. Kualifikasi tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

1. Berkomunikasi dengan Baik

Seorang kasir Indomaret di tuntut untuk bisa berkomunikasi secara sopan dan baik dengan pembeli. Jika hal ini dilakukan pembeli bisa datang lagi karena pelayanan yang ramah dan efektif sangat di sukai pembeli.

Kemampuan ini bisa di latih dengan penggunaan tata bahasa yang baik dan sopan. Pastikan juga artikulasinya jelas sehingga pembeli bisa lebih yakin dengan kasir. Pastikan juga untuk menjaga volume suara agar tidak terkesan emosi menghadapi segala tingkah pembeli.

2. Cekatan

Kasir yang cekatan juga sangat di sukai karena bisa di butuhkan dalam situasi apapun. Banyak orang yang suka dengan kasir cekatan karena bisa menghemat waktu mereka untuk berada dalam minimarket.

Kasir yang cekatan juga bisa mengerjakan banyak hal di bandingkan dengan kasir yang malas. Jika pekerjaan yang satu selesai ia akan beralih mengerjakan pekerjaan lain yang belum selesai.

3. Mampu Menghitung dengan Teliti

Ketelitian seorang kasir harus di miliki karena banyak uang yang menjadi tanggung jawabnya. Nilainya bukan cuma puluhan ribu namun sudah mencapai jutaan rupiah yang jika hilang pasti akan sangat menimbulkan masalah.

Untuk itu di perlukan ketelitian ekstra dari sang kasir agar meminimalisir kesalahan. Kasir yang sabar juga patut di jadikan panutan karena tidak semua orang mampu sabar dengan segala kondisi yang di hadapi di lapangan.

4. Terampil Memakai Komputer

Indomaret adalah minimarket yang modern dan sudah memiliki sistem yang terkomputerisasi. Jadi penting dan wajib hukumnya menjadi seorang kasir yang paham teknologi dan bisa menggunakan komputer dengan baik.

Kemampuan mengoperasikan komputer juga membantu dalam menghadapi transaksi online seperti pembayaran tagihan dan top-up pulsa. Banyak juga transaksi lain yang bisa dilakukan di Indomaret seperti membayar tagihan serta asuransi.

5. Membuat Pembukuan

Seorang kasir indomaret minimal punya pengetahuan tentang pembukuan yang baik dan benar. Pastinya pembukuan tersebut harus memenuhi syarat dari Indomaret yang berisi pemasukan dan pengeluaran. Selain itu harus ada juga hasil penjualan selama periode tertentu.

Itulah sedikit Informasi mengenai kasir indomaret mulai dari apa saja tugasnya serta kualifikasinya. Yang jelas menjadi seorang kasir itu tidak mudah dan butuh perjuangan ekstra dalam menghadapi pekerjaannya.

Bagikan: