Bagi sebagian orang, permasalahan tidur adalah permasalahan yang sangat sulit untuk dihindari. Banyak orang yang kesulitan tidur atau insomnia sehingga aktivitasnya terganggu. Jika sudah demikian, maka harus diketahui cara tertidur cepat yang paling optimal.

9 Cara Tertidur Cepat yang Paling Optimal dan Sehat

Setidaknya ada 9 cara tertidur cepat yang akan diuraikan dalam artikel ini. Agar bisa tertidur dengan cepat tanpa hambatan, maka pastikan setiap caranya diperhatikan dengan baik dan diterapkan secara konsisten dan berkala.

Karena jika tidak dijalankan secara konsisten, maka kebiasaan untuk tidur cepat tidak akan muncul. Penasaran apa saja cara yang bisa diikuti? Untuk mengetahui susunan cara dan penjelasannya, simak detail yang dipaparkan sebagai berikut:

1. Hindari Interaksi dengan Barang Elektronik Sebelum Tidur

interaksi dengan barang elektronik

Langkah atau cara pertama agar bisa tidur dengan cepat adalah dengan menghindari interaksi dengan peralatan elektronik. Jadi sebelum tidur, pastikan 1,5 jam sebelumnya sudah terlepas dari perangkat elektronik apapun yang dipakai untuk berbagai kegiatan.

Ponsel juga termasuk perangkat yang setidaknya harus segera dihindari. Cahaya dari ponsel bisa membuat produksi hormon melatonin menurun. Jika hormon ini menurun, maka tidur tidak akan maksimal dan mudah terganggu.

Hal ini juga berlaku jika saat tengah malam terbangun, maka jangan nyalakan ponsel. Jika menyalakan ponsel maka proses tidur menjadi lebih terganggu. Jadi akan lebih jika hindari memakai elektronik sebelum tidur dan lakukan kegiatan lainnya.

2. Buat Jadwal Tidur di Jam yang Sama

Buat Jadwal Tidur di Jam yang Sama

Rekomendasi cara tertidur cepat yang kedua adalah dengan membuat jadwal tidur di jam yang sama. Jika terbiasa dengan jam tidur yang tidak teratur, maka proses ini akan sulit untuk dijalankan namun harus dibiasakan dan diperbaiki.

Membuat jadwal tidur di jam yang sama akan membuat tubuh menjadi hafal dan terbiasa dengan jadwal tersebut. Tubuh akan mengerti kapan waktu yang pas untuk tidur setelah disesuaikan dengan kebiasaan yang sudah dijadwalkan.

Hal ini juga berlaku untuk jam bangunnya. Pastikan untuk membiasakan diri bangun di jam-jam tertentu yang sudah dijadwalkan. Dengan demikian, tubuh akan memiliki alarm tersendiri dan akan tahu kapan waktu yang pas untuk bangun.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Stress dengan Mudah

3. Mandi dengan Air Hangat

Mandi dengan Air Hangat

Air hangat memang bisa membuat tubuh rileks saat dipakai untuk mandi. Oleh karenanya, jika ingin tidur cepat maka direkomendasikan untuk mandi air hangat sebelum tidur. Dengan demikian, tubuh akan menjadi rileks dan siap untuk beristirahat.

Proses atau cara yang satu ini juga sudah dibuktikan oleh banyak orang. Kebanyakan akan mengantuk jika sudah mandi air hangat. Nantinya, proses tidur akan lebih mudah dan tidak membutuhkan poin waktu yang terlalu lama.

Apalagi jika dalam satu yang yang berjalan sudah melakukan banyak kegiatan, maka proses yang satu ini akan lebih berdampak. Tubuh akan memberikan respon yang baik setelah mandi dan segera siap-siap serta fokus untuk tidur.

4. Hindari Makanan Tertentu Sebelum Tidur

Hindari Makanan Tertentu Sebelum Tidur

Agar lebih cepat tidur, maka pastikan untuk menghindari memakan makanan-makanan tertentu. Jenis makanan yang harus dihindari sebelum tidur adalah makanan dengan kandungan lemak tinggi atau minuman dengan kandungan kafein yang tinggi.

Jika sebelum tidur memakan makanan tinggi lemak, maka tubuh harus bekerja lebih keras untuk menghancurkan lemak-lemak tersebut. Akhirnya, proses tidur akan terganggu karena proses yang harus diselesaikan tubuh.

Kemudian minuman berkafein tinggi seperti kopi juga harus dihindari. Kafein adalah kandungan yang bisa membuat rasa kantuk hilang. Oleh karenanya, minuman dengan kandungan ini harus dihindari agar tidak membuat tidur terganggu.

5. Berlatih Pernapasan

Berlatih Pernapasan

Opsi cara tertidur cepat selanjutnya adalah dengan berlatih pernapasan. Ada metode pernapasan tertentu yang bisa dipakai sebelum tidur agar proses tidur lebih cepat. Metode ini akan memanfaatkan hitungan empat, tujuh, dan delapan.

Jadi, mulai prosesnya dengan menarik napas dari hidung dalam empat hitungan yang stabil. Kemudian, tahan napas tersebut untuk tujuh menit secara berkelanjutan. Lalu proses terakhir adalah menghembuskannya selama delapan menit.

Embusan napas ini harus dilakukan melalui mulut. Lakukan satu set latihan napas ini dengan hitungan empat kali dalam satu setnya. Apabila proses ini dijalankan secara rutin, maka tubuh akan menjadi lebih rileks.

6. Makan Karbohidrat

Makan Karbohidrat

Jika tadi makanan tinggi lemak dan mengandung kafein perlu dihindari sebelum tidur, maka makanan karbohidrat justru direkomendasikan. Dengan memakan makanan karbohidrat, maka tubuh lebih cepat tidur karena zat yang ada di dalamnya.

Jadi karbohidrat memiliki zat yang bisa meningkatkan hormon trytophan yang bisa menghadirkan rasa kantuk dengan mudah. Cara ini dipercaya banyak orang karena sudah banyak yang membuktikannya secara langsung.

Namun perlu diperhatikan bahwa karbohidrat yang dimakan sebelum tidur tidak harus banyak. Jika terlalu banyak, maka akan memberi dampak negatif pada tubuh. Oleh karenanya, makan saja makanan berkarbohidrat yang sehat dengan porsi yang cukup.

7. Turunkan Suhu Udara

Turunkan Suhu Udara

Metode ketujuh yang bisa dijalankan adalah dengan menurunkan suhu udara. Suhu yang tinggi bisa membuat proses tidur menjadi lebih susah. Jadi pastikan untuk menurunkan suhu udara dengan berbagai langkah yang bisa dilakukan.

Apabila kamar memiliki AC, maka turunkan suhunya agar lebih rendah. Sedangkan jika kamar memakai kipas, maka nyalakan kipas agar udara menjadi lebih dingin. Ukuran suhu ini harus disesuaikan dengan standar dan tubuh secara langsung.

Suhu paling pas untuk proses tidur adalah sekitar 15 sampai dengan 23 derajat celcius. Namun jika dalam rentang suhu tersebut masih terasa panas, maka bisa disesuaikan lagi dengan kondisi yang tubuh inginkan.

8. Matikan Lampu

Matikan Lampu

Mematikan lampu juga bisa dijadikan cara tertidur cepat selanjutnya dengan mudah. Saat kamar gelap, maka hormon melatonin bisa meningkat. Sedangkan saat hormon ini meningkat, maka proses tidur akan menjadi lebih mudah.

Proses ini juga tidak memerlukan usaha yang terlalu besar karena hanya perlu mematikan lampu saja. Meski demikian, nyatanya banyak orang yang justru kesulitan tidur dalam kondisi lampu yang dimatikan karena perasaan takut yang muncul.

Jika demikian, maka bisa disiasati dengan menyediakan lampu tidur di kamar dengan cahaya yang lebih redup. Jadi saat akan tidur, matikan lampu kamar utama dan nyalakan lampu tidur yang tidak terlalu terang.

9. Hindari Tidur Siang

Hindari Tidur Siang

Cara terakhir yang bisa dijadikan pilihan adalah dengan menghindari tidur siang. Saat seseorang memiliki gejala insomnia, maka saat siang akan lebih sering mengantuk. Jika demikian, jangan tidur siang dan tahan sampai malam.

Karena jika tidur saat siang hari, maka saat malam akan kesulitan tidur. Oleh karenanya, lakukan proses power nap sekitar 20 – 30 menit. Namun jika tidak bisa melakukannya secara cepat, maka jangan tidur saat siang hari.

Semua cara tertidur cepat yang sudah dijabarkan tersebut tentunya bisa dijalankan. Kalau merasa sembilan cara di atas terlalu banyak untuk dijalankan bersamaan, maka coba satu per satu terlebih dahulu. Lalu kemudian coba menambah metodenya.

Saat semua cara sudah dijalankan secara bersamaan dan berkesinambungan, maka permasalahan tidur akan hilang. Kebiasaan yang baik dengan cara-cara tersebut tentunya bisa membuat proses istirahat menjadi lebih berkualitas.

Bagikan: