10 Alasan Masuk OSIS yang Paling Tepat

Aktif dalam berorganisasi merupakan pengembangan soft skills yang paling digandrungi pada saat ini. Maka dari itu, tidak sedikit keaktifan berorganisasi sudah dikembangkan sejak sekolah dini. Termasuk juga kegiatan OSIS, yang mana para siswa memiliki berbagai macam alasan masuk OSIS agar lebih aktif.

10 Alasan Masuk OSIS Yang Paling Banyak Digunakan Oleh Para Siswa

Berorganisasi selain mengasah soft skills, juga berpengaruh untuk memperbanyak relasi dan berbagai alasan lain. Berikut ini 10 alasan para siswa memilih untuk masuk dan ikut dalam kegiatan OSIS.

1. Mengasah Kemampuan Memimpin

Alasan pertama yang banyak para siswa sebutkan ketika ingin bergabung dengan aktivitas OSIS adalah untuk mengasah kemampuan leadership atau kepemimpinan. Kegiatan OSIS yang mau tidak mau berhubungan dengan orang lain, sedikit demi sedikit akan melatih kepemimpinan di dalam diri para siswa.

Selain berinteraksi dengan banyak orang, kegiatan OSIS akan menuntut para siswa untuk melakukan koordinasi. Pada prakteknya, hal tersebut akan menuntut sebuah perintah dan mengatur. Maka dari itu, kegiatan OSIS sangat tepat untuk mengasah soft skills ini.

2. Memupuk Rasa Percaya Diri

Alasan masuk OSIS yang berikutnya adalah sarana sebagai alat untuk meningkatkan rasa percaya diri. Terkadang ketika beranjak remaja, sering dilanda rasa takut, tidak percaya diri dan minder terhadap sekeliling. Maka dari itu, bergabung dengan OSIS dapat menjadi solusi untuk hal-hal atau permasalahan tersebut.

Karena di dalam prakteknya, siswa akan dituntut untuk ikut aktif berkampanye dan berbicara di depan khalayak ramai. Maka dari itu, jika siswa semakin mengikuti kegiatan OSIS maka kepercayaan diri akan semakin diasah dan akan berguna di masa depan. 

3. Membangun Relasi Teman yang Banyak

Mendapatkan teman yang banyak merupakan alasan sekaligus “bonus” yang akan didapat ketika bergabung dengan keanggotaan OSIS. Teman-teman tersebut bukan hanya dari lingkungan organisasi saja, tentu juga dari kelas lain bahkan sekolah lain.

Keuntungan mendapatkan teman dari berbagai kegiatan anggota OSIS akan membawa banyak sekali manfaat. Contoh, mendapatkan kelompok diskusi dan belajar yang bervariasi. Lalu, juga dapat menjadi ajang membangun relasi dengan pihak tertinggi sekolah.

Memiliki relasi yang banyak akan menjamin situasi kesulitan masa-masa sekolah dapat teratasi. Contohnya adalah bingung memilih jurusan kuliah atau jurusan masuk SMA. Maka dari itu, alasan masuk OSIS yang satu ini menjadi favorit di kalangan para siswa.

4. Mempelajari Cara Disiplin Membagi Waktu

Membagi waktu antara melakukan pekerjaan sekolah, fokus terhadap mata pelajaran dan berkegiatan OSIS menjadi tantangan serta keunggulan tersendiri ketika bergabung dengan OSIS. Berbagi antara waktu belajar dengan organisasi juga dapat mengatur disiplin.

Kedisiplinan tersebut terdapat pada program kerja divisi tertentu, tanggung jawab kegiatan dan waktu akan sangat diperlukan dalam mengikuti kegiatan OSIS. Contoh disiplin membagi waktu adalah tidak pernah terlambat dalam menentukan deadline kegiatan OSIS tertentu. Tentu cukup membantu dalam kegiatan sehari-hari, bukan?

5. Melatih Kekuatan Mental

Kegiatan OSIS yang menjadi alasan masuk OSIS yang paling banyak adalah untuk melatih kekuatan mental. Biasanya, dalam perekrutan anggota OSIS akan ada satu agenda yang berfungsi untuk melatih mental para siswa.

Melatih kekuatan mental dapat berbagai macam bentuknya, salah satunya adalah dengan ikut kegiatan Jurit Malam, hingga diberikan tantangan-tantangan oleh para senior. Kekuatan mental harus dilatih agar dapat menjadi pribadi yang lebih berani dalam menegakkan perintah dan memegang teguh argumentasi.

6. Menuangkan Gagasan dan Ide

Sebagai siswa sekolah dasar yang sedang memiliki berbagai macam ide dan gagasan yang baik untuk kebaikan bersama, tentu tidak boleh untuk dipendam. Alasan masuk OSIS paling penting berikutnya adalah sebagai wadah untuk menuangkan berbagai ide.

Ide-ide tersebut akan sia-sia jika tidak dikemukakan kepada umum, yang mana menjadi anggota OSIS adalah hal yang paling efektif untuk proses menuangkan ide. Selain itu juga ada kegiatan bertukar ide dan mencari kata mufakat ketika banyak ide-ide bagus yang dikemukakan.

Aktivitas OSIS dalam aspek ini juga menjadi wadah untuk berdemokrasi dalam mencapai mufakat bersama. Maka dari itu, sangat penting bergabung dengan OSIS agar pengalaman berdemokrasi lebih faktual dan tentu bermanfaat.

7. Membentuk Pribadi Bertanggung Jawab

Alasan untuk bergabung dengan OSIS lainnya adalah agar terbentuk kepribadian yang bertanggung jawab. Mengikuti keanggotaan OSIS akan selalu terdapat kegiatan-kegiatan yang menjadi tanggung jawab individu maupun divisi.

Memikul tanggung jawab bersama, yang mulai dipupuk dari diri individu dapat diasah dengan bergabung dengan keanggotaan OSIS. Belajar memikul tanggung jawab merupakan soft skill yang sangat penting yang akan berguna di masa depan.

8. Mempelajari Politik Sejak Dini

Alasan masuk OSIS juga dapat menjadi wadah untuk mempelajari politik sejak usia dini. Berpolitik ketika berkampanye memperebutkan posisi ketua OSIS, hingga berpolitik untuk mencapai suatu kata mufakat dalam keputusan tertentu menjadi contoh ketika bergabung dalam OSIS.

Politik ini yang nantinya akan berkembang dari area cakupannya kecil, yaitu antar teman sesama siswa hingga yang area cakupannya luas seperti masyarakat. Memulai belajar berpolitik sejak dini, agar ke depannya dapat membuat peraturan yang pro terhadap masyarakat.

9. Meningkatkan Nilai Diri Untuk Masa Depan

Bergabung dengan OSIS dapat meningkatkan nilai diri di masa depan. Para siswa tentu akan bertumbuh dan melanjutkan jenjang pendidikan hingga ke tahap perkuliahan. Pun, akan dilanjutkan pada tahap sebagai pegawai di suatu perusahaan tertentu.

Bekal nilai diri yang didapat ketika menjadi anggota OSIS akan menjadi berguna untuk diaplikasikan ke dalam kehidupan nyata. Maka dari itu, para siswa disarankan untuk mengikuti banyak kegiatan organisasi agar skills yang dimiliki akan terus bertambah.

10. Melatih Komunikasi di Depan Khalayak Umum

Belajar komunikasi di depan umum atau mempelajari public speaking menjadi alasan masuk OSIS yang digunakan oleh banyak siswa ketika proses rekrutmen. Berkomunikasi dengan khalayak umum merupakan skill paling penting, bahkan para perusahaan banyak yang mencari orang dengan skill ini,

Bakat untuk berkomunikasi di depan umum merupakan bakat yang harus diasah sejak dini, karena banyak orang yang mencari sumber daya manusia yang mampu berkomunikasi dengan lancar. Bahkan, posisi penting di berbagai lapisan masyarakat memerlukan individu yang memiliki public speaking yang baik.

Maka dari itu, para siswa yang ingin berlatih komunikasi atau public speaking sejak dini, maka mulai bergabung dalam berbagai kegiatan organisasi yang mewajibkan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan banyak orang.

Itulah 10 alasan masuk OSIS yang paling banyak digunakan bagi para siswa yang berminat untuk bergabung dalam organisasi tersebut. Organisasi di sekolah menjadi salah satu wadah untuk pengembangan dini yang baik dan bekal di masa depan.

Berbagai soft skills yang akan berguna di perkuliahan maupun bidang pekerjaan akan didapat, jika para siswa sadar untuk ikut dalam berbagai kegiatan organisasi sekolah. Tentunya, hal-hal yang didapat harus hal yang positif dan sifatnya membangun nilai diri yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.