Sudah bukan rahasia lagi, Indonesia terkenal akan berbagai keberagaman yang ada di dalamnya. Tidak hanya pada segi suku bangsa, ini bisa kita dapati di lingkungan sekolah oleh siswa dan warga sekolah. Lantas apa saja contoh keberagaman di sekolah?

Keberagaman merupakan terjadinya atau terdapat berbagai perbedaan dalam masyarakat. Hal ini disebabkan karena berbagai faktor dan alasan yang turut menjadi penyebab semakin bertambahnya keberagaman yang ada.

contoh keberagaman di sekolah

Tetapi dengan berbagai perbedaan tersebut, bukan berarti selalu menimbulkan dampak negatif juga dampak positifnya. Contohnya saja secara tidak langsung berarti memperkaya suatu bangsa.

Karena adanya keberagaman ini, ternyata masih banyak berbagai manfaat lainnya yang bisa terasa secara langsung dan tidaknya. Untuk lebih jelasnya mengenai keberagaman di sekolah, silahkan simak beberapa uraian berikut:

6 Contoh Keberagaman di Sekolah yang Wajib Kamu Toleransi

Pertama mengenai berbagai contoh keberagaman di sekolah. Lingkungan sekolah bisa menjadi contoh kecil untuk menemukan perumpamaan sederhana terkait keberagaman ini.

Sebagai siswa SD yang mungkin masih sulit untuk memahami, alangkah baiknya memberikan contoh sederhana yang ada terlebih dahulu. Keberagaman di sekolah, berarti terdapat berbagai perbedaan yang terdapat dalam suatu lingkungan sekolah.

Keberagaman yang dimaksud ini adalah seputar adanya perbedaan yang terdapat di dalamnya antar siswa dan warga sekolah lain. Maka dari itu, simak berbagai contoh keberagaman yang ada di sekolah berikut ini:

1. Keberagaman Agama

Contoh keberagaman di sekolah pertama yang paling banyak dan mudah tercerna yaitu dari segi agama. Biasanya, hal tersebut sering dialami siswa yang bersekolah di sekolah negeri.

Karena biasanya terdapat berbagai kepercayaan yang dianut oleh warga sekolah tidak hanya mayoritas saja. Contohnya saja di sekolah terdapat adanya siswa yang memiliki agama Islam, Budha atau Kristen.

Hal ini, membuat siswa belajar untuk saling menghormati satu sama lain antar sesama teman sekolah. Bisa menjadi praktek nyata kehidupan sebelum toleransi antar umat beragama di suatu bangsa.

Baca Juga: Inilah 10 Cara efektif Belajar yang Wajib Dilakukan! – Visitpare.com

2. Keberagaman Jenis Kelamin

Contoh keberagaman di sekolah yang selanjutnya yaitu terkait dengan gender alias jenis kelamin. Merupakan contoh nyata yang begitu mudah untuk membedakan terutama antar jenis kelamin perempuan serta laki-laki secara fisik.

Tentunya hal ini berbeda begitu juga dengan berbagai perbedaan mendasar lainnya untuk keduanya. Akan tetapi, perlu kita ketahui bahwasanya jenis kelamin tidak menjadi hambatan untuk bekerja sama dengan sesama siswa.

Hal ini karena, tetap bisa menjalin komunikasi dan bermain layaknya teman satu angkatan. Akan tetapi, memang perlu ditekankan bahwasanya tidak boleh melewati batas norma dan peraturan yang berlaku.

3. Keberagaman Antar Suku Bangsa

Selanjutnya yang menjadi contoh keberagaman di sekolah yaitu terkait dengan suku bangsa siswa. Mengingat jika sekolah negeri atau swasta sekalipun memiliki siswa yang berasal dari berbeda asal usul.

Hal ini terjadi karena suku bangsa masing-masing siswa ini berbeda. Contohnya saja banyaknya pendatang di suatu wilayah menyebabkan terjadinya perbedaan suku bangsa.

Begitu juga halnya di sekolah, tempat bersatu dari berbagai macam suku bangsa demi menempuh pendidikan. Secara tidak langsung, membuat anak belajar dengan sendirinya terkait dengan perbedaan budaya berbeda.

4. Keberagaman Asal Wilayah

Kemudian yang menjadi contoh keberagaman di sekolah yaitu terkait dengan wilayah. Dengan artian bahwa, tidak semua siswa selalu berasal dari satu wilayah yang sama hampir sama dengan suku bangsa.

Contohnya saja, apabila memiliki orang tua perantau dari wilayah lain dan menetap di wilayah tertentu. Di Indonesia sendiri, ada berbagai pulau yang dihuni oleh masing-masing suku bangsa dan pendatangnya.

Hal ini juga menyebabkan terjadinya berbagai keberagaman dalam suatu wilayah atau asal usul di suatu tempat. Serta juga memberikan berbagai dampak positif dan negatif untuk wilayah tersebut.

5. Keberagaman Kepribadian

Kemudian sifat dan kepribadian juga termasuk dalam suatu keberagaman dari masing-masing individu. Karena tidak ada suatu yang punya kesamaan di berbagai aspek termasuk kepribadian.

Ini biasanya juga terbentuk dan menjadi karakter serta ciri khas dari seseorang akibat pengaruh lingkungannya. Di lingkungan sekolah membuat siswa akan belajar dengan sendirinya terkait dengan adanya perbedaan sifat.

Dengan begitu, membuatnya jauh lebih bisa memahami serta menghargai berbagai karakter dari teman-temannya. Lalu, juga bisa memahami dan mengikuti beberapa karakter dianggap baik dan menolak yang buruk.

6. Keberagaman Bahasa

Contoh untuk keberagaman di sekolah terakhir, adalah dari segi aspek bahasa. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan suku bangsa hingga wilayah yang menyebabkan bahasa semakin beragam.

Karena bagaimanapun juga setiap masyarakat di suatu wilayah memiliki logat dan ciri khas bahasa tertentu. Seorang anak atau pelajar di sekolah berkemungkinan untuk memiliki gaya bahasa berbeda karena lingkungan utamanya.

Hal tersebut terjadi karena keluarga yang terbiasa menggunakan suatu bahasa ketika berkomunikasi satu sama lain. Dengan hal ini, juga menjadi keberagaman ketika berada di lingkup luar keluarga intinya.

3 Penyebab Keberagaman yang Ada di Sekolah

Selanjutnya, mengenai sejumlah faktor yang menjadi penyebab keberagaman itu sendiri. Pastinya, hal ini sangat mudah dipahami jika siswa telah membaca beberapa penjelasan diatas. Karena semuanya ini tidak berbeda jauh dan saling terkait satu sama lain.

Keberagaman hadir karena adanya ketidaksamaan dari berbagai factor. Hal ini menjadi suatu ciri khas untuk membedakan dari berbagai keberagaman yang ada. Maka dari itu, simak beberapa penyebabnya berikut ini:

1. Letak Strategis Indonesia

Faktor pertama yang menjadi dasar perbedaan dan keberagaman ini, adalah karena letak geografis, serta terkait dengan adanya letak strategis Indonesia. Negara ini terletak pada posisi yang sangat strategis membuat Indonesia terkadang menjadi tempat singgah oleh berbagai pendatang dari luar negeri.

Akibatnya munculnya berbagai perbedaan yang saling bersinggungan. Termasuk kepercayaan dan agama. Misalnya karena adanya pernikahan antara pendatang dan penduduk asli daerah.

2. Perbedaan Alam

Faktor berikutnya yang juga menjadi dasar pembeda adalah karena kondisi alam yang tak sama. Terutama dua wilayah berbeda lainnya dari adanya perbedaan alam tersebut juga mempengaruhi bagaimana budaya yang dipercaya oleh masyarakat. Termasuk dengan gaya hidup dan lainnya.

Contohnya masyarakat yang tinggal di kawasan pegunungan akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan masyarakat yang menetap di daerah pesisir pantai. Misalnya saja cara berpakaiannya yang cenderung berbeda.

3. Transportasi Serta Komunikasi

Terakhir yang menjadi faktor pembeda keberagaman ini sendiri karena adanya transportasi. Serta juga komunikasi yang ada antar wilayah. Tidak menutup kemungkinan bahwa, pertukaran budaya dapat terjadi secara cepat karena kemajuan teknologi komunikasi.

Belakangan ini serta juga memberikan berbagai dampak positif serta negatif dalam keberagaman yang ada di masyarakat. Termasuk bagi seorang anak dalam berbagai bidang. Tidak hanya sisi positif tetapi juga negatifnya.

Itulah berbagai penjelasan terkait dengan contoh keberagaman di sekolah. Berbagai contoh ini sangatlah mudah diaplikasikan dan membuat siswa lebih paham untuk itu. Jika telah memahami sejumlah penjelasan tersebut, pasti siswa juga tahu harus berbuat seperti apa dalam menyikapi berbagai perbedaan yang ada.

Bagikan: