Pentingnya Menyewa Sepeda Saat Tiba Di Kampung Inggris Pare

Di Kampung Inggris Paresepeda adalah alat transportasi utama peserta kursus. Jarak antara kelas, kantor kursusan atau dengan tempat penginapan bagi peserta kursus (camp/asrama) beberapa ada yang berdekatan (menjadi satu), dan sebagian lagi terpisah-pisah letaknya, berjauhan, variatif sekitar 100-200 meter jaraknya, bahkan ada yang lebih dari itu. Belum lagi bila kalian mengambil program kursus yang bermacam-macam, dan kelasnya tidak di tempat itu saja, tetapi agak berjauhan, peranan sepeda sangat berguna sekali.

Sepeda sebagai alat transportasi berguna sekali untuk memperpendek jarak, memindahkan kita dari tempat satu ke tempat lainnya serta membuat waktu lebih efisien, jika dibandingkan dengan berjalan kaki. Tidak hanya menyehatkan dan menyenangkan, bersepeda juga membawa dampak positif bagi pikiran dan otak kita. Seperti di artikel kita sebelumnya Bike To Course – Pare, disampaikan tentang manfaat bersepeda.

Kenapa sih di Kampung Inggris harus menyewa sepeda?

Berikut ini alasan pentingnya menyewa sepeda (onthel) saat kalian tiba di Pare.

Penting saat kalian mencari makan. Cukup banyaknya warung-warung makan yang tersedia di sekitar kursusan, akan memudahkan teman-teman untuk mendapatkan makanan yang diinginkan. Namun bila ingin mencoba menu lain di warung lain, atau warung yang dekat dengan asrama/camp teman-teman sedang tutup, tentunya harus mencari warung lainnya yang jaraknya agak lumayan, yaitu 100-200meter atau lebih. Dibanding dengan jalan kaki, naik sepeda akan mempercepat kalian untuk mendapatkan menu makanan yang diinginkan, sehingga rasa lapar akan segera hilang. Selain itu pastinya kalian juga ada keinginan untuk mencoba kuliner-kuliner yang ada di Kampung Inggris Pare Kediri bukan? Setiap hari mencoba warung baru dengan menu yang variasi akan membuat kita betah di Pare. Menu makanannya apa saja? Cukup banyak! Mulai dari nasi pecel, nasi ayam bakar, nasi lalapan ayam dan lalapan bebek, mie ayam, bakso, soto ayam, coto makasar, sate ayam, sate kambing, nasi campur, nasi uduk, kebab, es campur, nasi goreng, ketan, hingga nasi padang, hampir semua ada di sini. Yakin ingin tiap hari makan di warung yang sama dan menu yang sama?? Gowess aja yuk, eksplore semua makanan yang ada di Kampung Inggris. hehehe

Saat pergi ke ATM. Mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang tersedia di sekitar kursusan tidak selengkap yang ada di Pusat Kota Kecamatan Pare. Walaupun teman-teman bisa mengambil uang di atm terdekat dengan kursusan, bila mesin atm tersebut rusak atau dalam keadaan kosong, maka tentunya teman-teman membutuhkan sepeda untuk mencari lokasi atm lainnya. Jarak antara lokasi kursus dengan pusat kota Pare kurang lebih 1-2 Km.

Saat belanja kebutuhan pribadi. Warung-warung / toko kelontong kecil banyak sekali di sekitar kursusan. Menyediakan kebutuhan pribadi, mulai dari alat-alat mandi, sabun cuci, parfum, air mineral, snack / makanan ringan, plastik, jajan tradisional dan sebagainya. Sedangkan untuk toko baju, toko buku, tidak banyak tersedia di daerah kursusan, kalian perlu menempuh jarak tertentu 100-300 meter untuk menjumpainya. Bila ingin mencari minimarket seperti alfamart/indomart, toko lain yang lebih lengkap, pusat perbelanjaan dan pasar, teman-teman bisa menuju pusat kota Pare dengan bersepeda.

Sepeda-Kampung-Inggris-Pare-1

Saat pergi ke tempat wisata sekitar Pare. Di hari Sabtu-Minggu hampir semua lembaga kursus tidak ada aktivitas kegiatan belajar mengajar. Di hari yang luang ini, teman-teman bisa memanfaatkannya untuk pergi ke lokasi wisata alam atau buatan di sekitar Kampung Inggris Pare. Ada kolam renang Alfil, kolam renang Srikaton, kolam renang Sendang Drajat, Alun-alun Pare, taman santai Kilisuci, Candi Surowono, terowongan bawah tanah (goa surowono) dan tempat lainnya. Semua tempat tersebut bisa dicapai dengan mengendarai sepeda onthel. Bayangkan betapa senang dan asyiknya di hari minggu pagi bersepeda beramai-ramai dengan teman seasrama/sekelas pergi ke tempat-tempat tadi, akan merefresh kembali otak kita yang penuh dengan kepenatan akibat materi pelajaran yang sangat padat saat di kelas.

Pergi ketempat futsal, gym, nongkrong. Di Kampung Inggris juga terdapat beberapa tempat olahraga seperti lapangan futsal, gym / fitness center, dan warkop-warkop / cafe yang bisa menjadi alternatif untuk mengisi waktu luang saat kalian senggang dan tidak ada kegiatan belajar. Lapangan futsal terdekat ada di jalan Kemuning. Sedangkan tempat fitness terdekat ada di jalan Anyelir. Selebihnya berada di pusat kota Pare. Tempat nongkrong juga tidak kalah banyak di banding warung-warung makanan. Ini adalah tempat tongkrongan dari ujung timur ke barat kampung inggris yang layak kalian kunjungi,  seperti cafe Pare Corner, Mak Ketan, Warung Pojok (Wapo dan Wakapo) dan sebagainya.

 

Menyewa-sepeda-kampung-inggris-pare

Mereka yang bersepeda mampu meningkatkan stabilitas mood, meredakan kegelisahan, serta lebih dewasa dalam menangani tingkat stress yang tinggi. Hal ini dikarenakan peningkatan hormon dopamin dan serotonin yang dihasilkan saat kamu berolahraga. Dan dengan bersepeda pun kita bisa lebih santai dan menyenangkan dalam menjalani hari-hari di Kampung Inggris Pare.

Happ balik ke topik awal, kenapa sih di Kampung Inggris Pare harus menyewa sepeda ? Ya seperti yang kami bahas tadi di atas betapa pentingnya bersepeda bagi kita selama berada di Pare.  Hanya dengan 75.000-100.000 rupiah dan menitipkan kartu identitas yang masih berlaku, kalian sudah bisa gowes keliling Pare. Semoga bermanfaat.