Kumpulan Contoh dalam Bahasa Inggris

9 min read

Kumpulan Contoh dalam Bahasa Inggris

Adanya kumpulan contoh dalam bahasa Inggris pasti akan mempermudah semua orang untuk menambah kosakata baru. Sebab, bahasa Inggris menjadi hal yang mendominasi di dunia, tidak terkecuali pada jenjang pendidikan. Baik orang tua, anak kecil ataupun kalangan dewasa, pasti sudah tidak asing dengan beberapa contoh pelafalannya.

Kumpulan Contoh Kata Umum dalam Bahasa Inggris 

Setiap orang mempunyai ungkapan ekspresi masing – masing. Adanya contoh kalimat dalam bahasa Inggris akan membantu setiap individu dalam berkomunikasi. Salah satunya dengan beberapa ungkapan umum. Berikut contoh sering diucapkan saat bertemu seseorang:

1. Nice to Meet You (Senang Berjumpa Denganmu)

Kalimat ini digunakan setelah bertemu orang lain. Banyak di ucapkan saat akhir perjumpaan dengan pengucapan gembira. Seseorang yang mengatakan ini mengharapkan sebuah perjumpaan yang lebih hangat di kemudian hari.

Baik anak – anak atau dewasa banyak sekali yang menggunakan pengucapan ini. Kalimat tersebut mempunyai sifat santai sehingga cocok diucapkan kepada siapa saja dengan lawan bicara semua umur serta dimanapun pengucapan akan terlihat sopan jika mengucapkannya tanpa penekanan.

2. Good luck (Semoga Sukses)

Pengucapannya sering diberikan kepada seseorang yang hendak menghadapi ujian atau kegiatan lain. Kalimat ini merupakan semangat untuk terus berjuang tanpa pantang menyerah. Bahasa yang tidak asing bagi siapapun sehingga banyak digunakan dalam setiap hal.

Kalimat yang cocok diucapkan oleh segala umur tanpa memandang usia siapa saja boleh memakai ini. Pelafalanya mudah sehingga banyak orang akan menghafalkan kosakatanya. Good luck mempunyai ciri khas tersendiri dalam materi bahasa Inggris.

3. Keep Calm (Tetap Tenang)

Ungkapan ini sering dilontarkan saat keadaan sedang tidak baik. Suasana dalam kelas yang ramai juga dapat menggunakan kalimat tersebut untuk mengkondisikan keadaan. Ada berbagai contoh dalam bahasa Inggris termasuk “Keep Calm” dengan arti tetap tenang.

Kalimat ini diucapkan oleh banyak orang oleh semua jenjang usia. Ada yang menggunakan ungkapan tersebut saat keadaan sedang tidak baik atau panik. Bisa juga digunakan sebagai kalimat penenang dalam bahasa Inggris.

4. Stay Tuned (Tetap di Sini)

Sering digunakan saat pemandu acara akan berhenti dalam sebuah scene talkshow. Kalimat ini biasa dipakai ketika penyiar radio akan melanjutkan pembahasan selanjutnya di segmen berikutnya. Kata yang sudah familiar tersebut banyak diucapkan dengan campuran bahasa Inggris dan Indonesia.

Campuran kata yang sering di lontarkan menjadi hal tidak asing bagi banyak orang, Pelafalan mudah sehingga semua usia dapat mengucapkannya. Ungkapan dalam bahasa Inggris sudah menjadi prioritas utama dalam bentuk perkataan.

5. Long Time No See (Lama Tidak Bertemu Denganmu)

Ungkapan ini diucapkan ketika seseorang lama tidak bertemu. Kata yang dirangkai dengan banyak susunan bahasa Inggris membuat siapa saja dapat menambah kosakata baru. Pelafalan sangat mudah dilontarkan dan diingat.

Kalimat bahasa Inggris ini merupakan salah satu dari beberapa contoh ungkapan yang sering diucapkan. Kebanyakan perkataan ini lontarkan saat melakukan acara kumpul-kumpul ataupun waktu santai. Tidak mengherankan jika Anda sering kali mendengarnya di beberapa kegiatan.

6. Wish Me Luck (Doakan Aku Berhasil)

Berikut adalah contoh kalimat dalam bahasa Inggris yang digunakan saat hendak mengikuti tes atau ujian apapun. Kata “wish me luck” sering diartikan dalam bentuk harapan agar tujuan tercapai dengan sempurna. Ungkapan ini sangat tidak asing bagi siapapun sebab pelafalannya pun sangat mudah.

Baca :  Present Perfect Continuous: Pengertian, Rumus, dan Contohnya

Kalimat harapan ini akan berguna bagi seseorang yang membutuhkan semangat untuk menjalani tes, menghadapi suatu kebaikan atau keburukan. Selain itu, juga bisa digunakan saat melakukan perpisahan dengan seseorang saat merantau.

7. Cheer Up (Semangat)

Kalimat “Cheer Up” dilontarkan penuh semangat seperti arti katanya. Ungkapan ini jarang di ucapkan orang karena terdapat bahasa lain yang lebih mudah pengucapannya. Makna kalimat tetap ada meskipun jarang yang mendengarnya.

Sering digunakan untuk penyemangat sesorang ketika sedang lesu atau letih. Penggunaan yang jarang, membuat sedikit asing ketika mendengarnya namun dapat menambah kosakata baru dalam berbahasa Inggris. Sebab semua usia bisa mengucapkan kalimat ini.

kumpulan contoh dalam bahasa Inggris

Kumpulan Contoh Ucapan Selamat dalam Bahasa Inggris 

Meraih sesuatu hal pasti sudah dirasakan oleh banyak orang. Selain itu, Akan banyak berbagai bentuk ungkapan dalam setiap ucapannya. Berikut adalah beberapa contoh kalimat selamat dalam bahasa Inggris yang mungkin menjadi kosakata baru dalam komunikasi:

1. Happy New Year (Selamat Tahun Baru)

Kalimat ini diucapkan setiap kalender tahun masehi telah habis. Bahkan, banyak orang mengatakan kata tersebut dengan berbagai harapan setelah melontarkannya. Kosakata yang tidak ribet serta mudah dipahami tidak mempersulit dalam mengatakannya.

Penghujung tahun sering menjadi hal luar biasa bagi setiap orang. Adanya kalimat bahasa Inggris ini akan membantu memberikan kesan tersendiri bagi yang diucapkan. Biasa di ucapkan semua orang untuk memberikan selamat kepada individu lain.

2. Congratulation on Your Success (Selamat atas Keberhasilanmu)

Ucapan ini sering di lontarkan ketika seseorang telah meraih keberhasilan. Kesuksesan yang dimaksud adalah suatu pencapaian lama di dambakan. Dalam bahasa Inggris kalimat ini banyak digunakan orang untuk memberikan selamat kepada individu lain.

Contoh kalimat berikut merupakan satu dari beberapa kata yang ada dalam kosakata bahasa Inggris. Pelafalan mudah membuat siapapun bisa mengucapkannya. Tidak asing jika sering mendengarkannya saat dalam suasana keberhasilan seseorang.

3. Happy Birthday (Selamat Ulang Tahun)

Selamat ulang tahun diucapkan kepada seseorang yang umurnya bertambah. Happy birthday merupakan kalimat dalam bahasa Inggris dengan dengan penggabungan kosakata. Banyak orang mengetahui beberapa ungkapan ini sehingga tidak asing jika mendengarnya sebab semua usia biasa mengucapkan.

Happy birthday termasuk 2 penggabungan kata. Tidak hanya itu, kalimat tersebut merupakan contoh ucapan selamat dalam bahasa Inggris karena penggunaanya yang tinggi, maka tidak asing jika kita sering mendengarnya pada seseorang.

4. Have a nice sleep (Selamat Tidur)

Pernyataan berikut merupakan gabungan kata dalam bahasa Inggris ini sering diucapkan sebagai penghantar tidur. Ucapan ini banyak di lontarkan oleh orang tua kepada anaknya. Tidak heran jika kalimat tersebut sudah tidak asing karena hampir setiap hari diungkapkan.

Contoh ini juga merupakan kosakata yang terkandung dalam grammar bahasa Inggris. Dapat diucapkan dimanapun dan kapanpun. Namun perlu diperhatikan, ungkapan tersebut kurang cocok jika digunakan saat seseorang melakukan tidur siang.

5. Many Happy Returns of The Day (Selamat Hari Lahir)

Kelahiran merupakan hal yang penting. Dengan adanya bentuk kalimat ini maka setiap orang dapat melontarkannya. Many happy returns of the day merupakan gabungan dari tata bahasa dalam bahasa Inggris yang mempunyai arti selamat hari lahir. Ucapan ini sedakit asing jika di dengar oleh orang awam.

Kosakata baru yang terus menerus muncul membuat kalimat ini tersisihkan. Namun pengucapannya tetap sering dilontarkan meskipun masih agak jarang. Namun segala usia dapat mengatakannya karena pelafalanyang cukup mudah di mengerti.

6. Congratulation on Getting Scholarship (Selamat Telah Mendapatkan Beasiswa)

Dalam bahasa Inggris ucapan selamat memiliki banyak jenis dengan fungsinya masing – masing. Tidak terkecuali ucapan seseorang yang mendapat beasiswa seperti, congratulation on getting scholarship untuk mereka yang terpilih.

Dengan memahaminya, akan mempermudah banyak orang dalam penggunaan bahasa Inggris dengan penambahan kosakata baru setiap kali mengucapkannya. Tidak ada salahnya jika Anda mengucapkannya pada beberapa teman terdekat.

Kumpulan Contoh Ucapan Salam dalam Bahasa Inggris

Setiap tindakan pasti memerlukan ucapan. Berbagai kalimat pasti terlontarkan pada orang lain yang menerimanya sehingga harus ada penambahan kosakata setiap harinya. Berikut adalah beberapa contoh ungkapan salam dalam bahasa Inggris:

1. Good Morning (Selamat Pagi)

Berbagai ucapan mempunyai jenis dan fungsinya masing – masing. Good Morning merupakan contoh greeting in English yang di lontarkan saat fajar mulai nampak. Dari umur anak – anak sampai dewasa mengetahui kalimat ini sehingga cukup familiar.

Baca :  10 Cara Agar Anak Pintar Bahasa Inggris Sejak Kecil

Sudah tidak asing jika seseorang mengucapkan kalimat ini saat pagi hari. Kosakata yang terkadung juga sesuai dengan bahasa Inggris. Pelafalan sangat mudah tidak perlu mempelajari secara mendalam karena memiliki arti yang cukup jelas.

2. Good afternoon (Selamat Sore)

Kalimat ini biasa digunakaan saat matahari mulai redup. Good afternoon merupakan gabungan kata dalam bahasa Inggris. Contoh ini sudah sangat jelas untuk penggunaan dan pengucapannya di waktu yang sudah ditentukan.

Good afternoon merupakan bagian dari kosakata dalam bahasa Inggris. Pengucapannnya sering terdengar ketika individu mulai melontarkannya ke orang lain. Sangat tidak asing jika ketika mengatakannya dengan situasi saat sore hari menjelang petang.

3. Good evening (Selamat Malam)

Tidak berbeda jauh dari sebelumnya, hal ini termasuk dalam kosakata dalam berbahasa Inggris. Kalimat ini diucapkan saat malam hari, mulai matahari terbenam hingga terbit. Tidak asing jika banyak yang menggunakannya

Mulai umur anak – anak sampai dewasa hingga orang tua bahasa ini lebih sering diucapkan. Good evening juga memiliki arti selamat tidur yang notabene mempunyai makna yang sama. Bahkan, kata ini sudah diajarkan mulai dari jenjang pendidikan taman kanak-kanak.

4. Good Night (Selamat Malam)

Ucapan selamat malam diucapkan saat matahari mulai terbenam dan berhenti dikatakan ketika mulai terbit. Kalimat ini sering terdengar sehingga tidak asing meskipun orang awam mengetahuinya. Termasuk kosakata lama dalam tatanan bahasa Inggris.

Gabungan berbagai kata sehingga menjadi kalimat yang sering diucapkan oleh orang lain. Dalam bahasa Inggris kosakata ini bukan hal baru. Hal ini merupakan alasan kenapa ungkapan good night menjadi tidak asing. Kebanyakan diungkapkan anggota keluarga ketiga akan memejamkan mata.

5. Good bye (Selamat Tinggal)

Kalimat ini merupakan salah satu bagian dari kosakata bahasa Inggris yang biasanya diucapkan ketika akan meinggalkan tempat atau seseorang. Kata good bye sering dilontarkan dengan campuran bahasa Indonesia. Orang awam pun akan mengerti hal ini karena sudah tidak asing.

Ada yang mengucapkan kalimat ini secara tidak utuh. Kata bye terkadang sudah mengartikan selamat tinggal, oleh karena itu banyak orang mengatakannya. Pada dasarnya penyebutan secara lengkap atau tidak maknanya tetap sama dan semua orang pasti paham.

6. How Are You (Apa Kabar)

Menanyakan kabar sudah menjadi keharusan penting ketika seseorang jarang bertemu. Kalimat How Are You yang mempunyai arti apa kabar memang sudah dikenal semua orang. Sebab, salah satu contoh kumpulan contoh dalam bahasa Inggris ini merupakan ungkapan yang cukup mudah diingat.

Penggunaan kata ini bisa di ucapkan saat acara formal maupun informal. Termasuk dalam ungkapan santai yang tidak memerlukan tambahan kosakata dalam bahasa Inggris. Bahkan, contoh ini sudah cukup relevan jika dipakai ketika menanyakan kabar seseorang.

7. Thanks (Terima Kasih)

Kata thanks yang berarti terimakasih dapat diucapkan ketika menerima bantuan dari orang lain atau menerima sesuatu barang. Kalimat ini seringkali diimbuhi dengan bahasa lain, baik bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Pelafalannya yang mudah membuat orang sering memakainya.

Kalimat ini sering diucapkan saat keadaan formal maupun informal. Baik sesudah menerima bantuan ataupun pertolongan, kata thanks akan diucapkan dengan mudah. Bahkan, kata ini sudah sering diungkapkan anak kecil sekalipun.

Contoh Kalimat Perintah dalam Bahasa Inggris

Sebuah tindakan yang diminta orang lain merupakan perintah. Perlunya kosakata baru akan mempermudah setiap orang dalam berkomunikasi. Berikut berbagai contoh ungkapan perintah dalam bahasa Inggris:

1. Please Close The Door! (Tolong Tutup Pintunya)

Kalimat ini bisa digunakan saat akan menyuruh orang lain melakukan hal yang Anda inginkan. Bisa juga diganti dengan kalimat lain hanya dengan mengubah kata objeknya. Bahasanya mudah dipahami sehingga semua orang bisa mengucapkannya.

Kalimat yang tidak formal ini bisa digunakan saat keadaan apapun dan tidak perlu memperhatikan lawan bicara. Bahasanya yang santai namun tegas, merupakan penggabungan dari beberapa kata dalam bahasa Inggris.

2. Look in the Drawer! (Lihatlah dalam Laci itu)

Ungkapan ini digunakan saat seseorang membutuhkan bantuan kepada yang lain. Sama seperti sebelumnya kalimat ini merupakan gabungan dari beberapa kata dalam bahasa Inggris. Namun, ini jarang digunakan dalam setiap keadaan (hanya hal tertentu saja).

Kalimat ini bukan termasuk uangkapan formal sehingga siapapun dapat menggunakannya. Dimanapun tempatnya bahasa ini bisa dipakai sesuai kebutuhan. Walaupun lebih sering dilontarkan ketika Anda berada di kantor ataupun tempat kerja lainnya.

3. Get Out of My Way! (Minggir dari Hadapanku)

Ungkapan perintah diucapkan ketika memang membutuhkan bantuan. Kata get out of my seperti kalimat yang menyuruh orang untuk pergi dari hadapanya. Walaupun begitu, uangkapan ini jarang digunakan karena terkesar agak kasar dan cenderung meluapkan emosi.

Oleh karena itu, penggunaannya dalam bahasa Inggris harus menempatkan pada keadaan yang tepat. Dari segi kosakata memang bukan hal yang baru, tetapi tetap ada penggabungan kata hingga menjadi sebuah kalimat yang rapi.

Baca :  Simple Past Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh Penggunaannya

4. Pass the Sugar Please! (Tolong Ambilkan Gula)

Sama seperti sebelumnya, kalimat ini digunakan tergantung pada keadaan apa yang terjadi. Konteks dalam bahasa Inggris penempatan kalimat Pass the sugar please dengan sebuah kalimat please yang dimaksudkan untuk minta tolong.

Sama seperti lainya, penggunaan tidak perlu formal namun pengucapannya sesuai keadaan atau situasi ketika terjadi dengan bahasa yang santai. Namun alangkah baiknya jika menggunakan kalimat ini dengan nada yang pelan agar terkesan lebih sopan.

5. Go to your room! (Pergi ke Kamarmu)

Kalimat ini merupakan kosakata baku sehingga pengucapannya harus ekpresif namun sudah sesuai kaidah contoh bahasa Inggris. Pelafalanya pun sangat mudah ingat, namun banyak orang mengucapkan dengan dibumbuhi sedikit penegasan.

Go to your room sering digunakan pada keadaan informal dan termasuk jenis kalimat perintah dalam bahasa namun jenisnya tidak baku. Walaupun begitu, namun pelafalannya tetap seperti biasa dalam keadaan apapun.

Contoh Kalimat Ajakan dalam Bahasa Inggris

Ini digunakan seseorang untuk mengajak orang lain untuk bersamanya, walaupun tidak banyak digunakan. Berikut adalah beberapa contoh yang sering dijumpai:

1. Do You Want To Play Video Games With Me?

Artinya apa Kamu mau bermain video games denganku. Kalimat ini merupakan seruan mengajak bermain game dalam bahasa Inggris. Contoh ini juga sering dijumpai saat seseorang membutuhkan bantuan orang lain.

Do You want to play video games with Me? termasuk gabungan dari beberapa kata yang membentuk suatu pernyataan kemudian dapat digunakan oleh semua orang.

Bisa dikatakan bahwa ungkapan ini tidak formal dan bisa dengan ajakan santai, tidak perlu ada penekanan dalam setiap ucapannya, dan cocok untuk keadaan sehari – hari. Bahkan juga cukup mudah untuk diingat.

2. Please Join Us to Celebrate My Birthday

Penggunaan makna dari “mohon datang untuk merayakan ulang tahunku” ini lebih ke seruan memohon untuk datang. Termasuk kalimat formal sehingga dalam pengucapan harus ada penekanan ajakan. Banyak dijumpai orang menggunakan pernyataan ini karena bahasanya yang mudah dipahami.

Kalimat ini kebanyakan digunakan oleh anak-anak ataupun remaja yang menginginkan semua temannya hadir dalam pesta tersebut. Untuk lebih meyakinkannya, bawalah sepucuk undangan berisi informasi detailnya.

3. Let’s Go Hunt

Ungkapan ajakan bermakna “ayo pergi berburu” ini digunakan seseorang untuk kegiatan tidak formal. Penggunaan bahasanya menggunakan kata yang sering dijumpai sehingga tidak akan asing jika mendengarnya.

Orang memakai kalimat ini menggunakan pengucapan santai tidak ada penekanan. Jenisnya yang merupakan seruan ajakan membuatnya mudah dipahami dan diingat. Sangat cocok jika digunakan saat masuk ke kawasan yang kaya akan binatang buruan.

5. Will You Go to School With Me?

Memiliki arti “maukah Kamu pergi ke sekolah denganku”. Seruan ini lebih mengarah ketingkat kesopanan jika diucapkan. Karena kalimat ini tidak formal, maka bisa digunakan saat keadaan apapun (tergantung pada situasinya) dengan pelafalan mudah untuk diingat.

Jika masih awam dalam belajar bahasa Inggris, memang kalimat ini akan cukup sulit untuk dipahami. Sebab, kebanyakan diajarkan pada jenjang sekolah dasar dan tidak semua siswa menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

6. Could You Help Me Please?

Selanjutnya, kalimat seruan dengan makna “maukah Kamu menolongku” ini lebih kepada seseorang yang memohon bantuan. Namun jika Anda menggunakan ungkapan ini, alangkah baiknya jika mengungkapkan secara pelan dan dengan nada yang lembut.

Seperti kalimat sebelumnya, pernyataan ini juga merupakan gabungan dari beberapa kata yang disusun sesuai kaidah dalam bahasa Inggris. Untuk pengaplikasaiannya, bisa saat membutuhkan bantuan pembelian barang, pembuatan sesuatu ataupun jasa lainnya.

7. Would You Bring This Bag For Me?

Kalimat ini merupakan sebuah ajakan disertai dengan kata tolong sehingga dalam pengucapannya tidak ada penekanan. Jenis pernyataan dibuat sederhana mungkin agar orang dapat menggunakannya. Untuk artinya sendiri yaitu, apakah Kamu keberatan membawakan tas ini untukku?

Dalam ajakan termasuk merupakan kalimat yang sopan. Penggunaanya pun juga harus melihat keadaan walaupun bahasanya tidak formal. Dengan begitu, membuat pernyataan ini diucapkan dengan santai meskipun kata awal dalam pelafalan susah dibaca.

Beberapa kumpulan contoh dalam bahasa Inggris di atas merupakan kalimat yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari – hari. Saat di bangku sekolah maupun perkuliahan biasanya kita sering mendapatkan materi tentang contoh kalimat saat belajar bahasa inggris. Namun itu hanya sebatas teori, jika Anda ingin lebih menguasainya, maka jangan lupa untuk mempraktikkannya setiap hari dengan teman, keluarga, ataupun kerabat dekat sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *