Catat! Begini Cara ke Kampung Inggris Pare dari Semarang

Apakah kamu berniat untuk menambah kemampuan berbahasa Inggris dengan mengikuti kursus ke Kampung Inggris Pare? Jika iya, kamu patut mengetahui cara ke Kampung Inggris Pare dari Semarang berikut. Terutama, untuk kamu yang tinggal di ibu kota Jawa Tengah tersebut.

Pare merupakan sebuah kecamatan yang ada di Kota Kediri. Kawasan ini berkembang menjadi salah satu pusat belajar bahasa Inggris. Kampung Inggris Pare Jawa Timur menjadi terkenal karena sudah terbukti mencetak begitu banyak orang yang memiliki skill bahasa Inggris.

Bacaan Lainnya

Mengenal Kampung Inggris Pare

Apa Itu Kampung Inggris Pare

Berbicara mengenai kawasan ini, selama ini telah menjadi pusat bagi orang yang ingin mengasah kemampuan bahasa tersebut. Nama kampung ini sebenarnya adalah julukan untuk dua desa yang ada di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Yakni Tulungrejo dan Pelem. 

Semua itu bermula saat lembaga pendidikan bahasa Inggris di dua desa ini mulai berkembang. Di kawasan tersebut, mulai menjelma sebagai kompleks para pelajar. Kemudian, banyak orang dari luar kota yang berdatangan untuk belajar di sana. 

Proses belajar di kawasan tersebut begitu menyenangkan dan lebih optimal. Apalagi, dengan suasana yang cukup kondusif dan budaya unik dari kawasan itu sendiri. Tidak heran jika kemudian banyak orang yang memilih daerah tersebut sebagai rujukan mengembangkan kemampuan berbahasa. 

Kemudian, kawasan tersebut akhirnya menjadi destinasi wisata edukasi. Bahkan, di waktu liburan tiba, banyak pelajar yang berduyun-duyun datang ke kawasan ini. Apakah kamu salah satunya yang pernah ke sana juga?

Namun sebelum memutuskan berangkat, kamu harus sudah menentukan pilihan lembaga mana yang akan menjadi tempat kamu belajar. Sebab, ada begitu banyak lembaga tersedia. Sehingga setelah sampai di sana, kamu tidak perlu kebingungan dan bisa langsung menuju lembaga belajar yang kamu pilih. Carilah informasi dan referensi sebanyak mungkin. 

Baca juga : Begini Cara ke Kampung Inggris Pare Menggunakan Kereta Api

Untuk dapat menuju kawasan tersebut, kamu bisa menggunakan berbagai moda transportasi. Baik darat atau udara sekalipun. Dari kota manapun kamu berasal, banyak pilihan transportasi yang tersedia.  Nah, untuk kamu yang berasal dari kota Semarang, bisa mengikuti panduan ini!

Cara ke Kampung Inggris Pare dari Semarang dengan Travel

Tips Menuju ke Kampung Inggris Pare dari Semarang

Kampung ini memiliki magnet kuat bagi orang-orang yang ingin belajar bahasa tersebut. Apakah kamu ingin belajar di sana juga? Bagaimana cara ke Kampung Inggris Pare?

Travel adalah pilihan moda transportasi menggunakan minibus yang cukup praktis. Apalagi, durasi perjalanannya lebih cepat karena tidak harus singgah ke titik tertentu seperti terminal. Ini bisa menjadi pilihan transportasi ke Kampung Inggris Pare.

Dengan memilih transportasi travel, kamu juga akan dijemput berdasarkan alamat. Namun, ada pula travel yang mengharuskan kamu untuk datang ke titik penjemputan tertentu. Untuk perjalanan ke Kampung Inggris Pare, kamu bisa memilih layanan travel sesuai preferensi. Caranya, dengan membuka situs layanan pesan tiket seperti di Traveloka atau Tiket.com. Kemudian, isi informasi waktu keberangkatan, kemudian destinasi tujuan dan jumlah penumpang. 

Berdasarkan beberapa informasi di situs penyedia tiket travel tersebut, harga tiket untuk satu penumpang ada di kisaran Rp200 ribu hingga Rp250 ribu. Umumnya, setiap penyedia jasa memberikan fasilitas berupa pendingin, selimut, bantal, hingga charger untuk ponsel.

Kelebihan menggunakan travel, kamu akan diantar langsung ke tempat tujuan, yaitu hingga di depan lembaga kursus yang kamu tuju di Kampung Inggris.

Cara ke Kampung Inggris Pare dari Semarang dengan Bus

Ke Kampung Inggris Pare dari Semarang Menggunakan Bus

Kemudian, alternatif transportasi ke Kampung Inggris berikutnya adalah bus. 

1. Dari Semarang ke Terminal Kediri

Umumnya, keberangkatan bus untuk rute antarkota antarprovinsi dari Semarang adalah Terminal Penggaron. Namun, ada pula yang memberangkatkan penumpang dari pool tertentu. 

Berikut adalah beberapa pilihan armada bus untuk menuju kota Kediri. 

  • Rosalia Indah, harga tiket mulai dari Rp210 ribu hingga Rp273 ribu
  • Eling Trans, berangkat pukul 18.00 WIB, durasi perjalanan 5 jam, harga tiket Rp150 ribu
  • Harapan Jaya, berangkat pukul 14.30 WIB, harga tiket Rp190 ribu
  • Malang Indah Trans, berangkat pukul 19.50 WIB, harga tiket Rp250 ribu
  • Gema Pratama Trans Tour & Travel, berangkat pukul 19.00 WIB, harga tiket Rp300 ribu
  • PO Gunung Harta, berangkat 10.30 WIB, harga tiket Rp360 ribu

2. Dari Terminal Kediri ke Pare

Lalu, bagaimana untuk naik bus dari Kediri ke Pare?  Dari Terminal Kediri, terdapat beberapa angkot dan bus yang bisa kamu pilih untuk mengantarmu ke Pare.

  • Kalau kamu memilih naik angkot, kamu harus memilih angkot kode P atau Pare. Jika naik kendaraan tersebut, kamu bisa turun di beberapa lembaga kursus di kawasan sepanjang Jalan Brawijaya. Tarifnya adalah Rp7 ribu, kemudian tambahan untuk koper Rp3 ribu.
  • Kemudian, untuk bus, kamu bisa menggunakan Puspa Indah warna biru tujuan Malang, Harapan Jaya, Jaya Mulya, dan Surya Indah. Semua bus tersebut melintas kawasan Pare. Tarifnya berada di kisaran Rp5 ribu hingga Rp7 ribu.

3. Dari Pare ke Kampung Inggris

Saat naik bus atau angkot menuju Pare, kamu bisa mengomunikasikan tujuanmu pada sopir bus atau angkotnya. Pada umumnya, para sopir dan kenek sudah hafal dengan kebutuhan pendatang Kampung Inggris, sehingga akan menurunkanmu di perempatan lampu merah Tulungrejo. Ada gapura dengan tulisan sangat besar, sehingga tidak akan  membingungkan para pelancong.

Dari sini, kamu bisa memilih berjalan kaki atau naik kendaraan umum seperti ojek, delman, atau becak, karena jaraknya hanya sekitar 2 kilometer saja.

  • Kamu juga bisa menggunakan ojek online yang kini sudah tersebar di  seluruh pelosok kecamatan Pare atau sekitarnya. Mayoritas bahkan berpusat di Kampung Inggris. Para pengemudi ojek ini umumnya menunggu para calon penumpang di lokasi seperti warung di sekitar lembaga yang ada. Biayanya hanya Rp10.000 sampai Rp20.000 saja.
  • Alternatif lain, kamu juga bisa memilih angkutan tradisional jika ingin menikmati suasana berbeda. Seperti delman atau becak. Jika kamu menggunakan ojek pangkalan, maka kamu harus pandai bernegosiasi agar tidak mendapatkan biaya yang mahal, atau setidaknya sesuai seharusnya.

Cara ke Kampung Inggris Pare dari Semarang dengan Kereta Api

Ke Kampung Inggris Pare dari Semarang Menggunakan Kereta

Untuk kamu yang ingin menuju kawasan tersebut dengan kereta api, bukan menjadi masalah. Namun, kamu harus mengetahui beberapa detail perjalanan berikut ini agar tidak mengalami kesulitan. 

1. Dari Stasiun Semarang ke Stasiun Kediri

Perlu kamu ketahui, durasi perjalanan dari Semarang ke Kediri via kereta api kurang lebih 6 jam 14 menit. Jarak yang kamu tempuh untuk mencapai kota Kediri yakni 264 kilometer.  Beberapa pilihan kereta dari Semarang ke Kediri yaitu:

  • KA Matarmaja 292 yang akan berangkat pukul 17.52 WIB, dengan harga mulai Rp90.000.
  • KA Brantas 118. Kereta ini akan berangkat pukul 20.25 WIB. Untuk biaya tiketnya, kamu bisa membeli tiket dengan harga mulai dari Rp90 ribu.

Selama perjalanan sepanjang 6 jam tersebut, ada beberapa hal yang dapat kamu nikmati: suasana perkotaan, kegiatan penduduk setempat, hingga bentang alam indah. Kamu juga bisa memilih beristirahat selama perjalanan sebelum memulai aktivitas di lokasi tujuan. 

2. Dari Stasiun Kediri ke Pare

Setelah kamu tiba di stasiun, selanjutnya kamu bisa keluar dari sana dan memilih angkutan menuju Kampung Inggris Pare. Perlu kamu ketahui, jarak dari stasiun menuju lokasi tujuan tersebut adalah kurang lebih 23 kilometer. Jarak tempuhnya kurang lebih 45 menit. Terdapat beberapa transportasi yang bisa kamu pilih, mulai dari angkot, travel penjemputan atau travel umum. 

  • Transportasi Online

Kalau kamu ingin menggunakan transportasi online, maka kamu harus berjalan ke ujung stasiun untuk dapat memesan transportasi tersebut. Pastikan kamu mengetahui harga awalnya terlebih dahulu. Kemudian, tanyakan kepada pengemudi untuk memastikan tidak ada biaya tambahan lain setelah kamu tiba di lokasi tujuan. Umumnya, tarif yang dikenakan mencapai Rp50 ribu untuk satu kali perjalanan.

  • Bus

Alternatif transportasi lainnya adalah dengan menumpang bus. Terdapat bus Bagong dengan tujuan Malang, Harapan Jaya atau Baruna. Bus tersebut juga sering berhenti di titik tertentu. Kamu bisa minta turun di perempatan Tulungrejo ke kondektur bus. 

Bilang saja mau ke Kampung Inggris, nanti kondektur akan menurunkan kamu di lokasi yang pas. Ongkos naik bus ini sekitar Rp10.000. Perlu kamu ketahui pula, transportasi tersebut baru tersedia pukul 06.00 WIB. 

3. Dari Tulungrejo ke Kampung Inggris

Turun di perempatan Tulungrejo,  kamu bisa lanjutkan perjalanan dengan naik becak. Ada banyak becak di sini dan kamu tinggal bilang mau ke Kampung Inggris. Langsung berikan saja alamat lembaganya maka tukang becak akan mengantar kamu langsung ke lokasi. Negosiasikan dulu harganya di awal demi kenyamanan bersama.

Cara ke Kampung Inggris Pare dari Semarang dengan Kendaraan Pribadi

Ke Kampung Inggris Pare dari Semarang Menggunakan Kendaraan Pribadi

Kamu juga bisa menggunakan kendaraan pribadi jika memang ingin membawanya sendiri untuk rute ke Kampung Inggris Pare Kediri. Terdapat rute lewat jalan Tol Salatiga hingga Kertosono, sepanjang 291,8 kilometer. Perjalanan tersebut akan menghabiskan waktu sekitar 3 jam 53 menit. 

Tips Sebelum Datang ke Kampung Inggris Pare

Persiapan Sebelum ke Kampung Inggris Pare dari Semarang

Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk berangkat ke Kampung Inggris.

1. Protokol Kesehatan

Hal ini tentunya sudah menjadi aturan penting untuk kamu saat hendak melakukan perjalanan dari luar kota menuju kawasan tersebut. Kamu harus mencari tahu soal pedoman prokes ini saat menggunakan kendaraan umum. 

2. Tentukan Jadwal dan Durasi

Selanjutnya, kamu harus menentukan kapan akan memulai kursus dan durasinya. Dengan begitu, kamu bisa memiliki perencanaan berapa lama belajar, apa goal-mu, dan sebagainya, hingga benar-benar tuntas. 

3. Pilih Kelas

Lalu, kamu bisa memilih kelas apa yang ingin diambil. Yang pasti, kamu harus menentukan sesuai dengan kebutuhan kemampuan yang ingin kamu miliki. Sebagai informasi, terdapat lebih dari 100 lembaga kursus di kawasan tersebut.

Terdapat beberapa kelas antara lain grammar, speaking, listening, pronunciation, TOEFL, dan masih banyak lagi. 

4. Pilih Lembaga Kursus

Yang sangat penting, carilah lembaga yang punya reputasi dan kredibilitas mumpuni. Sehingga kamu tidak akan salah pilih dan mendapatkan pendidikan yang seharusnya. Cari tahu informasinya lewat website, ulasan atau sosial media. Setiap lembaga, tentunya punya nilai plus yang bisa jadi bahan pertimbangan kamu.

5. Tentukan Lokasi Tempat Tinggal

Di kawasan ini, ada beberapa jenis tempat tinggal. Yakni berupa kos atau asrama. Jika kamu memilih model asrama, maka kamu akan terbiasa dengan percakapan bahasa Inggris. Sebab, memang wajib untuk menggunakan bahasa tersebut untuk aktivitas sehari-hari. 

Baca juga : Gampang! Begini Cara ke Kampung Inggris dari Stasiun Papar

Kesimpulan

Nah, itulah pembahasan tentang cara ke Kampung Inggris Pare dari Semarang. Semoga memberikan informasi yang berguna untuk kamu yang sedang ingin menuju lokasi tersebut untuk belajar bahasa Inggris. Kamu bisa memilih moda transportasi sesuai pilihanmu dan paling membuat kamu nyaman. Semoga bermanfaat ya!