Cara Mengurus Visa Ke Jepang, Agar Mudah dan Efisien

Tentunya Anda harus mengetahui cara mengurus visa ke Jepang sebelum memutuskan untuk pergi. Salah satu negara di Asia ini memang memiliki daya tarik tersendiri sehingga banyak orang yang menjadikan Jepang sebagai tujuan liburan mereka.

Namun sesuai dengan peraturan tentunya ketika ingin berpergian ke luar negeri haruslah membuat visa sebagai syarat perjalanan ke luar negeri. Sebenarnya sekarang ini pembuatan paspor sudah jauh lebih mudah dengan adanya e-paspor. Namun tidak jarang memang masih banyak orang yang lebih memilih untuk membuat paspor secara langsung.

Cara ini juga terbilang cukup mudah. Bahkan Anda bisa langsung datang ke tempat pembuatan visa maupun membuatnya melalui online. Sehingga dengan ini tentunya sudah tidak ada alasan lagi Anda malas membuat visa ketika berpergian ke luar negeri.

Nah jika Anda berminat untuk jalan-jalan ke Jepang tentunya Anda harus memenuhi beberapa syarat agar bisa membuat visa. Karena jika ingin berpergian ke luar negeri bukan hanya tiket pesawat, hotel dan akomodasi lainnya yang harus lebih jauh Anda perhatikan.

Visa ini menjadi bagian paling penting yang tidak boleh Anda lupakan. Karena tanpa adanya visa Anda tidak akan bisa bepergian ke luar negeri. Visa ini bisa kita sebut sebagai surat izin untuk bepergian ke negara lain seperti Jepang. Ketika Anda tidak memiliki visa maka Anda pasti tidak mendapatkan izin untuk bepergian ke luar negeri.

Cara Mengurus Visa Ke Jepang, Agar Mudah dan Efisien
pixabay.com

Cara Mengurus Visa Ke Jepang, Jangan Sampai Keliru!

Sebelum Anda tahu bagaimana cara mengurus visa, ada baiknya terlebih dahulu Anda tahu apa itu visa. Visa ini sebenarnya merupakan surat izin yang terbit dan telah negara berikan kepada warga asing ketika ingin mendatangi suatu negara. Visa ini bisa berbentuk stiker atau stempel yang dapat di apply di kedutaan Jepang.

Namun biasanya meskipun sudah mendapatkan visa, bukan berarti hal ini akan menjamin seseorang bisa bebas masuk ke negara Jepang. Karena biasanya keputusan boleh tidaknya warga asing masuk ke negara lain ada di tangan imigrasi ketika Anda sudah mendarat di bandara Jepang.

Namun meski begitu Anda juga harus tetap membuat visa ketika ingin pergi ke Jepang. Karena sama saja visa ini sebagai bukti identitas Anda di negara lain. Nah nantinya visa Anda ini akan mendapatkan pemeriksaan oleh pihak imigrasi. Jika visa Anda sudah sesuai ketentuan dan memenuhi syarat, biasanya Anda akan mendapat izin untuk memasuki negara Jepang.

Nah makanya agar visa Anda bisa lolos, sebaiknya Anda memahami cara mengurus visa ke Jepang terlebih dahulu. Sehingga nanti visa yang Anda buat bisa lolos dan Anda bisa berlibur ke Jepang dengan tenang tanpa harus memikirkan tentang visa.

Mengajukan Visa Menggunakan E-Paspor

Cara mengurus visa ke Jepang yang pertama adalah dengan mengajukan pembuatan visa melalui e-Paspor. E-paspor ini merupakan paspor dengan data biometric. Nah jika Anda merupakan pemegang E-paspor bisa menggunakannya untuk mengajukan visa untuk perjalanan ke luar negeri.

Anda hanya perlu mengajukan visa melalui e-Paspor dan nantinya Anda akan ajukan demi terpenuhinya beberapa persyaratan dalam pembuatan visa ini. Biasanya persyaratan yang harus kita penuhi adalah memberikan paspor, memberikan formulir aplikasi visa, pas foto terbaru, dan sertifikat yang terdaftar ERFS.

Nantinya ketika Anda sudah memenuhi persyaratan tersebut maka pembuatan visa akan segera kita  proses, biasanya jika data Anda sesuai pembuatan visa ini tidak akan ada kendala. Makanya usahakan untuk mengisi formulir hingga memberikan persyaratan ini sudah sesuai apalagi soal identitas Anda.

Mengajukan Visa Tanpa E-Paspor

Cara mengurus visa ke Jepang selanjutnya adalah mengajukan visa bagi Anda yang tidak memiliki e-Paspor atau bagi Anda yang memegang paspor biasa. Hal ini sedikit berbeda dengan cara pembuatan visa menggunakan e-Paspor, karena biasanya bebas visa hanya negara peruntukkan pada mereka yang berkunjung kurang dari 15 hari.

Sehingga ketika Anda ingin berlibur ke Jepang dengan waktu yang lama maka Anda wajib untuk membuat visa. Persyaratan pembuatan visa tanpa E-Paspor ini juga cukup banyak daripada ketika Anda membuat visa dengan E-Paspor.

Anda harus memberikan syarat berupa paspor, formulir aplikasi visa, pas foto, sertifikat EFRS, fotokopi KTP, fotokopi tiket pulang pergi Jepang, jadwal perjalanan dan masih banyak lagi. sebelum mengajukannya Anda terlebih dahulu harus memastikan jika semua persyaratan yang Anda berikan sudah benar dan sesuai dengan data Anda.

Melalui Agen

Cara mengurus visa ke Jepang selanjutnya Anda bisa mengajukan pembuatan visa melalui agen, Anda bisa melakukan ini melalui agen jasa travel. Biasanya agen jasa ini bisa membuat visa kurang lebih dalam waktu 10 hari, namun ini juga tergantung dengan jenis visa yang dibuat.

Untuk biaya biasanya setiap agen juga mematok harga yang berbeda-beda dalam pembuatan visa.

Tempat Pembuat Visa Jepang

Setelah mengetahui cara mengurus visa ke Jepang tersebut, Anda juga harus tahu dimana tempat pembuatan visa Jepang. Nah untuk aplikasi visa mulai dari tahun 2020 lalu Anda sudah bisa mengajukannya ke Japan Visa Application Center di daerah Kuningan Jakarta.

Biasanya nanti Anda juga akan dimintai beberapa persyaratan terkait pembuatan visa ini, nah setelah mengajukan permohonan visa biasanya permohonan tersebut akan diperiksa. Nantinya jika ada beberapa persyaratan yang dibutuhkan mereka akan meminta secara langsung pada Anda.

Biasanya pembuatan visa Jepang bagi Anda yang memiliki paspor biasa akan membutuhkan waktu sekitar 4 hari kerja, namun hal ini juga bisa lebih. Karena ini tergantung dengan kelengkapan dokumen yang Anda berikan, makanya agar lebih tenang ada baiknya mengajukan visa jauh-jauh hari.

Biaya Pembuatan Visa Jepang

Selain cara mengurus visa ke Jepang yang harus Anda perhatikan ketika ingin membuat visa adalah biaya yang yang harus Anda keluarkan. Biasanya visa ini memiliki beberapa tipe dan untuk setiap tipe, umumnya juga memiliki biaya yang berbeda-beda tergantung tipenya.

Ada sekitar 3 tipe visa yang bisa Anda pilih, yang pertama visa single entry, selanjutnya visa multiple entry dan yang terakhir visa transit. Untuk visa type single entry membutuhkan biaya sekitar Rp 400 ribu, untuk multiple entry membutuhkan Rp 800 ribu dan untuk tipe terakhir membutuhkan biaya Rp 90 ribu saja.

Ketentuan Tambahan

Ternyata selain cara mengurus visa ke Jepang ada juga ketentuan tambahan yang biasanya diajukan ketika pembuatan visa Jepang. Nah selama adanya pandemic ini memang perjalanan domestic maupun luar negeri akan ditambah persyaratan tes PCR.

Hal ini juga berlaku ketika Anda ingin bepergian ke Jepang, selain mengurus izin, visa, maupun paspor.  Tidak kalah pentingnya, Anda  harus melampirkan hasil tes RT-PCR maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan. Nah biasanya vaksin juga menjadi persyaratan, namun sejauh ini warga yang belum vaksin penuh masih diperbolehkan ke Jepang.

Asalkan orang tersebut termasuk dalam wilayah blue, nah Indonesia termasuk dalam wilayah ini, selain itu Anda juga tidak perlu melakukan tes Covid-19 di Jepang. Bahkan Anda juga tidak perlu melakukan karantina ketika sudah tiba di Jepang.

Selain hal ini sebenarnya Anda juga harus memiliki asuransi perjalanan yang sudah mencakup biaya pengobatan Covid-19. Jangan lupa juga untuk menginstal aplikasi MySOS dan mengisi kuesioner yang diajukan dengan benar.

Namun sesuai dengan peraturan tentunya ketika ingin berpergian ke luar negeri wajib membuat visa sebagai syarat perjalanan ke luar negeri. Sebenarnya sekarang ini pembuatan paspor sudah sangat mudah dengan adanya e paspor, namun tidak jarang memang masih banyak orang yang lebih memilih untuk membuat paspor secara langsung.

Cara mengurus visa ke Jepang ini juga terbilang cukup mudah, bahkan Anda bisa langsung datang ke tempat pembuatan visa maupun membuatnya melalui online. Sehingga dengan ini tentunya sudah tidak ada alasan lagi Anda malas membuat visa ketika berpergian ke luar negeri.

Nah jika Anda berminat untuk jalan-jalan ke Jepang tentunya Anda harus memenuhi beberapa syarat agar bisa membuat visa. Karena jika ingin berpergian ke luar negeri bukan hanya tiket pesawat, hotel dan akomodasi lainnya yang harus diperhatikan.

Visa ini menjadi bagian paling penting yang tidak boleh Anda lupakan, karena tanpa adanya visa Anda tidak akan bisa bepergian ke luar negeri. Visa ini bisa kita katakan sebagai surat izin untuk bepergian ke negara lain seperti Jepang, ketika Anda tidak memiliki visa maka Anda pasti tidak mendapatkan izin untuk bepergian ke luar negeri.

Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Mengajukan Visa

Nah dalam mengajukan visa ini ada beberapa hal yang harus  kita perhatikan, nah yang harus Anda perhatikan jika Anda ingin berkunjung atau bekerja di Jepang maka Anda harus mengurus visa. Berbeda ketika Anda hanya berlibur kurang dari atau tidak lebih dari 15 hari Anda tidak perlu mengajukan visa.

Nah dalam mengajukan visa ini ada beberapa peraturan yang harus diperhatikan, yang terpenting Anda harus mengajukan visa sesuai dengan peraturan yang berlaku. Nah apabila Anda ingin melakukan perubahan nama di paspor, maka Anda juga harus mengajukan registrasi ulang.

Jangan sampai Anda nekat melakukan perjalanan ke Jepang tanpa melakukan registrasi ulang e-paspor, karena Anda akan dicekal oleh pihak imigrasi di Jepang. Registrasi e-paspor ini wajib hukumnya ketika Anda ingin berlibur ke Jepang, terutama jika Anda ingin mendapatkan bebas visa.

Cara mengurus visa ke Jepang ini memang cukup mudah. Nah biasanya pihak bandara di Jepang akan menanyakan tujuan kedatangan Anda. Selain itu biasanya mereka juga akan menanyakan durasi tinggal dan beberapa informasi penting lainnya.

Biasanya visa ini Anda gunakan untuk mengetahui apakah warga asing yang datang ke Jepang tersebut mencurigakan atau tidak. Ketika hasil tanya jawab dengan pihak imigrasi ini ada yang mencurigakan, Anda akan menerima hukuman bahkan pelarangan untuk melanjutkan perjalanan ke Jepang.

Selain hal ini biasanya ada juga beberapa kasus yang tidak memperbolehkan warga asing memasuki Jepang seperti dideportasi. Selain itu biasanya warga asing tersebut juga terkena masalah seperti dalam masa cekal, melakukan pelanggaran hukum baik di Jepang atau negara lain dan dalam masa tahanan.

Jenis-Jenis Visa Jepang

Selain harus mengetahui cara mengurus visa ke Jepang. Anda juga harus tahu beberapa jenis visa jepang sebelum membuatnya. Namun yang perlu Anda ingat, Anda tidak akan bisa membuat bebas visa jika tidak memiliki E-Paspor, sehingga Anda harus membuat visa secara manual.

Nah untuk perjalanan ke Jepang ini ada sekitar 9 jenis visa perjalanan yang bisa Anda gunakan untuk berkunjung ke Jepang. Jika Anda ingin tahu apa saja jenis visa Jepang ada baiknya untuk memperhatikan beberapa jenis visa di bawah ini.

Visa Sementara Untuk Kunjungan Keluarga

Cara mengurus visa ke Jepang memang mudah, nah yang pertama ini adalah jenis visa kunjungan sementara ke Jepang untuk tujuan mengunjungi keluarga. Seperti Namanya visa kunjungan sementara ini berfungsi untuk perjalanan sementara ke Jepang, misalnya seperti liburan.

Visa Sementara Kunjungan Teman

Nah yang selanjutnya ini merupakan visa kunjungan ke Jepang dengan tujuan kunjungan teman sementara. Visa ini sangat bermanfaat jika Anda ingin datang ke Jepang dengan tujuan untuk mengunjungi teman yang berada di Jepang.

Visa Kunjungan Sementara Dengan Tujuan Kunjungan Wisata Dengan Anggaran Sendiri

Cara mengurus visa ke Jepang untuk jenis visa selanjutnya ini merupakan visa yang bisa Anda gunakan dengan tujuan kunjungan wisata ke Jepang dengan dana sendiri. Visa jenis ini biasanya berguna untuk mereka yang ingin berkunjung ke Jepang dengan tujuan tersebut.

Visa Kunjungan Sementara Berkali-kali Untuk Wisata

Jenis visa selanjutnya ini bisa Anda gunakan untuk mengunjungi Jepang dengan tujuan wisata berkali-kali. Hal ini mungkin memang bisa Anda manfaatkan untuk berlibur, atau bahkan memang sering melakukan perjalanan wisata ke Jepang.

Visa Kunjungan Sementara Untuk Bisnis

Cara mengurus visa ke Jepang untuk tujuan bisnis ini harus Anda lakukan agar perjalanan ke Jepang berjalan dengan lancar. Biasanya memang ada perusahaan atau orang tertentu yang menjalin kerja sama bisnis dengan perusahaan di Jepang. Nah visa ini sangat Anda perlukan untuk melakukan perjalanan bisnis.

Visa Khusus

Jenis visa selanjutnya adalah visa khusus yang Anda buat untuk perjalanan ke Jepang seperti belajar, bekerja, pelatihan atau menetap dalam kurun waktu tertentu. Nah Anda bisa membuat visa jenis ini sesuai dengan peraturan yang telah berlaku.

Visa Transit

Cara mengurus visa ke Jepang selanjutnya ini khusus bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri dan melakukan transit di Jepang. Visa dengan tujuan transit ini bisa Anda buat sesuai dengan peraturan. Jika Anda hanya ingin singgah atau transit di Jepang.

Visa Single Entry

Jenis visa selanjutnya ini adalah visa untuk Anda yang ingin melakukan tujuan wisata group untuk warga negara Indonesia. Biasanya memang ada keluarga yang ingin melakukan perjalanan wisata bersama. Itulah sebabnya, Anda harus membuat visa single entry ini melalui travel agent yang mereka tunjuk.

Nah beberapa jenis visa tersebut harus Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Selain itu semenjak tanggal 1 September 2012, pemerintah Jepang menerbitkan visa kunjungan berkali-kali. Visa ini mereka peruntukkan untuk WNI yang berdomisili di Indonesia dan ingin melakukan kunjungan ke Jepang.

Kunjungan ke Jepang ini mencakup tujuan wisata, kunjungan keluarga, dan kunjungan sementara lainnya selain bisnis. Visa ini memiliki masa berlaku kurang lebih tiga tahun dengan maksimal sekali kunjungan selama 30 hari.

Dokumen Yang Anda Perlukan Dalam Pembuatan Visa

Dalam cara mengurus visa ke Jepang ini, ada hal yang wajib Anda perhatikan untuk kelancaran pembuatan visa. Dokumen yang harus Anda persiapkan, untuk pembuatan visa ini terbagi menjadi dua kriteria tergantung dengan jenis visa yang akan Anda buat.

Pengajuan Visa Berkunjung Sementara Tujuan Wisata Dengan Dana Sendiri

Untuk dokumen pembuatan visa dengan tujuan wisata menggunakan biaya sendiri ada beberapa dokumen yang harus Anda penuhi. Seperti paspor, formulir permohonan visa, pas foto, fotokopi KYP, bukti pemesanan tiket, jadwal perjalanan, kartu keluarga, dan fotokopi bukti keuangan.

Dokumen-dokumen ini harus terpenuhi ketika Anda ingin melakukan kunjungan untuk perjalanan wisata biaya sendiri. Anda harus memastikan jika dokumen-dokumen ini sudah sesuai dengan identitas Anda sehingga nantinya tidak akan mengakibatkan masalah ketika pembuatan paspor.

Pengajuan Visa Berkunjung Sementara yang Berkali-Kali Untuk Wisata

Mengurus visa ke Jepang satu ini juga harus memenuhi beberapa persyaratan yang pemerintah ajukan. Apalagi tidak sembarangan orang bisa mengajukan visa ini. Ada beberapa syarat yang harus terpenuhi seperti WNI yang berdomisili di Indonesia, memiliki E-Paspor, dan pernah melakukan kunjungan sementara ke Jepang.

Cara mengurus visa ke Jepang ini ada beberapa dokumen yang perlu Anda lengkapi. Seperti E-Paspor, formular aplikasi. Selain itu juga ada pasfoto terbaru, fotokopi KTP, fotokopi tabungan, hingga permohonan visa. Visitpare.com membantu Anda sebagai calon mahasiswa/calon pekerja yang akan berangkat ke luar negeri untuk mendapatkan informasi terkait.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *