9 Perbedaan Sekolah Negeri dan Swasta

9 Perbedaan Sekolah Negeri dan Swasta

Sekolah jadi salah satu tempat untuk mendidik karakter dari seorang anak, selain di lingkungan dan di rumah. Maka dari itu, pemilihan sekolah tidak boleh kamu lakukan asal-asalan. Oleh karenanya, simak juga ulasan mengenai perbedaan sekolah negeri dan swasta yang perlu diketahui.

Jangan sampai sebagai orang tua salah paham tentang keduanya. Selain itu, dengan adanya pembahasan ini, orang tua bisa lebih bijak dalam menyekolahkan anaknya kelak. Baik di sekolah negeri atau swasta. Untuk itu, simak beberapa uraian berikut:

Perbedaan Sekolah Negeri Dan Swasta Secara Internal

Banyak beredar info simpang siur di masyarakat mengenai sekolah Negeri dan swasta. Sehingga keduanya memang terlihat adanya sebuah perbedaan. Namun, apakah hal tersebut begitu adanya? Maka dari itu, simak beberapa ulasan perbedaan dari berbagai aspek antara sekolah negeri dan swasta:

1. Berdasarkan Biaya

Hal pertama yang akan kita bahas adalah biaya perbedaan sekolah negeri dan swasta. Pada sekolah negeri biaya akan ditanggung oleh pemerintah, sehingga untuk biaya pendidikannya seharusnya lebih murah di sekolah negeri.

Namun, hingga saat ini masih banyak pungutan oleh oknum. Sisi gelap tersebut, tentu berbeda dengan sekolah swasta, dimana orang tua akan menjadi pemasok biaya sepenuhnya untuk biaya sekolah tersebut.

2. Berdasarkan Daya Tampung

Selain terlihat perbedaan pada biaya sekolah, daya tampung juga menjadi perbedaan sekolah negeri dan swasta. Untuk sekolah negeri, biasanya akan ditentukan oleh kuota pada masing-masing kategori. Adapun kuota ini dibatasi pada nilai rata-rata, bisa juga karena zonasi dan prestasi.

Sedangkan pada sekolah swasta, untuk daya tampungnya tidak dibatasi dengan kuota layaknya di sekolah swasta. Para peserta didik yang hendak sekolah di swasta tidak akan dipusingkan dengan zonasi wilayah dan sebagainya.

Namun, walaupun ada nya kuota pembatasan di sekolah negeri, umumnya jumlah siswa dalam setiap kelasnya lebih banyak. Tentunya ini sangat berbeda dengan sekolah swasta yang umumnya jumlah siswa di kelas cenderung terbatas dan sudah teratur sejak awal.

3. Berdasarkan Jam Belajar

Lalu ada perbedaan dari segi jam sekolah antar sekolah negeri dan swasta yang bisa kita lihat. Biasanya sekolah negeri akan memiliki jam belajar yang lebih singkat dan ada batasan maksimal sesuai ketentuan dari pemerintah.

Namun, pada sekolah swasta dalam hal ini adalah sekolah dengan berbasis agama Islam biasanya memiliki jam belajar yang lebih lama. Pasalnya, ini menyesuaikan juga dengan pelajaran yang guru ajarkan. Ada tambahan pelajaran agama, sehingga mau tidak mau jam belajar akan semakin banyak.

4. Berdasarkan Keragaman Siswa

Seperti yang kita ketahui, sekolah negeri mengikuti aturan sistem zonasi, sehingga sudah tentu ini akan membuat siswa yang bersekolah di sana lebih homogen. Pasalnya siswa yang bersekolah tidak lain adalah anak dengan daerah yang sesuai zonasi sekolah.

Namun, berbeda dengan sekolah swasta di mana sekolah swasta akan memberikan banyak kesempatan kepada orang dari berbagai kota untuk bersekolah di sana. Pasalnya tidak mengenal kuota zonasi wilayah. Maka, tidak heran jika siswa yang ada di swasta lebih heterogen.

5. Berdasarkan Fasilitas

Selanjutnya adalah mengenai fasilitasnya yang bisa menjadi perbedaan sekolah negeri dan swasta. Hal ini, biasanya di dasarkan pada pengelola sekolah tersebut. Misalnya untuk sekolah negeri yang akreditasi rendah memang biasanya memberikan fasilitas yang kurang lengkap.

Namun, untuk sekolah negeri dengan akreditasi tinggi sudah memberikan fasilitas yang lengkap. Misalnya terkait dengan ruang belajar yang nyaman, perpustakaan, laboratorium dan sebagainya. Namun, jika swasta umumnya fasilitasnya lebih diperhatikan oleh pengelolanya dan donatur.

6. Berdasarkan Kondisi Guru Dan Siswa

Biasanya pada sekolah negeri  satu dengan yang lain memiliki sebuah keseragaman, hal tersebut sudah pasti karena semua kebijakannya juga tidak lepas dari peran Dinas pendidikan. Kemudian untuk jumlah siswa di kelasnya juga seragam mulai dari 30 anak di setiap kelasnya.

Sehingga, hal tersebut akan berdampak pada metode pengajarannya yang satu arah saja. Namun, berbeda dengan sekolah swasta  yang biasanya jumlah siswa per kelasnya lebih sedikit. Namun, jumlah gurunya yang juga banyak, dan biasanya juga metode pengajarannya lebih update dan menyesuaikan kebutuhan.

Perbedaan Sekolah Negeri Dan Swasta Secara Eksternal

Tidak hanya dari segi biaya, fasilitas atau homogenitasnya ada beberapa perbedaan lainnya dari aspek luarnya. Maka, saatnya pembaca juga harus paham mengenai perbedaan secara eksternal. Berikut ini simak beberapa perbedaan eksternal sekolah negeri dan swasta:

1. Berdasarkan Kepemilikan 

Jika mengacu pada kepemilikannya jelas terlihat perbedaan di antara keduanya. Pada lembaga pendidikan negeri merupakan sekolah ini tentu di bawah pengawasan negara. Sehingga untuk masalah biaya dan juga aturan yang mengikatnya, juga dikembalikan kepada negara.

Sedangkan untuk sekolah swasta dimiliki oleh perseorangan atau yayasan. Sehingga terkait biaya, tidak ditanggung oleh pemerintah. Sehingga biaya murni dari pemilik yayasan, wali siswa dan juga donatur.

2. Berdasarkan Pendanaan

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, bahwa kepemilikan sekolah swasta adalah dari perseorangan atau yayasan. Sehingga untuk pendanaan biaya sekolah, juga akan dibebankan baik ke wali, pemilik yayasan atau donatur.

Maka, tidak heran jika ketiganya kompak sekolah tersebut akan memiliki fasilitas lebih nyaman jauh dari sekolah negeri. Sebab, dana yang terkumpul bisa lebih banyak. Sedangkan untuk pendanaan di sekolah negeri dari pemerintah tentunya terbatas. 

3. Berdasarkan Pada Tujuan Pendirian Sekolah

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa, sekolah negeri merupakan sebagai bentuk pelayanan masyarakat. Sehingga memang ditujukan untuk masyarakat. Namun, sekolah negeri tidak demikian, yayasan biasanya memiliki profit atas pajak.

Keunggulan Sekolah Negeri dan Swasta 

Jika pembaca sudah membahas mengenai perbedaannya, maka saatnya pembaca mengetahui beberapa keunggulan yang ada di sekolah negeri atau swasta. Untuk lebih detailnya, simak beberapa keunggulannya:

1. Keunggulan Sekolah Negeri

Adapun untuk keunggulan sekolah negeri adalah selain biaya pendidikan yang lebih murah, juga tenaga pendidik yang kompeten karena dari pemerintah. Selain itu, biasanya sekolah negeri sering mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Lalu juga banyak prestasi yang ditorehkan oleh para siswa dan siswi disana. Tidak hanya itu, kurikulum akan selalu disesuaikan dengan pemerintah.

2. Keunggulan Sekolah Swasta

Kemudian untuk keunggulan sekolah swasta adalah terkenal dengan banyak ekstrakulikuler yang beragam. Hal ini tentu akan menumbuhkan kreativitas dari anak. Selain itu,  walaupun biaya yang mahal, namun ini akan sebanding dengan fasilitas yang akan sekolah berikan.

Tidak hanya itu, para tenaga pendidiknya juga lebih inovatif. Lalu jumlah siswa yang tidak terlalu banyak, membuat para tenaga pendidik lebih fokus pada masing-masing anak. Tidak jarang karena pelayanan ini membuat banyak orang tua tertarik.

Baca Juga: 10 Tips dan Cara Mendapatkan Teman di Sekolah dengan Baik

Itulah beberapa ulasan mengenai perbedaan sekolah negeri dan swasta dari berbagai aspek. Selain itu juga kami jelaskan beberapa keunggulan saat anak sekolah di lembaga pendidikan negeri dan juga swasta pada umumnya. Namun, kembali lagi pengelolaan sekolah juga mempengaruhi penilaian tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *