Mengenal Istilah Istilah Matematika dalam Bahasa Inggris

Yuk, belajar mengenal berbagai istilah pelajaran matematika dalam bahasa Inggris. Kalau kamu penyuka materi berhitung, daftar istilah matematika dalam bahasa Inggris berikut akan berguna untuk memperlancar pemahamanmu akan bahasa Inggris.

Saat ini penguasaan kosakata bahasa Inggris sangat dibutuhkan, baik untuk keperluan akademik maupun nonakademik. Nah, salah satu vokabuler dasar bahasa Inggris yang harus kamu ketahui sedari dini adalah istilah bahasa inggris dalam matematika

Yuk, kenalan dengan istilah penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, pangkat, dan bentuk-bentuk geometrisn di bawah ini!

Istilah Matematika Dasar dalam Bahasa Inggris

Sebelum melangkah lebih jauh, kamu perlu belajar materi ini yang mendasar terlebih dahulu. Beberapa contohnya adalah adalah istilah-istilah operasi hitung seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian.

Agar proses belajar istilah-istilah matematika dasar ini lebih mudah untuk kamu pahami, lihat tabel berikut ini.

Matematika Dasar: Perkalian dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, perkalian dapat kamu sebut dengan istilah multiplication. Nah, operasi hitung ini, simbol kali (x) bisa kamu sebut dengan times dan juga multiplied by.

Sebagai gambaran penggunaannya, berikut adalah beberapa contoh soal untuk  operasi perkalian serta cara membacanya.

Matematika Dasar: Pengurangan dalam Bahasa Inggris

Selanjutnya adalah pengurangan atau yang dalam bahasa Inggris, bisa kamu sebut dengan subtraction. Untuk tanda pengurangan (-) ini, kamu menggunakan istilah minus, less, atau juga subtracted by.

Sebagai gambaran penggunaannya, berikut adalah beberapa contoh soal dari operasi pengurangan serta cara membacanya.

Matematika Dasar: Pembagian dalam Bahasa Inggris

Selanjutnya adalah istilah pembagian dalam matematika bahasa Inggris. Nah, kamu bisa menyebut operasi hitung pembagian ini dengan sebutan division. Sedangkan bahasa Inggris bagi dalam matematika adalah divided by (:).

Sebagai gambaran penggunaan istilah bagi, berikut ini adalah beberapa contoh soal dari operasi matematika dasar pembagian serta cara membacanya.

Matematika Dasar Penjumlahan dalam Bahasa Inggris

Secara singkat, sebutan untuk operasi matematika dasar yakni penjumlahan dalam bahasa Inggris adalah addition. Nah, dalam penggunaannya, tanda tambah (+) bisa kamu baca sebagai plus, namun juga bisa added. 

Sebagai gambaran penggunaan istilah penjumlahan ini, berikut ini adalah beberapa contoh soal dari operasi penjumlahan serta cara membacanya:

Matematika Dasar: Akar Kuadrat dalam Bahasa Inggris

Selanjutnya adalah materi terkait istilah akar dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris, operasi akar ini bisa kamu sebut juga dengan istilah squared root. Sebagai gambaran agar lebih jelas, berikut adalah beberapa contoh soal dari penggunaan bahasa Inggris akar dalam matematika.

Matematika Dasar: Pangkat dalam Bahasa Inggris

Berikutnya adalah istilah pangkat matematika dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris, matematika dasar operasi hitung perpangkatan ini bisa kamu sebut dengan sebutan powers of numbers.

Nah, dalam operasi hitung ini ada dua cara pembacaan pangkat yang perlu kamu cermati. Untuk lebih mudah kamu pahami, secara terperinci perhatikan contoh- contoh soal serta penjelasannya berikut.

Untuk operasi pangkat yang bilangan bawah dan atasnya sama, seperti 2² atau 3³, maka kamu bisa menggunakan istilah squared. Ini contohnya:

  • 2² = 4 (two squared is four) (dua pangkat dua sama dengan empat)

Sedangkan untuk operasi pangkat yang mana bilangan atas dengan bilangan bawahnya berbeda,  kamu bisa menggunakan beberapa istilah, seperti:

Matematika Dasar: Lebih dari dan Kurang dari dalam Bahasa Inggris

Selain istilah-istilah di atas, istilah ini juga akan sering kamu gunakan dalam matematika dasar. Nah, dalam pengucapan bahasa Inggris, simbol lebih besar dari (>) bisa kamu baca dengan istilah “is greater than”. Sedangkan untuk simbol lebih kecil (<), bisa kamu baca sebagai “is less than”.

Sebagai gambaran penggunaan istilah “lebih dari” dan “kurang dari” ini, berikut adalah beberapa contoh yang bisa kamu jadikan sebagai acuan.

Contoh:

Dalam kasus lain, istilah “lebih besar” atau “lebih kecil” juga bisa diikuti dengan tanda sama dengan, seperti (≤) dan (≥). simbol (≤) adalah “lebih kurang atau sama dengan” atau “is less than or equal to”. Sedangkan (≥), adalah simbol “lebih besar atau sama dengan” atau “is greater than or equal to”.

Sebagai gambaran penggunaan istilah “lebih dari atau sama dengan” dan “kurang dari atau sama dengan” ini, berikut adalah beberapa contoh yang bisa kamu jadikan sebagai panduan.

Contoh:

Istilah Matematika Dasar Lainnya dalam Bahasa Inggris

Istilah Matematika Dasar Lainnya dalam Bahasa Inggris

Selain istilah-istilah yang kamu gunakan dalam operasi hitung, masih ada banyak lagi vokabuler bahasa Inggris yang bisa kamu temui di bidang matematika. Penasaran? Berikut adalah kamus istilah-istilah kosakata matematika dalam bahasa Inggris.

Istilah Geometris dalam Bahasa Inggris

istilah matematika dalam bahasa inggris

Salah satu cabang ilmu matematika yang  pasti akan kamu pelajari juga adalah geometris. Nah, sepanjang materi geometris ini, kamu akan mengenal berbagai macam bentuk bidang, seperti octagon (segi delapan), trapezoid (trapesium), , hexagon (segi enam), circle (lingkaran), isosceles triangle (segitiga sama kaki), dan closed curve (kurva tertutup).

Dalam penggunaannya, kamu bisa melihat contoh kalimat berikut ini:

  • If a cube has the same surface area of 24 cm², then the length of one side of the cube is 2 centimeters.

(Jika sebuah kubus mempunyai luas permukaan yang sama yaitu 24 cm², maka dapat diketahui bahwa panjang salah satu sisi kubus tersebut adalah 2 cm.)

Selain kosakata bilangan di atas, masih ada lagi istilah-istilah terkait materi geometris, lho. Berikut adalah beberapa istilah geometris dalam bahasa Inggris yang bisa kamu tambahkan ke kosakatamu:

istilah matematika dalam bahasa inggris

Istilah Garis Matematika dalam Bahasa Inggris

istilah matematika dalam bahasa inggris

Jika kamu sudah mempelajari tentang kubus dan persegi panjang di sekolah, kamu pasti sudah tidak asing dengan beragam jenis garis di matematika. Bermacam-macam garis seperti garis lurus, garis patah, dan garis berpotongan pasti sudah sering kamu jumpai.

Nah, kali ini, kamu akan mempelajari istilah-istilah garis itu di bahasa Inggris. Salah satu contoh dari penggunaan istilah garis matematika dalam bahasa Inggris adalah berikut:

  • The curve line of that oil tube is about 12 centimeters.

Garis lengkung tabung minyak itu sekitar 12 sentimeter.

  • Draw two parallel lines that are the same length!

Gambarlah dua garis sejajar dengan panjang yang sama!

Simak, berikut ini adalah daftar istilah garis-garis matematika dalam bahasa Inggris:

Istilah Macam-Macam Grafik Matematika dalam Bahasa Inggris

Belajar istilah-istilah matematika dalam Bbhasa Inggris tentu saja belum lengkap jika kamu belum belajar kosakata dari macam-macam grafik di matematika. Tidak bisa dipungkiri, nantinya kamu akan sering menggunakan beragam jenis grafik pada mata pelajaran matematika.

Nah, untuk menambah pengetahuan kamu lebih luas lagi, berikut adalah data istilah-istilah grafik matematika dalam bahasa Inggris.

Istilah Macam-Macam Bilangan Matematika dalam Bahasa Inggris

istilah matematika dalam bahasa inggris

Selain istilah-istilah di atas, vokabuler bahasa Inggris matematika lainnya yang tidak boleh kamu lupakan adalah istilah bilangan. Berikut adalah beberapa contoh istilah bilangan tersebut:

  • Even number: Bilangan genap
  • Natural number: Bilangan asli
  • Primes number: Bilangan prima
  • Odd numbers: Bilangan ganjil

Selain kosakata bilangan di atas, masih ada lagi istilah-istilah terkait bilangan. Berikut adalah beberapa istilah bilangan matematika dalam bahasa Inggris yang bisa kamu tambahkan ke kosakatamu.

istilah matematika dalam bahasa inggris

Istilah Pecahan dalam Bahasa Inggris

istilah matematika dalam bahasa inggris

Selanjutnya adalah istilah pecahan dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris sendiri, pecahan bisa kamu sebut dengan istilah fraction. Pada umumnya, pecahan ini menggunakan simbol matematika berupa garis mendatar atau miring seperti ½ dan ¼.

Kemudian bagaimana membaca angka pecahan dalam matematika? Berikut adalah beberapa contoh angka pecahan yang sering muncul dalam soal matematika dan cara membacanya:

  • ½ (a half) (setengah)
  • ¼ (a quarter) (seperempat)
  • ⅓ (one-third) (sepertiga)
  • ⅙ (a sixth) (seperenam)
  • ¾ (three-quarter) (tiga per empat)
  • 2 ½ (two and a half)  (dua setengah)

Nah, selain kosakata pecahan di atas, masih ada lagi istilah-istilah yang ada dalam pecahan. Ini adalah daftarnya:

istilah matematika dalam bahasa inggris

Penutup

istilah matematika dalam bahasa inggris

Itu dia berbagai vokabuler atau istilah-istilah matematika yang bisa kamu pelajari dan hafalkan untuk menambah jumlah kosakata bahasa Inggrismu. Mulai dari istilah penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, hingga nama-nama bidang geometris semua lengkap telah dijelaskan di atas.

Dengan adanya materi vokabuler bahasa Inggris untuk materi matematika ini, kamu dapat lebih memahami lagi berbagai istilah matematika dalam bahasa Inggris dan menggunakannya dalam berkomunikasi. Semoga bermanfaat!