10 Metode Pembelajaran Kampung Inggris Pare yang Unik & Khas

Mengenal Metode pembelajaran Kampung Inggris

Salah satu alasan kenapa orang memilih Kampung Inggris Pare sebagai tempat belajar adalah karena metode belajar Kampung Inggris Pare ini unik dan berbeda dari tempat lainnya. Walaupun saat ini cara belajar ini sudah ada yang mengadopsi, tetapi bisa dibilang Kampung Inggris Pare inilah pelopornya.

Belajar bahasa asing selain konsep harus menyenangkan, juga perlu memilih metode yang paling efektif supaya orang bisa langsung praktik dan percaya diri untuk menggunakannya. Nah, kalau kamu punya rencana ke Kampung Inggris di Pare ini, berikut ini bocoran bagaimana metode belajar yang akan kamu rasakan di sini.

Metode Belajar Bahasa di Kampung Inggris Pare

Kursus Kampung Inggris Pare rekomendasi, salah satunya dalam hal metode. Secara umum sebenarnya metode yang ada di Kampung Inggris Pare ini menggunakan metode tradisional yang intensif. Sedikit berbeda dengan model pembelajaran online yang menggunakan perangkat teknologi.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini metode-metode yang bisa kamu temukan selama belajar di Kampung Inggris:

1. Pertemuan Kelas Intensif

Metode pembelajaran Kampung Inggris dengan Pertemuan Intensif

Belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare ini sebenarnya menggunakan model pembelajaran kelas seperti biasa. Kamu akan berkumpul bersama teman-teman satu level untuk kelas tertentu. Hanya saja, pertemuannya intensif. Dalam sehari bisa 2 sampai 3 kali pertemuan.

Model kelas seperti ini akan membuat kamu memiliki kemampuan bersosialisasi secara langsung. Sekaligus kamu bisa belajar kepada sesama peserta. Tidak cuma itu, kamu juga bisa kenalan dengan banyak teman dari berbagai daerah.

Baca juga : Sekilas Kampung Inggris Pare

Belajar nggak cuma bahasa, tetapi juga bisa mengenal budaya satu sama lain. Ini merupakan salah satu cara belajar yang menarik dan lebih mengesankan.

2. Praktik Berbahasa di Lingkungan

Metode pembelajaran Kampung Inggris dengan Praktik Langsung

Kampung Inggris Kediri ini benar-benar memberikan suasana berbahasa Inggris yang intensif di lingkungannya. Di sini kamu bisa  berbahasa Inggris dengan percaya diri. Semua orang berbahasa Inggris dengan kemampuan masing-masing.

Kamu tidak perlu merasa minder kalau kemampuan bahasa Inggrisnya masih pemula karena di sini, semua orang tidak judging dan saling menghargai kemampuan berbahasa. Ya, semua orang belajar jadi kalau misalnya masih salah-salah tentu saja tidak masalah. Hal paling penting kamu percaya diri mengucapkannya.

Berkomunikasi dengan masyarakat sekitar menggunakan bahasa Inggris akan cepat membuatmu terbiasa praktik. Di sini masyarakat sudah cukup pintar berbahasa Inggris. Kamu juga harus menggunakan bahasa Inggris dengan mentor dari native speaker yang ada di sini. Seru dan menarik pastinya.

3. Asrama Full Bahasa Inggris

Metode pembelajaran Kampung Inggris dengan Asrama Full Bahasa Inggris

Supaya kemampuan bahasa Inggris kamu bisa lebih meningkat, asrama di Kampung Inggris Pare yang mewajibkan kamu berbahasa Inggris dalam 24 jam. Biasanya ini masuk program camp dari lembaga kursus yang kamu pilih. 

Nah, cara ini pastinya akan memberi pengalaman baru buat kamu. Kamu yang ingin belajar intensif dan efektif, bisa memilih program asrama karena teknik ini akan membuatmu terbiasa menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi kalau kamu mengambil waktu kursus bulanan, di sini pasti akan lebih terasa hasilnya dan tentu saja makin berkesan.

Dalam 24 jam, akan banyak hal yang harus kamu lakukan: interaksi dengan teman, mentor, atau bertanya ini dan itu. Mau tak mau kamu harus bisa berbahasa Inggris jika ingin melakukan aktivitas. Ini merupakan model belajar secara langsung yang akan membuat kamu lebih teringat dan berkesan.

4. Outdoor Learning

Tersedia Outdoor Learning

Alamat Kampung Inggris Pare ini berada di Desa Tulungrejo dan Pelem Kecamatan Pare, Kediri, Jawa Timur. Lokasi ini identik dengan suasana pedesaan yang masih asri. Nah, tempat ini menjadi lokasi belajar alternatif yang lebih seru dan berkesan.

Nantinya mentor tidak hanya mengajak kamu belajar di dalam ruangan saja, tetapi juga belajar langsung di luar ruangan seperti di taman, pematang sawah, atau kafe-kafe yang ada di seputaran kawasan ini.

Ruang belajar pun desainnya santai, yakni model lesehan dengan menggunakan meja-meja belajar. Model belajar yang santai dan penuh keakraban ini akan kamu rasakan selama berada di Kampung Inggris Pare.

5. Penyampaian Materi yang Menarik

Penyampaian Materi yang Menarik Membuat Belajar Lebih Seru

Belajar di Kampung Inggris ini juga akan memberikan pengalaman cara belajar bahasa yang menarik. Nggak cuma penyampaian materi semata, di sini kamu juga bisa menikmati permainan game-game unik untuk  belajar. Adanya game-game ini akan membuat proses belajar menjadi lebih santai dan tidak membosankan.

Bayangkan, dalam sehari kamu harus belajar intensif dari pagi sampai sore, bahkan ada yang sampai malam. Nah, cara belajar yang santai tentunya akan membuat kamu bisa lebih menikmati proses belajar di Kampung Inggris Pare tersebut.

6. Belajar Langsung dari Native Speaker

Salah Satu Metode pembelajaran Kampung Inggris adalah dengan Native Speaker

Sebenarnya ini bukan hal yang baru, tetapi perlu kamu ketahui bahwa mentor-mentor bule yang ada di Kampung Inggris ini bisa lebih asyik kamu ajak berkomunikasi.

Tidak cuma native speaker yang mengajarkan bahasa Inggris saja lho, di sini juga ada lembaga kursus bahasa asing lainnya yang juga mendatangkan mentor langsung dari negara tersebut. Misalnya kursus bahasa Turki, di mana ada mentor-mentor dari Turki langsung yang mengajar di Kampung Inggris ini.

Belajar langsung dari native speaker pastinya akan membuat kamu lebih paham bagaimana pengucapan yang benar, pendengaran kamu akan lebih terlatih mendengar pengucapan langsung dari mereka yang memiliki bahasa tersebut.

Inilah bedanya dengan Kampung Inggris online yang mungkin bisa saja kamu pilih. Belajar secara tatap muka akan memberikan pengalaman berinteraksi yang lebih intensif dan kamu bisa langsung melihat bagaimana budaya para mentor tersebut dalam berkomunikasi.

7. Hukuman-Hukuman yang Bikin Kangen

Ada Hukuman Seru Ketika Belajar Bahasa Inggris

Di Kampung Inggris, ada hukuman-hukuman yang benar-benar mendidik dan membantu kamu bisa berbahasa lebih baik.

Misalnya kamu terlambat masuk kelas, gagal menyelesaikan tantangan, atau melanggar English area, maka siap-siap saja kamu akan mendapat hukuman bercerita di depan umum. Tentunya dalam bahasa Inggris, ya.

Hukuman lainnya seperti menghafal kosakata lebih banyak, atau hukuman lucu seperti tabur bedak ke peserta. Kamu mungkin pernah melihat postingan tabur bedak peserta di Kampung Inggris ini. Hukuman ini cukup lucu yang pastinya bikin kamu kangen untuk balik lagi ke tempat belajar yang seru ini.

8. Reward Kelas Belajar

Beberapa lembaga kursus yang kamu pilih di Pare ini ada juga yang menyediakan semacam penghargaan dan hadiah untuk peserta kursus. Hadiahnya dalam bentuk traveling ke tempat-tempat menarik di sekitar Kampung Inggris Pare.

Cara seperti ini memberikan motivasi kepada peserta kursus untuk bisa belajar dengan baik, memilih program yang tepat, dan pastinya datang langsung ke Pare untuk belajar bahasa Inggris secara tatap muka. 

Momen hari libur biasanya jadi waktu yang tepat bagi peserta kursus yang mau berwisata jalan-jalan. Sedangkan Sabtu dan Minggu adalah hari libur yang bisa kamu manfaatkan untuk berwisata.

9. Model Pembelajaran Online

Metode pembelajaran Kampung Inggris Dapat Dilakukan Secara Online

Model belajar di Kampung Inggris Pare ini tentu saja akan memengaruhi biaya. Biaya Kampung Inggris Pare untuk kelas online tentu saja lebih murah ketimbang kelas tatap muka.

Saat ini banyak lembaga-lembaga kursus di Pare yang hadir memberikan pelayanan secara online bagi peserta kursus di mana saja yang tidak berkesempatan datang langsung ke Pare.

Model pembelajaran secara online tentu saja akan berbeda dengan kelas tatap muka. Secara harga memang jauh lebih murah ketimbang kelas tatap muka, tetapi soal pengalaman belajar bahasa tentunya kelas tatap muka lebih unggul.

Model belajar online bisa kamu lakukan secara privat maupun kelas. Model privat bisa tiga kali lebih mahal ketimbang model kelas. Namun secara hasil, tentunya bisa lebih intensif kelas privat secara online. Kamu bisa mencobanya jika membutuhkan model kelas ini.

10. Berani Mencoba dan Percaya Diri

Ketika Belajar Bahasa Inggris Harus Berani Mencoba

Satu hal paling penting yang jadi pelajaran setelah kamu belajar di Kampung Inggris Pare ini adalah bagaimana mempraktikkan bahasa ini dengan berani mencoba dan percaya diri.

Jangan malu atau takut salah. Jika salah kamu akan mendapatkan koreksi dari orang lain. Cara itu akan lebih efektif dan membuat kamu akhirnya bisa lebih lancar mengucapkannya.

Itulah kenapa tempat ini menjadi Kampung Inggris. Tempat yang memang sudah dikondisikan lingkungannya untuk semua kalangan mau belajar dan berani mengucapkan.

Kelas belajar speaking mungkin jadi hal penting yang perlu kamu kuasai selain kelas-kelas lainnya. Kamu yang punya target TOEFL, IELTS atau yang lainnya juga penting menguasai speaking yang baik dalam berinteraksi di tempat belajar.

Tips Supaya Sukses Mengikuti Metode Belajar di Kampung Inggris Pare

Tips Agar Belajar Bahasa Inggris Mudah

Di Kampung Inggris Pare ini juga ada anak-anak SD yang belajar bahasa Inggris, lho. Metode pembelajaran bahasa Inggris SD tetap menarik dan menyenangkan. Namun, kamu tetap harus enjoy menjalaninya. Jangan merasa tertekan dengan sistem.

Berikut ini tips buat semua usia supaya kamu sukses belajar di Kampung Inggris Pare dengan metode yang ada:

  • Nikmati proses belajarnya, jangan merasa tertekan dengan sistem yang ada. Tetap santai saja.
  • Berani bertanya dan percaya diri menyampaikan. Kamu sudah berinvestasi biaya untuk belajar di sini, jadi kamu harus berani dalam proses belajar tersebut.
  • Serius dan fokus. Waktu belajar kamu hanya sebentar, jadi jangan sia-siakan kesempatan belajar tersebut. Kamu harus fokus dengan setiap pembelajaran yang kamu jalani.
  • Saat mendapatkan hukuman, sebenarnya ini jadi cara kamu belajar bahasa lebih baik. Jangan malu atau sedih. Tetap belajar dan nikmati dengan canda tawa.
  • Jadwal yang padat harus kamu sesuaikan dengan hal-hal santai seperti cemilan, mendengar musik, atau ngobrol dengan teman. Supaya kamu tidak terlalu stress dengan padatnya jadwal.
  • Ikuti semua proses belajar dari lembaga kursus. Kamu juga perlu inisiatif mencari pengalaman-pengalaman tambahan lainnya. Misalnya mencoba berbincang dengan para native speakers di luar jadwal belajar atau bercerita tentang pengalaman di Kampung Inggris tersebut. Temukan banyak informasi yang bermanfaat untuk belajarmu.

Mereka yang sudah pernah belajar di Kampung Inggris Pare ini umumnya akan kembali lagi ke sini jika ada target bahasa Inggris yang harus mereka capai. Tak cuma itu, sebagian orang juga mengisi liburan dengan datang dan belajar di Kampung Inggris Pare ini.

Metode belajar yang santai, seru, dan intensif ini memberikan pengaruh pada capaian kemampuan berbahasa Inggris yang kamu miliki. Semakin sering kamu belajar dan mencobanya, semakin bahasa itu bisa kamu kuasai.

Baca juga :  5 Hal Keunikan yang Bisa Anda Temukan di Kampung Inggris Pare

Kampung Inggris Pare ini adalah lingkungan belajar yang tepat dan efektif. Metode pembelajaran Kampung Inggris Pare sudah teruji berhasil membantu banyak orang sukses dalam berbahasa Inggris. Sudah banyak yang membuktikannya, sekarang giliran kamu datang langsung ke Kampung Inggris Pare. Sampai jumpa di Pare.