Biaya Hidup Di Kampung Inggris Pare Kediri

Biaya Hidup Di Kampung Inggris

Biaya Hidup Di Kampung Inggris yang perlu Anda ketahui. Apa saja biaya-biaya hidup tersebut? Berapa jumlah biaya kursus yang dihabiskan selama 2 Minggu dan 1 Bulan di Kampung Inggris? Mari baca artikel berikut.

Biaya Hidup yang dikeluarkan setiap individu adalah hal yang sangat relatif tergantung pola dan gaya hidup. Antara individu yang satu dan lainnya tidak sama. Biaya Hidup di Kampung Inggris tersebut meliputi: Biaya Kursus, Biaya Penginapan, Biaya Makan, Biaya Sewa Sepeda dan Biaya Lain-Lain.

Berikut ini gambaran Biaya Hidup di Kampung Inggris Pare Kediri.

Biaya Kursus

Hal pertama yang wajib anda ketahui adalah biaya kursus. Biaya kursus terbagi menjadi dua, yaitu Biaya Kursus Per-Program (satuan) dan Paket Kursus.

Biaya Hidup Di Kampung Inggris
Memilih Program Satuan atau Program Paket

Speaking, Pronounciation, Vocabulary, Listening, Grammar, TOEFL, IELTS atau yang biasa dikenal sebagai “Program Kursus” atau “Program” saja, adalah istilah yang umum digunakan di Kampung Inggris Pare untuk menyebut “Mata Pelajaran/Mata Kuliah”.

Biaya per-program 2 mingguan dimulai dengan harga 150.000-an hingga 300.000-an tergantung program yang diambil. Sedangkan biaya paket kursus mulai dari 400rb-an (tanpa camp) dan 800rb-an (plus camp) per 2 Minggu. Biaya kursus ini bervariatif, berbeda-beda antara lembaga satu dengan lembaga lainnya. Kami sarankan untuk mengambil Paket Kursus Plus Camp, selain lebih hemat, anda tidak perlu repot lagi mencari penginapan setibanya di Pare, karena langsung menempati asrama/camp yang sudah disediakan oleh lembaga kursusnya.

Biaya Hidup Di Kampung Inggris
Contoh Biaya Paket Kursus Plus Camp 2 Minggu & 1 Bulan

Biaya Penginapan

Biaya Hidup Di Kampung Inggris
Contoh Biaya Kost 2 Minggu 1 Bulan

Besarnya biaya penginapan tergantung dari tempat yang anda tempati. Apakah tinggal di kost atau di asrama (camp). Selisih biaya ketika tinggal di kost dan camp/asrama tidak terlalu jauh. Fasilitasnya pun kurang lebih sama seperti: kasur, bantal, lemari, tempat memasak, jemuran, kamar mandi, 1 kamar ditempati 3-4 orang; kost dan camp tidak jauh berbeda. Di Kost tidak ada kewajiban memakai bahasa inggris, sedangkan di Camp/Asrama terdapat kewajiban memakai bahasa inggris. Di camp anda mendapatkan program tambahan pagi dan malam, selain itu juga ada tutor pendamping yang akan mengawasi dan mendampingi selama 24jam.

Biaya Hidup Di Kampung Inggris
Contoh Biaya Camp 2 Minggu 1 Bulan

Gambaran Biaya Penginapan

Penginapan2 Minggu1 Bulan
Camp225.000 - 500.000225.000 - 500.000
Kost250.000 - 300.000300.000 - 400.000

Catatan:

  1. Biaya penginapan Camp dan Kost dihitung per orang, bukan per kamar. Hampir semua Kost dan Camp di Kampung Inggris Pare diisi 2 orang lebih per kamar. Misal Anda memilih kamar dengan kapasitas 4 orang dengan harga Rp 250.000, berarti biaya yang harus Anda bayar adalah Rp 250.000 per orang atau Rp 1.000.000 per kamar.
  2. Baik Kost atau Camp, antara laki-laki dan perempuan terpisah. Tidak terkecuali untuk suami istri yang kursus di Pare, tempat tinggalnya terpisah.

Biaya Makan

Harga makanan menjadi faktor utama terhadap berapa jumlah Biaya Hidup di Kampung Inggris yang akan anda keluarkan nantinya. Harga  makanan di Pare – Kediri terkenal murah. Menu murah: Nasi Pecel 6000, Nasi Telur + Sayur 7500, Nasi Ayam + Sayur 10.000an per porsi. Bagi anda yang berasal dari Jakarta, Medan, Kalimantan dan pulau luar Jawa lainnya, mungkin ini adalah harga yang tergolong murah. Tapi bagi anda yang biasa hidup di kota yang berbiaya hidup rendah seperti Yogyakarta dan Malang, mungkin anda sudah tidak heran lagi dengan biaya makan seperti itu.

Banyak warung makan yang menyediakan aneka menu masakan, dari harga yang murah hingga standar cafe 15-20rb/porsinya. Semua pilihan makanan ada, sesuaikan dengan selera dan budget Anda.

Dengan menu hemat, untuk makan sehari cukup dengan biaya 20-25 ribu saja.


Biaya Sewa Sepeda

Biaya Hidup Di Kampung Inggris
Sepeda adalah transportasi umum di Kampung Inggris Pare

Sepeda adalah alat transportasi utama peserta kursus. Jarak antara kelas dengan tempat penginapan bagi peserta kursus (camp/asrama) beberapa ada yang berdekatan (menjadi satu), dan sebagian lagi terpisah-pisah letaknya, berjauhan, variatif sekitar 100-200 meter jaraknya, bahkan ada yang lebih dari itu. Belum lagi bila kalian mengambil program kursus yang bermacam-macam, dan kelasnya tidak di tempat itu saja, tetapi agak berjauhan, peranan sepeda sangat berguna sekali. Selain untuk kursus, pergi ke atm, belanja kebutuhan sehari-hari, membeli makanan, pergi keliling Pare, dengan menyewa sepeda akan membuat hari-hari anda semakin nyaman.

Harga sewa mulai dari 50-100 ribu per 2 minggu, dan 125-250 ribu per bulan.

Biaya sewa sepeda (pit pancal) antara tempat persewaan satu dengan yang lainnya bervariasi. Tergantung dengan jenis dan kondisi apakah sepeda itu baru atau model lama. Mulai dari sepeda mini, jengki, balap, hingga sepeda unta/sepeda kebo tersedia di tempat persewaan. 

Biaya Hidup Di Kampung Inggris
Kartu Identitas Untuk Menyewa Sepeda

Syarat menyewa sepeda adalah cukup menyerahkan kartu identitas yang berlaku seperti KTP, SIM atau Kartu Mahasiswa. Bagaimana dengan para pelajar SMP/SD yang belum mempunyai identitas seperti di atas? Orang tua atau wali yang mengantarkan bisa meminjamkan kartu identitasnya atau bisa menghubungi tutor / pengurus kursusan sebagai penjamin siswa yang bersangkutan.

Sebelum membawa sepeda dari tempat sewa, periksalah secara baik-baik kondisi sepeda tersebut. Mulai dari kondisi ban, velg, jeruji utuh, rem depan belakang, dan lampu (bila ada). Pakailah secara bijak, karena selama Anda pakai, semua kerusakan adalah tanggung jawab anda. Beberapa tempat sepeda menyediakan servis gratis bila sepeda yang disewa rusak yang sifatnya ringan. Bila karena kelalaian, seperti rusak karena tabrakan anda wajib menggantinya. Selalu kunci sepeda anda, dan tidak disarankan untuk meminjamkannya ke teman lainnya, kecuali anda benar-benar kenal dengan teman anda tersebut.

Bersepeda adalah suatu hal yang sangat mengasyikkan. Walaupun Kampung Inggris terletak di pedesaan pinggir kecamatan, jalan umum di lewati sepeda motor dan mobil yang berlalu lalang setiap harinya. Ada yang pelan, terkadang pula ada yang ugal-ugalan, karena setiap orang berbeda. Harap anda berhati-hati, selalu tengok kanan-kiri sebelum menyeberang. Pakai jalur kiri dan sebaiknya anda menepi apabila ada kendaraan bermotor (sepeda motor) dengan suara menderu-deru tanda ugal-ugalan. Keselamatan adalah hal nomor satu yang perlu anda perhatikan.


Biaya Lain-Lain

Yang termasuk dalam biaya lain-lain adalah pulsa, laundri, dan jajan.

Besarnya biaya pulsa (paket data) tergantung dengan kebiasaan anda saat bermain sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter dll. Semakin anda aktif, tentunya lebih banyak pulsa yang anda butuhkan. Termasuk hobi telepon dan sms. Rata-rata di asrama atau kost kampung inggris sekarang sudah menyediakan fasilitas free wifi. Dengan adanya free wifi ini bisa menghemat pulsa anda.

Biaya lainnya adalah Laundri. Tarif laundry di Kampung Inggris kurang lebih sama seperti di kota-kota lain, yaitu Rp 3.500 sampai Rp 6.500 per kilonya. Lebih baik mencuci baju sendiri. Selain lebih hemat, dengan mencuci baju sendiri akan melatih kita untuk hidup mandiri. Bila jadwal kursus padat, laundri bisa meringankan beban anda selama kursus.

Dengan banyaknya tempat nongkrong yang menawarkan aneka jajanan di kampung inggris, pandai-pandailah mengatur uang. Dari hal-hal kecil seperti ini yang akan membuat anda hidup boros. Selain itu Anda harus bisa memilah mana jajan yang baik dan jajan yang tidak baik untuk kesehatan.


Perkiraan Total Biaya Hidup Selama Kursus

Biaya Hidup 2 Minggu

Contoh Perkiraan Biaya Hidup Hemat + Kursus 2 Minggu :
1. Makan Rp 10.000,- x 3 x 14 : Rp 420.000,-
2. Paket Kursus + Asrama : Rp. 600.000,-
3. Sewa Sepeda, Laundry, Pulsa, dll : Rp 300.000,-
Total : Rp 1.320.000,-

Biaya Hidup 1 Bulan

Contoh Perkiraan Biaya Hidup Hemat + Kursus 1 Bulan:
1. Makan Rp 10.000,- x 3 x 30 : Rp 900.000,-
2. Paket Kursus + Asrama : Rp 800.000,-
3. Sewa Sepeda, Laundry, Pulsa, dll : Rp 500.000,-
Total : Rp 2.200.000,-

Biaya bisa bertambah atau berkurang dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain:

  • Paket kursus yang diambil
  • Hobby / Aktivitas tambahan selama berada di Pare
  • Pola menu dan makan

Demikian informasi gambaran Biaya Hidup Di kampung Inggris Pare Kediri, semoga membantu.

Biaya Hidup Di Kampung Inggris Pare Kediri
4.6 (92.77%) 213 votes

BERI KOMENTAR

Please enter your comment!
Masukkan nama anda di sini