Phonetic Symbol: Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

Ketika kita belajar bahasa Inggris, tidak akan lepas dari yang namanya Phonetic Symbol. Meskipun terdengar kurang familiar, akan tetapi peranannya sangatlah penting.

Dengan memahami materi bahasa Inggris yang satu ini, maka akan memudahkan kita untuk meningkatkan empat aspek penting bahasa Inggris, yakni, reading, writing, listening dan speaking.

Phonetic atau dalam bahasa Indonesia kita sering menyebutnya sebagai fonetik. Phonetic atau fonetik adalah salah satu ilmu yang menjelaskan dan menerangkan bagaimana suatu bunyi dapat dihasilkan oleh manusia dengan baik dan benar.

Sementara itu, menurut fonologi atau ilmu yang mempelajari mengenai perbendaharaan bunyi-bunyi bahasa beserta distribusinya, phonetic atau fonetik ini adalah ilmu yang berdasarkan fonetik. Selain itu, juga sebuah ilmu yang mempelajari apa itu sebenarnya sistem fonetik.

Kedua ilmu linguistik tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain. Tidak hanya saling berkaitan saja, akan tetapi juga saling melengkapi dan menyempurnakan. Lalu, pertanyaan yang kini timbul dalam pikiran kita, apa itu sebenarnya fonetik simbol?

Sejarah Phonetic Symbol

Phonetic Symbol dalam bahasa Inggris ini tidak muncul dengan sendirinya. Kemunculannya dimulai dari seorang ahli lingustik bahasa Inggris dan Prancis, yakni Paul Passy.

Awalnya, simbol fonetik dalam bahasa Inggris ini muncul sebagai sebuah solusi guna memberikan kemudahan bagi orang-orang yang mempelajari bahasa baru. Setelah akhir abad ke-19, Paul Passy dan teman-temannya akhirnya memutuskan untuk mendirikan International Phonetic Association (IPA).

Sampai saat ini, International Phonetic Association ini terus memberikan kontribusi dalam mengembangkan fonetik simbol maupun huruf pada berbagai bahasa. Hal inilah yang kemudian membuat non-native mudah dalam mengucapkan kosakata dalam bahasa yang mereka pelajari.

Pengertian Phonetic Symbol

Fonetik simbol sebenarnya lebih mengarah pada ilmu yang membahas dan menjelaskan bagaimana suatu bunyi tersebut bisa terbentuk. Dengan arti lain, ilmu tersebut lebih cenderung mengarahkan kepada bagian tubuh kita yang dapat mengeluarkan bunyi.

Selain itu, fonetik simbol dalam bahasa Inggris adalah suara yang berasal dari kata-kata yang kita ucapkan dengan menggunakan bahasa Inggris. Kemudian akan kita tuangkan dalam bentuk sebuah tulisan.

Jika kita belajar fonetik simbol dalam bahasa Inggris, maka akan berkaitan dengan IPA atau International Phonetic Alphabet. IPA (International Phonetic Alphabet) ini adalah sistem simbol yang dapat kita pakai dalam pengucapan kata-kata bahasa apapun.

Jadi, ketika kita telah menguasai simbol-simbol dalam IPA tersebut, maka kita juga dapat membaca berbagai macam bahasa di seluruh dunia. Meskipun pada dasarnya kita tidak mengerti dari simbol-simbol tersebut.

Sejarah Singkat IPA (International Phonetic Aplhabet)

Sebelum kita mempelajari lebih jauh lagi mengenai phonetic symbol atau simbol fonetik , ada baiknya untuk mengetahui sejarah singkat tentang IPA (international Phonetic Alphabet). Pada dasarnya, IPA ini merupakan hasil rancangan dari Asosiasi Fonetik Internasional dengan menggunakan lambang dari alfabet pada abjad Yunani.

Bukan hanya abjad Yunani saja, akan tetapi juga latin yang telah mendapatkan sedikit modifikasi. Kemudian, IPA ini dapat kita gunakan sebagai standard bunyi dalam sebuah pengucapan lisan.

Lebihnya lagi, IPA tersebut juga sangat membantu non-native speaker maupun bukan penutur asli seperti kita ini dapat mengucapkan kata dalam bahasa Inggris dengan baik dan tepat. Maka dari itulah, IPA ini memberikan kita sejumlah kemudahan untuk belajar dan mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris.

Fungsi Phonetic Symbol dalam Bahasa Inggris

Seperti yang kita ketahui bahwa bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang berbeda dari bahasa lainnya. Terutama dari segi written dan juga spoken-nya.

Sangat berbeda dengan bahasa Indonesia yang secara penulisan dan pengucapannya sama. Bahasa Inggris cenderung sangat berbeda.

Sebagai contoh, untuk kata “bird”, dalam ejaan bahasa Inggris pengucapan dari kata “bird” yang benar yaitu “bi:d”. Suara “r” yang berada di tengah kata tersebut kita hilangkan.

Kemudian kita ganti dengan memberikan penekanan pada huruf “i”. Secara garis besarnya, fungsi dari phonetic symbol adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan kemudahan bagi non native dalam memahami pronunciation bahasa Inggris
  2. Selain itu, juga berfungsi untuk memberikan penjelasan mengenai perbedaan antara kata yang mempunyai homphone

Daftar Phonetic Symbol Beserta Contohnya

Pada dasarnya, terdapat simbol fonetik  dalam bahasa Inggris yang dapat kita ketahui dan dipelajari. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah daftar simbol fonetik  dalam bahasa Inggris beserta contohnya.

Selain itu, juga kami lengkapi dengan cara membacanya, agar anda dapat mempelajarinya secara mudah. Sembari membaca, anda juga dapat mempraktekkan bunyi-bunyi tersebut secara otodidak dimanapun dan juga kapanpun.

Phonetic Symbol
Phonetic Symbol

Short Vowels

Simbol Fonetik dalam bahasa Inggris pertama kali yang akan kita pelajari adalah short vowels. Short vowels merupakan vokal yang dapat kita bunyikan dengan singkat atau pendek.

Simak berikut ini adalah daftar simbol short vowels.

NoSimbolCara BacaContoh
1ɪhampir serupa dengan: sate, i (dapat kita awali dengan “i” atau “y”pit, bin, hymn, kit, bid, minute, fill, intend
2ehampir serupa dengan: ember atau bebek, ebed, head, dress, bed, dress
3ɒA kita tambah sedikit O (ao)lot, odd, wash, lot
4ʌseperti ə + ɑː (əɑ)mud, love,mud, blood
5ʊseperti ə +u, oo / (u)foot, good
6ɜːseperti ə + rstir, refer, learn, nurse
7æseperti a + ecat, laugh, plain
8əseperti mengucapkan: jembatancommon, standard, a, syllable, moment, again, mother, about

Long Vowels

Salah satu phonetic symbol yang juga penting untuk kita pelajari adalah long vowels. Long vowels ini merupakan vokal yang kita bunyikan sedikit panjang.

Berikut ini adalah daftar simbol-simbolnya :

NoSimbolCara BacaContoh
1i kita tekansea, machine, fleece
2u kita tekan,two, goose, group
3ɑːa kita tekanfather, start
4ɔːo kita tekanlaw, war, north
5ea kita tekanfair, various, square
6ɜːer / ir / urbird, turn, perch

Diphthong Vowels

Diphtong vowels merupakan salah satu phonetic symbol yang penting untuk kita pelajari. Simbol Fonetik bahasa Inggris yang satu ini adalah dua vokal yang dapat kita ucapkan dalam satu kesatuan waktu.

Selain itu, juga dapat kita artikan dengan bunyi yang lemas. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah daftar fonetik simbol diphthong vowels.

NoSimbolCara BacaContoh
1 Eibreak, rain, case, face
2aihigh, kind, flight, price
3əʊEushow, stones, alone, goat
4Aunow, house, brown, mouth
5ɔɪOiboy, toy, coil, choice
6ɪəIyenear, here, beer, here
7Eyevarious, fair
8ʊəUecure, tourist

Consonants Sounds: Fricatives

Phonetic symbol berikutnya yang wajib kita pelajari adalah consonants sounds. Sebenarnya, consonants sounds ini terdiri dari lima jenis.

Untuk pembahasan kita kali ini adalah consonants sounds fricatives. Consonants fricatives atau konsonan frikatif merupakan bunyi desah.

Bunyi yang satu ini adalah kombinasi dari sibilan atau konsonan desis dan juga eksplosif atau plosif yang artinya konsonan letup. Consonants fricatives atau konsonan frikatif ini kita hasilkan dengan cara memaksa udara ke luar melalui saluran sempit yang kita bentuk dengan merapatkan dua artikulator.

Dua artikulator ini adalah bibir bagian bawah, lidah, gigi bawah dan lain sebagainya. Sebagai contoh bibir bawah dengan deretan gigi atas.

Berikut ini simbol fonetik  consonants sounds: fricatives :

NoSimbolCara BacaContoh
1ff kita tekancoffee, fat, fish, knife, fun
2vv kita tekanheavy, village, view
3ΘTsaauthor, think, bath, thing
4ðDjaother, those, brothers, smooth
5zz kita tekanzero, crazy, lazy, buzz
6ʃSyiship, shop, cash, national
7ʒZ+hvision, delusion, casual, pleasure
8hh kita tekanwhole, help, hello, ahead

Consonants Sounds: Plosives

Seperti yang kita sebutkan sebelumnya bahwa consonants sounds terdiri dari lima macam. Berikutnya kita akan membahas consonants sounds plosives.

Phonetic symbol consonants plosives atau konsonan plosif ini merupakan bunyi yang kita keluarkan dengan letupan udara. Bunyi yang satu ini terjadi karena dihambat lidah pada tempat artikulasi dalam mulut kita.

NoSimbolCara BacaContoh
1pp kita tekancopy, cap, purpose, pause, happen
2bb kita tekanback, bubble, build, robe, job
3tt kita tekantea, train, tow, late, button
4dd kita tekanladder, day, drive, down
5kk kita tekanclock, quick, cricket, sock, school
6gg kita tekanghost, gay, green, grass, flag, get

Consonants Sounds: Affricates

Phonetic symbol yang berikutnya adalah consonants sounds affricates atau konsonan afrikat. Consonants sounds affricates atau konsonan afrikat merupakan gabungan bunyi hambat dan juga frikatif atau bunyi desah.

Selain itu, bunyi ini juga dapat kita sebut sebagai bunyi gesek maupun konsonan paduan. Untuk memberikan penjelasan lebih detail lagi, berikut ini adalah daftar-daftarnya.

NoSimbolCara BacaContoh
1Che (pengucapan tebal)match, choose, cheese, church, nature
2Je (pengucapan tebal)age, juggle, juice, stage, soldier

Consonants Sounds: Nasals

Consonants sounds berikutnya adalah nasals. Consonants nasals atau konsonan nasal merupakan bunyi sengau yang kita keluarkan melalui bantuan rongga hidung.  Suara sengau adalah suara seperti orang yang sedang terkena influenza.

Berikut ini adalah daftar dari simbol fonetik  consonants sounds nasals.

NoSimbolCara BacaContoh
1mmsum, mother, mad, more, hammer
2nnknow, nobody, knew, turn, funny
3ŋnganger, ring, thing, song, sing

Consonants Sounds: Approximants

Phonetic symbol berikutnya yang tak kalah penting untuk kita pelajari yakni consonants sounds approximants. Consonants approximants atau konsonan aproksiman merupakan bunyi yang kita hasilkan antara lidah dan bibir.

Selain itu, tanpa kontak satu sama lain yang mana juga melibatkan artikulator mendekat dengan lainnya secara tipis. Berikut ini adalah daftar simbol fonetik  consonants sounds approximants.

NoSimbolCara BacaContoh
1llfeel, lots, leap, long, light
2rrright, river, ring, ride, sorry
3jyuse, usual, tune, yesterday, yet
4wwwhen, walk, wine, world, wet

Pentingnya Belajar Phonetic Symbol

Selain kita merujuk pada fungsi simbol fonetik bahasa Inggris, mempelajari ilmu yang satu ini tentu saja sangatlah penting. Agar kita dapat mengucapkan sebuah kata dalam bahasa Inggris secara baik, tepat, dan benar, maka paling tidak mempelajari dan memahami sedikit ilmu fonetik dalam bahasa Inggris ini.

Tak perlu bingung dan merasa kesulitan untuk mempelajari dan memahaminya. Salah satu cara yang paling mudah untuk anda lakukan adalah dengan membaca petunjuk dan panduan fonetik simbol dalam bahasa Inggris.

Yang mana bisa anda dapatkan dengan menggunakan kamus bahasa Inggris. Umumnya, setiap kamus standard yang kita gunakan juga telah mendapatkan kelengkapan dengan penjelasan yang memadai terkait bagaimana kata-kata maupun simbol tersebut kita ucapkan.

Biasanya dalam bab tertentu yang membahas tentang hal tersebut. Antara lain seperti pengucapan, pengarangan kamus yang sudah menyediakan daftar simbol untuk membantu anda yang saat ini tengah belajar bahasa Inggris.

Sehingga dapat menghasilkan suara yang sesuai dengan penjelasan kata maupun simbol tersebut. Umumnya, simbol-simbol tersebut, kita kenal dengan sebutan International Phonetic Alphabet atau IPA.

Akan tetapi, untuk memudahkan kita dalam mempelajarinya, maka disederhanakan menjadi phonetic symbols. Ketika kedua istilah tersebut anda jumpai dalam belajar bahasa Inggris, anda tidak akan merasa kesulitan lagi.

Tips Sederhana untuk Belajar Fonetik Simbol

Pada dasarnya, fungsi dari fonetik simbol dalam bahasa Inggris ini memang memberikan kemudahan kepada kita untuk mempelajari bahasa Inggris dari segi pronunciation. Akan tetapi, belajar fonetik simbol dalam bahasa Inggris tidaklah mudah.

Fakta yang terjadi, menghafal secara keseluruhan arti dari simbol fonetik dalam bahasa Inggris ini cukup melelahkan dan menyita banyak waktu kita. Karena inilah kita membutuhkan cara maupun tips cepat dan mudah untuk menguasainya.

Jalan Pintas 

Berikut ini adalah beberapa cara atau jalan pintas yang dapat anda gunakan. Tentu saja cara-cara tersebut dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas pronuncation kita.

Pastikan anda memahami dan mencermatinya dengan tepat agar mendapatkan hasil yang terbaik.

  1. Cara yang pertama, anda harus rajin mendengarkan podcast dengan pengisi suara adalah seorang English native speaker.  Cara yang satu ini merupakan metode belajar phonetic symbol langsung dari pakarnya.
  2. Selain itu, silahkan anda belajar listening dengan menggunakan audio book. Jangan khawatir untuk mendapatkannya karena sudah tersedia banyak dan gratis di internet. Bahkan anda dapat mengaksesnya dengan sangat mudah.
  3. Terdapat cara yang lebih menyenangkan untuk anda, yaitu dengan sering-sering menonton film Barat dengan menyertakan subtitle bahasa Inggrisnya.
  4. Cara yang tak kalah menarik lainnya adalah dengan rajin mendengarkan lagu yang penyanyinya merupakan seorang native speaker.

Itulah empat tips sederhana yang dapat anda lakukan untuk mempermudah belajar simbol fonetik dalam bahasa Inggris. Anda tidak perlu melakukan keempat cara tersebut, silahkan pilih salah satu yang sekiranya dapat anda kuasai dengan sangat baik.

Agar anda tidak merasa terbebani maupun bosan. Dengan memilih metode yang paling anda sukai dan anda kuasai, maka akan mempercepat dan memudahkan proses belajar.

Bukan hanya itu, akan tetapi juga lebih mudah untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Meskipun sulit, jika kita bersungguh-sungguh mempelajarinya dan memilih metode yang tepat, maka akan menjadi sangat mudah.

Itulah tadi penjelasan mengenai simbol fonetik. Mulai dari sejarah, pengertian, fungsi, daftar simbol, peran penting hingga tips mudah dan cepat untuk mempelajarinya. Selamat belajar dan semoga mendapatkan hasil yang anda harapkan, dan mempunyai keahlian speaking skills yang bagus.

Tinggalkan komentar