Cara Memilih Aplikasi Kredit Online Aman Dan Terpercaya 2022

Aplikasi Kredit Online – Saat ini, ada banyak sekali aplikasi kredit online yang bermunculan. Namun, tak semua aplikasi tersebut dapat dikatakan sebagai aplikasi kredit yang keamanannya terjamin. Maraknya penipuan berkedok aplikasi kredit membuat Anda harus berhati-hati.

Agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan, pemilihan aplikasi kredit harus dilakukan dengan benar-benar teliti. Ada beberapa ciri yang membedakan antara aplikasi kredit yang terpercaya dan abal-abal. Ciri tersebutlah yang dapat digunakan sebagai patokan untuk memilih aplikasi kredit.

 Ciri Aplikasi Kredit Online yang Aman

Aplikasi Kredit Online
Aplikasi Kredit Online

Mencari aplikasi kredit online aman adalah gampang-gampang susah. Diperlukan ketelitian agar dapat membedakan antara aplikasi kredit yang asli dan aplikasi kredit yang abal-abal. Namun tenang saja, karena ada beberapa ciri-ciri yang membedakan antara aplikasi kredit terpercaya dan yang palsu.

Oleh karena itu, pihak yang mengajukan kredit haruslah mengetahui ciri-ciri tersebut dengan baik. Dengan demikian, pihak tersebut tidak akan mudah tertipu dengan aplikasi kredit palsu yang merugikan. Adapun ciri-ciri aplikasi kredit online yang terpercaya antara lain adalah:

1. Terdaftar Secara Resmi Pada OJK

OJK merupakan sebuah lembaga yang mengawasi pelaku kegiatan yang berhubungan dengan keuangan seperti pihak pemberi kredit. Meskipun dilakukan secara online, pihak kredit online tetap harus berada di bawah pengawasan OJK.

Dengan demikian, kegiatan yang dilakukan oleh pihak penyedia layanan kredit secara online tersebut dapat dengan lebih mudah dipantau. Pihak penyedia layanan kredit yang melakukan kegiatan sesuai standar pastilah akan masuk ke dalam daftar jasa penyedia kredit online di OJK.

Oleh karena itu, sebelum memilih layanan kredit online, pihak yang ingin mengajukan kredit harus benar-benar memeriksa latar belakang penyedia layanan. Pastikan penyedia layanan kredit online yang dipilih telah terdaftar secara resmi di OJK.

2. Memiliki Alamat Kantor yang Jelas

Hal lainnya yang dapat dilakukan untuk memeriksa apakah layanan kredit online adalah layanan yang terpercaya atau tidak adalah dengan mengecek alamat kantornya. Pastikan layanan tersebut memiliki alamat kantor yang jelas.

  • Cek : Kumpulan Informasi Aplikasi Terbaru dan Terlengkap

Bentuk kantornya pun dapat terlihat dengan jelas. Dengan adanya kantor, kesan aman dan resmi akan terlihat. Kantor tersebut juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk mengadu jika terdapat masalah atau pelayanan yang kurang memuaskan oleh pihak penyedia kredit online.

3. Memiliki Situs Website Resmi

Meskipun kegiatan pengajuan kredit dapat dilakukan melakukan aplikasi, tetapi sebuah layanan kredit online harus memiliki website resmi. Website tersebut dapat berisi informasi penting mengenai alamat dan juga kontak perusahaan secara lengkap.

Selain itu, pada situs website tersebut dapat berisi jenis layanan kredit yang ditawarkan. Visi misi perusahaan juga dapat ditampilkan. Selain itu, testimoni para pengguna layanan kredit juga dapat ditampilkan pada halaman website.

Adanya situs website resmi dapat membuat kredibilitas sebuah aplikasi kredit online menjadi lebih tinggi. Dengan demikian, tingkat kepercayaan orang-orang terhadap pihak penyedia layanan kredit online tersebut menjadi lebih tinggi.

4. Penjelasan Mengenai Layanan dan Bunga Dilakukan Secara Transparan

Layanan kredit online yang terpercaya biasanya memberikan penjelasan mengenai layanan dan bunga yang dibebankan dengan transparan. Dengan demikian, calon nasabah dapat memperkirakan kira-kira seberapa besar cicilan yang harus dibayarkan dalam jangka waktu tertentu.

Jenis layanan dan jumlah bunga yang diberitahu dengan transparan juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan calon nasabah untuk mengambil pinjaman atau tidak. Dengan adanya transparansi ini, nasabah tidak akan merasa dibohongi atau ditipu.

Lain halnya dengan layanan kredit online abal-abal, mereka tidak akan memberikan informasi mengenai layanan dan bunga secara transparan. Akibatnya, pada saat penagihan cicilan, nasabah sering merasa kaget karena jumlah cicilan yang harus dibayarkan sangat besar dan memberatkan.

5. Proses Pencairan Dapat Dilakukan dengan Mudah

Karena semua proses pengajuan kredit dilakukan secara online, maka proses pencairan uang biasanya dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Biasanya, jika ingin mengajukan pinjaman secara online, nasabah hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen saja.

Apabila persyaratan yang diminta sudah dilengkapi, maka proses pencairan pun dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Hal ini tentu saja berbeda dari pihak layanan pinjaman online abal-abal yang bertele-tele dan membutuhkan waktu yang lama dalam proses pencairan uang.

11 Rekomendasi Layanan Kredit Online Terbaik

11 Rekomendasi Layanan Kredit Online Terbaik

Jika masih merasa bingung dan takut salah dalam memilih layanan pinjaman online, berikut ini merupakan beberapa rekomendasi dari aplikasi pinjaman online yang dapat dipilih. Aplikasi pinjaman online ini sudah pasti aman dan juga terpercaya.

1. Dana Bijak

Rekomendasi aplikasi pinjaman online pertama yang dapat dijadikan sebagai pilihan adalah Dana Bijak. Aplikasi ini tentu saja telah terdaftar secara resmi di OJK. Dengan demikian, calon nasabah tidak perlu merasa khawatir terhadap aplikasi pinjaman online satu ini.

Maksimal uang yang dapat dipinjam adalah 3 juta dengan waktu pengembalian selama 30 hari. Syarat yang dibutuhkan untuk pengajuan pinjaman pun sangatlah mudah. Jika sudah memenuhi persyaratan, uang pinjaman pun akan langsung di transfer ke rekening nasabah.

2. Tunaiku

Jika ingin melakukan pengajuan pinjaman dengan nominal yang cukup besar, maka aplikasi Tunaiku dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan. Nasabah dapat mengajukan pinjaman hingga 20 juta dengan waktu pengembalian uang selama maksimal 20 bulan.

Aplikasi pinjaman online ini memiliki sistemnya sendiri. Dengan demikian, proses peminjaman uang dapat dilakukan dengan lebih mudah dan tentu saja lebih aman. Bunga yang dibebankan pun tidak terlalu besar sehingga banyak orang yang menggunakan aplikasi ini.

3. JULO

JULO

Aplikasi pinjaman online ini terkenal sebagai salah satu aplikasi kredit online terdaftar di OJK yang memiliki bunga yang kecil. Aplikasi ini hanya membebankan bunga sebesar 0,1 %. Jumlah pinjaman yang diajukan pun dapat mencapai 8 juta.

Tak hanya itu, JULO juga seringkali memberikan cashback kepada nasabahnya pada saat pembayaran cicilan. Selain itu, JULO juga sering mengadakan kegiatan undian untuk para nasabahnya. Hal inilah yang membuat nasabah JULO semakin bertambah setiap harinya.

4. Koinworks

Rekomendasi aplikasi kredit online terbaik lainnya adalah Koinworks. Yang membuat aplikasi ini berbeda dari aplikasi kredit lainnya adalah, nasabah dapat menggunakan dua jenis layanan. Layanan tersebut adalah kredit untuk perseorangan dan juga kredit untuk badan usaha.

Dengan adanya pilihan layanan ini, badan usaha dapat mengajukan pinjaman dengan nominal yang lebih besar dibandingkan dengan jenis pinjaman perseorangan. Hal menarik lainnya yang dimiliki aplikasi ini adalah, nasabah juga dapat menjadi pihak penyedia dana juga.

5. Cicil

Aplikasi ini cocok bagi nasabah yang masih berstatus mahasiswa. Hal ini karena cicilan yang ditawarkan sangat ringan sehingga tidak terlalu memberatkan. Ada banyak layanan yang dapat dipilih jika tertarik untuk mengajukan pinjaman.

Namun, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi cukup ketat. Hal ini dilakukan untuk menjamin keamanan dari kegiatan pinjam meminjam. Karena diperuntukkan untuk para mahasiswa, maka bunga cicilan yang dibebankan pun cenderung ringan sehingga terjangkau bagi kantong mahasiswa.

6. Modalku

Seperti namanya, aplikasi ini diperuntukkan bagi para pelaku UMKM yang merasa kekurangan modal. Nantinya, melalui aplikasi ini, pelaku UMKM yang kekurangan modal dapat meminjam modalnya melalui pihak pendana.

Pihak pendana dapat berasal dari mana saja asalkan telah terdaftar pada aplikasi Modalku. Secara singkat, aplikasi ini dapat dikatakan sebagai aplikasi yang mempertemukan pihak penyedia modal dan juga pihak yang ingin meminjam modal.

Pihak peminjam dapat mengajukan dana hingga 500 juta dengan bunga yang kecil. Bahkan, peminjam juga tidak memerlukan jaminan untuk melakukan peminjaman modal melalui aplikasi ini. Proses pembayaran cicilan juga pun dapat dilakukan selama 12 bulan.

7. Kredit Pintar

Kredit Pintar

Aplikasi kredit lainnya yang cukup banyak digunakan oleh orang-orang adalah Kredit Pintar. Sudah banyak sekali pihak yang memberikan modal pada jasa pinjaman online ini. Kelebihan dari layanan Kredit Pintar ini adalah sistem peminjaman yang dapat dilakukan dengan mudah.

Kemudahan tersebut tentu saja tak lepas dari pengaruh kemajuan teknologi yang digunakan oleh aplikasi ini. Hal ini membuat proses pengajuan kredit oleh masyarakat dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

Terdapat beberapa jenis layanan pinjaman yang dapat dipilih. Layanan pinjaman tersebut menyediakan jumlah kredit dan total bunga yang berbeda. Nasabah dapat memilih jenis pinjaman mana yang akan diambil sesuai dengan kebutuhannya.

8. Indodana

Aplikasi kredit online terkenal dan terdaftar di OJK lainnya adalah Indodana. Ada banyak sekali nasabah yang sudah mengajukan pinjaman online pada penyedia layanan kredit online ini. Jenis pinjaman yang ditawarkan pun sangat beragam.

Selain itu, masa pembayaran cicilan pun beragam. Dengan adanya jenis pinjaman dan waktu pembayaran yang beragam, nasabah dapat dengan mudah memilih sesuai dengan kebutuhannya. Karena melalui aplikasi, semua proses peminjaman dapat dilakukan dengan lebih mudah.

9. Pinjam Gampang

Sesuai dengan namanya, aplikasi pinjaman online ini menawarkan proses peminjaman uang yang gampang dan cepat. Terdapat beberapa jenis pilihan pinjaman yang dapat dipilih. Aplikasi ini sangatlah cocok bagi nasabah yang membutuhkan dana cepat.

Namun, pinjaman dari aplikasi ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang dari daerah tertentu. Daerah tersebut antara lain adalah Jakarta, Tangerang, Bogor, Bekasi, Bandung dan juga Surabaya. Selain dari daerah tersebut, proses pengajuan belum bisa dilakukan.

10. Cash Wagon

Aplikasi pinjaman online ini juga hanya dapat digunakan oleh orang-orang yang berdomisili di daerah Jabodetabek saja. Kelebihan dari aplikasi ini adalah proses pencairannya yang sangat cepat. Kurang dari 30 menit, uang pinjaman sudah dapat dicairkan.

Selain itu, peminjaman dari aplikasi ini tidak membutuhkan slip gaji ataupun jaminan apapun. Hal ini tentu saja sangat mudah, apalagi bagi orang-orang yang membutuhkan uang cepat dan tidak memiliki waktu untuk mengurus syarat-syarat peminjaman yang ribet.

11. Dompet Kilat

Dompet Kilat

Seperti namanya aplikasi pinjaman online ini menawarkan proses yang cepat dalam pencairan pinjaman. Hal ini sangatlah berguna bagi nasabah yang membutuhkan dana yang cepat dan mudah.

Selain kemudahan tersebut, tenyata aplikasi ini juga memiliki berbagai jenis kredit yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Beberapa kebutuhan yang dapat diajukan adalah kebutuhan membayar hutang, membayar cicilan, biaya pengobatan dan kebutuhan lainnya.

Banyaknya aplikasi kredit online membuat proses peminjaman uang menjadi lebih mudah dan cepat seperti yang dilansir VisitPare.com diatas. Namun, meskipun terbilang mudah, calon nasabah harus berhati-hati dalam memilih aplikasi kredit tersebut. Jangan sampai masuk ke dalam jebakan oknum pinjaman online yang tidak terpercaya.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar