11 Aplikasi Pinjaman Online Aman Di Bawah Pengawasan OJK

Aplikasi pinjaman online – merupakan salah satu solusi yang bisa digunakan ketika sedang membutuhkan dana atau uang tambahan dalam waktu yang cepat. Namun, banyaknya kasus mengenai pinjaman online ilegal membuat Anda harus lebih berhati-hati ketika memilih aplikasi yang digunakan.

Aplikasi untuk mengakses pinjaman online yang aman dan legal adalah yang terdaftar dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan atau biasa disingkat dengan OJK. Jika menggunakan aplikasi yang tidak diawasi oleh OJK, maka akan meningkatkan resiko penipuan.

Daftar Aplikasi Pinjaman Online Aman

Aplikasi Pinjaman Online
Aplikasi Pinjaman Online

Aplikasi pinjaman online legal banyak dipilih karena berbagai kemudahannya salah satunya adalah bisa mengajukan pinjaman secara online sehingga dapat diakses dimana saja dan kapan saja saat membutuhkan dana tambahan.

Dengan kemudahan yang diberikan, pengguna harus tetap selektif ketika ingin menggunakan aplikasi untuk meminjam uang. Sehingga, berikut ini akan dibahas mengenai daftar aplikasi untuk pinjaman online yang aman dan sudah diawasi oleh OJK.

1. JULO

Aplikasi untuk pinjaman online aman yang pertama adalah JULO. Perusahaan pinjaman online ini sudah ada sejak tahun 2016 dan sudah banyak melayani nasabah dengan pelayanan yang baik dan terpercaya.

Perusahaan pinjaman online yang satu ini sudah mengantongi izin operasional yang resmi dari OJK sehingga pasti terjamin keamanannya. Keunggulan aplikasi ini salah satunya adalah memberikan pelayanan yang cepat dan durasi pencairan dana yang cepat.

Besaran pinjaman yang bisa diakses oleh nasabah adalah Rp.2.000.000,- sampai Rp.8.000.000,- dengan maksimal tenor adalah 6 kali angsuran atau selama 6 bulan. Selain itu, bunga pinjaman yang harus dibayar oleh nasabah tergolong rendah yaitu sebesar 0,1%.

2. Cicil

Aplikasi untuk pinjaman online aman yang kedua adalah Cicil. Aplikasi yang satu ini menghadirkan layanan pinjaman online dengan cicilan yang ringan sehingga sangat cocok digunakan oleh mahasiswa.

Target pasar aplikasi ini memang mahasiswa yang membutuhkan dana tambahan untuk kepentingan yang memerlukan dana besar. Sehingga, aplikasi ini bisa diakses oleh mahasiswa meskipun belum memiliki pendapatan dan sejarah kredit.

  • Cek : Kumpulan Informasi Aplikasi Terbaru dan Terlengkap

Karena tidak adanya minimum pendapatan dan data sejarah kredit calon nasabah, maka Cicil menerapkan persyaratan pengajuan pinjaman yang ketat sehingga calon nasabah yang memenuhi syarat saja yang bisa menggunakan aplikasi pinjaman online terbaik  ini.

Cicil memiliki beberapa layanan yang bisa digunakan, diantaranya adalah:

  • Cicil Barang

Layanan yang pertama adalah cicil barang dimana sistemnya adalah Cicil menyediakan talangan dana. Dana yang dicairkan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa.

Nasabah diwajibkan untuk membayar kembali dengan cara tenor atau pembayaran sekaligus.

  • Cicil Institusi

Layanan yang kedua ini bisa digunakan untuk mengajukan dana tambahan sebagai modal usaha lembaga pendidikan atau institusi seperti tempat les dan lain sebagainya. Layanan ini akan sangat membantu pelaku usaha di bidang pendidikan.

  • Cicil Belajar

Layanan yang ketiga ini memungkinkan nasabah atau mahasiswa memperoleh berbagai jenis voucher untuk kursus dan pelatihan dengan harga yang lebih murah dan terjangkau.

  • Cicil Uang Kuliah

Layanan yang keempat adalah layanan dimana nantinya dana yang cair bisa digunakan untuk pembayaran uang kuliah dengan bunga yang sangat terjangkau dan tenor yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan mahasiswa atau nasabah.

3. Koinworks

Aplikasi pinjaman online aman dan terdaftar di OJK yang ketiga adalah Koinworks. Aplikasi yang satu ini menyediakan dua layanan berdasarkan kategori pengguna atau nasabah yaitu bisnis dan personal.

Perbedaan Koinworks dengan aplikasi lainnya adalah, Anda bisa mendaftarkan diri sebagai nasabah atau peminjam uang atau sebagai pemberi dana atau pinjaman.

Aplikasi ini juga memberikan kemudahan akses sehingga siapa saja bisa mengajukan pinjaman asalkan memenuhi syarat. Syarat-syarat yang harus dipenuhi saat mengajukan pinjaman diantaranya adalah:

  • Persyaratan Untuk Pinjaman Kategori Bisnis

Syarat yang wajib dipenuhi jika nasabah masuk ke dalam kategori bisnis adalah:

  • Mutasi rekening perusahaan selama 3 bulan terakhir.
  • Laporan keuangan perusahaan.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak perusahaan.
  • KTP pemilik perusahaan.
  • Persyaratan Untuk Pinjaman Kategori Personal
  • KTP
  • Kartu keluarga, khusus bagi peminjam yang sudah menikah.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak, khusus jika akan mengajukan pinjaman di atas Rp.50.000.000,-.
  • Mutasi rekening pribadi selama 3 bulan terakhir.

4. Kredit Pintar

Aplikasi untuk pinjaman online aman yang keempat adalah Kredit Pintar. Aplikasi ini memiliki keunggulan dimana peminjam tidak perlu mengunggah bukti slip gaji. Pinjaman bisa diajukan oleh siapa saja dan darimana saja asalkan memenuhi persyaratan.

Besaran pinjaman yang diberikan sangat bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Peminjam juga bisa memilih tenor pinjaman mulai dari jangka waktu 14 hari, 30 hari sampai dengan 3 bulan sesuai dengan kemampuan peminjam.

Beberapa syarat yang perlu dipenuhi tergolong mudah, diantaranya adalah:

  • Rekening bank apapun atas nama peminjam.
  • Berusia 18-21 tahun apabila belum menikah.
  • Berusia 22-60 tahun apabila sudah menikah.
  • Berstatus sebagai WNI.
  • KTP.

5. Dana Bijak

Aplikasi pinjaman online bunga rendah yang kelima adalah Dana Bijak. Aplikasi yang satu ini memberikan layanan pinjaman online dengan proses yang mudah dan aman sehingga bisa digunakan oleh siapa saja dan dari mana saja.

Serta bisa memberikan pinjaman maksimal Rp.3.000.000,- dengan tenor pengembalian selama 30 hari. Syarat yang harus dipenuhi oleh peminjam juga sangatlah mudah, yaitu:

  • Berusia minimal 21 tahun.
  • Berstatus sebagai Warga Negara Indonesia.
  • Memiliki rekening tabungan atas nama peminjam.
  • KTP.
  • Memiliki nomor handphone dan email yang aktif.
  • Memiliki pendapatan minimal Rp.1.600.000,- per bulan.

6. Cashwagon

Aplikasi untuk pinjaman online aman yang keenam adalah Cashwagon. Aplikasi ini dioperasikan oleh PT. Kas Wagon Indonesia yang sudah berpengalaman dalam penyedia jasa pinjaman online.

Berbagai proses pengajuan pinjaman sangatlah mudah dan cepat sehingga membuat aplikasi ini banyak diminati. Di aplikasi ini peminjam bisa meminjam uang maksimal Rp.5.000.000,- dengan tenor pinjaman maksimal 6 bulan.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk meminjam di aplikasi Cashwagon adalah:

  • KTP
  • Memiliki rekening bank atas nama peminjam atau pribadi.
  • Bertempat tinggal di area pelayanan aplikasi Cashwagon.
  • Berusia 20 sampai 60 tahun.
  • Berstatus sebagai Warga Negara Indonesia.
  • Memiliki penghasilan atau pendapatan tetap setiap bulannya.

7. Easy Cash

Aplikasi pinjaman online aman dan terdaftar di OJK yang ketujuh adalah Easy Cash. Serta memberikan kemudahan transaksi dan dana yang dipinjam akan langsung cair dalam hitungan menit sesuai dengan namanya yaitu Easy Cash.

Untuk mendapatkannya bisa diperoleh dengan mudah melalui Google Play Store dan pengguna bisa langsung mengajukan pinjaman. Easy Cash menyediakan pinjaman mulai dari Rp.200.000,- sampai Rp.10.000.000,-.

Tenor maksimal dalam aplikasi ini adalah 6 bulan atau 180 hari sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan peminjam untuk melunasi uang atau dana yang dipinjam. Untuk bunga yang dibebankan adalah sebesar 0,8% per harinya.

8. Modalku

Aplikasi untuk pinjaman online aman yang kedelapan adalah Modalku. Aplikasi pinjaman yang satu ini sedikit berbeda dengan aplikasi lainnya. Modalku merupakan aplikasi pinjaman berbasis online yang menghubungkan antara pemberi dana dengan pelaku UMKM.

Modalku memberikan pinjaman untuk modal usaha para UMKM yang dianggap memiliki potensi dan bisa mengembangkan bisnisnya. Dana pinjaman ini berasal dari pemberi dana dan disesuaikan dengan jenis bisnis atau UMKM.

Pinjaman yang diberikan dari aplikasi ini bisa mencapai Rp.500.000.000,- dengan tenor maksimal 12 bulan. Bunga pinjaman modal UMKM ini juga sangatlah terjangkau sehingga tidak akan memberatkan pelaku usaha.

Untuk mendapatkan pinjaman modal usaha ini, peminjam atau pelaku UMKM tidak diharuskan memberikan agunan sebagai jaminan, persyaratan yang sangat mudah, dan pencairan dana yang cepat membuat aplikasi ini sangat diminati oleh pelaku bisnis.

9. Ada Kami

Aplikasi pinjaman online aman dan terdaftar di OJK yang kesembilan adalah Ada Kami. Ada Kami dioperasikan oleh PT. Pembiayaan Digital Indonesia yang menyediakan fasilitas pinjaman berbasis online tanpa menggunakan agunan sebagai jaminan.

Aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan seperti pengajuan pinjaman dan proses pendaftaran yang sangat mudah, bunga per bulan yang sangat terjangkau, proses pencairan dana yang cepat, dan tersedia layanan pelanggan untuk membantu jika ada permasalahan.

Bunga yang dibebankan kepada peminjam tergolong terjangkau yaitu 0,4% dan keamanan data diri peminjam akan terjaga dengan baik.

Aplikasi Ada Kami bisa diperoleh dengan mudah melalui Google Play Store dan App Store. Aplikasi ini memiliki user interface yang sangat memudahkan pengguna maka tidak heran jika banyak orang yang menggunakan aplikasi ini.

10. Amarta

Aplikasi untuk pinjaman online aman yang kesepuluh adalah Amartha. Aplikasi yang satu ini menawarkan pelayanan berupa pinjaman dengan bunga rendah dan proses yang sangat cepat.

Salah satu keunikan aplikasi pinjaman yang satu ini adalah mereka menyasar nasabah khusus perempuan yang membuka usaha untuk diberikan pinjaman modal usaha. Amarta menyediakan besaran pinjaman mulai Rp.3.000.000,- dengan tenor maksimal 50 minggu.

Bunga yang dibebankan kepada peminjam juga sangatlah rendah dan terjangkau yaitu sebesar 1,25% per bulan atau 15% per tahun. Dengan bunga pinjaman yang rendah tidak akan membebani pelaku usaha.

11. Invoila

Aplikasi untuk pinjaman online aman yang terakhir adalah Invoila. Aplikasi pinjaman ini berbasis online dimana sasaran nasabahnya merupakan pelaku usaha yang sudah berbentuk Perseroan Terbatas atau Commanditaire Vennootschap.

Besaran pinjaman yang ditawarkan oleh Invoila beragam, yaitu mulai Rp.8.000.000,- sampai Rp.400.000.000,-. Untuk bunganya sendiri sangatlah terjangkau yaitu hanya sekitar 1% sampai 1,7% per bulannya.

Yang Perlu Diperhatikan Dan Dimengerti Sebelum Menggunakan Aplikasi Pinjol

Yang Perlu Diperhatikan Dan Dimengerti Sebelum Menggunakan Aplikasi Pinjol

Sebelum menggunakan atau mengajukan pinjaman pada aplikasi pinjaman online, Anda perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini sehingga tidak akan mengalami kesulitan di masa mendatang, yaitu:

1. Memilih Penyedia Jasa Pinjaman Yang Tepat

Hal yang perlu diperhatikan yang pertama adalah perlunya untuk memilih penyedia jasa pinjaman yang tepat. Saat ini sudah banyak perusahaan penyedia jasa pinjaman yang ilegal atau bahkan sampai ditutup oleh OJK karena sangat merugikan peminjam dana.

Perusahan ilegal biasanya akan menetapkan bunga yang tinggi serta tenggat pengembalian pinjaman yang tidak transparan. Selain itu, mereka bisa menggunakan ancaman berhubungan dengan data pribadi peminjam ketika menagih uang pelunasan pinjaman.

2. Mencermati Ketentuan Dan Syarat Pengajuan Pinjaman

Hal yang perlu diperhatikan yang kedua adalah mencermati dan memahami semua ketentuan dan syarat dalam pengajuan pinjaman yang diberikan oleh aplikasi pinjaman yang bersangkutan.

Persyaratan dan ketentuan harus dicermati oleh peminjam karena akan berhubungan dengan bunga, data apa saja yang perlu disiapkan, sampai dengan kewajiban dan hak apa saja yang harus dilakukan dan diperoleh oleh peminjam.

3. Memperhatikan Besaran Bunga Dan Tenor

Hal yang perlu diperhatikan yang ketiga adalah memperhatikan besaran bunga dan masa pelunasan pinjaman atau tenor. Bunga yang terlalu besar pastinya akan sangat membebani peminjam.

Besaran bunga juga perlu diperhatikan karena berhubungan dengan kesanggupan peminjam untuk mengangsur cicilan setiap bulannya. Selain itu, tenor pelunasan pinjaman juga harus diperhatikan agar perencanaan keuangan peminjam bisa dilakukan dengan baik.

4. Sistem Atau Cara Pembayaran Cicilan

Hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan aplikasi pinjaman online yang keempat adalah mengetahui bagaimana sistem atau cara dalam melakukan pembayaran cicilan.

Mengetahui hal ini akan memudahkan peminjam dalam melakukan pembayaran cicilan setiap bulannya. Pilihlah aplikasi pinjaman yang menyediakan berbagai cara pembayaran cicilan seperti melalui ATM, internet banking, mobile banking, teller bank, Alfamart, dan lainnya.

5. Menentukan Tujuan Mengajukan Pinjaman

Hal yang perlu diperhatikan yang kelima adalah menentukan tujuan dalam mengajukan pinjaman. Mengetahui tujuan meminjam sejumlah dana akan membuat penggunaan dana tersebut lebih terarah bukan hanya menghamburkan uang.

Ada baiknya mengajukan pinjaman untuk hal-hal yang produktif yaitu bisa menghasilkan keuntungan atau bisa digunakan untuk kegiatan yang bermanfaat. Bukan hanya untuk kegiatan membeli barang-barang konsumtif.

6. Memperhatikan Ketentuan Biaya Tambahan Lainnya

Hal yang perlu diperhatikan yang keenam adalah memperhatikan mengenai ketentuan apabila ada biaya tambahan lainnya yang perlu ditanggung oleh peminjam.

Aplikasi pemberi pinjaman biasanya menggunakan beberapa biaya tambahan seperti biaya administrasi, biaya pelunasan pinjaman lebih awal, biaya keterlambatan pembayaran cicilan, biaya provisi, biaya transfer kredit dan lain sebagainya.

7. Sesuaikan Besaran Pinjaman Dengan Kemampuan

Hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan aplikasi pinjaman online aman yang terakhir adalah menyesuaikan besaran pinjaman yang diajukan dengan kemampuan peminjam untuk melunasinya.

Kebanyakan peminjam akan menghadapi kesulitan dalam pelunasan cicilan karena mengajukan pinjaman sesuai dengan keinginan bukan kemampuan untuk melunasinya. Jika demikian, maka peminjam akan mengalami kesulitan perencanaan keuangan di masa depan.

Ciri-Ciri Aplikasi Pinjaman Online Yang Legal

Ciri-Ciri Aplikasi Pinjaman Online Yang Legal

Setelah membahas mengenai beberapa aplikasi pinjaman dan apa saja yang harus diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman, sekarang kita akan membahas mengenai apa saja ciri-ciri aplikasi untuk pinjaman online yang legal.

1. Memiliki Alamat Kantor Yang Jelas

Ciri-ciri pertama penyedia jasa pinjaman online yang legal adalah memiliki alamat kantor yang jelas. Alamat perusahaan akan memudahkan para nasabah atau peminjam yang menghadapi masalah untuk bisa bertemu dengan perwakilan perusahaan secara langsung.

2. Terdaftar Dan Mengantongi Izin OJK

Ciri-ciri kedua penyedia jasa pinjaman online yang legal adalah terdaftar dan mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan. Jika sudah mengantongi izin OJK, maka bisa dipastikan perusahaan penyedia jasa pinjaman tersebut memberikan pelayanan aman dan terpercaya.

Ada baiknya melakukan pengecekan nomor izin operasional perusahaan penyedia pinjaman tersebut di website OJK, apakah mereka sudah terdaftar atau belum. Hal ini untuk menghindari permasalahan di masa mendatang apabila aplikasi pinjaman yang digunakan ilegal.

3. Transparansi Mengenai Bunga Dan Biaya

Ciri-ciri ketiga penyedia jasa pinjaman online yang legal adalah selalu transparan dalam hal bunga dan biaya apa saja yang harus ditanggung oleh peminjam. Hal ini dilakukan agar peminjam bisa mengetahui dan merencanakan keuangan dengan baik.

Untuk aplikasi yang legal, biasanya informasi ini akan diberikan di awal sebelum mengajukan pinjaman sehingga peminjam bisa mempertimbangkan apakah sanggup menyetujui segala kewajiban yang harus dilakukan ketika dana pinjaman cair.

4. Mempunyai Situs Resmi

Ciri-ciri keempat aplikasi pinjaman online aman dan terpercaya adalah mempunyai situs resmi yang bisa diakses dengan mudah oleh nasabah atau calon nasabah. Situs resmi atau website ini memungkinkan nasabah untuk mengetahui profil perusahaan secara lengkap.

Situs resmi atau website juga menunjukkan bahwa perusahaan tersebut resmi beroperasi dan memberikan pelayanan pinjaman uang untuk masyarakat dengan tata cara yang benar. Dengan demikian nasabah akan semakin yakin mengenai pelayanan penyedia jasa pinjaman tersebut.

5. Penetapan Tenor Yang Transparan

Ciri-ciri kelima penyedia jasa pinjaman online yang legal adalah menetapkan tenor pelunasan pinjaman secara transparan. Penyampaian tenor secara transparan akan membuat nasabah lebih tenang dan merasa aman.

Dengan mengetahui informasi mengenai tenor yang lengkap dan jelas, nasabah bisa melakukan perhitungan atau kalkulasi untuk mengembalikan pinjaman tanpa mengganggu rencana keuangan peminjam.

6. Tata Cara Pengajuan Pinjaman Yang Jelas Dan Mudah

Ciri-ciri keenam penyedia jasa pinjaman online yang legal adalah tata cara pengajuan pinjaman yang jelas dan mudah. Aplikasi pinjol legal bisa dengan mudah diakses atau didownload oleh pengguna yaitu melalui Google Play Store dan App Store.

Selain itu semua proses pengajuan pinjaman dilakukan secara mudah, cepat dan jelas. Hal ini berbeda dengan aplikasi pinjol ilegal dimana biasanya menggunakan mekanisme yang rumit seperti menggunakan SMS atau lainnya.

Mekanisme rumit yang dilakukan oleh aplikasi pinjol ilegal bisa menyebabkan masalah di kemudian hari karena biasanya memerlukan data diri yang lebih privasi dan mereka bisa menyalahgunakan data tersebut.

7. Proses Pencairan Dana Yang Cepat

Ciri-ciri ketujuh aplikasi pinjaman online yang legal adalah memiliki proses pencairan dana ke rekening peminjam dengan cepat. Biasanya hanya dalam hitungan menit dana pinjaman sudah masuk ke rekening pribadi peminjam.

Hal ini karena penyedia jasa pinjaman online yang legal pasti sudah melengkapi aplikasinya menggunakan berbagai teknologi canggih sehingga bisa melakukan pencairan dana dengan cepat.

Apabila peminjam sudah memenuhi semua syarat, kemudian sistem akan mengeceknya secara otomatis, dan apabila disetujui maka sistem langsung bisa mengirimkan uangnya. Hal inilah yang membuat proses pencairan dana sangat cepat.

8. Memiliki Aplikasi Untuk Mobile

Ciri-ciri kedelapan penyedia jasa pinjaman online yang legal adalah memiliki aplikasi mobile yang bisa mempermudah nasabah untuk melakukan segala transaksi mulai dari mengajukan pinjaman sampai melakukan pembayaran cicilan.

Dengan bantuan aplikasi ini nasabah akan sangat dimudahkan. Biasanya aplikasi pinjol legal juga menyertakan segala informasi yang dibutuhkan oleh nasabah pada aplikasi mobile tersebut.

Aplikasi pinjaman online memang sudah banyak di Indonesia, namun sebagai peminjam harus berhati-hati agar semua transaksi dilakukan dengan aman. Untuk menjamin keamanan tersebut, pilihlah aplikasi pinjol di atas dari VisitPare.com yang sudah terdaftar di OJK dan jelas keamanannya.

Rate this post

Tinggalkan komentar