Ide Usaha yang Cocok Di Pedesaan Jualan Pulsa Hingga Jajanan

Usaha apa yang menguntungkan di pedesaan tapi cocok untuk pemula? Sebenarnya ide mendirikan bisnis bisa dilakukan di kota maupun di desa. Masalah profit alias pendapatan bulanan sepenuhnya tergantung pada bagaimana kalian mengelola usaha tersebut dan melakukan promosinya.

Jika dilakukan dengan benar, omzet usaha di pedesaan keuntungannya bisa mengalahkan orang yang kerja di perkotaan. Namun, sekali lagi ini bukanlah proses yang instan. Apabila kalian memang berminat untuk membuka usaha maka usahakan untuk lebih cekatan dalam memanfaatkan peluang,

Bacaan Lainnya

Karena nyatanya tidak di desa atau kota, persaingan bisnis itu pasti ada. Terlebih lagi jika kompetitor kita adalah tetangga sendiri, tentunya ini cukup meresahkan.

Pada kesmpatan kali ini visitpare.com akan berbagi sedikit rekomendasi peluang usaha rumahan yang bisa dilakukan di desa. Modalnya kecil, pengelolaannya gampang, bisa dimulai kapanpun Anda siap melakukannya.

Penasaran? Sama, saya juga. Daripada terlalu banyak basa-basi langsung saja simak penjelasan di bawah.

3 Peluang Usaha yang Cocok Di Desa, Kecil Modalnya!

Sebenarnya ada banyak ide usaha yang bisa dilakukan di pedesaan. Namun, kami tidak mengutamakan jumlah, tetapi lebih fokus bagaimana peluang usaha ini memang bisa dijalankan tidak sekadar menjadi teori atau gagasan belaka.

Ya, kami putuskan untuk memaparkan 3 peluang usaha rekomendasi yang layak untuk dicoba, pemula sekalipun pasti bisa melakukannya. Kuncinya cuma dua yakni komitmen dan modal.

1. Agen Jualan Pulsa, Token Listrik, Bayar PDAM, dsb

Bermodalkan HP dan aplikasi PPOB kalian bisa menjadi agen pulsa, kuota internet, voucher game, jual token listrik, pembayaran PDAM, dan lain-lain. Semua produk non-fisik itu sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Misalnya, pulsa pasti setiap hari ada saja yang butuh pulsa bahkan di pedesaan sekalipun saat ini penggunaan smartphone bukan lagi hal yang baru.

Ide usaha di pedesaan jual token listrik dan bayar PDAM juga bisa dilakukan di satu aplikasi. Anda bisa mempermudah urusan banyak orang, kabar baiknya listrik dan air adalah kebutuhan yang pasti, sehingga bisnis kecil ini akan terus berjalan selagi.

Voucher game juga akhir-akhir ini makin banyak dicari oleh anak-anak, mereka rela tidak jajan demi membeli diamond virtual di game favorit. Ya, tentu saja ini bisa menjadi ide usaha yang cukup menjanjikan apalagi sistem pembelian voucher juga sudah tersedia di aplikasi PPOB tersebut.

Mau tahu rekomendasi aplikasi PPOB yang bagus?

Penulis menyarankan untuk menggunakan PAYDAY (bukan sponsor) ini murni pengalaman pribadi. Aplikasi PPOB tersebut sangat lengkap harganya lebih murah dari aplikasi sejenis, di dalamnya terdapat fitur:

  • Jual pulsa dan kuota internet murah
  • Paket telepon dan SMS
  • Isi voucher game (Free Fire, Mobile Legends, PUBG, Call of Duty)
  • Isi saldo Gojek dan Grab
  • E-money (top up DANA, LinkAja, OVO, dan sebagainya)
  • Bayar listrik PLN, PDAM, Telkom, dan lain-lain

Apabila berminat silahkan unduh aplikasinya di Google Play Store, mulailah berwirausaha kecil-kecilan di desa.

Namun, sebelum memutuskan untuk mendirikan usaha ini, izinkan kami untuk memberikan beberapa fakta mengenai keunggulan dan tantangan yang akan Anda hadapi.

Keunggulan usaha agen PPOB:

  • Produk tidak akan basi, jadi tidak perlu takut rugi
  • Bisa dilakukan siapa saja anak muda hingga ibu-ibu
  • Mudah memperkirakan keuntungan yang didapat

Tantangan:

  • Waspadai tetangga dan orang-orang yang sering berhutang
  • Harus online terus fast respons jika ada yang minta pulsa/token

2. Buka Toko Sembako

Opsi usaha yang cocok di desa yang kedua adalah membuka toko sembako. Sediakan berbagai kebutuhan pokok yang banyak dicari oleh orang-orang, gula, beras, mie instan, sabun mandi, sampo, bumbu racik, penyedap rasa, dan sebagainya. Jelas tidak habis-habis kalau kami tulis di sini semua, sebaiknya lakukan semacam pengamatan dulu sebelum membuka usaha ini.

Karena, meskipun terlihat mudah Anda harus menetapkan harga yang wajar supaya toko sembakonya ramai dan dijadikan andalan oleh warga desa.

toko sembako

Usaha ini sebenarnya sangat menguntungkan, terlebih lagi jika di desa Anda saat ini belum ada toko sembako lengkap yang menyediakan kebutuhan harian. Bayangkan saja, kalau satu penduduk desa mengandalkan kebutuhan pokok mereka di toko Anda, berapa juta per bulan omzet yang bisa didapat? Karyawan kantoran bisa ketar-ketir dengan total pendapatan Anda.

Keunggulan:

  • Produk sembako pasti dibutuhkan banyak orang
  • Bisa untuk jangka panjang untuk pengembangan usaha sampingan lainnya misal: buka pom mini, sedia gas LPG, dan lain-lain
  • Cocok untuk ibu rumah tangga

Tantangan:

  • Harus teliti mencatat setiap produk yang dibeli dan tentu saja catatan hutang para pelanggan
  • Tidak menutup kemungkinan rawan saingan, tidak sedikit toko sembako yang bersebelahan
  • Terapkan harga yang wajar atau lebih murah dibandingkan tempat lain, harga yang terlampau mahal akan membuat toko sembako sepi

3.Usaha Jajanan dan Minuman

Terakhir, peluang usaha yang bisa kalian coba di pedesaan dan berpotensi ramai pembeli adalah usaha jajanan. Pelajari makanan apa yang tengah ramai dibicarakan di internet, seperti: seblak, cireng, tahu krispy, dan lain-lain.

Sediakan juga minuman yang banyak digemari seperti pop ice, es boba, dan berbagai variasi lainnya.

Lakukan promosi di Whatsapp, simpan lebih banyak kontak di ponsel untuk memperkenalkan kepada para calon pembeli mengenai tempat usaha baru Anda. Sediakan opsi makan di tempat, buatlah semacam tempat duduk disertai dengan meja yang tertata rapi untuk kebutuhan nongkrong anak muda. Jangan lupa untuk menyediakan opsi pesan antar untuk memudahkan pelanggan.

Keunggulan:

  • Usaha yang bisa dikembangkan untuk jangka panjang
  • Kalau sudah punya skill memasak, ini sangatlah mudah untuk dilakukan
  • Peminatnya selalu ada setiap harinya

Tantangan:

  • Harus rajin berinovasi membuat produk yang baru
  • Pertahankan kualitas masakan agar pelanggan tidak kabur
  • Perhatikan penyiapan dan waktu pembuatan makanan atau minuman, pastikan customer dilayani dengan baik

Itu dia ide usaha yang cocok untuk pedesaan, semoga bisa memberikan inspirasi. Jangan lupa untuk terus memperbanyak literasi untuk memperkaya pengetahuan dan wawasan seputar bisnis dan wirausaha lainnya. Kalian juga bisa membaca info buka usaha minim pesaing, dan berbagai info bisnis lainnya.