Kenali Pengertian Helper secara Lengkap di Sini!

Kenali Pengertian Helper secara Lengkap di Sini!

Dewasa ini, mungkin beberapa orang sudah pernah mendengar dan mengenal sebuah profesi yang cukup populer yang dikenal dengan nama helper. Hanya saja,  masih banyak pula yang bertanya-tanya mengenai jawaban dari pengertian helper secara tepat sesuai dengan kondisi langsung di lapangan. Belum lagi jika profesi ini memiliki peran yang cukup besar.

Secara garis besar, jenis profesi yang dikenal dengan nama helper ini memang bisa ditemui tidak hanya terbatas pada perusahaan tertentu. Ditambah lagi, ternyata semakin kesini, semakin banyak yang mencari dan membutuhkan posisi ini demi memudahkan aktivitas pekerjaan masing-masing. Mari simak informasi secara detailnya dalam uraian di bawah ini:

Mengenal Helper

Sebelum mengenali apakah jenis profesi ini di sarankan untuk dicoba terkait persoalan gaji, sebaiknya kenali dahulu pengertian helper  ini secara tepat. Mungkin banyak yang sudah mengira-ngira bahwa pengertian dari profesi ini tidak dijauhkan dari kata yang dipakai yang memiliki arti pembantu. Namun profesi pembantu ini bukan seperti profesi pembantu pada umumnya.

Secara lebih lanjut, profesi helper ini sejak awal disediakan untuk memudahkan setiap perusahaan dalam melakukan aneka aktivitas yang dianggap berat. Misalnya saja, nantinya seorang helper akan diminta untuk mengangkat beberapa barang melalui tangga bahkan sampai membawakan makanan kepada anggota tim. Selain itu, setiap perusahaan memiliki kebutuhan masing-masing yang disesuaikan nantinya.

Gaji dari Helper

Jika ada yang memiliki ketertarikan untuk mencoba jenis profesi ini, maka jangan sampai tidak mengetahui berapa kisaran gaji yang didapatkan. Sebenarnya secara sederhana, profesi bernama helper ini merupakan profesi yang menawarkan gaji pada umumnya namun tetap disesuaikan pada lokasi kabupaten. Namun terkadang, ada yang gajinya malah berada di bawah UMR.

Pada umumnya, untuk pekerjaan seperti helper ini, setiap orang akan mendapatkan gaji mulai dari Rp1 juta bahkan sampai Rp3 juta. Selain itu, ada juga yang bisa mencapai gaji sekitar Rp4 juta dalam satu bulan dengan posisi perusahaan yang cukup besar. Gaji dengan kisaran tersebut bisa ditemukan di perusahaan di Medan.

Tugas dan Tanggung Jawab dari Helper

Kemudian ada juga informasi yang lainnya yang jangan sampai ketinggalan untuk dikenali yang tentu saja masih berkaitan erat dengan helper. Selain mengenali pengertian helper secara tepat, menjadi penting pula untuk mengenali seperti apa tugas yang dimiliki serta dengan tanggung jawabnya. Kenali beberapa tugas dan tanggung jawabnya dalam uraian berikut ini:

1. Mengatur Barang Produksi

Mungkin banyak yang tidak menyadari bahwa dari pengertian helper, bisa dilihat beberapa tugas yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan bidang produksi. Misalnya saja, ada beberapa orang yang bekerja sebagai helper yang kemudian diminta untuk membantu mengatur barang yang sudah diproduksi sebelumnya. Biasanya nanti akan diminta memasukkan beberapa barang ke dalam gudang.

2. Memastikan Jumlah Stock

Secara sederhana, beberapa helper juga akan diminta untuk membantu dalam melakukan proses perhitungan terkait jumlah stok barang yang akan dipakai. Bahkan selain itu, ada juga yang mendapatkan beberapa tugas yang khusus seperti memastikan beberapa stock  memang sesuai dengan standar masing-masing. Biasanya nanti helper juga bekerja dengan staf pada bidang tertentu.

3. Melakukan Pencatatan Barang

Sebenarnya memang ada beberapa orang yang ditugaskan secara khusus pada bidang pencatatan, namun ada pula helper yang diminta tugas sama. Namun tentu saja, untuk bagian helper, biasanya hanya membantu dalam memeriksa apakah pencatatan yang sudah dibuat sesuai dengan kondisi di lapangan. Selain itu, ada juga yang diminta mencatat dalam format sederhana.

4. Menjaga Kebersihan Gudang

Selain penting memahami apa sebenarnya pengertian helper, sebaiknya kenali juga jenis tugas yang wajib dilaksanakan seperti nomor yang keempat ini. Biasanya, jenis tugas dan tanggung jawab yang berkaitan dengan kebersihan diurus oleh profesi khusus, namun ada juga helper yang mengerjakan. Namun, tidak perlu khawatir, biasanya helper membersihkan bagian gudang saja.

5. Mengantarkan Barang Pesanan

Jika ada yang memiliki rencana untuk mencoba sebuah profesi seperti helper ini, maka wajib tahu tentang bagian tugas ini. Kali ini, ada sebuah tugas yang lebih berkaitan dengan proses pengantaran barang kepada pihak pemesan sesuai dengan standar yang ada. Helper akan mendapatkan beberapa informasi sehingga benda tetap terjaga aman.

6. Membantu Proses Persiapan

Sebenarnya, untuk tugas yang berikutnya ini lebih berkaitan dengan proses persiapan barang ketika akan diantarkan kepada konsumen maupun beberapa distributor. Pada tugas ini, seorang helper akan diminta untuk membantu menyiapkan apa saja jenis barangnya bahkan sampai mengecek kondisi yang ada. Setelah itu, proses packing biasanya juga meminta bantuan dari helper.

Sementara itu, beberapa perusahaan dalam bidang yang khusus biasanya juga meminta bantuan dari helper untuk tugas yang berat seperti pelaporan. Jenis tugas ini harus dilakukan dengan lebih hati-hati oleh setiap orang karena nantinya bisa memunculkan masalah jika laporan tidak sesuai. Belum lagi jika ternyata ada barang yang cacat atau kurang.

7. Menjadi Sopir Cadangan

Untuk jenis tugas sekaligus tanggung jawab yang lainnya yang jangan dilewatkan adalah tugas yang berkaitan dengan proses pengantaran barang nantinya. Namun berbeda dengan tugas yang sudah dijelaskan sebelumnya, kali ini, helper akan diminta untuk menjadi sopir cadangan demi mengantarkan barang. Hanya saja, beberapa perusahaan lebih memilih untuk menggunakan sopir berpengalaman.

Walaupun begitu di sisi lain, penting juga untuk mengenali bahwa tugas yang ketujuh ini bukan tugas yang wajib untuk dilakukan. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, tugas menjadi seorang sopir ini biasanya dilakukan ketika kondisi mendadak dan perusahaan tidak memiliki pengganti. Atau juga ada kondisi yang memungkinkan pengantaran dalam jarak dekat.

8. Membuat Laporan

Kemudian ada juga tanggung jawab yang lainnya yang mungkin masih tidak dikenali oleh beberapa orang yang ingin menjadi helper. Padahal jika ingin menjadi seorang helper terutama di bagian gudang, maka nantinya akan tugas khusus membuat laporan yang cukup detail. Helper biasanya akan diminta melaporkan barang yang masuk setiap hari.

9. Menangani Faktur Produksi

Sebenarnya untuk tugas yang berikutnya ini sudah dimiliki dan dilakukan oleh staf gudang, namun terkadang juga dilakukan oleh seorang helper. Hanya saja, seorang helper yang diminta untuk membantu dalam melaksanakan tugas ini akan mendapatkan panduan agar faktur tetap tersimpan aman. Ditambah lagi, ada yang diminta untuk mencatat di sebuah buku.

10. Melakukan Pengelompokan Barang

Jangan sampai tidak tahu, seorang helper akan bertanggung jawab dalam memastikan semua barang sudah terkelompok nantinya. Untuk melakukan sebuah pengelompokan ini, biasanya seorang helper akan diberikan panduan yang khusus sesuai kebutuhan. Selain itu, pengelompokan bahkan bisa memakan waktu sampai berhari-hari nantinya.

Uraian yang menjelaskan mengenai pengertian helper  secara lengkap di atas dapat dipahami sejak awal terutama bagi yang ingin mencoba profesinya. Apalagi ternyata profesi ini tampak sederhana namun memerlukan banyak kemampuan yang tidak terduga dan bisa dibutuhkan dalam waktu yang singkat. Selain itu, profesi ini memiliki banyak tugas yang jangan diremehkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.