Pengertian Wirausaha, Manfaat dan Karakteristiknya

Pengertian wirausaha perlu dipahami oleh setiap orang karena sering juga diartikan sebagai wiraswasta. Dari pemamahan ini nantinya kamu bisa memahami apa manfaat dan karakteristik dari wirausaha ini. 

Selama ini wirausaha ini memiliki banyak arti karena adanya perbedaan pendapat dari para ahli. Untuk memahami itu semua, artikel ini akan membahas secara tuntas mulai pengertian, manfaat dan karakteristiknya. 

Bacaan Lainnya

Pengertian Wirausaha

Pengertian wirausaha adalah seseorang yang melakukan kegiatan usaha yang punya bakat di bidang mengenal produk baru. Dari proses ini nantinya tinggal ditentukan cara produksi, manajemen hingga memasarkan produk tersebut. 

Di sisi lain juga ada istilah kewirausahaan dan ini perlu juga dipahami agar dipahami secara detail. Secara garis besar kewirausahaan adalah suatu proses mengenal, mengembangkan dan mencapai tujuan akan berdirinya suatu bisnis. 

Dengan demikian antara pengertian wirausaha dan kewirausahaan ini jelas ada perbedaan. Untuk wirausaha upayanya hanya sampai pada bagaimana produk tersebut dipasarkan dengan baik dan menguntungkan.

Sedangkan kewirausahaan lebih ke bagaimana produk ini bisa berkembang dan menjadi bisnis yang besar. Dengan demikian tidak heran jika hasil yang didapatkan dari proses ini lebih besar daripada wirausaha. 

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Meski penjelasannya seperti di atas ternyata ada beberapa ahli yang berbeda pendapat dan berikut penjelasannya:

Richard Cantillon

Menurut Richard, wirausaha ini juga disebut sebagai wiraswasta. Contohnya ketika ada orang yang membeli barang di harga sekarang. Kemudian dia bisa menjual barang tersebut di harga yang tidak pasti. 

JB Say

Wirausaha adalah seorang pelaku di bidang usaha yang mampu mengelola sumber daya secara efektif dan efisien. Bentuk dari usaha tersebut terus mengalami produktivitas mulai dari yang rendah hingga tinggi. 

Harvey Leibenstein

Kewirausahaan adalah kegiatan yang didalamnya diperlukan untuk menjalankan suatu bisnis di saat pasar ditentukan baik. Dalam hal ini komponen fungsi produksi dari barangnya belum sepenuhnya diketahui.  

Dan Stein dan John F. Burgess

Kewirausahaan adalah orang yang punya keahlian dalam mengelola, mengatur dan berani mengambil resiko saat berbisnis. Dalam proses ini ini juga mampu menciptakan suatu peluang usaha bisnis yang baru. 

Selain yang disebutkan di atas sebenarnya ada beberapa pakar lain yang ikut mengartikan wirausaha ini. Namun rata-rata pendapat mereka tidak jauh berbeda dari yang di atas. 

Karakteristik Wirausaha

Selain pengertian, kamu juga perlu memahami terkait apa saja karakteristik dari wirausaha dan berikut ulasannya:

Berpikir Positif

Saat akan memulai bisnis, berpikir positif ini sangat diperlukan agar sesuai dengan apa yang kamu jalankan. Pemikiran seperti ini sangat dibutuhkan khususnya ketika akan memutuskan suatu bisnis.

Dengan pikiran yang tenang dan positif ini bisa membuat kamu lebih terbantu saat menjalani usaha baru. Dengan cara ini maka kamu akan lebih kuat ketika terjadi tekanan dalam usaha yang kamu jalani

Berani

Dalam menjalani usaha butuh adanya keberanian saat akan memutuskan dan menghadapi berbagai masalah. Tidak hanya itu bentuk keberanian juga harus diwujudkan dengan tanggung jawab atas apa yang telah dilakukan di perusahaan. 

Pribadi Visioner

Pribadi yang visioner sangat dibutuhkan bagi seorang pebisnis karena perlu berpikir selangkah lebih maju. Dengan cara ini maka ketika ada peluang di masa depan maka akan lebih mudah dipahami

Tidak hanya itu, orang yang punya kepribadian seperti ini selalu menjadikan kekurangan di masa lalu sebagai pelajaran. Dengan demikian mereka tidak terlalu banyak mengingat akan kekurangan atau kegagalan sebelumnya. 

Percaya Diri Tinggi

Memiliki sikap percaya diri dalam menjalankan bisnis sangat dibutuhkan untuk menunjang adanya keberhasilan. Cara ini sekaligus bisa menunjang suatu pekerjaan yang sedang berjalan dan membuat kamu lebih termotivasi untuk sukses. 

Selain itu hal penting lainnya adalah tidak bersikap sombong dan merasa tahu akan sesuatu. Hal seperti ini juga bagian dari rasa percaya diri dan semangat berjuang yang lebih tinggi. 

Orientasinya pada Hasil

Setiap pengusaha selalu menginginkan hasil dari setiap bisnis yang sedang dijalankan itu. Hal ini sangat penting karena dalam dunia bisnis selalu ada kendala yang bisa membuat kamu menyerah. Selain itu perlu juga ditunjang dengan keinginan yang kuat untuk mendapatkan hasil maksimal. 

Berinovasi dan Kreativitasnya Tinggi

Dalam suatu perusahaan atau usaha dibutuhkan adanya inovasi dan kreativitas yang bagus. Hal ini dikarenakan semakin lama dunia usaha itu tingkat persaingannya semakin tinggi. 

Dengan demikian ketika produk yang kamu buat tidak memiliki inovasi maka sulit untuk berkembang. Jika sudah demikian maka efeknya adalah bisnis yang kamu jalankan akan ditinggalkan oleh pembeli. 

Jiwa Kepemimpinan

Saat akan menjalankan usaha dan butuh karyawan maka diperlukan jiwa kepemimpinan yang tinggi. Hal ini bisa diwujudkan dengan adanya keterampilan, organisasi dan motivasi yang bagus. 

Dari proses ini nantinya kamu perlu adanya kecerdasan dalam memberikan tugas yang berbeda pada orang lain. Selain itu, kamu juga harus mampu mendorong setiap karyawan agar mampu memberikan hasil yang rekomendasi. 

Manfaat Wirausaha

Ada beberapa manfaat dalam menjalankan wirausaha dan berikut penjelasan selengkapnya:

Kesempatan Melakukan Perubahan

Dengan menjadi wirausaha berarti kamu harus siap melakukan berbagai perubahan dalam setia lini. Bentuk perubahan yang paling utama adalah pola pikir yang nantinya berpengaruh pada tindakan atau perilaku. Dengan proses ini maka akan ada proses belajar dan kepribadiannya juga akan lebih dinamis dari sebelumnya. 

Peluang Menentukan Nasib

Ketika seseorang masuk dalam dunia usaha maka secara tidak langsung berusaha mengatur waktu untuk menentukan nasibnya. Sebab seluruh waktu, tenaga dan pikirannya digunakan untuk menekuni usaha tersebut. 

Dari proses inilah nantinya akan memberikan dampak yang positif bagi setiap kehidupan. Selain itu, usaha ini juga memberikan peluang kepada dirinya untuk mendapatkan apa yang diinginkan. 

Mendapatkan Keuntungan

Dengan menjalani wirausaha maka kamu punya kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang tidak terbatas. Namun itu tidak mudah karena butuh usaha dan perjuangan keras untuk mendapatkannya. 

Dikatakan demikian karena setiap usaha apapun harus diraih dengan tanpa lelah. Maka dari itu bekerja keras dan giat adalah kunci sukses untuk bisa mendapatkan keuntungan yang besar. 

Pertumbuhan Ekonomi

Dengan adanya wirausaha ini tidak hanya dirasakan oleh diri sendiri tetap masyrakat secara keseluruhan. Salah satu manfaat besarnya adalah pertumbuhan ekonomi sekitar akan tumbuh. 

Jika sudah demikian maka ada lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Dari proses ini maka ekonomi akan terus berputar dan akhirnya membawa dampak positif bagi warga sekitar. 

Jadi pengertian wirausaha adalah suatu usaha mengenal produk lalu memproduksi, mengatur lalu memasarkannya. Dari proses ini nantinya akan banyak manfaat seperti mendapatkan keuntungan dan ekonomi sekitar menjadi tumbuh. 

Untuk menjadi seorang wirausaha tentu tidak mudah karena harus punya rasa percaya diri tinggi, pribadi visioner dan jiwa kepemimpinan. Hal seperti ini penting untuk dimiliki agar kamu bisa mendapatkan keuntungan tak terbatas.