Ide Kreatif Wirausaha di Bidang Kerajinan Menguntungkan. Bisa Dicoba!

Ide Kreatif Wirausaha di Bidang Kerajinan Menguntungkan. Bisa Dicoba!

Wirausaha di bidang kerajinan saat ini cukup mencuri perhatian. Mengapa tidak, jika seseorang lebih jeli, kerajinan tangan dapat menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Hal ini karena peminta dari kerajinan tangan pun cukup beragam. Apalagi, dengan seiring berjalannya waktu, hasil dari kerajinan tangan tidak hanya dicari oleh konsumen dalam negeri saja.

Banyak para turis asing yang sangat tertarik untuk mengoleksi barang hasil kerajinan Indonesia. Lantas mengapa kita tidak memanfaatkan momen menarik ini?

Wirasuaha di Bidang Kerajinan
smallbiztrends.com

Ide Wirausaha di Bidang Kerajinan

Kurangnya lapangan pekerjaan serta semakin ketatnya persaingan dalam berkarir menjadi salah satu faktor pendorong bagi sebagian masyarakat untuk membuka usaha sendiri.

Dengan daya kreativitas yang masyarakat miliki dapat menjadi potensi penting untuk bisa mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Berbagai ide kreatif pun dapat menghasilkan keuntungan apabila diaplikasikan secara lebih tepat.

Salah satu upaya untuk merealisasikan ide tersebut untuk menjadi sumber “cuan” adalah dengan membuat bisnis kerajinan tangan atau populer dengan istilah “handmade”.

Saat Ini, usaha kerajinan tangan menjadi cukup bervariasi. Apalagi, ketika sesuatu yang berasal dari hobi dapat berubah menjadi peluang bisnis yang justru dapat mendatangkan “cuan”.

Potensi kreativitas tentu tidak mempunyai batasan. Meski telah banyak kalangan yang menggeluti wirausaha dibidang kerajinan tangan, akan tetapi berbagi ide segar dapat menghasilkan kerajinan baru yang unik dan menarik pun akan selalu muncul.

Oleh karena itu, bagi Anda yang mempunyai minay untuk menbangun usaha ddi bidang kerajinan, berikut ini beberapa ide kreatif yang patut untuk Anda coba antara lain:

Tote Bag Rajut

Bagi Anda yang gemar menjahit dan merajut tas, ini tentu dapat menjadi peluang usaha yang cukup menarik untuk Anda jalankan. Tote bag selalu memiliki penggemar dalam setiap masa. Tote bag rajut merupakan salah satu jenis tas modern serta kekinian.

Menggunakan jenis aksesoris satu ini dapat membuat penampilan tampak menarik dan stylish. Menariknya lagi, tas jinjing satu ini juga selalu mengikuti perkembangan kemajuan teknolog.

Meskipun terkesan sederhana, item fashion satu ini seringkali menjadi pelengkap gaya fashion yang cukup praktis serta berkelas.

Bahan untuk membuat tote bag rajut pun cukup beragam sehingga Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. Selain itu Anda dapat membuat tote bag rajut dengan menyediakan produk yang ready stock ataupun pre-order.

Gerabah

Gerabah atau kerajinan dari tanah liat dapat menjadi sebuah peluang usaha yang cukup menjanjikan. Dari masa ke masa bisnis yang satu ini cukup relatif mampu bertahan.

Saat ini, baik produk gerabah dengan warna tanah liat atau yang telah diwarnai serta diberi berbagai motif tersedia di pasaran. Bahkan, saat ini cukup banyak orang mencari mug, cangkir, ataupun piring dari artisan pottery.

Biasanya, produk dari artisan pottery menjadi pilihan yang cukup menarik karena bentuk dan motif yang unik. Karena itu, jika Anda dapat membuat gerabah, cobalah untuk menjualnya di marketplace.

Sementara, jika Anda tertarik dengan proses pembuatan gerabah, saat ini tersedia banyak kursus kerajinan tersebut. Selanjutnya, Anda dapat mulai merancang usaha produk gerabah.

Lilin Aroma Terapi

Pilihan ide wirausaha di bidang kerajinan selanjutnya adalan lilin aroma terapi. Selain mempunyai fungsi sebagai penerangan saat listrik padam, lilin juga bisa dikreasikan menjadi lilin aromaterapi yang dapat menyebarkan aroma wangi ke seluruh ruangan.

Selain itu, lilin aroma terapi juga mampu memberikan sensasi kesegaran bagi siapapun yang menghirupnya. Bahkan dengan keunikan yang ditawarkan, tidak jarang orang-orang menyalakan lilin aromaterapi sebagai pilihan souvenir yang menarik.

Salah satunya adalah untuk souvenir pernikahan. Dengan demikian, lilin aromaterapi dapat menjadi peluang usaha kerajinan yang cukup bagus juga menguntungkan. Lilin aroma terapi juga cukup mudah murah dalam proses pembuatannya.

Hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah jenis apa yang akan Anda gunakan. Untuk hasil yang lebih baik, maka Anda dapat menggunakan lilin berbahan alami seperti soy wax dan palm wax.

Mengenai aromanya, Anda dapat melakukan percobaan terlebih dahulu supaya lilin aroma terapi yang Anda buat memiliki aroma yang segar. Untuk tampilan yang lebih menarik Anda perlu memperhatikan masalah packing dari produk Anda ini.

Aksesoris dan Perhiasan

Tidak hanya untuk kaum wanita saja, pria pun dapat menggunakan aksesoris yang berasal dari kerajinan tangan. Misalkan saja seperti gelang, cincin, jam tangan atau lain sebagainya.

Peminat aksesoris cukup banyak, Anda bisa membuatnya dengan jenis bahan kulit ataupun mutiara yang dapat Anda kreasikan sesuai dengan ide yang Anda miliki.

Meskipun pelaku bisnis di bidang perhiasan memang sudah banyak, namun peluang bisnis ini masih terbuka lebar jika Anda berhasil menemukan ciri khas dari aksesoris perhiasan yang akan Anda ciptakan.

Selain itu, Anda juga dapat mencari tahu jenis aksesoris populer yang selanjutnya dapat memodifikasi sesuai dengan keinginan.

Anda dapat membuat perhiasan model sederhana yang tidak membutuhkan teknologi tinggi, seperti kalung manik. Namun jika memiliki fasilitas yang cukup, Anda dapat menjual perhiasan dengan cara teknologi tinggi, seperti perhiasan mutiara maupun perak.

Namun, bagian penting yang harus diperhatikan adalah Anda harus memiliki nilai lebih pada produk yang Anda tawarkan. Sehingga desain unik yang Anda buat akan menjadi ciri khas serta membuat produk dapat diterima di pasar.

Semakin unik, menarik, dan kualitas bahan yang bagus, maka secara otomatis harga yang ditawarkan pun dapat semakin tinggi.

Kerajinan Bantal Karakter

Industri kreatif tidak pernah berhenti menghasilkan produk unik serta bernilai jual tinggi. Salah satu jenis wirausaha dibidang kerajinan selanjutnya adalah bisnis bantal karakter. Jika awalnya  bantal hanya bermanfaat sebagai alas tidur dengan bentuk kotak yang monoton.

Saat ini telah banyak tersedia bantal karakter dengan peminta yang cukup banyak untuk dapat masyarakat jadikan sebagai dekorasi rumah atau hadiah unik untuk orang terdekat.

Bantal kreatif sendiri mempunyai keunikan tersendiri dengan bentuknya yang yang lucu dan unik. Terdapat banyak bahan yang dapat Anda pakai untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Sedangkan mengenai isi bantalnya sendiri, Anda dapat menggunakan styrofoam.

Kerajinan Tangan dari Kayu

Produk alam yang dapat Anda kreasikan menjadi sebuah ide usaha adalah kayu. Dalam hal ini Anda dapat mencoba mengolah limbah palet kayu menjadi berbagai produk yang menarik sehingga akan lebih menghemat biaya.

Anda dapat memperoleh bahan tersebut dari supermarket. Hal ini karena terdapat banyak palet kayu tak terpakai yang sebelumnya mereka gunakan untuk meletakkan barang-barang.

Hanya dengan memberikan polesan serta memperbaiki penampilan dan membuatnya lebih kuat, maka Anda bisa menjadikan limbah palet kayu menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Seperti meja, kursi, dan rak yang tentunya memiliki fungsi.

Untuk mendapatkan hasil lebih estetis, maka Anda bisa memanfaatkan bahan yang lain sebagai aksesoris. Mulai dari kulit sintetis / tali tampar berukuran sedang.

Selain itu, Anda juga dapat membuat pajangan dari talenan dengan berbagai hiasan sebagai peluang bisnis. Anda hanya harus mengolah talenan tersebut dengan membuat lettering atau lukisan pada permukaannya. Selain itu juga dapat menempel hiasan, misalnya bunga dari kain perca supaya lebih memiliki nilai keindahan.

Kartu Ucapan atau Hiasan Tulis Tangan

Kartu ucapan tulis atau hiasan tangan biasa populer dengan istilah hand lettering. Ini adalah salah satu seni menggambar yang menghasilkan daya minat tersendiri. Sementara itu, hand lettering cukup populer serta mudah untuk Anda temui di tempat-tempat umum. Seperti di dinding kafe serta papan hiasan di acara pernikahan. Begitu pula  dengan kartu ucapan dengan sampul tulis tangan.

Selain itu dengan menguasai teknik membuat hand lettering, maka media penulisannya juga menjadi hal yang patut Anda pertimbangkan. Anda dapat memanfaatkan berbagai media umum, seperti kertas, kanvas, dan produk dari keramik supaya tulisan lebih tahan lama.

Media yang beragam mungkin akan mengharuskan Anda untuk mempunyai metode pewarnaan yang berbeda pula dengan hasil yang lebih maksimal. Saat ini, karya hand lettering semakin banyak penggemarnya karena umumnya penjual menerima request dari konsumen sebagai hadiah untuk hari-hari spesial. Seperti wisuda, ulang tahun, atau pernikahan.

Kreasi Pernak Pernik Dekorasi dari Kain

Jika Anda mempunyai ide untuk membuat kreasi dari kain perca, maka jangan ragu untuk menjadikan hal tersebut sebagai peluang bisnis. Kain perca dapat Anda peroleh dengan mudah dan murah. Anda bisa memperoleh kain sisa tersebut dari para penjahit ataupun toko kain.

Kain perca adalah kain bekas yang sudah terpotong kecil tak beraturan, yang pada umumnya merupakan kain sisa pembuatan baju. Potongan kain ini dapat Anda gunakan untuk membuat menjadi barang yang menarik. Misalnya tas, sepatu, sprei, sandal, dompet, aksesoris, tempat tisu, keset dan masih banyak yang lainnya yang tentunya bisa Anda jual.

Untuk mengoperasikannya, potongan kain dengan berbagai macam motif tersebut dapat Anda jahit kembali sehingga menjadi satu kain baru. Dengan demikian, tampilan produk pun akan menjadi lebih menarik.

Modal yang perlu Anda siapkan juga tidak banyak, setidaknya cukup untuk membeli perlengkapan yang Anda perlukan, seperti mesin jahit, benang, aksesoris, dan sebagainya.

Jika Anda tertarik untuk membuat berbagai kreasi dari kain perca, carilah kain perca di beberapa konveksi sekitar rumah. Untuk dapat memperoleh hasil yang unik dan tidak monoton, maka Anda dapat dikombinasikan dengan kain lain seperti flannel, brokat, atau satin.

Meskipun memiliki modelnya sederhana, namun dengan kombinasi bahan, warna, dan motif kain dapat menghasilkan karya yang menarik serta menjadikannya semakin laku di pasaran.

Siapa yang tidak mengenal kerajinan tangan kain flanel. Selain mudah dalam proses pembuatannya, ternyata kain flanel  bisa menjadi peluang bisnis baru bagi Anda. Dari kain flanel, Anda dapat berkreasi untuk mendapatkan aneka jenis produk menarik. Mulai gantungan kunci, aneka bros, serta kotak tisu.

Selain itu, kain flanel dapat menjadi bahan utama dalam pembuatan buket bunga, yang akan ramai permintaan saat musim wisuda. Karena mempunyai pasar yang luas, maka tak heran banyak yang menganggap bisnis yang satu ini cukup potensial.

Sablon Kaos

Ini termasuk wirausaha di bidang kerajinan tangan yang cocok bagi Anda yang memiliki hobi menyablon. Peluang bisnis pun cukup besar, karena distributor kaos pun semakin hari semakin banyak.

Anda dapat  menawarkan jasa sablon anda kepada teman-teman Anda, atau para mahasiswa kampus yang akan membuat acara. Hal ini karena setiap acara seringkali memerlukan kaos panitia yang tentunya seragam. Dengan demikian, mereka pun akan memesan sablon dalam jumlah yang cukup banyak tentunya.

Meskipun demikian, juga harus memikirkan kualitas warna sablon yang Anda produksi adalah yang terbaik agar tidak mengecewakan pembeli.

Mural

Kerajinan mural juga dapat jadi peluang bisnis kreatif menjanjikan. Apalagi, tidak semua orang dapat membuat mural dengan hasil yang memuaskan.

Dibutuhkan orang yang cukup ahli dan memahami teknik pembuatan mural di berbagai tempat. Seperti di rumah,  cafe, kantor, atau tempat-tempat umum lainnya.

Selain menyediakan jasa mural, Anda juga bisa mencoba peluang lain seperti jasa kursus untuk yang tertarik belajar membuat mural.

Lampion Hias

Lampion hias dapat Anda jadikan sebagai salah satu dekorasi ruangan atau dekorasi pada acara-acara tertentu. Oleh karena itu bagi Anda yang mempunyai keahlian serta passion membuat lampion hias dapat mencoba peluang satu ini.

Kreasi ini dapat Anda buat dari bahan-bahan bekas, paralon, atau pipa. Mengenai desain lampion, Anda dapat  menerapkan sistem pembuatan custom sehingga customer dapat menentukan sendiri warna serta bentuk lampion kesukaan mereka.

Bantal Karakter

Ide bisnis kerajinan tangan yang cukup menjanjikan lainnya adalah produksi bantal karakter. Dalam hal ini Anda dapat membuat bantal yang biasanya berbentuk kotak, kini dapat Anda kreasikan menjadi bantal karakter.

Selain menjadi alas untuk tidur, bantal ini juga dapat Anda jadikan dekorasi rumah maupun hadiah untuk orang-orang terdekat. Selain itu, Anda juga bisa memakai berbagai bahan dalam pembuatan bantal, yakni sthenolid, axtatex, flannel, atau yelvo.

Daur Ulang Limbah Plastik

Seperti yang kita tahu, bahwa sampah plastik menjadi salah satu masalah yang menyebabkan kerusakan lingkungan. Untuk mengatasi masalah ini Anda memanfaatkan limbah plastik menjadi sesuatu yang bernilai jual.

Apabila Anda olah menjadi kerajinan tangan, maka limbah-limbah tersebut akan memiliki nilai jual yang tinggi. Seperti plastik bekas yang dapat Anda ubah menjadi tikar, payung, tas, ataupun keranjang.

Anyaman Parcel

Tentu setiap dari Anda pasti menyukai apa yang disebut dengan “hadiah”. Hadiah dapat Anda peroleh kapan saja. Ketika berulang tahun, merayakan hari besar keagamaan, pensiun, pindah kantor, dan berbagai acara istimewa lainnya

Namun tahukah Anda bahwa dibalik setiap hadiah tersebut, terdapat orang-orang terampil di belakangnya? Bagi Anda yang gemar akan berkreasi dengan hadiah atau parsel, maka dapat mencobanya untuk Anda jadikan peluang usaha rumahan.

Selain memanfaatkan kemampuan berpikir kreatif pada saat membungkus semua hadiah, Anda juga memperoleh kesempatan langsung menentukan barang-barang seperti apa yang akan ada di dalam hadiah tersebut. Oleh karena itu, Anda pun harus lebih mengenal konsumen dan orang yang akan diberikan hadiah dengan lebih baik.

Ide wirausaha di bidang kerajinan tangan dapat Anda peroleh dari mana saja. Selama Anda terus mengasah kreativitas, pastinya akan ada produk unik bernilai jual tinggi yang dapat Anda hasilkan. Visitpare.com mnyediakan berbagai macam informasi menarik yang Anda butuhkan. Salah satunya adalah ide usaha yang menghasilkan banyak cuan seperti tersebut diatas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.