Fakta dan Informasi Tentang Kampung Inggris Pare

Fakta Tentang Kampung Inggris Pare

Bagi kalian yang akan mengunjungi Kampung Inggris pertama kali, sebaiknya membaca Fakta dan Informasi tentang Kampung Inggris yang ada di Pare Kediri Jawa Timur ini. Apa dan bagaimana sebenarnya Kampung Bahasa Inggris Pare, kapan kelasnya dibuka, lokasinya di mana, seperti apa pembelajarannya,  mari kita baca lebih lanjut Fakta dan Informasi Kampung Inggris Pare  dibawah ini.

  1. Sekilas Kampung Inggris adalah sebuah kampung yang semua masyarakatnya memakai Bahasa Inggris 100%, hal itu tidaklah benar. Fakta hampir 90% penduduk di sini memakai bahasa daerah, yaitu Bahasa Jawa. 10% sisanya adalah para peserta kursusan dan tutor-tutor yang menggunakan Bahasa Inggris di tempat-tempat yang mewajibkan untuk ber-bahasa inggris, seperti di Asrama / Camp English Area dan Kelas. Sedangkan di tempat lain seperti warung, jalan, toko, dan sebagainya tidak ada kewajiban memakai Bahasa Inggris.
  2. Disebut Kampung Inggris Pare, karena di sini banyak berdiri lembaga-lembaga les/kursus. Lebih dari 150 tempat kursus tersebar di dua desa, yaitu Tulungrejo dan Pelem, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri Jawa Timur. BEC adalah lembaga kursus pertama yang berdiri sejak 1977 di Kampung Inggris Pare Kediri, didirikan oleh bapak Kalend Osen. Berawal dari BEC lah Kampung Inggris bisa berkembang seperti sekarang ini. Baca juga: Sejarah Kampung Inggris Pare
  3. Kampung Inggris Pare hanya ada satu di Kediri – Jawa Timur dan tidak membuka cabang. Bila ada kampung inggris – kampung inggris di daerah lain, mereka hanya meniru konsep dan sistem pembelajaran sistem kursus seperti Kampung Inggris Pare ini, atau merupakan alumni dari Pare yang kemudian membuka tempat kursus di daerahnya. Komunitas tempat kursus terbesar dan feel orisinalitas Kampung Inggris tetap berada di Pare Kediri Jawa Timur.
  4. Kampung Inggris juga mempunyai julukan lain, diantaranya adalah Kampung Bahasa dan Kampung Kursusan. Selain bahasa inggris, juga terdapat kursus bahasa lainnya yaitu Bahasa Arab, Bahasa Jepang, Bahasa Korea dan Bahasa Mandarin. Tidak menutup kemungkinan akan muncul kursus bahasa-bahasa asing lainnya di sini.
  5. Para peserta kursus yang datang kesini  rata-rata adalah mereka yang masih nol bahasa inggrisnya, alias masih pemula. Jadi walaupun nantinya ada kewajiban untuk memakai bahasa inggris di asrama/camp/kelas, akan diberikan waktu beberapa hari untuk beradaptasi dan tentunya setelah mendapat materi bahasa inggris di kelas. So tidak perlu kuatir bila tidak bisa bahasa inggris sama sekali. Bagi yang sudah “agak bisa”, pergi kursus ke Kampung Inggris Pare Kediri adalah pilihan yang tepat bagi anda untuk mengasah skill bahasa inggris menjadi lebih baik lagi.

    Informasi-Dasar-Kampung-Inggris-Pare
    Rata-Rata Siswa Datang Ke Kampung Inggris Pare adalah Pemula
  6. Biaya hidup di Kampung Inggris relatif lebih murah jika dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Dengan uang Rp.10.000,- kamu bisa mendapatkan makan beserta minumnya.
  7. Mendaftar kursus sebaiknya dilakukan minimal satu bulan atau jauh-jauh hari sebelum dimulainya tanggal kursus untuk antisipasi penuhnya tempat/kuota.
  8. Kelas dibuka 2x dalam sebulan, sepanjang tahun. Yaitu di tanggal 10 dan tanggal 25 setiap bulannya. Kedua tanggal tersebut biasa dinamakan dengan sebutan Periode Kursus. Kursus Periode 10 akan dimulai tanggal 10 (jika tanggal 10 berada pada hari Senin-Jum’at), jika tanggal 10 berada di hari Sabtu / Minggu maka kursus akan diundur hari Senin. Kecuali BEC Pare, tidak menganut sistem pendaftaran pola 10 & 25.
  9. Dalam 1x pertemuan di kelas adalah berdurasi 90 menit. Sedangkan program camp/asrama rata-rata berdurasi 60 menit. Program di asrama/camp dimulai pukul 05.00 WIB dan malam pukul 20.30 WIB.
  10. Asrama / Camp English Area adalah kawasan wajib berbahasa inggris. Bila kamu tidak mentaati peraturan untuk memakai bahasa inggris, biasanya dikenakan hukuman / punishment berupa denda, atau bentuk lain seperti disuruh menghafal kosakata, menyanyi dengan lagu bahasa inggris, atau bentuk lainnya sesuai kesepakatan. Hal-hal tersebut untuk memacu Anda untuk lebih bersemangat, dan supaya tidak sia-sia dalam belajar bahasa inggris selama di Pare.
  11. Dalam satu kamar di asrama/camp, biasanya diisi antara 4-5 orang. Sedangkan kos ada yang satu kamar diisi 2 orang dan maksimal 3-4 orang.
  12. Asrama Putra dan Putri terpisah, tidak bercampur.
  13. Masing-masing asrama mempunyai seorang tutor pendamping.
  14. Kursus dilaksanakan di hari Senin s.d Jum’at, Sabtu dan Minggu libur. Hari Sabtu dan Minggu lebih banyak digunakan untuk bersantai, bersepeda dan berwisata.
  15. Bandara terdekat dengan Kampung Inggris adalah Bandara Juanda di Surabaya. Bila anda ingin naik pesawat dari manapun asal anda, silahkan mencari tiket dengan tujuan Bandara Juanda Surabaya.
  16. Stasiun terdekat dengan Kampung Inggris adalah Stasiun Kediri dan Stasiun Jombang. Setelah dari Stasiun Kediri atau Jombang, silahkan baca panduan transportasi menuju Pare.
  17. Kampung Inggris terletak di 2 lokasi, yaitu di Ds.Pelem dan Ds.Tulungrejo, Kecamatan Pare – Kabupaten Kediri, Jawa Timur.
  18. Transportasi utama yang digunakan adalah sepeda onthel, jadi setiba di Kampung Inggris bisa menyewa sepeda di tempat penyewaan dengan harga Rp.75.000-Rp.100.000/bulan dengan cukup menyerahkan KTP/SIM/KTM yang masih berlaku.
  19. Bagi kamu yang tidak mau repot mencuci baju, di sekitar camp/asrama/kos dan tempat kursus banyak terdapat Laundry.
  20. Di Kampung Inggris terdapat banyak Masjid dan Mushola. Gereja Katolik juga ada dengan jarak sekitar 2 km dari Kampung Inggris berada di pusat Kecamatan Pare, dan Gereja Kristen Protestan jaraknya sekitar 1 km arah ketimur dari Kampung Inggris. Bagi kawan-kawan yang beragama Hindu, Pura terdekat ada di Desa Kayen dan Desa Tanon Papar berada di sebelah barat-selatan Kampung Inggris Pare. Sedangkan Vihara terdapat di pusat Kota Kediri berjarak 25 Km dari Pare.
  21. Mesin ATM yang ada di area Kampung Inggris antara lain ATM BRI, MANDIRI, JATIM, BNI, dan BCA.
  22. Sarana olah raga seperti lapangan futsal, tempat gym, stadion canda bhirawa dan pemandian juga terdapat di Kampung Inggris.
  23. Sinyal operator rata-rata sudah cukup bagus di Kampung Inggris. Antara lain Indosat, Telkomsel, XL, Axis, Three, dan Smartfren.
  24. Tempat nongkrong seperti cafe dan warung-warung, beberapa sudah banyak yang menyediakan fasilitas free wifi. Bila ingin menikmati kecepatan akses tinggi wifi.id sambil bersantai, kalian bisa mencari di Taman Kilisuci Pare dekat dengan masjid An-Nur Pare.
  25. Rumah sakit terdekat dengan Kampung Inggris adalah RS. Surya Hudasa, RS. Amelia, RSUD Pare dan RS. HVA Tulungrejo.
  26. Tempat wisata terdekat di Kampung Inggris antara lain Candi Surowono, Goa Bawah Tanah Surowono, dan Gunung Kelud Kediri.

Demikian Info dan Fakta Dasar Tentang Kampung Inggris Pare Kediri kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Fakta dan Informasi Tentang Kampung Inggris Pare
5 (99.19%) 246 votes

BERI KOMENTAR

Please enter your comment!
Masukkan nama anda di sini