Biaya dan Jurusan Universitas Sebelas Maret

Apakah kamu lulusan SMA/SMK sederajat yang ingin masuk Universitas Sebelas Maret? Jika iya, maka sebelum mendaftar, ketahui Jurusan Universitas Sebelas Maret terlebih dahulu supaya nantinya tidak merasa salah jurusan di tengah jalan ya!

Informasi Biaya dan Hingga Jurusan Universitas Sebelas Maret

UNS atau lebih sering disebut juga dengan Universitas Sebelas Maret ini merupakan salah satu kampus yang populer di Indonesia.  Maka dari itu tak heran jika banyak lulusan SMA/SMK sederajat yang ingin masuk ke Universitas Sebelas Maret ini.

Bagi kamu salah satu diantara lulusan tersebut, maka kamu wajib untuk mencari-cari informasi mengenai kampus impian kamu ya! Baik dari segi biayanya, beasiswa yang bisa kamu daftarkan, hingga jurusan yang hendak kamu masuki nantinya.

Biaya Perkuliahan di Universitas Sebelas Maret (UNS)

Penasaran dengan biaya kuliah di UNS? Simak artikel lengkap ini ya.

Biaya Masuk Perkuliahan di Universitas Sebelas Maret (UNS)

Nantinya kamu akan terkena biaya masuk perkulihan di Universitas Sebelas Maret  ini menggunakan sistem pembayaran UKT alias Uang Kuliah Tunggal. Di mana biaya UKT yang terbebankan kepada kamu, calon mahasiswa Universitas Sebelas Maret  ini bisa kita bilang relatif terjangkau untuk memperoleh pendidikan yang bagus.

Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Universitas Sebelas Maret tersebut terbagi menjadi 8 kelompok, yang mana biaya yang terbebankan oleh masing-masing program studi atau jurusan tentunya berbeda antara satu sama lain.

Satu hal penting yang perlu kamu ingat yaitu, biaya UKT ini hanya berlaku untuk para calon mahasiswa/mahasiswi yang mendaftarkan diri melalui jalur masuk tanpa tes atau undangan melalui rapot. Di mana biasanya jalur ini kita sebut dengan SNMPTN.

Selain itu, biaya UKT ini juga berlaku untuk calon mahasiswa/mahasiswi yang menempuh jalur SBMPTN atau biasa kita kenal dengan jalur tes tertulis. Nah, di luar ke dua jalur tersebut maka para calon mahasiswa/mahasiswi tersebut akan dikenakann biaya Uang Kuliah Tunggal dan juga SPI, yaitu Sumbangan Pengembangan Institusi.

Beasiswa yang Bisa Kamu Dapatkan di Universitas Sebelas Maret

Jika kamu merasa biaya Uang Kuliah Tunggal maupun Sumbangan Pengembangan Institusi yang wajib tersebut berat, maka jangan khawatir ya! Sebab, kamu bisa mendapatkan keringanan biaya dengan cara mengambil beasiswa pada saat sedang menempuh perkuliahan di Universitas Sebelas Maret.

Di kampus ini ada banyak sekali beasiswa yang bisa kamu dapatkan untuk membantu mengurangi beban ekonomi keluarga demi mengejar pendidikan layanan kok! Maka dari itu, tidak ada alasan lagi untuk tidak mendaftar jurusan yang kamu minati di UNS hanya karena masalah finansial ya!

Beberapa beasiswa yang bisa kamu daftarkan di Universitas Sebelas Maret tak lain yaitu bidikmisi, PPA, Supersemar, BAZNAS, Sariraya Japan, Djarum, Wijaya Karya, Bank Indonesia, Marga Pembangunan Jaya, hingga Rumah Kepemimpinan pun bisa kamu dapatkan.

Di luar beasiswa yang telah kita sebutkan tadi, sebenarnya masih ada banyak sekali yang bisa kamu dapatkan lho! Baik itu dari pihak pemerintah, instansi, perusahaan swasta, dan juga dari kampus sendiri.

Tentunya semua itu bisa kamu dapatkan jika kamu gigih dan juga aktif dalam mencari informasi maupun peluang beasiswa yang ada di Universitas Sebelas Maret  bukan? Dengan begitu, pastinya kamu akan semakin semangat dalam melanjutkan studi di jurusanmu itu.

6 Jurusan Universitas Sebelas Maret yang Paling Banyak Diincar

Berikut ini adalah daftar jurusan universitas sebelas maret yang memiliki banyak peminat.

S1 Jurusan Psikologi di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret

Tahukah kamu bahwa ternyata ada jurusan psikologi dengan jenjang sarjana di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret lho! Dengan kata lain, tidak hanya menyediakan program studi alias jurusan kedokteran saja. Melainkan, Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret ini juga mempelajari ilmu psikologi, menarik bukan?

Hal yang menjadikan jurusan ini unik tak lain yaitu, jika beberapa universitas lain meletakkan jurusan psikologi pada rumpun Sosial dan Hukum, maka beda halnya dengan di Universitas Sebelas Maret yang memasukknya di rumpun saintek.

S1 Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di FSRD Universitas Sebelas Maret

Bagi kamu yang mempunyai jiwa dan otak kreatif, maka jangan segan untuk memasuki jurusan DKV di Fakultas Seni Rupa dan Desain ya! Kamu tidak perlu repot-repot kuliah khusus universitas seni demi menekuni minatmu tersebut.

Sebab, di jurusan Desain Komunikasi dan Visual Universitas Sebelas Maret ini kamu bisa menemukan teman-teman yang pastinya mempunyai hobi yang sama bukan? Maka dari itu, segera daftarkan dirimu di Universitas Sebelas Maret ya!

Ilmu Hukum Jurusan Universitas Sebelas Maret (UNS) Tidak Melulu Belajar Soal Pasal

Kamu bisa terjun di dunia hukum dengan mendaftar di jurusan ilmu hukum Universitas Sebelas Maret. Meskipun ilmu hukum identik dengan belajar pasal-pasal. Tetapi di sini kamu tidak melulu belajar tentang pasal-pasal kok!

Di mana nantinya kamu akan memperdalam pengetahuan tentang hukum perdata, hukum pidana, hukum administrasi negara, hukum acara, dan bahkan hukum internasional. Bahkan menariknya lagi kamu juga akan mempelajari tentang hukum dan kaitannya dengan hubungan manusia.

S1 Jurusan Pendidikan dan Kepelatihan Olahraga di Fakultas Keolahragaan UNS

Jika kamu mempunyai minat dalam bidang olahraga, maka kampus yang satu ini sangat kita rekomendasikan. Hal ini tak lain karena  jurusan yang satu ini sudah terbukti mencetak lulusan atau alumni yang berkualitas dan juga berdayaguna.

S1 Jurusan Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UNS

Sebenarnya di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret ini ada berbagai macam program studi S1 yang banyak diserbu oleh anak-anak IPS. Baik itu Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, dan juga Sosiologi.  Tetapi satu jurusan yang memiliki banyak peminat tak lain yaitu jurusan Ilmu Administrasi Negara.

Biasanya di jurusan ini kamu akan mendapatkan banyak sekali pelajaran mengenai seluk beluk pemerintahan. Tetapi tidak hanya itu, nantinya di jurusan Ilmu Administrasi Negara Universitas Sebelas Maret  ini kamu juga akan belajar mengenai hubungan masyarakat dan juga relasinya.

Tentunya hal tersebut wajib kita pelajari karena masih satu rumpun dengan fakultas sosial. Di sisi lain, untuk bisa masuk di jurusan Ilmu Administrasi negara Universitas Sebelas Maret  ini kamu harus  berjuang sekuat tenaga ya! Sebab ada banyak sekali saingan yang berminat pada jurusan yang satu ini, maka harus kamu menghadapinya dengan gigih ya!

S1 Jurusan Ekonomi Pembangunan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS

Terakhir, salah satu jurusan paling banyak memiliki banyak peminat oleh anak IPS tak lain yaitu ekonomi dan pembangunan. Di jurusan ini nantinya kamu akan memiliki banyak sekali peluang karier yang menjanjikan.

Berdasarkan program studi atau jurusannya, ranah karier yang bisa kamu tempuh begitu luas. Kamu bisa bekerja di beberapa perusahaan swasta, bank, BUMN, maupun organisasi pemerintahan lainnya. Jadi, kamu yang suka itung-itungan wajib mempertimbangkan jurusan yang satu ini untuk ke depannya ya!

Baca Juga: 6 Universitas di Cirebon Terbaik dan Jurusannya

Demikian serangkaian informasi mengenai Universitas Sebelas Maret. Baik itu biaya masuknya, beasiswa yang bisa kamu peroleh nantinya, hingga berbagai macam Jurusan Universitas Sebelas Maret.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *