Pengertian Manuskrip memang menarik untuk dibahas, terlebih bagi yang belum begitu paham dengan makna kata tersebut. Jika ditanya secara singkat mengenai manuskrip kerap menjawab dengan kata lain dari naskah. Jadi manuskrip adalah kata lain dari naskah. 

Namun nyatanya manuskrip manuskrip adalah bukan hanya memiliki makna sesederhana itu. Ada pengertian panjang yang ada di belakangnya menunggu untuk dipahami. Dimana ada hal-hal tertentu yang mendasari apa itu manuskrip. 

Karena itu, di bawah ini nantinya akan dijelaskan mengenai makna dari manuskrip untuk dipahami dan dipelajari. Juga terkuat dengan manfaat apa yang akan didapatkan dari manuskrip ini. Atau berupa contoh-contoh penggunaan kata ini.

pengertian manuskrip

Arti Kata Manuskrip

Pembahasan pertama kali ini adalah mengenai arti atau Pengertian Manuskrip untuk dipahami. Jika sesuai dengan kaidah KBBI, pengertian manuskrip adalah naskah yang berupa tulisan tangan yang menjadi suatu kajian filologi. Atau berupa tulisan tangan maupun ketikan. 

Tulisan tangan bisa dengan menggunakan pensil, pena atau bisa juga berupa ketikan namun bukan cetakan. Manuskrip terdiri dari dua suku kata yakni manu dan skrips. Makna dari kalimat tersebut adalah tulisan tangan. 

Kemudian pengertian lain dari manuskrip adalah suatu naskah atau tulisan yang ada dari sejak dahulu namun masih bertahan hingga saat ini. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa manuskrip ini selalu berhubungan dengan filologi. Apakah sudah tahu makna dari filologi?

Jika belum, perlu diketahui juga, bahwa filologi merupakan penyebutan untuk ilmu yang mempelajari manusia yang berasal dari zaman kuno. Namun, pernyataan sebelumnya terkait dengan manuskrip juga benar. Bahwa manuskrip adalah kata lain dengan naskah. 

Sedang manuskrip dalam bahasa Belanda disebut dengan handschrift menurut Djamaris. Kemudian menurut Darusuprapta bahwa manuskrip merupakan karangan tulisan baik itu adalah karya asli atau hanya berupa salinan. Di mana di dalamnya mengandung tangkai kata-kata. 

Manuskrip juga diartikan sebagai ungkapan dari suatu pikiran dan juga perasaan. Di mana manuskrip ini adalah sebagai bentuk dari hasil budaya yang ada di masa lampau. Dengan kata lain bahwa manuskrip juga bisa diartikan sebagai buku naskah kuno. 

Manuskrip saat ini bisa ditemukan di museum karena memang memiliki usia yang tua. Di Indonesia sendiri ada museum dari Yogyakarta yang menyimpan manuskrip sebagai salah satu koleksinya. Dalam manuskrip ini pun memiliki isi yang cukup beragam. 

Antara lain adalah berupa peradaban yang ada di zaman dahulu, budaya dan juga berbagai sumber yang dianggap penting dalam keberlangsungan manusia. Manuskrip ini biasanya juga dijadikan sebagai sarana penelitian yang berfokus pada filologi. Entah untuk mengambil suatu kesimpulan atau lainnya. 

Bagaimana Kondisi Manuskrip Di Indonesia Pada Saat Ini?

Jika sudah paham dengan Pengertian Manuskrip, mungkin sedikit penasaran dengan keadaan saat ini di Indonesia. Jadi Indonesia sendiri juga punya manuskrip di beberapa museum. Lalu apakah saat ini keadaan manuskrip masih baik-baik saja?

Perlu diketahui, bahwa di Indonesia sendiri memiliki beberapa tempat yang digunakan untuk menyimpan manuskrip. Di mana ada yang dikelola dengan baik namun juga dengan keadaan sebaliknya. Kalau di Jawa umumnya dikelola dengan baik. 

Di Jawa sendiri ada beberapa tempat yang dijadikan sebagai tempat penyimpanan manuskrip. Ada yang di pesantren, keraton hingga museum-museum yang seru dikunjungi oleh banyak orang. Bahkan ada juga yang disimpan di perpustakaan nasional yang ada di jakarta. 

Sedang diluar Jawa manuskrip kurang diperhatikan seperti misalnya di Sumatera Barat relatif. Jadi bila dinilai baik, maka bisa dikatakan tidak, terlebih jika standar nilai yang digunakan dari segi internasional. Meski pada dasarnya sudah diatur dalam undang-undang. 

Dimana banyak masyarakat yang kurang paham dengan makna dari manuskrip ini. Banyak juga yang menganggap bahwa manuskrip sebagai barang yang bersifat sakral. Sehingga diletakkan di tempat yang salah seperti loteng atau sebagainya. 

Hal ini membuat fisik dari manuskrip ini tidak terjaga keamanannya, karena dapat rusak karena terkena udara maupun dimakan oleh hewan. Selain itu peran pemerintah dalam hal ini juga kurang. Hanya kadang memberikan dana untuk digitalisasi namun dengan harga yang sangat murah. 

Ini tentu menjadi nilai buruk untuk mempertahankan atau pemeliharaan manuskrip. Sehingga banyak perguruan tinggi yang bekerja dengan pihak luar negeri. Hal ini bertujuan agar manuskrip dapat terselamatkan dengan baik. 

Apa Manfaat Manuskrip Di Masa Sekarang?

Kemudian dalam pembahasan Pengertian Manuskrip kali ini akan diuraikan juga manfaat yang ada di dalamnya. Jadi manuskrip juga memiliki peran dalam kehidupan di masa sekarang ini. Untuk lebih jelasnya, maka bisa langsung simak ulasannya, berikut:

1. Menjadi Sumber Bahan Bacaan

Salah satu manfaat dari manuskrip untuk kehidupan saat ini adalah sebagai bahan atau sumber bacaan. Dimana manuskrip zaman dahulu sudah mulai diolah dan menjadi bahan bacaan. Tentunya juga berisi tentang kisah zaman dahulu. 

Ada banyak buku yang telah diterbitkan yang didapatkan dari penelitian yang dilakukan dalam manuskrip. Bahkan di sumatera barat juga ada undang-undang adat Minangkabau yang diadaptasi atau berasal dari Tambo. Banyak juga manuskrip yang berisi tentang keagamaan. 

2. Sebagai Objek Penelitian

Ini jika dikatakan sebagai manfaat juga kurang sesuai, namun bagaimanapun manuskrip juga sering dijadikan sebagai objek penelitian. Penelitian ini pun yang pada akhirnya tercipta buku yang dijadikan sumber belajar. Di mana banyak sekali yang bisa dikaji di dalamnya.

Sayangnya banyak pemerintah yang kurang memperhatikan manuskrip ini. Selain itu kecenderungan orang dalam meneliti manuskrip juga semakin berkurang, apalagi di generasi muda. Sehingga pemanfaatan manuskrip di Indonesia sendiri masih kurang maksimal. 

Contoh Penggunaan Kata Manuskrip

Lalu pembahasan berikutnya mengenai Pengertian Manuskrip akan dijelaskan contoh penggunaan kata tersebut. Jadi Manuskrip saat ini digunakan dalam beberapa kalimat. Maka Dari itu kali ini akan diuraikan beberapa kata manuskrip yang tersemat di beberapa kalimat. 

  • Contoh pertama yakni pada kalimat, “manuskrip yang dikaji dalam penelitian ini adalah naskah dari serat Dwikarana.”
  • Kemudian untuk contoh yang kedua adalah pada “Berbagai jenis manuskrip kuno tersimpan rapi di perputaran nasional hingga sonobudoyo.”
  • Lalu contoh yang ketiga adalah “manuskrip-manuskrip Indonesia penting terdahulu kini banyak telah diusung ke luar negeri.”
  • Ada contoh lagi, “Saat ini Sinta sedang mengkaji manuskrip berupa serat Jusuf sebagai bahan untuk skripsinya.”
  • Kamu ditugaskan untuk meneliti aspek kodikologi dari salah satu manuskrip yang ada di museum nasional oleh seorang dosen.
  • Manuskrip banyak digunakan dalam beberapa kalimat yang masih berhubungan dengan naskah kuno ini.

Demikian adalah Pengertian Manuskrip yang harus dipahami. Jadi pernyataan tentang bahwa manuskrip sama dengan naskah adalah benar, hanya saja makanan tak sesederhana itu. Bahwa manuskrip merupakan naskah yang sudah ada sejak zaman dahulu. 

Mengenai manfaat dari manuskrip untuk saat ini juga sudah dijelaskan dengan poin-poin yang memahamkan. Manuskrip memiliki beberapa manfaat salah satunya adalah menjadi sumber dari pengetahuan saat ini. Juga contoh penggunaan kata manuskrip. 

Bagikan: