10 Sekolah Kedinasan Gratis, ini Daftar yang Bisa Dipertimbangkan

Setiap tahunnya, selain menyerbu pendaftaran perguruan tinggi terkemuka, para pelajar mengincar  sekolah kedinasan gratis (sekdis). Pada tahun lalu, ada dua ratus delapan puluh ribu orang pelajar yang mendaftar di kadin. Kelebihan dari PTN, mahasiswa atau taruna sekolah sekdin umumnya tidak membayar biaya pendidikan. Beberapa sekdin bahkan memberi fasilitas asrama, konsumsi, dan seragam gratis.

10 Sekolah Kedinasan Gratis

Setelah lulus dari sekdis, lulusan umumnya tidak perlu berusaha keras mendapatkan pekerjaan karena bisa jadi calon pegawai negeri baik ASN alias Aparatur Sipil Negara atau CPNS. Kadin merupakan sekolah setingkat universitas, bukan di bawah kementrian pendidikan, tapi ada di bawah kementerian tertentu. Perguruan ikatan dinas apa saja yang ada di Indonesia? Simak uraian berikut ini.

1. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

Politeknik Keuangan Negeri dikenal dengan STAN rupanya adalah sekolah kedinasan gratis yang paling terkenal di negeri ini. STAN berada di bawah Kementerian Keuangan Indonesia yang memfokuskan diri pada pendidikan vokasi khusus bidang keuangan. Mulai tahun kemarin, STAN punya tiga program studi pilihan

Pilihan jurusan bisa dipertimbangakan untuk jadi akuntan pada Sektor Publik (jenjang D4), Manajemen Keuangan untuk Negara (jenjang D4), dan Manajemen Kekayaan Publik (D4). Untuk masuk ke STAN diperlukan nilai UNBK siswa. Karena itu perjuangkan dengan serius nilai UNBK kalian.

2. Polstat STIS

Politeknik Statistika STIS adalah sekolah kedinasan gratis yang dinaungi oleh Badan Pusat Statistik. Diketahui Sekolah Tinggi Ilmu Statistik ini memiliki tiga program studi di tahun kemarin, yaitu D3 Ilmu Statistika, D-4 Statistika, dan D4 Komputasi Statistik. Ini tiga program studi yang patut diperhitungkan bagi penyuka angka, data dan kegiatan berhitung.

Lokasi STIS ada di Jakarta Timur. Untuk pendidikan biayanya gratis tetapi untuk mendaftar dan tes dikenakan biaya Rp 300.000.

3. IPDN

Institut bergengsi yang belajar tentang Pemerintahan Dalam Negeri ialah perguruan tinggi yang ada di bawah arahan Kementerian urusan Dalam Negeri dari Republik Indonesia yang mempunyai banyak tempat belajar yang letaknya tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Biaya tes pendaftaran ialah lima puluh ribu rupiah. Pendaftaran bisa dilakukan secara online.

Para pelajar di IPDN disebut dengan Praja. Terdapat tiga fakultas yang difasilitasi oleh IPDN, yaitu Fakultas yang belajar tentang Politik Pemerintahan, fakultas yang mempelajari Manajemen Pemerintahan, dan fakultas Perlindungan Masyarakat.

4. STIN

Diketahui dari namanya, STIN atau Sekolah Tinggi Intelijen Negara termasuk   sekolah kedinasan gratis asuhan Badan Intelijen Negara. BIN menyediakan empat jurusan Strata 1 pada STIN, yaitu jurusan Agen Intelijen, jurusan Teknologi Intelijen, Cyber of Intelligence, dan Ekonomi dari Intelijen.

Ini sekdis yang sangat diminati mereka yang tertarik pada dunia intelijen. Hal menarik lainnya, selama masih tercatat sebagai mahasiswa STIN, para taruna tidak akan dipungut biaya pendidikan dan bahkan akan difasilitasi untuk tinggal di asrama, disediakan konsumsi, serta seragam. Tentu sangat beruntung yang diterima untuk belajar di sekdin ini.

5. STMKG

Tahukan calon pelajar, ada  sekolah kedinasan gratis yang dibimbing Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Ini badan yang jadi sorotan setiap ada bencana alam di tanah air. Sekolah dinas STMKG terletak di Tangerang, Banten. Sekdin ini punya empat program studi D4 yang bisa dipilih, yaitu Geofisika, Meteorologi, Klimatologi serta Instrumentasi.

Untuk belajar di STMKG tidak akan dikenai biaya pendidikan, tetapi pelajar akan diminta membayar keperluan lain seperti seragam. Tentunya sekdis ini tetap menarik untuk belajar.

 6. POLTEK SSN

Politeknik SSN ialah  sekolah kedinasan gratis yang ada di bawah bimbingan Badan Siber dan Sandi Negara. Terdapat tiga program studi yang terdiri dari sistem paket yang mesti ditempuh dan diselesaikan di dalam waktu 8 semester. Program studi yang tersedia, yaitu Rekayasa  dari Kriptografi dan Keamanan Siber serta Rekayasa dari Hardware Kriptografi.

Persyaratan agar bisa diterima haruslah WNI yang percaya pada Tuhan YME, setia dan taat pada dasar negara, NKRI serta UUD 45, lulus SMA jurusan IPA atau SMK jurusan tertentu, punya nilai matematika serta bahasa Inggris semester 4 dan 5 minimal 80, sehat jasmani rohani, tidak bertato, belum menikah, sehat jasmani tidak punya penyakit mental dan bawaan, belum menikah dan membayar biaya seleksi

7. POLTEKIM dan POLTEKIP

Kementerian Hukum sekaligus Hak Asasi Manusia RI menyelenggarakan pendidikan Poltekip dan Poltekim. Terdapat tiga jurusan di Poltekip, yaitu Manajemen dari Pemasyarakatan, Bimbingan dan Teknik Pemasyarakatan. Poto Ketip sendiri adalah singkatan dari Sekolah Kedinasan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan. Lulusannya bergelar S.Tr.Pas  yang akan bertugas di Lapas.

Sementara itu untuk Poltekim (Politeknik Imigrasi), ada empat prodi yang bisa dipilih diantaranya D3 Keimigrasian, D-4 Manajemen Teknologi Keimigrasian, D-4 Administrasi Keimigrasian, dan D4 Hukum Keimigrasian. Lulusan Poltekip tentu bekerja di kantor imigrasi.

8. Sekolah Kedinasan Kemenhub

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menyelenggarakan sekolah kedinasan gratis yang banyak yaitu dua puluh satu sekolah untuk bagi taruna dengan tujuan meluluskan taruna yang ahli di dalam masalah transportasi. Dua puluh satu sekdis tersebut diantaranya ialah Politeknik yang mengatur transportasi darat di Indonesia.

Sekdin lainnya ialah Politeknik Keselamatan dari Transportasi Jalan di Kota Tegal,   Politeknik Penerbangan Medan, Surabaya, Jayapura, Palembang, Makassar dan di berbagai tempat lainnya, juga Politeknik Transportasi Sungai Danau Penyeberangan di Palembang.

9. Akpol

Akpol adalah singkatan dari Akademi Kepolisian Republik Indonesia merupakan sekolah kedinasan gratis berupa akademi bergengsi tempat mencetak lulusan paling baik yang nantinya akan mengamankan NKRI sebagai anggota polisi. Tak hanya itu, Akpol menyediakan website khusus untuk penerimaan siswa. Akpol berlokasi di Kota Semarang.

Di tahun 2022 syarat untuk mendaftar di Akpol baik untuk Bintara dan Tamtama ialah Warga Negara Indonesia yang setia pada NKRI dan Pancasila serta UUD 45. Syarat lainnya: tingkat pendidikan paling rendah adalah SMA atau sederajat, tidak pernah terlibat kasus pidana, umur minimal 18 tahun, berwibawa, adil jujur berkelakuan tidak tercela.

10. Akmil

Hampir mirip Akpol, Akmil atau Akademi Militer Republik Indonesia yang adalah sekolah pendidikan calon tentara Indonesia yang berlokasi di Malang. Akmil menyediakan website resmi untuk pendaftaran calon siswa baru di sekolah kedinasan gratis ini. Bagi yang tertarik menjadi tentara demi mengamankan negara tercinta, coba saja mendaftarkan diri di Akmil.

Seleksi Akmil cukup panjang yaitu memakan waktu tujuh bulan, dan syaratnya ialah WNI, beriman pada Tuhan YME, setia pada NKRI, Pancasila dan UUD 45, usia paling sedikit 17 tahun 9 bulan dan paling banyak 22 tahun. tidak punya catatan kriminalitas yang dirilis Polri, sehat secara jasmani dan rohani, nilai ujian dengan mata pelajaran tertentu memenuhi persyaratan minimal ditunjukkan dengan nilai rapor.

Demikian tadi sepuluh  sekolah kedinasan gratis yang diselenggarakan oleh berbagai kementrian di negeri ini. Tentunya pelajar akan mempertimbangkan sesuai bakat dan peminatan calon siswa. Karena tidak usah membayar biaya pendidikan, masa depan atau pekerjaan sudah terjamin tentunya akan sangat menyenangkan bila diterima di salah satu sekdin. Untuk itu calon siswa harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

 

Rate this post

Tinggalkan komentar