13 Universitas Jurusan Bahasa Inggris di Indonesia Terakreditasi A

13 Universitas Jurusan Bahasa Inggris di Indonesia Terakreditasi A

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang paling utama. Karena itu minat memilih program studi Bahasa Inggris di Perguruan Tinggi baik literatur (jurusan Sastra Inggris) ataupun Pendidikan untuk mengajar Bahasa Inggris masih tinggi. Bagi yang berminat mendaftar, ada baiknya untuk mendaftar di universitas yang jurusan Bahasa Inggrisnya mendapat akreditasi A dari badan akreditasi berwenang.

13 Universitas Jurusan Bahasa Inggris di Indonesia yang Memiliki Akreditasi A

Perbedaan jurusan Sastra dan Pendidikan terletak di materi dan pada pekerjaan setelah lulus. Sastra Bahasa Inggris mempelajari tata bahasa dan sastra (pragmatik ataupun semantik). Setelah lulus banyak berkecimpung di area literasi yaitu penerjemah dan sastrawan. Jurusan Pendidikan belajar tentang manajemen pendidikan, metoda pengajaran bahasa dan kurikulum. Lulusan biasa menjadi guru dan tutor. 

Kamu bisa menggunakan aplikasi penerjemah bahasa inggris.

1. Universitas Gadjah Mada

Menjadi salah satu universitas yang pertama berdiri di Indonesia, UGM khususnya Fakultas Ilmu Budaya menawarkan jurusan bahasa asing Korea, kesusastraan Arab, Sastra negeri matahari terbit Jepang, kesusastraan Perancis dan tentu saja Bahasa Inggris. UGM selalu termasuk universitas jurusan Bahasa Inggris di Indonesia yang recommended dan memiliki banyak peminat setiap tahunnya.

2. Universitas Indonesia

Terletak di ibukota negara DKI Jakarta, Universitas Indonesia jurusan Bahasa Inggris selalu ramai peminat sebab penguasaan bahasa asing pada zaman globalisasi apalagi di ibukota adalah hal wajib. Generasi muda sebaiknya memang menguasai bahasa asing yang dapat membuatnya makin eksis dan memperbesar peluang bekerja di suatu perusahaan.

Jika tertarik mendalami bahasa Inggris, coba saja mendaftar di UI yang jurusan bahasa Inggrisnya dalam naungan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya sudah tidak diragukan kualitasnya. Universitas jurusan Bahasa Inggris di Indonesia  ini juga punya jurusan Bahasa dan Budaya Korea, Sastra Belanda/ Arab/ Cina/ Jepang/ Jerman/ Perancis dan juga Slavia.

3. Universitas Diponegoro

Bila UI serta UGM menawarkan Bahasa dan Kebudayaan Korea sebagai jurusan yang bisa dipilih, Undip di Kota Semarang menawarkan jurusan Bahasa Jepang. Tapi jangan lupakan jurusan  Sastra Inggris di Undip. Undip termasuk universitas jurusan Bahasa Inggris di Indonesia yang akreditasinya bagus.

4. Universitas Sanata Dharma

Sastra Inggris adalah jurusan paling favorit di universitas swasta Sanata Dharma di Yogyakarta. Kualitas pengajaran Bahasa Inggris Sanata Dharma sudah diakui bagus. Berkat jurusan Bahasa Inggris kampus ini bisa menjadi perguruan tinggi swasta yang unggul di Yogyakarta. Program studi Sastra Inggris universitas swasta ini berpredikat A mulai tahun 2015.

5. Universitas Padjadjaran

Di Kota Bandung ada salah satu universitas negeri paling bagus di Indonesia yaitu Unpad. Unpad punya jurusan bahasa asing di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya Unpad. Selain unggul sebagai universitas jurusan Bahasa Inggris di Indonesia, Unpad menawarkan jurusan bahasa luar negeri yaitu Bahasa dan Sastra Perancis/ Jepang,/ Rusia/ Jerman dan tidak ketinggalan Sastra Arab.

6. Universitas Bunda Mulia

Nama baik Universitas Bunda Mulia terutama di bidang sastra tidak bisa kita ragukan lagi. Kampus Universitas Bunda Mulia yang lokasinya di daerah Pademangan, Jakarta bagian Utara ini menitikberatkan di bidang budaya dan juga bahasa selain ilmu komunikasi, ilmu manajemen, dan  yang berhubungan dengan teknologi informasi.

Prodi Sastra Inggris universitas swasta ini berpredikat A pada 2018. Para mahasiswanya memiliki puluhan prestasi tingkat nasional dan internasional dalam lomba Bahasa Inggris.

7. Universitas Sumatera Utara

Di  Pulau Sumatera ada Fakultas Ilmu Budaya di USU Medan yang termasuk universitas jurusan Bahasa Inggris di Indonesia yang terkemuka.  USU sendiri selain prodi Bahasa Inggris menawarkan berbagai jurusan bahasa yaitu Sastra Arab, Jepang dan Tiongkok. USU adalah kiblat bagi calon mahasiswa di Sumatera Utara yang ingin mempelajari Bahasa Inggris.

8. Universitas Bina Nusantara

Memiliki cap sebagai universitas swasta paling unggul di tanah air, Binus senantiasa memperkuat jurusan Sastra Inggrisnya.  Prodi ini akhirnya mengantongi peringkat A dari badan pemberi peringkat Perguruan Tinggi pada tahun 2016.

Ini sangat berarti bagi Binus yang memiliki beberapa jurusan internasional dengan banyak mahasiswa berkewarganegaraan asing dari luar negeri yang belajar di jurusan internasional Binus. Binus sendiri memiliki beberapa kampus yang tersebar di area Jabodetabek dan Kota Malang Jawa Timur.

9. Universitas Dian Nuswantoro

Di Jawa Tengah salah satu universitas swasta unggulan yang terletak di Kota Semarang ialah Dian Nuswantoro. Universitas ini tidak cuma unggul pada bidang komputer dan teknologi informasi, program studi Literatur Inggris pada kampus swasta ini juga terbilang baik. Badan akreditasi di tahun 2017, merilis peringkat A pada Sastra Inggris dari Universitas Dinus ini.

10. Universitas Airlangga

Beralih ke Kota Surabaya Jawa Timur, kota pahlawan ini juga punya universitas jurusan Bahasa Inggris di Indonesia yang berakreditasi A. Fakultas Ilmu Budaya dari Unair, sejatinya hanya punya dua jurusan bahasa yaitu jurusan Sastra Jepang selain Sastra Inggris. Tapi ini bukan alasan yang menyurutkan minat calon mahasiswa untuk mendaftar jurusan Bahasa Inggris di Unair.

11. Universitas Brawijaya

Tetap ada di Jawa Timur, Unibraw alias Universitas Brawijaya juga bisa termasuk universitas jurusan Bahasa Inggris di Indonesia yang punya akreditasi baik. Selain mempelajari Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Budaya Unibraw juga punya beberapa jurusan bahasa asing lain. Sastra Jepang, Sastra Tiongkok, Bahasa dan Sastra Perancis serta Pendidikan Bahasa Inggris, dan juga  Pendidikan Bahasa Jepang layak kita pertimbangkan.

12. Universitas Gunadarma

Universitas jurusan Bahasa Inggris di Indonesia swasta lain yang patut kita pertimbangkan ialah Universitas Gunadarma. Program Studi Sastra Inggris dari universitas yang terletak di Jakarta ini juga punya akreditasi A. Prodi Bahasa Inggris ini terletak di gedung utama yang berlokasi di Beji, Depok.

Selain gedung utama di Beji itu, Universitas Gunadarma masih punya empat belas gedung kuliah lain yang tersebar di daerah Jabodetabek. Walau termasuk universitas swasta Universitas Gunadarma tidak mengenakan uang kuliah yang sangat mahal dibandingkan dengan universitas swasta lainnya.

13. Universitas Teknologi Yogyakarta

Banyak yang beranggapan julukan Kota Pelajar pantas melekat pada Kota Yogyakarta. Kota ini telah menjadi lokasi begitu banyak perguruan tinggi baik institut atau universitas berkualitas bagus di Indonesia. Terdapat tiga kampus swasta di Yogyakarta yang punya prodi Sastra Inggris dengan akreditasi A termasuk Universitas Teknologi Yogyakarta.

Meski sejatinya lebih bisa dianggap kampus dengan banyak jurusan teknik, ternyata program studi Sastra Inggris Universitas Teknologi Yogyakarta ini mampu mendapat predikat akreditasi A dari BAN-PT pada empat tahun yang lalu. Ini adalah suatu pencapaian membanggakan dari Perguruan Tinggi ini.

Demikian tadi tiga belas universitas jurusan Bahasa Inggris di Indonesia yang memiliki akreditasi A. Dari daftar 13 universitas di atas ada tujuh universitas negeri dan enam universitas swasta dengan kota lokasi universitas. Bagi yang berminat memperdalam level penguasa Bahasa Inggris sekaligus berkarir menggunakan kemampuan bahasa ini boleh mendaftar dan mempertimbangkan salah satu universitas di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *