Universitas Luar Negeri Yang Menyediakan Beasiswa S1 Full

Universitas Luar Negeri Yang Menyediakan Beasiswa S1 Full

Artikel kali ini akan membahas mengenai Universitas Luar Negeri Yang Menyediakan Beasiswa S1 Full.

Melanjutkan kuliah ke luar negeri merupakan impian dari sebagian pelajar Indonesia. Bukan karena adu gengsi semata, tapi universitas di luar negeri memiliki predikat dan jauh lebih bagus daripada Universitas dalam negeri. Tetapi sebagian besar mahasiswa tersebut akan menghadapi salah satu benteng terkuat untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri yaitu biaya yang amat besar.

Ketika menghadapi masalah tersebut, Anda jangan pernah berpikir untuk menyerah. Akan selalu ada ratusan jalan menuju Roma. Artinya, carilah jalan alternatif seperti beasiswa. Anda dapat mencari informasi mengenai universitas luar negeri yang menyediakan beasiswa full untuk S1 seperti yang akan kami jabarkan pada artikel kali ini.

Siapkan Ini Sebelum Sekolah Ke Luar Negeri

siapkan ini untuk Universitas Luar Negeri Yang Menyediakan Beasiswa S1 Full

Sama seperti halnya ketika Anda pergi ke sekolah lokal. Anda perlu menyiapkan buku, menggunakan seragam, bahkan Anda perlu mendaftarkan diri Anda untuk sekolah dan tentunya Anda harus memiliki kualifikasi yang sesuai.

Anda pun harus mempersiapkan syarat awal agar dapat berkuliah ke luar negeri.

1. Kemampuan Bahasa Inggris dan Bahasa Negara Lokal

Hampir semua universitas di luar negeri mewajibkan siswanya memiliki sertifikat TOEFL atau pun sejenisnya. Sertifikat tersebut berguna sebagai jaminan bahwa pelajar tersebut dapat berkomunikasi dengan guru maupun teman kampusnya.

Selain itu, jika Anda berniat pergi ke negara dengan bahasa utamanya bukan bahasa Inggris maka Anda memerlukan sertifikat bahasa negara tersebut. Contohnya, jika Anda ke Jepang Anda membutuhkan sertifikat bahasa Jepang level minimal N3.

Bagaimana jika Anda tidak mempunyai sertifikat tersebut ? sayangnya Anda harus memilikinya. Walaupun tidak semua mewajibkan, namun jika Anda tidak bisa berbahasa mereka Anda akan mengalami berbagai kesulitan baik ketika belajar atau pun ketika Anda bersosialisasi di luar seperti belanja.

2. Mental Yang Kuat

Anda bersekolah ke luar negeri bukan untuk bersenang-senang, justru akan banyak sekali tantangan yang akan Anda hadapi. Oleh sebab itu, Anda harus mempunyai mental yang kuat.

Mungkin ketika Anda pertama kali menginjakkan kaki di negara tujuan, Anda akan merasa sangat bahagia. Namun, hal itu akan terasa sesaat karena Anda secara normal akan mengalami fase Cultural shock. Anda akan mulai mengingat rumah, rindu akan keluarga, dan mulai merasa tidak nyaman di negara tersebut.

Walaupun proses ini adalah proses yang wajar ketika Anda berada di lingkungan yang baru. Untuk detailnya Anda bisa membaca artikel kami yang berjudul cara mengatasi Cultural shock agar Anda mengetahui bagaimana cara yang benar dan cepat untuk menghadapi cultural shock tersebut.

3. Aktif Organisasi dan Lomba

Salah satu penilaian dari pihak universitas luar negeri adalah keterlibatan Anda dalam berbagai event dan lomba. Mereka akan sangat menghargai jika Anda adalah orang yang suka bersaing, bersosialisasi, dan berprestasi

Oleh sebab itu, jika Anda saat ini masih sekolah SMA berjuanglah untuk mengumpulkan sertifikat tersebut atau sering-seringlah Anda mengikuti suatu organisasi, mengikuti perlombaan atau pun event-event dalam seminar.

4. Modal

Walaupun saat ini Anda mengincar biaya sekolah gratis dan mencari universitas luar negeri yang menyediakan beasiswa S1 full. Bukan berarti Anda tidak akan mengeluarkan uang dalam prosesnya, seperti yang kami infokan sebelumnya Anda perlu menyiapkan berbagai biaya seperti biaya untuk mendaftar tes sertifikat TOEFL atau IELTS, Anda perlu menyiapkan uang transportasi, mengurus berbagai sertifikat, Anda perlu uang untuk fotokopi dan mungkin keperluan lain yang nantinya pasti Anda keluarkan dalam proses pendaftaran sekolah ke luar negeri.

Universitas Luar Negeri Yang Menyediakan Beasiswa S1 Full

Universitas Luar Negeri Yang Menyediakan Beasiswa S1 Full

Lanjut pada pembahasan universitas luar negeri yang menyediakan beasiswa S1 full.

1. Universitas Griffith, Australia

Bagi Anda pelajar yang ingin melanjutkan kuliah S1 ke Australia maka Anda dapat memilih Universitas Griffith sebagai salah satu tujuannya. Terlebih, Universitas Griffith menyediakan beasiswa untuk warga luar secara menyeluruh alias full.

Universitas griffith merupakan universitas yang memasuki 2 persen universitas top secara global dengan lebih dari 50 ribu pelajar yang masih bersekolah maupun sudah lulus dari universitas tersebut.

Universitas ini memiliki lebih dari 600 beasiswa dan kita dapat mendaftar lebih dari 1 beasiswa sekali daftar.

Kebanyakan, beasiswa yang ditawarkan oleh universitas griffith berasal dari luar. Oleh sebab itu, Anda harus memilah sendiri beasiswa yang mana yang cocok dengan kebutuhan Anda. Anda dapat mengunjugi website beasiswa universitas griffith.

2. Victoria University of Wellington

Pada pilihan ke-2 bagi Anda pelajar yang ingin melanjutkan studi kuliah di New Zealand dengan beasiswa full. Victoria University of Wellington dapat menjadi salah satu pilihan yang dapat Anda targetkan.

Universitas ini menyediakan puluhan beasiswa salah satunya adalah beasiswa New Zealand International Student Grant. Total beassiswa yang Anda dapatkan setara hampir 100 juta rupiah. Hanya saja, untuk beasiswa pada universitas Victoria, kami tidak mendapatkan info apakah beasiswa tersebut memberikan tunjungan hidup untuk para penerima beasiswa.

3. Universitas College London

Ini adalah universitas untuk Anda yang ingin melanjutkan kuliah ke Inggris. Universitas college London merupakan Universitas nomor 1 di Inggris untuk bagian riset streght. Universitas ini menyediakan beasiswa untuk program S1, S2, dan juga S3.

Sayangnya, kami tidak menemukan beasiswa yang memberikan tunjangan hidup untuk Anda. Mereka hanya membiayain Anda untuk biaya universitas saja.

5 Beasiswa Universitas Luar Negeri Yang Menyediakan S1 Full (Pihak Eksternal)

5 Beasiswa Universitas Luar Negeri Yang Menyediakan S1 Full (Pihak Eksternal)

Terdapat banyak universitas luar negeri yang menyediakan beasiswa s1 full.

Sebenarnya, jika Anda mencari dan mengunjungi website Universitas baik lokal atau pun juga luar negeri, akan selalu tersedia beasiswa full yang ditunjukkan bagi para calon mahasiswa ataupun mahasiswi luar negara.

Jadi Anda dapat mencari informasi beasiswa yang disediakan oleh sekolah secara langsung melalui website resmi mereka. Akan tetapi, beasiswa dari universitas kebanyakan hanya menyediakan gratis biaya untuk masuk sekolah hingga lulus. Dan tidak memberikan uang tunjangan untuk bertahan hidup disana.

Sehingga bagi Anda yang ingin bersekolah di luar negeri, Anda harus tetap mempunyai modal untuk tinggal di luar negeri. Tentunya bukan beasiswa sekolah itu yang Anda inginkan.

Ketika Anda mencari Universitas luar negeri yang menyediakan beasiswa S1 full. Tentunya Anda mencari beasiswa sekolah yang memang menyediakan juga biaya tunjangan hidup untuk Anda. Oleh sebab itu, kami akan memberitahukan kepada Anda 5 beasiwa universitas luar negeri yang menyediakan s1 full.

1. Monbukagakusho, Jepang

Beasiswa ini berasal dari pemerintah Jepang bagi Anda pelajar yang ingin melanjutkan sekolah di negara Jepang. Beasiswa ini sangatlah terkenal dan menjadi beasiswa utama yang menjadi incaran seluruh calon pelajar yang ingin pergi ke Jepang.

Untuk mendapatkan beasiswa ini Anda tidak haruslah fasih dalam berbahasa Jepang. Tetapi lebih baik Anda mengetahui dasar dari bahasa Jepang. Karena para pemegang atau pemenang beasiswa ini akan mendapatkan program bahasa sebelum berangkat ke negara Jepang. Tentunya, akan menjadi nilai lebih jika Anda bisa berbahasa Jepang.

Untuk para pelajar yang ingin melanjutkan S1, hal yang perlu Anda siapkan pertama adalah memastikan bahwa Anda telah lulus SMA atau memiliki surat keterangan lulus jika ijazah belum keluar. Kemudian, usia Anda tidak lebih dari umur 24 tahun.

Sehingga, bagi Anda yang sebelumnya pernah gagal mencoba mendapatkan beasiswa ini atau sebelumnya Anda bekerja sehingga belum Kuliah selama umur anda belum 25 tahun maka Anda dapat mencoba terus mendaftar beasiswa ini.

Berikut syarat mombukagakusho:

  • Sudah lulus SMA/Sederajat
  • Maksimal umur 24 tahun (program S1)
  • Mengirimkan dokumen secara lengkap (lihat website kedutaan Jepang)

Apakah beasiswa ini juga membutuhkan sertifikat bahasa Inggris ? Sebetulnya beasiwa ini tidak membutuhkan, namun akan menjadi suatu nilai tambahan jika Anda memilikinya.

Beasiswa ini bukan hanya terdiri untuk Anda yang ingin S1, tapi tersedia juga untuk D3, S2, dan juga S3.

Apa saja yang Anda dapatkan pada beasiswa monbukagakusho ?

Beasiwa ini benar-benar menutupi seluruh biaya Anda, bukan hanya biaya sekolah tetapi juga tunjangan selama hidup disana lebih dari 15 juta perbulannya. Selain itu, Anda pun akan mendapatkan tiket pesawat pulang pergi, Anda tidak perlu repot untuk mengurus biaya visa pelajar. Dan hebatnya biasiswa ini tidak mengikat Anda, sehingga Anda bebas bekerja dimana saja setelah lulus.

Berikut ringkasan manfaat beasiswa mombukagakusho:

  • Uang tunjangan lebih dari 15jt/ bulan
  • Tiket pesawat pulang pergi Jepang Indonesia
  • Gratis biaya visa pelajar
  • Beasiswa tidak mengikat

2. Beasiswa Mitsui Bussan, Jepang

Sama seperti beasiswa mombukagakusho, ini adalah beasiswa bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi ke Jepang. Dan merupakan beasiswa terfavorit nomor 2 bagi pelajar yang ingin pergi ke Jepang.

Beasiswa ini ditujukan bagi warga negara Indonesia yang berumur kurang dari 20 tahun, belum pernah menikah, dan bersedia untuk tidak menikah selama masa penerimaan beasiswa.

Masa penerimaan beasiswa Mitsui Bussan adalah selama 5 tahun yang mana Anda akan mendapatkan pelatihan bahasa Jepang dan juga 4 tahun belajar di perkuliahan.

Yang Anda dapatkan ketika mendapatkan beasiswa ini adalah tunjangan hidup lebih dari 18 juta per bulannya, mendapatkan tiket pesawat pulang pergi, lalu mendapatkan tunjangan Ketika Anda baru datang ke Jepang sebesar kurang lebih 5 juta, dan semua biaya sekolah Anda akan mereka tanggung.

Apakah beasiswa ini membutuhkan sertifikasi bahasa Inggris seperti sertifikat TOEFL ?

Setahu kami Beasiswa ini tidak membutuhkannya. Namun, jika Anda memilikinya maka itu menjadi nilai tambahan untuk Anda. Sehingga, memperbesar peluang Anda diterima oleh beasiswa ini.

3. Beasiswa Turki Burslari

Jika Anda mempunyai impian untuk melanjutkan kuliah ke negara Turki, maka beasiswa ini adalah jawaban yang tepat untuk Anda. Ini adalah beasiswa untuk Anda yang ingin melanjutkan kuliah S1, S2, dan S3 di negara Turki.

Ketika Anda mendaftar sekolah ini, Anda dapat memilih sekitar lebih dari 10 universitas. Namun, Anda akan ditempatkan tergantung dari nilai tes yang Anda dapatkan.

Proses seleksi beasiswa ini pun sama halnya dengan beasiswa lainnya. Pertama adalah seleksi dokumen. Maka pastikan Anda menyiapkan dokumen yang diminta benar-benar sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Anda dapat mencari info dokumen yang perlu disiapkan melalui website resmi kedutaan turki di Indonesia.

Apa saja yang Anda dapatkan ketika menerima beasiswa Turki burslari?

Yang jelas Anda mendapatkan uang bulanan, uang kuliah, tiket penerbangan pulang pergi, mendapatkan asuransi kesehatan, dan mendapatkan akomodasi tinggal. Kemudian, Anda pun akan diberikan kursus bahasa Turki selama 1 tahun.

Walaupun negara Turki bukanlah tujuan utama para pelajar Indoneisa untuk melanjutkan kuliah. Akan tetapi, Anda tidak bisa meremehkan proses selekasi. Akan banyak sekali pesaing yang mendaftar untuk mendapatkan beasiswa ini.

Oleh sebab itu Anda perlu mempersiapkan semuanya dengan matang.

4. Beasiswa Brunei Darussalam

Untuk Anda yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri namun Anda ingin pergi ke negara yang masih memiliki kebudayaan melayu, maka negara Brunei adalah pilihannya. Anda dapat mendaftarkan beasiswa melalui kedutaan Brunei di Indonesia.

Kelebihan dari beasiswa ini selain menutupi segala biaya sekolah. Anda pun akan mendapatkan biaya akomodasi tinggal. Selain itu, dikarenakan bahasa Brunei adalah bahasa Melayu dan budaya Brunei pun masih dekat dengan budaya Melayu, maka lebih mudah bagi Anda untuk menyesuaikan diri.

Apa saja yang Anda dapatkan jika mendapatkan beasiswa Brunei Darussalam ?

  • Gratis biaya kuliah hingga lulus
  • Mendapatkan tiket pulang pergi Indonesia-Brunei
  • Anda mendapatkan biaya bagasi untuk penerbangan
  • Mendapatkan uang tunjangan tiap bulannya
  • Ada tunjangan biaya makan
  • Mendapat biaya tunjangan buku tahunan
  • Akomodasi tempat tinggal di asrama universitas atau tempat tinggal di luar asrama
  • Asuransi kesehatan

Syarat mendapatkan beasiswa ini pun lebih mudah jika kita bandingkan dengan persyaratan beasiswa lainnya. Syarat yang pertama yaitu wajib warga negara ASEAN, sehingga saingan kita hanya ada di 10 negara ASEAN saja.

  • Pendaftar berusia minimal 18 tahun dan maksimal umur 25 tahun
  • Kemudian Anda harus mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Dan jika Anda mempunyai nilai TOEFL akan menjadi nilai lebih untuk mendapatkan beasiswa ini. Namun, beasiswa ini pun memberikan beberapa larangan yang tidak boleh Anda langgar seperti,

  • Tidak diperbolehkannya membawa keluarga.
  • Tidak boleh mendapatkan beasiswa lainnya jadi hanya boleh satu saja atau bisa jika ada persetujuan dari pemerintah Brunei
  • Kemudian tidak seperti beasiswa mombukagusho ataupun Mitsui untuk ke Jepang. Anda tidak boleh melakukan kerja Part Time/ paruh waktu.
  • Ketika Anda selesai masa studi di negara tersebut, Anda diharapkan segera Langsung kembali ke negara asal

5. Beasiswa K-Art, Korea

Bagi Anda mahasiswa atau pelajar yang mempunyai background seni dan ingin melanjutkan kuliahnya ke luar negeri khususnya Korea Selatan. Anda dapat memilih beasiswa K-ART yaitu beasiswa Art Mayor Asian Plus untuk melanjutkan studi di Universitas Nasional Korea jurusan kesenian.

Jurusan dari universitas ini cukup banyak mulai dari musik vokal, musik instrumen, akting, directing, desain, teater, pembuatan film, broadcast, multimedia, animasi, tari, dan banyak lainnya.

Anda dapat mencari informasi jurusan di website resmi Korea National University of arts. Beasiswa ini memberikan Anda biaya kuliah gratis, tunjangan bulanan lebih dari 10 juta rupiah, dan asuransi kesehatan khusus pelajar. Selain itu, Anda pun akan belajar bahasa Korea sebelum Anda berangkat ke negara tersebut.

Syarat beasiswa ini adalah bagi pelajar yang mempunyai pendapatan rendah-menengah, sudah menyelesaikan SMA sederajat, memenuhi kualifikasi bahasa Korea yang ditetapkan departemen yang ingin ia masuki, mempunyai bakat dan keterampilan sesuai jurusan yang ia daftarkan.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai universitas luar negeri yang menyediakan beasiswa s1 full. Anda perlu terus memperbaruhui informasi beasiswa ini, karena tiap tahunnya mereka merevisi persyaratan atau pun hak penerima. Anda dapat mencari informasi terbaru melalui website resmi yang mereka sediakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.