Kampung Inggris Pare
Beranda Tempat Wisata Tenangkan Pikiran  di Air Terjun Jeruk Klenteng Ponorogo

Tenangkan Pikiran  di Air Terjun Jeruk Klenteng Ponorogo

Setiap orang pasti pernah merasa suntuk, bosan, jenuh dan sebagainya. Alternatif yang bisa orang tempuh untuk atasi hal itu yakni berlibur di tempat tertentu. Tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat momen libur atau akhir pekan yaitu air terjun Jeruk Klenteng asal kota Reog yakni Ponorogo.

Mengenal Lebih Dekat dengan Air Terjun Jeruk Klenteng

Mengenal Lebih Dekat dengan Air Terjun Jeruk Klenteng
Source : https://1.bp.blogspot.com/

Curug ini termasuk salah satu destinasi tersembunyi dengan pesona alam tidak bisa orang ragukan lagi. Air jernih mampu membuat pikiran tengah banyak masalah seketika hilang kemudian lebih tenang. Momen setelah ujian atau semester tempat ini kerap jadi tujuan para wisatawan luar daerah.

Anggapan bahwa tempat selalu tenangkan jiwa dan raga yakni adanya air jernih dengan suara khas sehingga membuat hati tampak santai. Tidak jarang banyak wisatawan enggan pulan dan masih ingin nikmati pesona curuk jeruk dengan cara berkemah atau menyewa jasa penginapan terdekat.

Lokasi yang cukup jauh dari jangkauan kehidupan membuat suasana masih sangat asri. Poin itulah yang buat pengunjung kerap kali merasa terkesima, pemandangan alam sekitar Curug membuat mata tidak akan bisa saat melihatnya. Bosan dengan suasana penuh asap kendaraan bisa teratasi di sini.

Pesona Air Terjun Jeruk Klenteng

Pesona
Source : https://4.bp.blogspot.com/

Keindahan alam di air terjun jeruk memang membuat siapa saja pasti terkesima. Area bawah grojokan terdapat sebuah Kedung atau sendang dengan air bewarna jernih. Menariknya air terjun kerap kali memiliki mitos bahwa pada Kedung mampu tembuskan dengan laut atau pantai selatan.

Belum ada bukti akurat terkait hal itu, tapi pastikan Anda selalu menjaga tutur kata dan bertingkah laku selama berada di lokasi. Air terjun Jeruk Klenteng terbilang unik lantaran meski letaknya agak plosok namun jumlah wisatawan selalu banyak dan melimpah terutama saat menjelang hari libur.

Selengkapnya >> Wisata Ponorogo Terbaru

Keramaian saat liburan menjadi berkah bagi warga sekitar. Terbukti hal itu bisa warga manfaatkan sebagai sarana untuk tingkatan perekonomian pasca pandemi. Mayoritas warga sekitar wisata memanfaatkan untuk tawarkan layanan jasa dan barang sebagai oleh-oleh pulang khas curuk jeruk.

Rute Perjalanan Air Terjun Jeruk Klenteng

Rute Perjalanan
Source : https://i.ytimg.com/

Pengunjung yang ingin datang, berasal dari pusat Ponorogo bisa menuju arah kiri. Lokasi bisa terdeteksi melalui google maps. Anda akan menghabiskan waktu sekitar 40 menit untuk sampai di lokasi dengan menggunakan motor ataupun mobil. Bingung belum temukan rute bisa gunakan map.

Curug klenteng terdeteksi oleh google map jadi pengunjung tidak perlu bingung lagi. Tergolong terpencil tapi akses jalan sudah cukup mewadahi. Mayoritas pengunjung yang datang hari libur bersama rombongan keluarga jadi lebih ramai. Jarak dari pusat kota Ponorogo sekitar 25 KM/ Jam.

Baca Juga : Wisata Bale Bombong Ponorogo

Kecepatan dan jarak tempuh tergantung dengan sopir yang mengemudi. Pastikan untuk tetap hati-hati agar tiba di air terjun jeruk klenteng dengan keadaan selamat. Akses jalan mudah terkadang membuat orang lalai untuk tetap berhati-hati dalam berkendara mengingat saat ini musim hujan.

Sekilas Informasi Air Terjun Jeruk Klenteng

Sekilas Informasi Air Terjun Jeruk Klenteng
Source : https://imgcdn.solopos.com/

Air Terjun  kerap ramai meski terletak di area terpencil kerap mengundang berbagai pertanyaan dari publik. Informasi terkait dengan air terjun terkadang memang ornag butuhkan terlebih sebelum datang untuk berkunjung. Berikut ini informasi secara umum tentang grojokan  klenteng:

  • Alamat: Ds. Tumpuk Kec. Sawo Kab. Ponorogo
  • Jam buka: Setiap hari selama 24 Jam
  • Harga tiket masuk: Gratis

Lokasi Wisata di Google Maps >> https://goo.gl/maps/bTbxvQwEPtdLKALo9

Daya Tarik Curug Klenteng Air Terjun Jeruk Klenteng

Daya Tarik Curug Klenteng Air Terjun Jeruk Klenteng
Source : https://tempatwisataseru.com/

Pengunjung yang tiba di lokasi pasti akan terpukau bahkan merasakan kepuasan batin tersendiri. Daya tarik grojokan tidak bisa Anda pungkiri lagi. Mayoritas pengunjung dapat saksikan keindahan maksimal saat pagi hari. Berikut ini daya tarik unggulan pada Curug klenteng:

1. Air Bewarna Jernih

Letak terpencil dan berada di perdesaan membuat air terlihat bersih dan tidak.adanya pencemaran lingkungan sekitar. Air yang bersih dan bewarna jernih membuat wisatawan merasa senang ketika berkunjung khususnya saat menginginkan untuk berenang pada sendang atau Kedung bawah Curug.

Pengunjung akan manfaatkan air untuk minum, bermain, bahkan berenang. Air jernih dan bersih sudah terjamin tidak timbulkan efek samping seperti gatal-gatal. Anak kecil juga boleh mencoba wahana air karena kedalaman cukup dangkal sehingga tidak bahaya selagi ada pengawasan.

2. Apitan Dua Tebing Menjulang Tinggi

Suasana mungkin agak redup jika wisatawan berada di Curug. Hal ini sebenarnya terjadi karena adanya tebing yang menjulang tinggi mengapit air terjun. Keberadaan tebing mampu buat Curug bersuasana asri dan nyaman. Menjelang musim kemarau tempat ini asri dan dingin.

Baca Juga : Wisata Gunung Bobrok Ponorogo

Apitan dua tebing membuat momen liburan semakin menyenangkan lantaran udara terasa sejuk. Menariknya hampir semua pengunjung akan manfaatkan bawah tebing untuk fotografi. Tidak jarang juga ada wisatawan yang naik ke atas tebing untuk meluncur sebelum renang di sendang.

3. Sebutan Beragam

Anda yang berasal dari luar kota terkadang bingung cari rute karena sebutan banyak. Sebutan paling familiar yaitu air Terjun Klenteng. Tidak jarang orang kesulitan dalam menemukan keberadaan lokasi air terjun jeruk klenteng. Menariknya orang lokal akan menyebut destinasi sebagai air terjun tumpuk.

Alasan sebutan tersebut yakni berada di desa tumpuk. Mayoritas pengunjung akan memanfaatkan keberadaan internet untuk gali lebih detail terkait informasi wisata ini. Rute menuju lokasi membuat Anda akan jumpai keindahan alam sekitar mulai dari hutan, hamparan sawah dan ladang warga.

4. Dukung Camping

Belum puas menikmati suasana keindahan dalam satu hari bisa teratasi jika Anda melakukan kemah. Area kemah tidak jauh dari Curug sehingga bisa menikmati keindahan secara maksimal. Kebanyakan pengunjung akan lakukan momen ini saat liburan panjang dengan keluarga atau kerabat terdekat.

Persiapan untuk camping tidak begitu banyak, pasalnya daerah menuju lokasi terdapat layanan beragam. Layanan seperti toko, warung, cukup mudah untuk membantu kebutuhan selama berlibur. Anda yang ingin memakai penginapan sebenarnya juga bisa tetapi jarak lumayan jauh.

Kegiatan Pengunjung Air Terjun Jeruk Klenteng

Kegiatan Pengunjung Air Terjun Jeruk Klenteng
Source : https://1.bp.blogspot.com/

Liburan akan semakin berkesan jika sambil melakukan beberapa aktivitas. Kegiatan selama kunjungi air terjun akan ciptakan momen seru dan menambah pengalaman. Kegiatan Pengunjung selama di Curug meliputi beberapa hal seperti di bawah ini:

1. Trekking

Penjelajahan dengan berjalan kaki menuju lokasi dan jarak tertentu membuat momen terisi lebih bermanfaat. Trekking memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh dan otot. Rata-rata orang lanjut usia akan melakukan trekking sebagai salah satu pencegahan terhadap beberapa penyakit.

2. Renang

Kedung atau sendang yang memiliki air bersih juga jernih kerap wisatawan manfaatkan untuk ciblon. Renang di Kedung ciptakan sensasi berbeda lantaran air lebih dingin dan udara sangat mendukung sehingga menimbulkan perasaan tenang. Anda yang belum bisa renang dapat tetap main air.

3. Camping

Remaja perkotaan dalam manfaatkan waktu luang kerap melakukan berbagai aktivitas seru seperti kemah. Perkemahan membuat Anda bisa nikmati grojokan dalam kurun waktu atau jangka lebih panjang.

Berwisata di alam terbuka memang memberikan banyak manfaat bagi seseorang salah satunya yaitu menenangkan pikiran. Banyak destinasi di Ponorogo untuk alternatif saat liburan terutama bernuansa alam terbuka seperti Air Terjun Jeruk Klenteng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan