Siapa yang mengira apabila Kota Mojokerto ini memiliki banyak sekali destinasi wisata situs bersejarah. Terdapat salah satu tempat rekreasi dan harus masuk ke dalam list kunjungan Anda yaitu Candi Kesiman. Lalu seperti apa ya lokasi liburan satu ini?.

Sekilas Mengenai Candi Kesiman Kota Mojokerto

Sekilas Mengenai Candi Kesiman Kota Mojokerto
Source : https://1.bp.blogspot.com/

Perlu Anda pahami, apabila Candi Kesiman tersebut memang sangat terkenal sebagai legenda air suci atau Amerta. Masyarakat sekitar pun sangat percaya jika hal tersebut mampu memberikan kehidupan abadi.

Dengan demikian mengherankan jika semakin mampu menarik perhatian masyarakat bahkan sampai wisatawan luar kota. Terlebih lagi juga muncul cerita-cerita legenda populer dan menjadikannya sebagai lokasi ritual khusus pada zaman dahulu.

Saat Anda memutuskan untuk berwisata ke sana tentu mampu merasakan sensasinya. Selain melihat bagaimana keindahan sekitarnya tentu saja mampu menambah wawasan mengenai kehidupan zaman kerajaan dahulu.

Informasi Penting Mengenai Candi Kesiman 

Informasi Penting
Source : https://cdn-2.tstatic.net/

Karena termasuk ke dalam salah satu kombinasi wisata situs bersejarah. Bukan hal mengherankan apabila kerap kali menjadi tujuan untuk liburan anak sekolah. Jika Anda tertarik untuk melihat Bagaimana bentuk dari Candi tersebut, maka pahami dulu informasi lengkapnya.

  • Alamat lengkap : Jalan Candi, Trece, Kesiman Tengah, Kecamatan Pacet, Mojokerto Jawa Timur.
  • Jam operasiona l: Senin sampai Sabtu pukul 08.00 setiap 16.00. Sedangkan hari Minggu buka pada pukul 07.00 hingga 16.00 WIB.
  • Harga tiket : 3.000 per orang.

Rute Perjalanan Menuju Candi Kesiman 

Rute Perjalanan
Source : https://cdn.timesmedia.co.id/

Apabila Anda memutuskan untuk mendatangi Candi Kesiman Mojokerto ini, maka langkah baiknya mengikuti rute perusahaan terlebih dahulu dilakukan start dari alun-alun kota kemudian ambil arah ke Jalan Majapahit.

Sampai pertigaan inilah jalur kiri yaitu menuju SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. Setelahnya, pastikan bergerak menuju Jalan Jayanegara dan tinggal lurus saja sampai masuk ke Jalan Gempol-Mojokerto. Seluruh pengemudi hanya tinggal lurus hingga mendapati belokan.

Baca Juga : 40 Tempat Wisata Baru di Kabupaten Mojokerto

Baru Kemudian Anda menuju arah Jalan Raya Pacing, ikuti jalanan lurus dan jangan berbelok sampai melewati Pasar Dlanggu. Kemudian pengemudi harus melewati pula Jalan Jend. Sudirman. Kemudian tinggal lurus saja sampai menemukan Jalan Candi.

Berbagai Macam Keunikan Candi Kesiman 

Berbagai Macam Keunikan Candi Kesiman dari Mojokerto
Source : https://asset.kompas.com/

Hampir mirip dengan candi pada umumnya, tentu saja destinasi wisata ini memberikan banyak keunikan. Pastinya seluruh pengunjung pun tertarik untuk mendatanginya. Maka dari itu, pastikan juga untuk selalu memahami apa saja daya tariknya:

1. Memiliki Nama Lain

Candi Kesiman merupakan bangunan suci yang berada pada sisi utara kaki gunung welirang. Masyarakat sekitarnya lebih sering menyebut sebagai Candi Cungkup. Sedangkan untuk penamaannya sendiri tentu memiliki makna tersendiri.

Baca Juga : Menikmati Keindahan Candi Kedaton Kota Mojokerto

Menurut sukmono dalam bukunya, makna dari cukup tersebut merupakan sebuah sinonim dari bangunan candi. Sedangkan Raffles mempunyai pandangan berbeda dan menyebutnya merupakan bangunan makam bagi seluruh masyarakat Jawa. Maknanya adalah struktur kecil atau atap makam.

2. Terbagi Menjadi Beberapa Bagian

Keunikan lain yang bisa Anda dapatkan ketika memutuskan untuk datang ke Candi Kesiman adalah ternyata terbagi menjadi tiga. Yaitu kaki candi dengan berbentuk Batur, badan candinya menggunakan bahan sama.

Sedangkan untuk pada bagian atap sama sekali tidak ditemukan sama sekali susunannya. Kemudian bangunan suci tersebut punya gaya arsitektur yang mirip sekali dengan Candi Jago atau Candi Naga. Pada bagian kakinya sendiri relatif utuh dengan adanya tangga sebanyak 2 buah pada bagian barat.

3. Terdapat Relief Yang Cukup Menarik

Menariknya lagi adalah ternyata pada bagian kaki candi terdapat hiasan relief samudramanthana, dengan menggunakan gaya pahat di luar langgam seni keraton. Tentu saja relief-relief tersebut adalah sebuah kisah mengenai adegan pemutaran Gunung Mandara oleh para Dewata.

Mereka telah melakukan kerjasama dengan asuran untuk bisa mendapatkan air keabadian yaitu Tirta Amerta. Dengan adanya relief tersebut mampu mengajarkan kepada seluruh pengunjung. Pentingnya melakukan kerjasama ataupun kekompakan dalam melaksanakan gotong royong.

4. Gaya Arsitekturnya Sangat Bagus

Lokasi dari Candi memang berada pada ketinggian dan cukup terpencil yakni pada Desa Kesiman tengah. Namun, hanya bisa Anda lihat dari gaya arsitekturnya sangat memukau karena merupakan bangunan pada abad  X-VX Masehi.

Dengan demikian memberikan makna jika candi tersebut adalah bangunan yang telah digunakan para resi. Hampir mirip seperti candi-candi pada lereng Gunung Penanggungan. Tentu sangat menakjubkan sekalipun.

5. Diperkirakan Sering Menjadi Tempat Ritual

Terlepas dari memiliki keindahan yang cukup memukau, ternyata Candi tersebut merupakan salah satu bangunan pada masa akhir era Kerajaan Majapahit dan menjadi tempat untuk melakukan ritual khusus.

Bersemedi ataupun ritual khusus merupakan kegiatan yang pastinya sudah tidak asing lagi pada zaman kerajaan dahulu. Bahkan sampai saat ini saja terdapat beberapa orang masih mempertahankan budaya tersebut.

6. Memiliki Kondisi yang Sangat Cerah

Karena memiliki lokasi bagus, yakni tepat berada di ketinggian, tentu saja kecepatannya sangat. Bahkan para pengunjung bisa melihat secara langsung Bagaimana hamparan pegunungan yang mengelilingi kawasan Mojokerto. Dari Gunung Welirang, Gunung Biru dan juga Gunung Sidiran.

Sebab letaknya cukup tinggi, tentu saja mampu memungkinkan seluruh pengunjungnya mendapati pesona pemandangan sangat memukau yaitu khas dari pegunungan Pacet. Pastinya hal tersebut betul-betul mampu merefresh pikiran dan penat perlahan menghilang.

7. Bagaimana Bentuk dan Ukuran Candi Kesiman

Bentuk dan juga ukuran dari Candi ke sungai ini lumayan besar yaitu memiliki panjang sebesar 10,2 m. Kemudian untuk lebarnya adalah 7,2 m dengan ketinggian mencapai 5 meter. Uniknya lagi adalah pada bagian depannya itu cukup menjorok hingga mencapai 3 meter.

Baca Juga : Sejukkan Suasana Hati di Telaga Ngebel Ponorogo

Hal tersebut merupakan penjelasan asli dari penjaga candinya. Apabila Anda ingin mencoba untuk melihat secara langsung bagaimana bentuknya, maka perlu sekali memperhatikan dengan detail saat datang ke sana.

8. Memiliki Lokasi Dekat dengan Persawahan

Candi Kesiman adalah salah satu destinasi wisata yang menawarkan banyak keindahan alam. Bagaimana tidak, ternyata areanya tepat pada tengah-tengah sawah. Bahkan sangat bagus sekali menjadi tempat untuk bersepeda.

Dari jalanan utama Mojosari Pacet, Anda bisa menggunakan jalur offroad serta melintasi beberapa sungai kecil tanpa adanya jembatan. Tentu saja ini merupakan salah satu keunikan yang menjadi kegiatan sangat mengasyikkan.

9. Punya Udara yang Sejuk

Candi Kesiman memang sangat terkenal dengan udaranya yang sangat sejuk. Hal tersebut mampu membuat banyak orang tertarik untuk mendatanginya apalagi bagi para traveller dari perkotaan. Karena ingin mendapatkan suasana berbeda.

Kemudian karena memiliki kondisi udara sejuk, angin yang sepoi-sepoi kemudian suara gemericik air. Pastinya merupakan salah satu tempat wisata terbaik untuk melakukan healing bersama dengan sahabat tercinta. Bisa terjamin rasa stress berangsur menghilang.

Itulah sekilas informasi mengenai keseruan dan juga daya tarik dari Candi Kesiman Kota Mojokerto. Pastikanlah memasukkannya ke dalam salah satu daftar kunjungan dan selalu membawa perlengkapan.

Bagikan: