Wisata Edukasi di Pengrajin Topeng Desa Carat Ponorogo

Ponorogo merupakan daerah yang memiliki beragam kesenian dan kebudayaan mendunia. Reog merupakan hal melekat dalam kota tersebut. Kunjungan wisata edukasi bisa Anda lakukan dengan mendatangi Pengrajin topeng desa Carat Ponorogo yang terletak di kecamatan Kauman.

Sejarah Singkat Wisata Topeng Desa Carat

Sejarah Singkat Wisata
Source : https://upload.wikimedia.org/

Wisata edukasi ini sebenarnya milik seorang seniman kelahiran asli kabupaten Ponorogo yang kerap orang sapa dengan sebutan Sarju. Tahun 1994 Sarju sudah memulai produksi kebutuhan pengrajin dengan berbagai macam kesenian reog seperti topeng, baju dan masih banyak lagi.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya memproduksi topeng beragam alat musik terkait kesenian reog, barongan, dan lain sebagainya. Produk keluaran kerajinan dari Sarju juga terkenal hingga mancanegara seperti Amerika. Paket kerajinan buatan Sarju dengan kualitas biasa mampu terjual sampai 24 juta.

Paket kerajinan reog dengan kualitas super mampu terjual hingga 30 juta. Reog kualitas super biasanya memiliki ukuran 2,25 meter dengan berat 25 KG. Menjelang momen tertentu seperti Agustus penjualan sampai dengan 30 persen. Peningkatan juga semakin meningkat saat bulan Muharram.

Akses Menuju Lokasi Desa Carat

Akses Menuju Lokasi
Source : https://4.bp.blogspot.com/

Letaknya yang tidak jauh dari area perkotaan membuat Anda dapat memanfaatkan petunjuk tertera di sepanjang jalan. Akses menuju lokasi juga sudah mewadahi sehingga tidak perlu takut jalan licin, rusak dan lain-lain. Lokasi Wisata cukup populer sehingga mudah pengunjung cari keberadaannya.

Rute perjalanan bisa pengunjung lalui menggunakan kendaraan bermotor ataupun mobil. Rombongan pariwisata juga kerap menjadikan pengrajin topeng desa Carat sebagai tujuan perjalanan. Jarak tempuh dari pusat kota Ponorogo hanya memakan waktu sekitar 20 menit.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Wisata di Ponorogo Yang Lagi Hits 2023

Tiba pertama kali di lokasi Wisata pengunjung akan mendapati beragam aksesoris kesenian reog Ponorogo. Pariwisata ini merupakan salah satu usaha yang bermanfaat bagi warga sekitar lantaran kerap menyerap tenaga kerja untuk memenuhi permintaan konsumen terkait dengan aksesoris reog.

Informasi Umum Desa Carat

Informasi Umum
Source : https://i.ytimg.com/

Pembuatan topeng di desa Carat umumnya kerap mendatangkan wisatawan yang bertujuan untuk mempelajari berbagai hal terkait kesenian reog. Menariknya wisatawan juga dapat melihat langsung proses pembuatan topeng. Mengunjungi desa ini membuat Anda harus mengetahui informasi berikut:

  • Alamat: Ds. Carat Kec. Kauman, Kab. Ponorogo
  • Jam buka: Setiap hari hingga 24 jam
  • Harga tiket masuk: Gratis

Jenis Kerajinan Produksi Desa Carat

Jenis Kerajinan Produksi Desa Carat
Source : https://s.kaskus.id/

Tidak hanya fokus dalam pengrajin topeng desa Carat juga mengoptimalkan produksi dalam barang-barang kesenian. Menariknya hampir semua produk keluaran dari usaha mikro ini pasti populer hingga belahan dunia. Berikut ini beberapa kerajinan produksi desa Carat:

1. Musik Reog

Kesenian reog identik dengan iringan musik seperti gamelan, kendang, hingga gong. Desa Carat ternyata mampu memproduksi beberapa musik Reog tersebut dengan kualitas unggulan dan telah terjual hingga mancanegara. Ciri khas musik Reog yaitu mampu membuat penonton ikut bergoyang.

Alat musik yang identik dengan kesenian reog salah satunya yaitu angklung. Angklung sendiri terbuat dari bambu yang telah melewati beragam proses hingga bisa mengeluarkan bunyi khas. Pemain alat musik Reog biasanya mendapat julukan sebagai pengrawit dan terdiri dari beberapa tokoh.

2. Dadak

Produksi pengrajin topeng identik juga dengan barongan berukuran raksasa. Pengembang kerajinan menyediakan Berbagai macam ukuran dadak merak untuk pertunjukan kesenian reog khas Ponorogo. Dadak sendiri merupakan unsur utama dalam pembentukan kesenian reog.

Baca Juga : Pemandian Air Panas Tirto Husada Ponorogo

Dadak terbuat dari bulu merak bewarna hijau sehingga membuat properti terlihat elegan dan menarik. Tidak hanya itu, dadak juga terbuat dari beberapa unsur tertentu sehingga terlihat kreatif. Mayoritas pertunjukan reog aksesoris berupa bulu merak menjadi buronan para wisatawan.

3. Barongan

Pelengkap dadak merak biasanya terdapat aksesoris menyerupai macan dan terlihat begitu menakutkan. Bahan dasar pembuatan barongan yaitu kulit macan dengan corak menyerupai hewan tersebut. Barongan umumnya menjadi unsur paling anak kecil takuti lantaran terlihat seperti buas.

Barongan tidak hanya berguna sebagai properti reog namun juga kesenian lain khas Jawa Tengah. Pementasan reog akan semakin terlihat asik dan menyenangkan lantaran keberadaan barongan. Ukuran barongan juga beragam sesuai request dan permintaan dari pelanggan.

4. Bujang Ganong

Anda yang mengunjungi lokasi pariwisata di desa Carat pasti akan mengetahui para pengrajin membuat topeng dengan unsur ganongan. Bujang Ganong kebanyakan terbuat dari kayu telah melalui proses pemahatan. Keberadaan topeng bujang Ganong cukup menjadi pusat perhatian wisatawan.

Topeng bujang Ganong berguna sebagai properti para pemain untuk melengkapi gerakan lincah dan energik. Anda juga bisa mencoba beberapa topeng bujang Ganong jika menghendaki, pengrajin dengan senang hati akan memberikan izin.

5. Kostum Reog

Beragam pernak-pernik terkait kesenian reog akan Anda jumpai jika mengunjungi desa Carat. Kostum Reog meliputi berbagai jenis seperti untuk bujang Ganong, jathil, dan masih banyak lagi. Keberadaan kostum memang kerap menarik perhatian pengunjung, bahkan Anda bisa mencoba jika berkenan.

Pakaian yang pemain gunakan sebagai pelengkap pertujukan semakin kompleks. Menariknya kostum setiap pemain berbeda-beda. Hampir semua pemain yang berperan dalam pertunjukan akan menggunakan kostum dan riasan memukau.

Manfaat Mengunjungi Desa Carat

Manfaat Mengunjungi Desa Carat
Source : https://img.antarafoto.com/

Kunjungan yang Anda lakukan tidak hanya menimbulkan kesenangan semata namun memberikan banyak keuntungan. Manfaat kunjungan bisa pengunjung rasakan mulai tiba di lokasi pertama kali. Manfaat mengunjungi Pengrajin topeng desa Carat meliputi beberapa hal seperti berikut ini:

1. Menambah Wawasan

Mengunjungi lokasi akan membuat Anda bisa menyaksikan proses pembuatan kerajinan mulai dari awal hingga akhir. Tidak hanya itu saja, sejarah terkait kerajinan membuat wisatawan dapat menambah pengetahuan dan wawasan. Menariknya wawasan dapat berguna di masa mendatang.

Baca Juga : Kolam Renang Gita Waterpark Ponorogo

2. Menggali Informasi

Mayoritas pengunjung terdiri dari mahasiswa ataupun rombongan studi tour yang ingin melakukan penelitian dan wawancaranya. Kegiatan kunjungan membuat wisatawan dapat menggali informasi lebih detail terkait sejarah, tujuan pembuatan dan masih banyak lagi.

3. Menumbuhkan Rasa Cinta Kebudayaan

Proses pembuatan yang memakan waktu panjang membuat pengunjung dapat mencintai kebudayaan setempat. Rasa cinta terhadap kebudayaan akan timbul jika wisatawan mengetahui proses panjang pembuatan kesenian setempat.

4. Meningkatkan Pengetahuan

Mengunjungi wisata desa Carat pertama kali membuat seseorang dapat menggali lebih dalam terkait kebudayaan reog, kehidupan masyarakat sekitar, dan adat istiadat setempat. Hal ini tentu saja berperan penting dalam meningkatkan pengetahuan dasar terkait beberapa topik tersebut.

5. Liburan Lebih Berguna

Pengunjung yang menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi pariwisata berupa tempat pengrajinan membuat momen tersebut lebih berharga. Tidak jarang momen kunjungan membuat liburan semakin berkesan dan pengunjung akan terus ketagihan.

Kegiatan yang Pengunjung Lakukan

Kegiatan pengrajin Topeng Desa Carat
Source : https://1.bp.blogspot.com/

Tujuan utama kunjungan pada destinasi di kabupaten Ponorogo ini yaitu menambah wawasan terkait produk keluaran desa Carat berupa topeng kesenian. Mengunjungi lokasi membuat wisatawan dapat menyaksikan beragam kegiatan yang pengunjung lain lakukan seperti:

  • Wawancara
  • Praktik pembuatan produk seperti topeng bujang Ganong
  • Mencoba beberapa produk
  • Fotografi
  • Pembuatan video konten

Beragam manfaat dan tujuan kegiatan dapat menjadikan momen liburan semakin menguntungkan. Wawasan dari pengunjung akan bertambah jika menyaksikan secara langsung proses pembuatan kerajinan khas Ponorogo. Liburan seru dan menyenangkan terdapat di Pengrajin topeng desa Carat.