Goa Pinus adalah salah satu tempat wisata alam yang banyak memiliki peminat, dari dalam hingga luar kota. Kecantikan pemandangan di sekitarnya mampu menarik minat banyak orang. Selain itu, hawa sejuknya karena berada di ketinggian akan membuat pikiran menjadi lebih segar dan rileks.

Mengenal Wisata Goa Pinus

Mengenal Wisata Goa Pinus
Source : http://wisatabaru.com/

Goa Pinus merupakan sebuah tempat wisata yang berada di ketinggian. Destinasi wisata ini cocok untuk dimasukkan ke dalam list liburan bersama keluarga saat masa libur datang. Objek ini menawarkan kesejukan alam dengan hawa segar karena berada di kota Batu, Malang.

Anda bisa merelaksasikan pikiran dan tubuh sejenak setelah melakukan berbagai aktivitas pada di kehidupan sehari-hari. Selain itu, tempat ini juga memiliki berbagai fasilitas bagus untuk menambah pengalaman saat liburan, seperti area foto memukau, warung, dan masih banyak lainnya.

Untuk harga tiketnya sendiri masih sangat terjangkau, jadi sangat cocok jika ingin berkunjung ke tempat ini bersama keluarga. Anda akan merasakan suasana sejuk serta segar dari pepohonan yang berada di sekeliling tempat wisata ini. Wisatawan dapat menikmati waktu liburan di tempat ini dengan nyaman.

Baca Juga : 33 Pilihan Tempat Wisata di Kota Batu Jawa Timur yang Kece Abis!

Informasi Umum Mengenai Goa Pinus

Informasi Umum
Source : https://ksmtour.com/

Jika ingin mengunjungi destinasi wisata ini, patut bagi pengunjung untuk mengetahui beberapa info penting mengenainya. Informasi umum yang perlu Anda ketahui mengenai tempat wisata ini berkaitan dengan lokasi wisata, jam operasional, dan tiket masuk. Berikut daftar informasi-informasi tersebut!

  • Lokasi wisata: Gg. Mbah Ba’i, Desa Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.
  • Jam buka: Setiap Hari mulai dari pukul 07.00 – 17.30 WIB
  • Tiket masuk: Rp10.000

Perlu Anda ketahui, setiap memasuki kawasan tertentu pengunjung harus membayar tiket masuk tambahan. Jadi, jangan lupa untuk membawa uang tambahan sebelum berkunjung ke tempat ini agar lebih mudah menikmati masa liburan bersama keluarga.

Lokasi Wisata di Google Maps >> https://goo.gl/maps/eHZPrnPvL81SvHtn7

Rute Perjalanan ke Goa Pinus

Rute Perjalanan
Source : https://www.topijelajah.com/

Untuk menuju ke tempat wisata ini tentu sangat mudah. Pengunjung sangat dianjurkan menggunakan kendaraan pribadi karena belum ada angkutan umum yang ke arah ini. Jika Anda berada di pusat kota Batu, arahkan kendaraan mengikuti penunjuk jalan.

Untuk bisa mencapai ke tempat ini, Anda harus menempuh jarak sekitar 11,6 km dengan waktu tempuh 25 menit. Rute menuju objek wisata ini searah dengan lokasi wisata Paralayang, sehingga wisatawan dapat mengunjungi dua tempat wisata dalam satu kali kunjungan.

Syarat Pengunjung Goa Pinus

Syarat Pengunjung Goa Pinus
Source : https://bosniatravel.net/

Tentu ada syarat-syarat yang pengunjung harus penuhi, apalagi sedang berada di masa pandemi seperti ini, sudah seharusnya wisatawan menjaga kondisi atau daya tahan tubuh agar tidak terjangkit virus. Berikut beberapa persyaratan yang harus terpenuhi!

  • Selama berada di kawasan wisata, pengunjung harus memenuhi protokol kesehatan 5 M.
  • Selain itu, wisatawan juga harus memiliki aplikasi PeduliLindungi sebagai bukti telah melakukan vaksinasi dengan menunjukkan sertifikat onlinenya.

Fasilitas Goa Pinus

Fasilitas Goa Pinus
Source : https://awsimages.detik.net.id/

Untuk menunjang kebutuhan dan kenyamanan pengunjung selama berwisata ke tempat ini, pengelola menyediakan beberapa fasilitas memadai. Mulai dari lahan parkir yang luas agar wisatawan dapat memarkirkan kendaraannya lebih leluasa hingga warung dengan cita rasa khas Malang.

Baca Juga : Predator Fun Park Kota Batu

Selain itu, ada juga gazebo supaya mereka bisa beristirahat setelah lelah berkeliling serta warung makan untuk memuaskan selera atau berwisata kuliner. Selama berada di tempat ini, Anda tidak akan merasa lapar karena sudah tersedia makanan-makanan lezat menggugah selera.

Daya Tarik Goa Pinus

Daya Tarik Goa Pinus
Source : https://www.itrip.id/

Seiring berjalannya waktu, makin banyak masyarakat yang melakukan kunjungan ke tempat wisata ini karena memang memiliki berbagai macam daya tarik menarik yang tidak bisa Anda jumpai di tempat lain. Untuk mengetahui informasi mengenai hal tersebut, simak ulasan di bawah ini dengan seksama!

1. Pemandangan Pegunungan

Karena berada di daerah pegunungan, Anda bisa dengan mudah melihat deretan pegunungan nan cantik dari atas. Untuk melihatnya secara jelas, pengunjung bisa mengunjungi gardu pandang yang letaknya berada di pinggir jurang. Tenang saja, tempatnya cukup aman, jadi tidak perlu khawatir jatuh.

Baca Juga : Wisata Petik Apel Bumiaji di Kota Batu

Ini akan membuat pengalaman liburan Anda menyenangkan. Dengan melihat hamparan hijau pemandangan alam bisa memberi rasa rileks pada tubuh, sehingga kembali segar saat pulang nanti. Selain itu, suasana dan hawa sejuknya dapat menyegarkan pikiran.

2. Batu Tepi Jurang

Bagaimana bisa batu berada di tepi jurang dengan ketinggian sekian? Pasti sedikit mustahil bukan? Di tempat wisata ini, Anda bisa melihat batu yang berada di tepi jurang dan merupakan sebuah ikon dari objek wisata tersebut. Untuk mencapai ke tengah batu, mungkin dibutuhkan keberanian besar.

Setelah sampai di tengah batu, Anda akan melihat pemandangan perumahan, hutan, dan sawah-sawah yang cantik tertata rapi dari atas. Ini bisa menjadi salah satu spot foto menarik dan mengenang perjuangan hingga sampai ke tengah karena membutuhkan keberanian besar.

3. Rumah Papua

Daya tarik selanjutnya yakni keberadaan rumah adat Papua. Ini adalah satu satu rumah adat yang ada di Indonesia. Kini, Anda tidak perlu jauh-jauh untuk mengetahui bagaimana bentuk rumah itu. Di kawasan wisata Goa Pinus, pengunjung dapat melihat deretan Hanoi atau nama rumah adat dari Papua ini.

Ini bisa menjadi salah satu area untuk berfoto yang cantik dan seperti sedang membawa Anda ke ujung Timur Indonesia. Sebelum masuk ke kawasan ini, pengunjung akan disambut dengan Gapura unik yang akan membuat foto menjadi lebih estetik. Untuk masuk area ini, wisatawan harus membayar tiket lagi.

4. Perahu di Dekat Jurang

Sebelum menapakkan kaki ke Rumah Papua, Anda dapat menemukan banyak sekali spot foto menarik yang akan membuat siapapun terpukau. Di sini, wisatawan dapat melihat sebuah area berupa perahu menjorok ke arah jurang. Mungkin ini bisa menjadi salah satu pengalaman baru selama liburan.

Di bawah perahui ini benar-benar sebuah jurang yang cukup dalam. Area ini cocok bagi mereka yang suka menantang adrenalin dan tidak takut ketinggian. Jika Anda mengambil foto di tempat ini, pastinya latar belakang pemandangan alam akan membuat hasil gambar menjadi lebih indah.

5. Keunikan Tersendiri dari Goa Pinus

Selanjutnya, daya tarik dari Goa pinus ini adalah keunikannya. Mungkin Anda akan berpikiran kalau tempat wisata ini merupakan sebuah ruangan gelap seperti goa pada umumnya. Namun, sayangnya destinasi ini tidak memiliki stalagmit dan stalagtit, karena memang goa ini berbeda dari lainnya.

Sebenarnya, dulu tempat ini merupakan sebuah tempat bekas penambangan pasir yang dilakukan oleh orang-orang terdahulu. Seiring berjalannya waktu, objek ini dialihfungsikan menjadi tempat wisata. Ukuran dari Goa pinus tidak terlalu tinggi, yakni sekitar 1 meter dengan panjang 5 meter saja.

Itu tadi ulasan lengkap mengenai tempat wisata Goa Pinus yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga untuk menikmati keindahan alam kota Batu. Ini juga menjadi objek wisata yang mampu memberikan rasa rileks pada tubuh dan pikiran supaya kembali segar saat hendak melaksanakan berbagai aktivitas.

Bagikan: