Ciptakan Momen Seru di Mloko Sewu Ponorogo

Kabupaten Ponorogo memang tidak ada habisnya jika berkaitan dengan pariwisata. Wisata alami ataupun buatan banyak terdapat pada kota reog. Masing-masing juga mempunyai daya tarik dan pesona yang siap memanjakan mata pengunjung selama liburan,  salah satunya yaitu Mloko Sewu.

Asal Usul Mloko Sewu

Asal Usul Mloko Sewu
Source : https://cdn.idntimes.com/

Mloko Sewu merupakan lahan yang telah terkelola dengan baik, dulunya tempat tersebut hanyalah hutan biasa. Perkembangan dan pengelolaan tepat membuat lahan berhasil berubah menjadi pariwisata buatan yang tidak kalah memukau. Wisata buatan juga masih terbilang asri.

Bacaan Lainnya

Pemberian nama berlupa Mloko berasal dari banyaknya pohon Malaka yang tumbuh di tempat itu. Ciri khas orang Jawa yang tidak bisa menyebut Malaka membuat pengelola memberikan nama Mloko. Pemilihan Sewu berasal dari jumlah pohon sekitar angka tersebut walaupun sekarang berkurang

Rute perjalanan  yang berasal dari  Dolopo bisa langsung menuju telaga ngebel lewat Utara kemudian mengikuti plang penunjuk. Pengunjung dari arah ponorogo kebanyakan lewat selatan sampai telaga bisa langsung naik ke desa Pupus.

Informasi Umum Mloko Sewu

Informasi Umum
Source : https://sikidang.com/

Pengunjung yang berasal dari luar daerah terkadang sering menanyakan beberapa hal terkait dengan Mloko Sewu. Hal itu menjadikan para media dan situs sering menyajikan informasi secara umum terkait wisata. Berikut informasi secara umum terkait dengan wisata Mloko Sewu:

  • Alamat: Dsn. Prumbon Ds. Pupus Kec.Ngebel
  • Jam Buka: Buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB – 18.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp 10.000 per orang

Lokasi Wisata di Google Map >> https://goo.gl/maps/LgeH9218RhS9dEbLA

Fasilitas dan Wahana Mloko Sewu

Fasilitas dan Wahana
Source : https://indonesiatraveler.id/

Mengunjungi wisata Mloko Sewu bisa merasakan beragam fasilitas umum sehingga menjadikan kegiatan liburan menyenangkan. Fasilitas dan wahana bisa Anda dapatkan secara gratis tanpa perlu membayar biaya tambahan. Berikut fasilitas dan wahana yang tersedia di Mloko Sewu:

1. Area Camping

Seseorang yang menginginkan untuk menikmati wisata dengan waktu lebih lama bisa melakukan kegiatan perkemahan. Mloko Sewu menyediakan area perkemahan cukup luas sehingga banyak menjadi tujuan wisatawan untuk menghabiskan momen liburan bersama dengan orang tersayang.

Baca Juga :  Tempat Wisata di Ponorogo

Area camping ground juga aman dari berbagai ancaman binatang seperti anjing. Mayoritas anak sekolah dari pusat ponorogo banyak yang memanfaatkan waktu liburan dengan berkemah di Mloko Sewu. Perkemahan juga membuat seseorang bisa menikmati keindahan lebih lama lagi.

2. Spot Foto

Keindahan Mloko Sewu turut serta menjadi momen yang harus terabadikan agar menjadi kenangan-kenangan di masa mendatang. Spot foto bertemakan keindahan alami bisa membuat pemotretan menghasilkan kualitas jernih dan menarik. Spot foto menjadi fasilitas unggulan di sini.

Beragam spot foto seperti perahu, pintu doraemon dan sebagainya turut menjadi hal wajib untuk pengunjung dapatkan selama menghabiskan waktu liburan. Mayoritas spot unggulan paling banyak orang tuju yaitu ayunan sekaligus perahu, lantaran bisa melihat keindahan telaga dari atas ketinggian.

3. Area Outbound

Kegiatan perkemahan atau pelantikan organisasi tertentu juga bisa  memanfaatkan adanya Mloko lantaran lahan lumayan luas. Lahan luas membuat kegiatan outbound bisa lebih leluasa dan menampung banyak orang. Tidak hanya itu, kegiatan LDK (latihan dasar kepemimpinan) sering di sini.

Area outbound memang seringkali bermanfaat untuk beberapa kegiatan seperti diklat. Diklat yang memanfaatkan lahan tersebut membuat seseorang juga bisa menikmati beragam fasilitas dan wahana secara gratis. Harga tiket terjangkau juga membuat kapasitas peserta jauh lebih banyak.

4. Taman Bermain Anak-anak

Pengunjung yang datang dengan membawa buah hati bisa juga memanfaatkan fasilitas berupa taman. Taman menyediakan area bermain untuk anak-anak dan beragam tanaman yang mampu membuat nyaman liburan hingga seharian. Beraneka ragam bunga menghiasi sisi taman.

Anak-anak pasti akan merasa senang jika beramin pada area tersebut. Mloko Sewu memang hadir sebagai salah satu wisata yang bermanfaat bagi semua orang baik penduduk sekitar ataupun pengunjung dari berbagai kalangan. Kehadiran wisata juga mendapat antusiasme dari penduduk.

Baca Juga : Wisata Gunung Beruk Ponorogo

5. Gazebo

Rasa lelah setelah menghabiskan waktu liburan di Mloko Sewu membuat seseorang membutuhkan tempat untuk beristirahat. Menariknya fasilitas pada wisata ini menyajikan banyak gazebo yang dapat menunjang waktu istirahat sejenak. Gazebo juga bisa berguna untuk ngobrol bersama rekan terdekat.

Menikmati keindahan dengan istirahat di gazebo membuat rasa lelah dan suntuk hilang seketika. Keberadaan fasilitas sering berguna untuk para pelajar dalam mengerjakan tugas sambil healing. Belajar pada alam terbuka menjadikan penyerapan ilmu lebih maksimal dan mudah.

Daya Tarik Mloko Sewu

Daya Tarik Mloko Sewu
Source : https://sikidang.com/

Pengunjung rata-rata memilih Mloko Sewu sebagai alternatif tujuan saat akhir pekan lantaran keberadaannya terbilang menarik. Daya tarik dari Mloko memang tidak ada habisnya sehingga wisatawan selalu bertambah. Berikut daya tarik dari Mloko Sewu yang cukup memukau:

1. Suasana Asri

Letaknya yang berada pada pengunungan dan masih menyimpan banyak pohon membuat suasana belum begitu panas. Suasana asri menjadi daya tarik dari Mloko Sewu yang banyak bermanfaat bagi orang tengah bosan dengan hiruk-pikuk kehidupan kota penuh polusi dan pencemaran udara.

2. Pohon Malaka

Penjelasan sebelumnya sempat memberikan gambaran bahwa asal Mloko Sewu dari Malaka. Bentuk dari Malaka hampir menyerupai pohon Cemara. Menariknya malaka ada yang  di desain menjadi sebuah rumah pohon sehingga keindahan dapat Anda nikmati dari ketinggian.

3. Kopi Khas Pupus

Hal yang tidak boleh terlewatkan saat mengunjungi wisata dengan fasilitas mewadahi di Ngebel yaitu oleh-oleh. Oleh-oleh yang bisa pengunjung dapatkan berupa kopi khas dari desa pupus. Rasa dan sensasi berbeda dengan kopi kebanyakan sehingga menarik untuk buah tangan saat pulang.

Baca Juga : Berlibur di Wisata Coban Lawe Ponorogo

4. Spot Foto Banyak

Fasilitas dan wahana yang terdapat di Mloko Sewu memang beragam hal itu berkat peran serta dari pihak pengelola dalam mengembangkan kualitas wisata. Spot foto banyak dan menarik menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung khususnya yang berasal dari luar daerah Ponorogo sendiri.

5. Area Luas

Fasilitas seperti WiFi gratis hingga toilet turut serta menjadi kelebihan dari wisata buatan ini. Menariknya area luas juga cukup menjadi daya tarik lantaran bisa berguna untuk menunjang beragam aktivitas seperti kemah hingga outbound.

6. Sunset Terlihat Jelas

Anda yang menyukai momen matahari terbit ataupun terbenam sangat pas jika mengunjungi Mloko Sewu. Melihat sunset bisa dari Mloko dari atas ketinggian sehingga lebih jelas. Mayoritas para wisatawan datang untuk menikmati sunset tiba saat menjelang sore hari.

Kegiatan yang bisa Anda Lakukan di Mloko Sewu

Kegiatan yang bisa Anda Lakukan
Source : https://www.pinhome.id/

Menikmati Mloko Sewu memang menjadi pilihan tepat saat momen liburan atau waktu luang. Banyak kegiatan yang bisa Anda dapatkan terlebih jika bersama orang tersayang. Berikut beberapa kegiatan yang bisa memanfaatkan adanya lahan dari Mloko Sewu bagi semua orang:

  • Kemah atau camping
  • Fotografi menarik
  • Melihat keindahan sunset
  • Belajar tentang alam sekitar
  • Outbound
  • Penjelajahan

Suasana masih asri dan biaya terjangkau umumnya menjadi kelebihan dari wisata dari Ponorogo tersebut. Hampir semua orang yang datang untuk menikmati keindahan akan terlena saat melihat kenampakan alami dari Mloko Sewu.