Tempat Wisata Museum Angkut di Kota Batu

Kota Batu tidak henti-hentinya memberikan wisata baru kepada masyarakat dan orang luar, baik hanya untuk bersantai bahkan mendapat ilmu baru. Salah satunya yang terkenal se-Indonesia dan Asia Tenggara adalah Museum Angkut dengan banyak koleksi transportasi dari tradisional hingga modern.

Museum Angkut Kota Batu

Museum Angkut terlekat di Batu, Jawa Timur, Indonesia, di lereng Gunung Panderman, bagian dari Gunung Kawi-Butak. Tempat wisata ini menampung lebih dari 300 koleksi mulai dari moda transportasi tradisional hingga modern. Museum ini didirikan pada 9 Maret 2014.

Museum ini ditata menjadi banyak zona, masing-masing dengan latar belakang model arsitektur dari Asia, Eropa, dan Amerika. Lingkungannya bergaya Prancis tahun 1800-1900-an, terutama di Zona Eropa, dengan mobil Eropa vintage yang berbeda.

Museum Angkut adalah museum pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang didedikasikan untuk semua moda transportasi. Jawa Timur Park Group memiliki dan mengoperasikan Museum Angkut yang sudah menjadi wisata edukasi banyak orang.

Informasi Umum Museum Angkut

Museum Angkut
Source : https://blog.tiket.com/

Sebelum ke tempat wisata ini, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai beberapa informasi umum mengenai tiket, lokasi, jam buka, dan masih banyak lainnya. Berikut ini informasi-informasi mengenai hal tersebut, yakni:

  • Lokasi wisata: Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Desa Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314.
  • Jam buka: dari pukul 12.00 WIB – 20.00 WIB
  • Tiket: Weekend dan Weekday
  • Tiket masuk regular: Rp110.000 (Weekend dan Weekday).
  • Tiket masuk Jatim Park 1 + Museum Angkut: Rp140.000 (Weekday) dan Rp160.000 (Weekend).
  • Tiket: Periode 16 Desember 2022 – 5 Januari 2023 (Weekend dan Weekday).
  • Tiket masuk regular: Rp110.000 (Weekend dan Weekday).
  • Tiket masuk Jatim Park 1 + Museum Angkut: Rp160.000 (Weekend dan Weekday).

Tiket masuk Jatim Park 1 ini berlaku apabila Anda ingin mengunjungi tempat wisata tersebut secara langsung setelah mengunjungi Museum Angkut.

Baca Juga : 33 Tempat Wisata Paling Hits di Kota Batu

Rute Perjalanan Museum Angkut

Museum Angkut
Source : https://www.google.com/

Bagi masyarakat luar, pastinya belum tahu rute perjalanan menuju Museum Angkut ini. Namun, karena sekarang telah tersedia Google Maps, semua menjadi lebih mudah. Apalagi jalan menuju tempat wisata ini juga sudah sangat bagus, jadi tidak akan membuat pengunjung baru tersesat.

Namun, jika Anda ingin menggunakan angkutan umum, harus menuju Terminal Batu terlebih dahulu. Setelah itu, naiklah angkutan berwarna merah jingga dengan kode BNK. Angkutan ini akan membawa pengunjung langsung ke Museum Angkut Malang.

Syarat Pengunjung Museum Angkut

Syarat Pengunjung Museum Angkut
Source : https://alacasa.id/

Sebelum masuk ke tempat wisata ini, pastikan terlebih dahulu Anda sudah menyiapkan berbagai persyaratan yang dibutuhkan. Berikut daftar syarat-syarat tersebut, yakni:

  • Harus memiliki aplikasi PeduliLindungi di dalam smartphone sebagai bukti telah melakukan vaksinasi.
  • Wajib mematuhi protocol kesehatan 5 M selama berada di area tempat wisata.

Semua persyaratan di atas harus Anda penuhi agar tidak terjadi masalah selama liburan nanti. Sebelum berangkat, pastikan juga keperluan sudah komplit dan jangan membawa bekal kecuali makanan untuk bayi.

Baca Juga : Air Terjun Serondo Seweru? Pasti Bikin Penasaran!

Fasilitas Museum Angkut

Fasilitas Museum Angkut
Source : https://www.itrip.id/

Sama halnya seperti tempat wisata lain, Museum Angkut juga menyediakan beberapa fasilitas yang bisa memenuhi kebutuhan Anda selama liburan. Di halaman pertama, pengunjung dapat menemukan area parkir dengan ukuran lumayan besar, sehingga mampu menampung banyak kendaraan mereka.

Selanjutnya, ada juga tempat makan di beberapa zona tertentu, seperti zona pasar apung atau bisa di Food Court. Anda bisa menikmati liburan tanpa harus khawatir perut kosong. Selain itu, di tempat ini juga tersedia loket, toilet, ATM Center, bahkan lift untuk memudahkan pengunjung berpindah.

Bagi pengunjung muslim, di sini juga tersedia mushola untuk beribadah di sela-sela waktu liburan. Jika baterai hp habis, Anda bisa mengisinya di Charging Station. Perlu Anda ketahui juga, pengunjung tidak boleh membawa bekal, kecuali bekal tersebut diperuntukan kepada bayi mereka.

Wahana Museum Angkut

Wahana di dalam Museum Angkut ini tidak kalah menariknya dan harus Anda ketahui sebelum mengunjungi tempat tersebut sebagai gambaran. Sebenarnya, ada banyak sekali wahana yang bisa pengunjung nikmati, namun di bawah ini akan disebutkan 5 wahana utamanya saja, yakni!

1. Zona Ruang Utama

Zona Ruang Utama
Source : https://medium.com/

Ketika memasuki tempat wisata ini, Anda akan menemukan Zona Ruang Utama. Di sini, pengunjung bisa melihat berbagai macam koleksi transportasi dari waktu ke waktu, mulai dari kendaraan roda dua hingga roda empat.

Selain itu, penataan koleksi-koleksi tersebut juga terlihat elegan, sehingga membuat pengunjung pun terkagum. Di sini, Anda bisa mempelajari banyak kendaraan yang digunakan oleh berbagai negara seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, cocok sekali membawa anak-anak ke tempat wisata ini.

2. Zona Sunda Kelapa dan Batavia

Zona Sunda Kelapa dan Batavia
Source : http://www.xiaovee.com/

Wahana selanjutnya yakni Zona Sunda Kelapa dan Batavia. Pengunjung bisa mengetahui bagaimana penampakan pelabuhan Sunda Kelapa pada zaman dahulu. Ini mampu membawa mereka ke kenangan zaman dahulu, di mana Indonesia masih menggunakan kapal-kapal tradisional.

Untuk memvisualikasikannya, Anda bisa melihat berbagai miniatur kapal-kapal yang sedang berlabuh di pelabuhan tersebut. Selain itu, di sana juga ada berbagai toko yang dekat dengan pelabuhan menggunakan ejaan bahasa Belanda, karena memang itulah bahasa komunikasi umum di zaman itu.

Baca Juga : Gunung Kendil dan Keeksotisannya

3. Zona Edukasi

Zona Edukasi
Source : https://ongistravel.com/

Salah satu poin utama mengapa Museum Angkut cocok untuk Anda jadikan tempat wisata edukasi, karena mereka memiliki Zona Edukasinya sendiri. Temanya juga sangat kental dengan berbagai hal juga pengetahuan baru yang tentunya fresh dan tidak bisa menemukannya di tempat lain.

Selain itu, desain interior di dalam wahana ini juga sangat menarik dengan warna serta pencahayaan yang mendukung. Bahkan, penyampaian informasi juga terlaksana secara baik serta menyenangkan, dan tidak membuat anak-anak bosan, sehingga mudah bagi mereka untuk memahaminya.

4. Zona Hollywood

Zona Hollywood
Source : https://www.traveloka.com/

Belum pernah ke Amerika? Anda tidak perlu khawatir lagi, kini di Museum Angkut tersedia Zona Hollywood bagi mereka yang ingin tahu suasana di kota tersebut. Pengunjung juga bisa berfoto di berbagai spot yang ada sebagai kenang-kenangan atau mengabadikan momen di kota buatan tersebut.

Bahkan, tempat ini juga menyediakan banyak sekali replica kendaraan yang bisa Anda jumpai di film-film Hollywood. Mungkin, rasa penasaran akan terobati nantinya. Selain itu, ada juga Hulk buatan dengan ukuran cukup besar, sehingga cocok bagi para pecinta marvell untuk datang ke wahana ini.

5. Zona Flight Training Simulator

Zona Flight Training Simulator
Source : http://www.malanglife.com/

Bagi mereka yang ingin melihat bagaimana cara menerbangkan pesawat, mungkin Zona Flight Training Simulator ini bisa Anda jadikan sebagai solusi. Di sini, pengunjung bisa mengetahui training alat transportasi dari pesawat.

Walaupun hanya pelatihan, namun ada kokpit yang akan menemani pengunjung belajar. Anda bisa merasakan sensasi menjadi seorang pilot apabila mengunjungi wahana ini nantinya. Tentu hal itu, dapat menjadi pengalaman liburan berbeda dan seru serta mengasyikkan.

Itulah ulasan lengkap mengenai tempat wisata Museum Angkut di Kota Batu yang dapat Anda jadikan sebagai solusi untuk mengisi masa-masa liburan bersama keluarga atau teman. Belajar hal baru lebih menyenangkan apabila mengetahui faktanya secara langsung dengan mengunjungi objek wisata ini.

Tinggalkan komentar