Wisata Bersejarah : Palang Mejayan Madiun

Apakah Anda mau liburan ke tempat yang bersejarah? Maka Kabupaten Madiun punya Palang Mejayan. Nantinya seluruh pengunjung bisa lihat bagaimana kondisi peninggalan zaman kerajaan. Lumayan bukan? Bisa habiskan weekend sembari memperluas pengetahuan.

Informasi Umum Mengenai Wisata Palang Mejayan

Informasi Umum Mengenai Wisata Palang Mejayan
Source : https://1.bp.blogspot.com/

Bagi beberapa orang yang masih belum memahami apa sebetulnya Palang Mejayan, lebih dikenal dengan nama situs rumah palang. Termasuk ke dalam salah satu tempat bersejarah dan menjadi objek wisata untuk seluruh masyarakat dan terkenal di kalangan rakyat Kabupaten Madiun.

Lokasinya sendiri bertepatan pada Jalan Panglima Sudirman Nomor 79 A, Mejayan, Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun. Dengan demikian, merupakan salah satu objek wisata paling cocok apabila berkunjung bersama dengan keluarga dan anak-anak.

Apabila Anda tertarik berkunjung ke sana, maka jangan lupa untuk mencari informasinya terlebih dahulu. Misalnya saja jam operasionalnya. Kemudian berapa tarif untuk pembelian tiket masuknya dan memahami apa saja fasilitas di sana.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk 

Jam Operasional
Source : http://www.mejayan-desaku.com/

Sebelum memutuskan mendatangi wisata, pastikan telah memahami informasi penting. Karena cukup disayangkan sekali apabila sudah jauh-jauh berangkat dari luar kota Namun ternyata lokasi rekreasi tersebut masih belum buka atau telah tutup.

Destinasi wisata Palang Mejayan, sebetulnya menjadi rekreasi paling banyak peminatnya. Sedangkan untuk jam operasionalnya bermula pada 4 pagi hingga 11 malam. Jadi, pastikan saja untuk datang pada waktu tersebut ya.

Lalu jangan lupakan untuk mencari informasi tentang biaya masuknya. Dengan demikian, bisa persiapkan budget yang sesuai. Agar nantinya tak kehabisan ongkos saat berada di Kabupaten Madiun. Namun, sepertinya tak ada pungutan biaya sama sekali kecuali tempat parkirnya.

Rute Perjalanan ke Palang Mejayan

Rute Perjalanan ke Palang Mejayan
Source : https://4.bp.blogspot.com/

Apabila Anda mau berkunjung ke sana? Maka pastikan paham dengan rute perjalanan ya. Dengan demikian mampu meminimalisir salah jalanan. Jaraknya dari Kota Madiun antara 32-35 menit tanpa gunakan jalan tol.

Nantinya Anda dari Kota Madiun harus ambil arah ke JL. Basuki Rahmat, lalu bisa masuk ke Jln Raya Nglames. Jika sudah, masuk ke jalur Jalan Raya Madiun Nganjuk dan Jln. Raya Surabaya Madiun. Maka dari sini, hanya perlu ikuti alur jalannya saja sampai temukan lokasinya.

Beragam Keunikan dari Palang Mejayan

Beragam Keunikan dari Palang Mejayan
Source : http://1.bp.blogspot.com/

Apabila Anda mau tahu gimana keunikan dari Palang Mejayan, jangan cemas karena berikut ini ialah daftar dari daya tariknya. Kemudian terjamin sekali mampu membuat semua pengunjung terpana dan selalu ingin abadikan foto setiap sudut. Maka berikut ini ialah penjelasannya:

1. Situs Peninggalan Kerajaan Jawa Kuno

Hal pertama yang menjadi keunikan Kenapa destinasi wisata ini selalu digemari oleh masyarakat lokal dari Madiun. Karena memang merupakan sebuah situs peninggalan dari kerajaan Jawa kuno. Memiliki desain cukup unik, tentunya mampu membuat setiap pengunjung terpesona.

Mungkin ini alasan kenapa destilasi Palang Mejayan kerap kali menjadi salah satu tempat rekreasi untuk anak sekolahan. Selain terjangkau, tentu saja mampu menambah wawasan setiap murid. Bahkan bisa belajar dan lihat langsung dengan seluruh peninggalan kerajaan tersebut.

2. Rumah dari Raden Ngabehi Lo.Prawirodipuro

Daya tarik lain yang tentunya cukup menarik perhatian banyak orang adalah ternyata Palang Mejayan ini merupakan rumah peninggalan dari pencipta kesenian dongkrek. Yaitu memiliki nama Raden Ngabehi Lo.Prawirodipuro atau lebih dikenal menjadi Eyang Palang.

Bahkan sebetulnya sampai saat ini ternyata rumah tersebut beserta arca-arca di dalamnya masih sangat terjaga dan terawat dengan baik oleh keturunannya. Karena merupakan peninggalan berharga.

3. Banyak Koleksi dari Zaman Dahulu

Karena merupakan rumah peninggalan dari salah satu orang yang berpengaruh. Maka koleksi-koleksi dari barang bersejarah memang lumayan banyak. Seluruh pengunjung bisa mengabadikan momen atau foto beserta seluruh arca-arca di sana.

Namun, pastikan jika membawa anak kecil masuk ke area ini jangan biarkan mereka berlarian. Sebab, cukup berbahaya dan mampu berakibat fatal seperti tak sengaja menyenggol arca atau lain sebagainya.

4. Suasana Lingkungan yang Tenang

Memang betul adanya jika lokasidari Palang Mejayan ini tepat pada perkampungan. Dengan demikian, akan jadi lokasi wisata edukasi yang sangat ramah akan anak-anak bukan. Bahkan, dari tahun ke tahun selalu ada sekolah yang berkunjung.

Jadi, Anda tak akan pernah merasa kecewa jika memutuskan datang ke wisata ini. Bisa berfoto ria dengan berbagai macam arca, lalu terdapat pula hasil peninggalan kesenian seperti topeng dan lain sebagainya.

Ragam Fasilitas di Dalam Palang Mejayan Madiun

Ragam Fasilitas di Dalam Palang Mejayan Madiun
Source : https://i.ytimg.com/

Karena lokasi dari destinasi wisata ini bertempatkan pada sebuah desa, tentu perlu memperhatikan fasilitasnya. Sebab biasanya masih cukup minim fasilitas dan pada akhirnya membuat seluruh pengunjung tak nyaman. Berikut ini ialah penjelasannya:

1. Ada Lahan Parkir Lumayan Luas

Pada saat Anda memutuskan berkunjung ke Palang Mejayan, maka tak perlu lagi merasakan cemas akan keberadaan dari kendaraan. Karena memiliki lokasi parkir tepat pada depan bangunan dan lumayan luas. Jadi, transportasi apapun sebetulnya bisa masuk dimulai dari mobil hingga motor.

Dengan demikian beberapa rombongan pun juga bisa memasuki area tersebut dan kendaraannya bisa terparkir dengan nyaman dan aman. Mungkin nantinya Anda hanya perlu membayar beberapa rupiah sebagai ongkos untuk orang-orang yang telah mengatur parkirnya.

2. Ada Warung Makanan dan Minuman

Sebetulnya area ini memang berada di perkampungan, dengan demikian seluruh pengunjung bisa menemukan warung yang menjual makanan ringan ataupun minuman, dan merupakan toko milik warga sekitar.

Keberadaan dari Palang Mejayan ini sendiri cukup membantu perekonomian dari beberapa masyarakat. Karena pastinya banyak para pengunjung yang memutuskan untuk membeli minuman, sebab memang wilayahnya cukup panas.

Beragam Tips Saat Berkunjung ke Palang Mejayan

Beragam Tips Saat Berkunjung
Source : https://radarmadiun.jawapos.com/

Meskipun Anda hanya ingin berwisata sendirian, namun tentu saja masih perlu mempersiapkan berbagai macam hal. Contohnya ketika mendatangi destinasi wisata Palang Mejayan dari Kabupaten Madiun. Berikut ini merupakan beberapa perlengkapan untuk dibawa saat liburan:

1. Bawa Uang Tunai

Pertama-tama, terdapat salah satu tips yang tentunya jangan pernah terlupakan yaitu membawa uang tunai. Karena beberapa kawasan wisata di negara Indonesia memang masih menerapkan secara cash.

Lebih baik pula uang tunai yang Anda bawa tak terlalu besar. Pecah uang jadi lebih kecil seperti 20 ribu dan lain sebagainya. Alhasil jauh lebih gampang jika ingin bayar dengan nominal kecil. Seperti halnya minuman dan makanan ringan.

2. Jangan Lupa Bawa Sunscreen

Penggunaan dari sunscreen memang sangat penting apalagi jika memutuskan untuk berlibur karena melakukan aktivitas pada luar ruangan. Matahari lumayan terik pada Kabupaten Madiun dan tentunya harus gunakan tabir surya dengan benar agar kulit tak terbakar.

Bukan hanya orang dewasa saja yang bisa menggunakannya, karena terdapat sunscreen khusus untuk anak-anak. Dengan demikian si kecil pun tak akan gosong atau terbakar kulitnya meskipun melakukan banyak aktivitas pada luar ruangan.

Demikian sekilas informasi yang bisa diberikan kepada Anda tentang wisata unik dan juga situs bersejarah Palang Kejayaan dari Kabupaten Madiun. Semoga saja ini menjadi ulasan terbaik bagi para pemula jika ingin berkunjung ke kawasan tersebut.

 

Tinggalkan komentar