Pantai Jebring Wisata Favorit dan Terpanjang di Ngadipuro Blitar

Pantai Jebring terbuka selama 24 jam. Cahaya matahari saat terbenam memancarkan keindahan di seluruh sudut Pantai Jebring. Warna pasir akan terlihat indah dengan sedikit orange kecoklatan dan memiliki sentuhan hitam. Berpadu dengan air laut biru membuat pemandangan sangat menakjubkan.

Pesona Pantai Jebring

Pesona Pantai Jebring
Source : https://i0.wp.com/

Pantai Jebring merupakan pantai terluas yang ada di Desa Ngadipuro. Keunikan pantai ini memiliki pasir coklat yang cenderung hitam. Pasir yang sangat luas sehingga pengunjung dengan bebas melakukan kegiatan. Karang yang berada di sisi timur berdiri dengan kokoh saat dihantam ombak.

Bacaan Lainnya

1. Pantai Terluas

Bentang pantai yang ada di tempat ini cukup luas dan terjaga kebersihannya. Pada area sebelah barat terdapat aliran sungai yang memiliki air jernih. Suasana di pantai ini sejuk dengan deburan ombak yang menghiasi laut lepas. Namun wisata ini masih sepi dari pengunjung.

Aliran sungai memisahkan lokasi pantai dengan tebing yang menjulang tinggi. Pantai ini dikelilingi oleh tebing dari sisi barat dan timur. Saking tingginya bisa digunakan sebagai tempat berteduh dari panasnya sinar matahari terlebih saat siang hari.

2. Pasir Coklat Kehitaman

Pasir Coklat Kehitaman
Source : https://pantainesia.com/

Pasir yang ada di pantai ini memiliki warga coklat kehitaman karena mengandung bijih besi. Dahulu kawasan ini digunakan sebagai tambang bijih besi tahun 2010 hingga 2014 namun sekarang sudah tidak berfungsi lagi. Tapi sisa pasir yang ada di tempat ini tetap sama.

Penambangan tersebut membuka akses jalur menuju ke Pantai Jebring. Pesona pasir yang lembut serta luas semakin menambah keelokan dari pantai ini. Pengunjung bisa bermain pasir sepuasnya atau sekedar bersantai menikmati pemandangan alam secara langsung.

3. Karang yang Menjulang Kokoh

Pantai ini memiliki banyak karang besar yang sangat tinggi di area sekitar pantai. Menariknya karang yang ada di tengah bibir pantai terlihat indah saat ombak menerjang ke arahnya. Tempat ini sering dijadikan lokasi berfoto sebagai latar belakangnya.

Di sisi samping kanan dan kiri pantai terlihat tebing yang menjulang dengan megah membuat wisata ini menjadi lebih indah. Meskipun begitu pengunjung hanya bisa mengagumi dari jarak yang cukup jauh dari laut karena tinggi dan besarnya ombak menerjang.

Lokasi dan Tiket Masuk

Lokasi dan Tiket Masuk
Source : https://campatour.com/

Pantai Jebring terletak di Banyuurip, Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar. Wisata ini masih sangat alami dan sejuk dengan perpaduan air laut biru yang berkilau indah serta tebing megah tersebar di pantai. Selama melewati perjalanan, pengunjung akan melihat banyak perkebunan warga.

Jarak tempuh dari pusat kota ke Pantai Jebring sekitar satu jam perjalanan dengan tiket masuk gratis. Karena akses yang masih sulit disarankan membawa kendaraan roda dua untuk datang ke pantai. Meskipun begitu pengelolaan akan wisata ini sudah lebih maju dengan adanya warung di sekitar.

Semakin dekat dengan lokasi maka jalan yang dilalui juga bertambah parah. Akses jalan yang tidak mendukung membuat pengunjung enggan datang ke pantai ini. Hal ini sangat disayangkan karena ada banyak sekali keindahan yang dimiliki oleh Pantai Jebring ini.

Rute Menuju ke Pantai Jebring

Rute Menuju ke Pantai Jebring
Source : https://jelajahblitar.com/

Jalur yang harus dilewati untuk menuju ke Pantai Jebring cukup sulit. Pengunjung bisa melalui Sutojayan dan kea rah Desa Ngadipuro. Setelah itu masuk ke Dusun Banyuurip dan mengikuti petunjuk jalan untuk sampai kesana. Apabila merasa kesulitan bisa bertanya ke masyarakat sekitar.

Jika ingin akses yang mudah bisa mengikuti arahan dari Google Maps. Namun biasanya maps akan memberikan rute yang sulit dan sempit untuk dilalui. Maka dari itu bisa bertanya jika ragu sehingga tidak tersesat. Lokasi wisata cukup jauh sehingga perlu mempersiapkan diri dengan kondisi tubuh yang sehat.

Kondisi jalan cukup menanjak ditambah berkelok-kelok karena berada di sekitar pegunungan selatan. Selain itu jalan masih banyak yang berlubang sehingga akan memperparah kendaraan. Maka dari itu pantai ini masih sepi peminat meskipun memiliki keindahan yang tidak kalah dari yang lain.

Cara Menikmati Waktu Selama di Pantai Jebring

Cara Menikmati Waktu Selama di Pantai Jebring
Source : https://mblitar.net/

Saat berada di lokasi wisata masih sepi dengan pengunjung sehingga akan terasa seperti pantai pribadi. Pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan selama di Pantai Jebring. Lokasinya yang jauh dan tidak memiliki akses jalan layak membuat pantai ini hanya didatangi warga lokal saja.

1. Bermain dan Bersantai

Dengan pasir pantai yang luas serta lokasi wisata yang jauh dari keramaian sangat cocok sebagai tempat yang tenang. Berada di wilayah yang tidak terlalu dengan pemukiman bisa memberikan kekurangan jika perlu sesuatu hal misalnya warung makan dan minum.

Apabila pengunjung ingin datang ke wisata ini disarankan pada pagi atau sore hari agar tidak terkena panas matahari yang terik. Pengunjung bisa bersantai menikmati suara ombak dan pemandangan yang membuat pikiran menjadi tenang. Melepas penat dengan berlari juga sangat menyenangkan.

2. Camping

Pasir yang lembut dan datar bisa digunakan sebagai tempat piknik atau camping. Hanya sekedar duduk atau tiduran di atas pasir tidak akan membuat tubuh menjadi sakit. Namun semua peralatan bisa pengunjung bawa sendiri dari rumah karena tidak ada tempat persewaan di sekitar pantai.

Akses yang masih sulit membuat pengunjung mempersiapkan diri saat berkunjung kesini. Masih sedikit warung atau orang berjualan sesuatu di wisata ini. Maka dari itu perlu membawa hal yang dibutuhkan seperti alat bermain, piknik, camping, makanan, minuman, dan baju ganti.

Tips Berkunjung ke Pantai Jebring

Tips Berkunjung ke Pantai Jebring
Source : https://i0.wp.com/

Saat memasuki Pantai Jebring pengunjung akan berjumpa dengan jalanan yang rusak dan curam. Maka dari itu perlu kehati-hatian saat melewati jalan menuju tempat ini. Disarankan menggunakan kendaraan roda dua agar lebih aman untuk mengakses jalan.

Di pantai ini ada banyak pohon cemara yang memberikan kesejukan sehingga bisa digunakan sebagai tempat berteduh. Sebelum berkunjung atau berada di wisata pantai ini alangkah lebih baiknya pengunjung mempersiapkan hal berikut ini untuk kenyamanan menikmati secara maksimal, antara lain:

  • Lokasi pantai memang masih belum terjamah banyak orang sehingga kesulitan untuk mencari jalan menuju ke tempatnya
  • Pengunjung bisa bertanya kepada masyarakat setempat mengenai rute yang aman untuk dilewati
  • Gunakan kendaraan roda dua karena jalanan sangat rusak sehingga tidak bisa dilewati oleh mobil
  • Gunakan sunblock atau topi sebagai pelindung dari panas matahari saat siang hari
  • Ombak yang ada di pantai ini sangat besar, sebaiknya tidak berenang dan hanya bermain air di pinggir saja
  • Selalu berhati-hati saat menuju dan berada di Pantai Jebring
  • Datang pada cuaca yang cerah dan hindari berkunjung saat hujan karena akses jalan akan semakin sulit serta ombak menjadi lebih ganas
  • Mempersiapkan barang-barang yang dibutuhkan karena tidak tersedia fasilitas apapun
  • Tetap menjaga kebersihan pantai dengan membawa sampah dan dibuang ke tempatnya.

Demikian informasi mengenai keindahan Pantai Jebring yang masih belum banyak orang ketahui. Sayangnya keindahan pantai ini tertutup dengan akses jalan yang rusak. Banyak pengunjung tidak bisa melewati wisata ini.