Pantai Kedung Tumpang Tulungagung, Mengenal Wisata Alam sekaligus Upacara Adat

Berkunjung ke pantai saat ini sudah menjadi wisata yang tidak membosankan. Anda bisa melihat hamparan pasir dan laut sebagai daya tarik utamanya. Salah satunya adalah Pantai Kedung Tumpang karena sangat terkenal di Tulungagung. Lokasinya  berada di Pucanglaban, Tulungagung.

Rute Menuju ke Pantai Kedung Tumpang

Jarak dari Kota Tulungagung menuju ke Pantai Kedung Tumpang mencapai 35 kilometer. Anda bisa menempuh waktu perjalanan sekitar satu jam saja ketika lalu lintas sedang lancar. Cara paling mudah untuk bisa sampai ke pantai ini adalah dengan menggunakan GPS saja jadi tidak akan kesulitan.

Bacaan Lainnya

Rute yang bisa Anda tempuh mulai dari Jalan Pesantren kemudian lurus sekitar 1,5 kilometer lalu belok ke kiri. Selanjutnya lanjutkan lewat jalan tersebut selama 2 kilometer kemudian belok kanan melewati Jalan Kalidawir – Panjerejo.

Anda bisa belok kiri setelah lewat gedung rumah sakit pada persimpangan jalan. Selanjutnya ikuti jalan sepanjang dua kilometer dan belok ke kanan lewat pengisian bahan bakar kiri jalan. Kemudian cukup ikuti jalan sepanjang tiga kilometer dan belok saja ke arah kiri. Cukup lurus sampai menemukan tempat parkir.

Mengenal Upacara Larung Sesaji di Pantai Kedung Tumpang

https://cdn.timesmedia.co.id/images/2019/08/29/Upacara-Larung-Sesaji-1-Suro.jpg

Tidak hanya hadir sebagai tempat wisata saja, namun salah satu keunikan dari pantai Kedung Tumpang adalah terkenal menjadi lokasi upacara larung sesaji. Upacara adat ini merupakan kegiatan menghanyutkan sesaji  berisikan hasil bumi. Tujuannya untuk menunjukkan rasa syukur pada Tuhan.

Selain itu juga terdapat tujuan untuk memberikan berkah kepada manusia dan memohon perlindungan serta keselamatan dari Tuhan. Menurut sumber lain, larung sesaji ini merupakan tradisi membuang sesaji ke tengah laut. Sebagai wisatawan, Anda pun bisa mengikuti upacara prosesi ini dari awal.

Upacara larung sesaji akan dilakuakn satu kali dalam setahu di tanggal 1 Sura. Ada beberapa tahapan dalam pelaksanaannya mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga penutupan. Anda pun juga bisa mengetahui komponen berupa ubarampe yakni benda-benda dihanyutan seperti bunga ketaman dan cok bakal.

Baca juga : Pantai Pucang Sawit, Hidden Gems Mirip Belitung di Tulungagung

Informasi Umum dan Daya Tarik Pantai Kedung Tumpang

Bagi setiap wisatawan yang tertarik untuk hadir ke Pantai Kedung Tumpang, maka bisa melihat beberapa informasi penting di bawah ini. Mulai dari harga tiket, fasilitas hingga layanan apa saja tersedia di sana. Berikut beberapa diantaranya:

1. Lokasi

Pantai Kedung Tumpang
https://dynamic-media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-o/09/ff/5d/2b/pantai-kedung-tumpang.jpg?w=1200&h=1200&s=1

Wisata Pantai Kedung Tumpang  berada di Desa Pucanglaban, Kec. Pucanglaban, Kab. Tulungagung Jawa Timur. Wisata ini merupakan lokasi pantai yang ramai dengan wisatawan baik di hari biasa maupun liburan. Tempat ini pun sangat pandai dan dapat memberikan sensasi berbeda kepada pengunjung.

Wisata Pantai Kedung Tumpang ini memiliki pesona keindahan sangat menarik sehingga cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Keindahan wisata ini jangan sampai meninggalkannya khususnya di hari liburan. Selain itu, akses jalannya pun juga sangat mudah dan tidak menyulitkan.

2. Keindahan Pantai Kedung Tumpang

https://asset.kompas.com/crops/PiHhlsBH1L4NuGWgQlbGUd0CW9M=/0x0:624×416/750×500/data/photo/2020/07/23/5f195c255c0ae.jpg

Wisata Pantai Kedung Tumpang adalah salah satu wisata Tulungagung wajib untuk Anda kunjungi karena pesona keindahannya diakui tidak ada duanya. Selain itu, Kota Tulungagung juga terkenal dengan beberapa daya tariknya. Ada banyak keindahan di pantai ini dan tidak bisa Anda temukan di pantai lain.

Kedung Tumpang sebenarnya merupakan gugusan garang yang tergerus ombak sehingga akan membentuk cekungan alami seperti kolam laguna dan berisikan air laut. Bentuknya pun sangat indah dan airnya masih bening sampai sekarang. Tidak ada bandingannya apabila Anda mengunjungi pantai lain.

3. Ombak yang Kencang saat Air Pasang

https://i0.wp.com/www.pesisir.net/wp-content/uploads/2022/09/Daya-Tarik-Pantai-Kedung-Tumpang.jpg?resize=708%2C425&ssl=1

Menjadi informasi yang penting bagi pengunjung adalah larangan untuk berenang pada saat air sedang pasang. Ketika kondisi seperti ini, justru tidak diperbolehkan untuk berenang karena ombak sangatlah kencang. Bisa-bisa hanyut dan terbawa arus laut selatan di Pantai Kedung Tumpang Tersebut.

Meski termasuk sebagai salah satu pantai yang indah namun adanya gugus karang tersebut justru menjadi hal berbahaya apabila Anda tidak mengenali ombaknya. Meskipun belum pernah terjadi suatu tragedi, namun hal ini sudah menjadi informasi umum bagi seluruh pengunjung untuk tidak berenang.

4. Proses Pembentukan Kolam Secara Alami

https://2.bp.blogspot.com/-heJ5Qjiwgv0/Vp-eoKyOo4I/AAAAAAAAAZI/mnwDorjSp28/s1600/pantai%2Bkedung%2Btumpang%2Btulungagung%2B1.jpg

Pantai Kedung Tumpang sebenarnya hanya terbentuk secara alami. Perlu Anda tahu bahwa pantai ini adalah gugus karang yang memiliki beberapa kolam tercipta tanpa adanya tenaga manusia. Proses ini terjadi karena terjangan gelombang laut selatan dan terkenal mempunyai ombak begitu kuat.

Tidak heran apabila ombak tersebut mampu melubangi batuan karang dengan ukuran sangat besar. sampai akhirnya menjadi suatu kolam dan terkenal menjadi Pantai Kedung Tumpang saat ini. Anda bisa bermain pada kolam tersebut asalkan sedang tidak dalam kondisi pasang.

5. Bentuk Pantai yang Unik

https://pantainesia.com/wp-content/uploads/2021/11/Pantai-Kedung-Tumpang-Tulungagung.jpg

Daya tarik utama yang ada di Pantai Kedung Tumpang yakni  bentuk pantainya terbentuk dari gugusan karang dengan beberapa kolam. Orang-orang lebih mengenalnya dengan sebutan laguna. Kolam ini terbentuk secara alamiah oleh gerusan kolam.

Selain itu, daya tarik di Pantai Kedung Tumpang berikutnya yakni adanya karang tersebar dengan ukuran besar. Karena itu, bisa menahan derasnya ombak pantai. Lokasinya pun berada di pesisir pantai dan terlihat sangat menawan.

6. Banyak Tebing di Pinggiran Pantai

Pantai Kedung Tumpang
https://asset.kompas.com/crops/PiHhlsBH1L4NuGWgQlbGUd0CW9M=/0x0:624×416/750×500/data/photo/2020/07/23/5f195c255c0ae.jpg

Mungkin Anda jarang untuk menemukan pantai dengan tebing yang ada di pinggirannya. Pada Pantai Kedung Tumpang ini pengunjung akan melihat beberapa tebing tinggi namun para wisatawan masih bisa menaikinya.

Jika Anda ingin kesana, jangan lupa menikmati sensasi untuk melihat keindahan pantai dari ketinggian. Pastikan menggunakan sepatu dan pakaian yang sesuai agar tetap nyaman selama mendaki di atas tebing.

7. Fasilitas

https://asmarainjogja.id/wp-content/uploads/2020/04/cara-makan-seafood-yang-lezat-hemat-dan-puas-di-pantai-depok-yogyakarta_5e9d677fc3c3e.png

Wisata Pantai Kedung Tumpang yang berada di Tulungagung ini dapat dikatakan menjadi wisata pantai dengan beberapa fasilitas. Anda pun tidak perlu kesulitan untuk menemukan area parkir, tempat istirahat hingga kamar mandi.

Dengan begitu, wisatawan tidak perlu takut merasa kelaparan saat berada di wisata Pantai Kedung Tumpang. Ada banyak lokasi rumah makan di sana dan menjajakan makanan dan minuman yang tersedia dalam harga murah.

8. Transportasi

https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2021/02/04/dev-ini-dia-jalan-raya-paling-keren-di-selatan-jawa.jpeg?w=600&q=90

Untuk wisatawan yang berasal dari Kota Tulungagung pastinya tidak bingung lagi ketika hendak berkunjung ke lokasi wisata tersebut. Namun hal ini akan menjadi pertanyaan besar bagi pengunjung dari luar kota atau bahkan luar negeri. Namun Anda pun tidak perlu kebingungan jika hendak berkunjung.

Ada banyak sarana transportasi yang tersedia disini. Pengunjung bisa menggunakan mobil maupun motor pribadi untuk berkunjung ke Pantai Kedung Tumpang. Akan terasa menyenangkan jika memakai kendaraan pribadi karena tidak perlu menunggu keberangkatan seperti kendaraan umum bis.

Baca juga : Pantai Kedung Tumpang Kediri : Wisata Alam sekaligus Upacara Adat

Itulah tadi beberapa informasi yang bisa Anda ketahui mengenai Pantai Kedung Tumpang. Ada banyak hal menarik khususnya upacara adat dan laguna terbentuk secara alami. Pasalnya keindahan tersebut tidak dapat ditemukan di pantai lainnya.