Pantai Ngalur, Wisata Alam Tersembunyi di Tulungagung

Pantai Ngalur merupakan salah satu pantai dengan hamparan pasir putih dan hamparan pohon yang masih rindang sampai sekarang. Apabila Anda mencari pantai tenang sekaligus sepi, maka bisa merasakannya di destinasi alam satu ini. Lokasinya memang tersembunyi sehingga masih sepi pengunjung.

Informasi Sekilas Mengenai Pantai Ngalur

Pantai Ngalur
Source: https://sikidang.com/wp-content/uploads/Pantai-Ngalur-Tulungagung.jpg

Lokasinya memang tersembunyi dan mengharuskan Anda untuk menyusuri jalanan kecil. Akses jalannya pun belum begitu bagus. Jadi tidak disarankan apabila pengunjung membawa kendaraan roda empat jika ingin berlibur di Pantai Ngalur. Apabila tertarik, pahami beberapa informasi di bawah ini.

1. Lokasi Wisata

Pantai Ngalur
Source: https://www.google.com/maps/@-8.2985493,111.910476,15.65z?hl=en

Pantai Ngalur berlokasi di Desa Jengglungharjo, Kec. Tanggung Gunung Kab. Tulungagung Jawa Timur. Sebenarnya lokasinya masih dalam satu jalur dengan Pantai Sanggar. Jadi tidak ada salahnya untuk berkunjung ke dua pantai tersebut sekaligus karena tempatnya memang berdekatan.

Hal pertama yang wajib untuk Anda ketahui saat berkunjung ke pantai ini adalah harus membawa kendaraan roda dua saja. Pasalnya akses jalannya masih belum mendukung bagi wisatawan menggunakan kendaraan roda empat. Selain sempit, jalanannya pun cukup terjal dan berupa tanah liat.

2. Rute Perjalanan

Rute Perjalanan
Source: https://www.nativeindonesia.com/foto/pantai-ngalur/Jalur-Menuju-Pantai-Ngalur.jpg

Jarak pusat kota Tulungagung dengan Pantai Ngalur memang cukup jauh. Anda harus menempuh waktu perjalanan antara 1,5 sampai 2 jam. Tidak heran apabila wisata alam ini mendapatkan julukan berupa surga tersembunyi. Pengunjung bisa berangkat dari Jalan Ki Mangun Sarkoro menuju Ngepoh.

Selanjutnya sampai di Kalitalun menuju ke Lapangan Jengglungharjo. Dari sana, Anda hanya perlu menyusuri jalanan Pantai Ngalur atau Pantai Sanggar karena masih dalam satu jalur. Nantinya jika sudah sampai di pertigaan, pilih jalan yang mengarahkan ke Ngalur.

3. Harga Tiket Masuk

Menariknya, harga tiket masuk untuk menuju Pantai Ngalur adalah gratis. Anda tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun jika ingin berlibur ke wisata satu ini. Mungkin apabila sudah memiliki pihak pengelola dengan baik dan terstruktur, akan ada biaya khusus bagi pengunjung.

Mungkin untuk saat ini, Anda hanya perlu membayar dengan perjuangan selama di perjalanan. Mengingat bahwa jalanannya memang cukup ekstrim. Pengendara harus benar-benar dalam kondisi prima untuk membawa kendaraan bermotor. Jadi tetap waspada dan hati-hati untuk menuju ke Pantai Ngalur.

4. Jam Buka

Jam operasional Pantai Ngalur memang belum ada ketentuan khusus. Ini artinya, Anda bisa berkunjung kapan saja selama 24 jam. Hal ini memungkinkan banyak pengunjung memilih untuk mendirikan tenda di sore hari karena berniat bermalam di kawasan pantai tersebut.

Namun mengingat jika medan perjalanannya cukup ekstrim, maka dihimbau bagi Anda untuk berangkat dan pulang saat matahari masih bersinar. Tentu saja akan membahayakan diri sendiri dan rombongan ketika melanjutkan perjalanan dengan medan yang kurang mendukung di malam hari.

5. Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Apabila Anda ingin melihat pemandangan pantai secara sempurna, maka bisa berangkat di waktu pagi atau sore hari. Akan menjadi pengalaman yang menyenangkan jika  mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan matahari terbit atau terbenam.

Pemandangan sunrise dan sunset di Pantai Ngalur menjadi daya tarik utama dari para pengunjung untuk betah menunggu momen tersebut di sini. Jadi Anda pun bisa berangkat sesuai dengan keinginan. Namun tetap saja berhati-hati karena medan jalannya cukup ekstrim sehingga disarankan ketika hari masih terang.

Daya Tarik Pantai Ngalur Tulungagung

daya tarik
Source: https://www.nativeindonesia.com/foto/pantai-ngalur/hamparan-pasir-putih-yang-bersih.jpg

Pantai Ngalur yang lokasinya cukup tersembunyi, membuat pantai ini tampak begitu asri. Ketika Anda memutuskan untuk berlibur di sini, ada beberapa daya tarik di wisata satu ini dan tidak ditemukan di pantai lainnya. Berikut beberapa spot menarik untuk wisatawan kunjungi selama berada di sini.

1. Suasana Alam yang Masih Perawan

suasana alam
Source: https://www.datawisata.com/wp-content/uploads/2018/04/Ngalur-beach-1024×838.jpg

Pantai Ngalur adalah sebuah wisata alam yang masih tersembunyi. Tidak heran apabila banyak pengunjung menyebut jika pemandangan alamnya terkesan perawan karena belum banyak orang melihatnya. Bahkan hanya sedikit perubahan terjadi di pantai tersebut.

Pantai Ngalur mempunyai gradasi air laut yang sangat cantik yakni perpaduan antara biru tua dan biru muda. Selain itu, Anda pun masih bisa melihat pepohonan rindang yang berdiri di pinggiran pantai. Salah satu daya tarik utamanya adalah hamparan pasirnya berwarna sangat putih dan lembut.

2. Deburan Ombak Terasa Menenangkan

Pantai Ngalur
Source: https://www.datawisata.com/wp-content/uploadss/2018/04/pantai-Ngalur-1024×576.jpg

Tidak hanya memiliki hamparan pasir yang putih dan halus, Anda pun bisa merasakan angin sepoi khas pantai sekaligus deburan ombak terasa begitu menenangkan. Pantai ini memang tergolong ke dalam pantai selatan sehingga mempunyai ombak cukup kencang. Namun ternyata hal ini menjadi daya tariknya.

Maka dari itu, wisatawan pun dilarang untuk berendam, berenang atau bahkan mandi. Khususnya jika air laut sedang pasang. Anda masih bisa bermain air di pinggiran pantai namun tetap harus berhati-hati agar tidak terseret ombak yang kencang.

3. Pemandangan Sunset dan Sunrise

Pengunjung pun memiliki kesempatan untuk menyaksikan pemandangan sunset maupun sunrise selama berada di pantai tersebut. Namun Anda harus berangkat sesuai dengan waktunya. Misalnya jika ingin berburu matahari terbit, bisa menunggu mulai dari jam 5 hingga 6 pagi sampai hari benar-benar cerah.

Sementara jika Anda ingin menunggu momen matahari terbenam, maka harus sudah sampai di pantai paling lama pukul 5 sore. Sebenarnya ada banyak pengunjung yang berburu sunset maupun sunrise sehingga jangan takut menantikannya sendirian selama di Pantai Ngalur.

4. Hunting Foto

Semua orang yang liburan pasti mewajibkan diri mereka untuk berfoto bersama pemandangan sekitar. Begitupun ketika Anda sedang berlibur di Pantai Ngalur. Ada banyak spot foto bagus di sekitarnya. Mulai dari gazebo, ayunan kain hingga pohon-pohon masih terjaga keasriannya untuk kenyamanan pengunjung.

Anda pun juga bisa bermain pasir sembari mengambil foto. Tentunya hal ini terasa begitu menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama dengan rombongan baik keluarga, teman-teman atau pasangan. Mungkin juga menjadi ide foto prewedding karena view menarik sebagai latar belakang foto.

5. Refleksi Kaki di Bebatuan Karang

Apabila Anda ingin melakukan kegiatan yang lebih sehat, maka bisa mencoba refleksi kaki dengan berjalan di sekitar karang-karang dan batu-batuan di sekitar Pantai Ngalur. Namun tetap harus berhati-hati agar tidak terpeleset. Mungkin saja bebatuannya cukup licin karena terkena deburan ombak setiap saat.

Kegiatan lainnya yang tidak kalah menariknya yakni dengan menggelar tikar di pasir. Jangan lupa untuk bawa bekal dari rumah karena akan terasa seru menyantapnya bersama-sama. Mengingat bahwa lokasi pantai ini memang tersembunyi, sehingga penjual makanan di sekitarnya pun juga sangat terbatas.

Bagi Anda jika sedang berburu wisata pantai di Tulungagung yang masih sepi, maka Pantai Ngalur adalah jawabannya. Destinasi ini memiliki akses jalanan cukup sulit sehingga belum begitu banyak wisatawan mengunjunginya. Jadi segera rencanakan liburan ke sana dan jangan lupa cek kendaraan sebelum berangkat.

Tinggalkan komentar