Keindahan Tersembunyi Pantai Pangi Blitar

Blitar memang memiliki banyak keindahan alam yang tersebar di beberapa lokasi. Pantai Pangi menjadi salah satu destinasi wisata yang memberikan ketenangan bagi pengunjung. Terdapat berbagai aktivitas yang bisa dilakukan untuk menikmati keindahan pantai seperti camping, foto, dan lain-lain.

Pesona Pantai Pangi

Pesona Pantai Pangi
Source : https://awsimages.detik.net.id/

Pantai Pangi tidak kalah jika dibandingkan dengan wisata lain di Blitar. Berada pada cekungan kecil dengan batu karang mengapit di semua sisi kanan dan kiri membuat ombak tidak terlalu besar. Sehingga pantai ini masih aman jika digunakan sebagai lokasi bermain air atau berenang.

Bacaan Lainnya

1. Pantai yang Menakjubkan

Pantai ini memiliki air laut yang berwarna biru zamrud dengan paduan langit sehingga terlihat berkilau dan indah. Diapit oleh batu karang yang menghadang deburan ombak memberikan semburan menakjubkan untuk difoto. Begitu juga dukungan cuaca dan suasana di tempat ini sangat asri.

Keindahan pasir yang halus tidak akan menyakiti kaki pengunjung saat berlari. Biasanya ada banyak burung laut yang terbang kesana kemari menambah kesan nyaman dan terasa menyatu dengan alam disertai suara deburan ombak. Serta suasana rindang pepohonan pinus yang mengelilingi pantai.

2. Terdapat Muara Sungai dan Telaga

Di tempat pantai ini terdapat telaga yang berasal dari muara sungai dan memiliki air payau. Pengunjung bisa melihat jenis ikan di dalamnya karena air yang sangat bersih. Di tempat ini jauh dari suara kendaraan atau keramaian. Kedekatan dengan alam sangat terasa di pantai ini.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati wisata alam tenang sangat cocok mengunjungi Pantai Pangi. Dengan area berada di cekungan membuat pantai terlihat menjorok dan dikelilingi oleh karang yang tertutup pepohonan. Oleh karena itu muka pantai berbentuk seperti U yang indah.

Lokasi dan Tiket Masuk

Lokasi dan Tiket Masuk
Source : https://upload.wikimedia.org/

Tiket masuk ke pantai ini sekitar 8 ribu per orang dan buka setiap hari mulai pukul 5 pagi hingga sore. Bagi pengunjung yang ingin camping, area ini terbuka selama 24 jam. selain tiket pengunjung harus membayar biaya parkir kendaraan sebesar 2 ribu untuk roda dua dan 5 ribu bagi roda empat.

Dengan harga yang murah bisa menikmati semua aktivitas dan keindahan pantai selama apapun. Tidak ada batasan waktu sehingga pengunjung bisa bebas. Perjalanan ke Pantai Pangi membutuhkan jarak sekitar 40 km. Pemandangan sekitar akan menjadi teman sehingga tidak merasa bosan.

Pengunjung bisa menyewa perahu seharga 5 ribu tiap orang atau 30 ribu untuk satu perahu. Namun dari tempat parkir ke pantai harus berjalan kaki terlebih dahulu kurang lebih sekitar 100 meter. Nantinya pengunjung akan melewati sungai dan perkebunan.

Rute Perjalanan Menuju Pantai Pangi

Rute Perjalanan Menuju Pantai Pangi
Source : https://cdn.idntimes.com/

Pantai ini terletak di Desa Tumpak Kepuh, Bakung. Akses jalan menuju ke tempat ini cukup mudah karena dapat dijangkau kendaraan roda empat dan dua. Jalanan menuju pantai bisa diakses oleh google maps sehingga pengunjung tidak tersesat.

Untuk sampai ke lokasi ini bisa melewati Kademangan mengikuti arah Pantai Tambakrejo. Setelah itu lanjut perjalanan ke Tumpak Kepuh menuju arah selatan. Nanti tempat parkir akan terlihat di sisi jalan. Ada beberapa jalan rusak setelah melewati perkampungan sekitar 2 kilometer karena berupa aliran lahar.

Jalan ini cukup sulit dilewati oleh roda empat sehingga disarankan untuk menggunakan motor saat berwisata kesini. Selama di perjalanan pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan kebun warga setempat yang hijau. Apabila dari pusat kota maka waktu yang ditempuh sekitar 90 menit.

Kegiatan Selama Berada di Pantai Pangi

Kegiatan Selama Berada di Pantai Pangi
Source : https://panduanwisata.b-cdn.net/

Meskipun lokasi Pantai Pangi jauh dari pusat kota namun pengunjung tidak akan menyesal. Ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan selama berada di pantai ini. Pantai yang berada di tempat tersembunyi ini memberikan suasana tenang bagi pengunjung yang ingin healing.

1. Bermain Air

Lebih lengkap rasanya jika di pantai bermain dengan air laut. Pantai Pangi memiliki aliran air yang tidak terlalu besar sehingga masih aman digunakan untuk berenang atau bermain. Namun pengunjung juga perlu berhati-hati untuk tidak bermain di tengah laut.

Meskipun deburan ombak tidak terlalu berbahaya karena terhalang oleh benturan karang, namun pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Pengunjung bisa lebih menikmati pantai ini di waktu pagi atau sore hari karena akan terasa lebih segar.

2. Menikmati Keindahan Alam

Menikmati Keindahan Alam
Source : https://1.bp.blogspot.com/

Lokasi pantai yang masih sangat asri dan belum terlalu banyak terjamah orang maka cocok bagi pengunjung untuk menikmati waktu berlibur dengan tenang. Suara deburan, angin yang berhembus serta pohon-pohon rindah semakin memberikan kenyamanan.

Pasir disini juga sangat lembut sehingga tidak akan melukai kaki dan bisa digunakan untuk bermain. Biasanya oenag-orang senang membangun istana pasir atau mengubur dirinya di dalam pasir. Pengunjung bisa membawa peralatan sendiri.

3. Camping

Bagi pengunjung yang senang melakukan camping, tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Pantai Pangi memiliki dataran yang rata dan tidak ada batu atau karang mengganggu sehingga pengunjung bisa menempati tenda dengan aman.

Terletak di area yang jauh dari perkotaan serta memiliki suasana asri membuat pengunjung betah berlama-lama. Apalagi pemandangan saat sunset dan sunrise yang sangat indah muncul dari tengah laut. Terlebih pasir yang empuk untuk diduduki.

4. Telaga

Sebelum sampai ke Pantai Pangi, pengunjung akan melewati area sungai yang nampak seperti telaga. Telaga ini memiliki aliran hingga ke sebelah kiri pantai dekat batu karang. Pengunjung bisa bermain di sekitar telaga atau berenang. Ukurannya cukup luas dan memiliki air yang jernih.

Pada area sekitar telaga terdapat pohon bakau yang lumayan tinggi sehingga menambah keindahan dari tempat tersebut. Dengan pesona pantai dan telaga, pengunjung bisa mengabadikan dengan berfoto. Tempat ini bisa menjadi latar belakang alam yang menakjubkan.

Tips Bepergian ke Pantai Pangi

Tips Bepergian ke Pantai Pangi
Source : https://cdn.nativeindonesia.com/

Lokasi pantai yang jauh membuat perjalanan akan terasa membosankan dan lelah. Namun karena keindahan sepanjang perjalanan menuju pantai memberikan energi positif bagi pengunjung. Hal ini akan lebih berharga jika pantai ini bisa membantu melepaskan penat.

Selama berada di pantai, pengunjung akan kehilangan akses sinyal. Namun untuk makan tidak perlu khawatir karena warung selalu buka hingga malam. Maka dari itu pengunjung disarankan untuk memperhatikan hal berikut ini saat berencana ke Pantai Pangi, antara lain:

  • Pagi atau sore hari merupakan waktu terbaik bagi pengunjung untuk menikmati pantai
  • Pengunjung bisa menikmati kuliner ikan atau seafood yang segar dengan berbagai olahan
  • Sebelum berangkat, cek kondisi kendaraan karena akan menempuh perjalanan panjang serta medan yang tidak terlalu bersahabat
  • Menjaga kebersihan lingkungan di area sekitar pantai
  • Mematuhi aturan yang telah dibuat oleh pihak pengelola demi keamanan bersama
  • Kunjungi pantai saat tidak hujan karena jalanan akan lebih sulit dari biasanya

Demikian informasi mengenai Pantai Pangi yang bisa dikunjungi bersama keluarga dan teman. Keindahan di pantai ini akan memberikan ketenangan bagi pengunjung. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan disini dan aman karena ada pihak penjaga.