Wisata Petik Apel Bumiaji di Kota Batu

Kota Batu tak henti-hentinya menyediakan tempat wisata baru dan unik yang akan membuat masyarakat tidak kehabisan daftar tempat liburan saat waktu libur datang. Salah satunya adalah wisata petik apel Bumiaji. Di sini, Anda bisa merasakan suasana liburan berbeda di kelilingi kebun apel nan lebat.

Wisata Petik Apel Bumiaji

"Wisata

Wisata petik apel Bumiaji ini sebenarnya merupakan sebuah Agro wisata yang dikelola oleh Kelompok Tani Makmur Abadi atau disingkat KTMA. Di kebun ini, Anda bisa melihat berbagai jenis apel tumbuh lebat dan wisatawan pun dapat berkunjung kapanpun mereka mau tanpa harus menunggu musim.

Bahkan, Anda bisa memetik apel sesuka hati dan memakannya di beberapa gazebo yang sudah pengelola sediakan. Saat baru masuk, wisatawan akan diberikan air minum agar tidak terlalu lelah saat melakukan kegiatan wisata di tempat ini. Pastinya liburan menjadi menyenangkan dan tak terlupakan.

Di sini, Anda bisa merasakan kesejukan hawa dan kesegaran apel yang baru saja dipetik. Selain itu, harga tiket masuknya juga sangat terjangkau, bahkan wisatawan hanya membayar beberapa ribu saja untuk bisa merasakan kenikmatan dari buah apel langsung dari kebunnya.

Informasi Umum Wisata Petik Apel Bumiaji

Informasi Umum Wisata petik apel Bumiaji
Source : https://awsimages.detik.net.id/

Sebelum mengunjungi tempat ini, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa informasi tentang tempat wisata petik apel yang terletak di Kecamatan Bumiaji ini. Berikut ulasan lengkapnya!

  • Lokasi wisata: Jl. Diponegoro No.24, Desa Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu.
  • Jam buka: mulai dari pukul 07.00 – 17.00 WIB.
  • Tiket: tiket masuk Rp25.000, jika ingin membawa hasil petikan apel, pengunjung perlu menambah biaya sebesar Rp20.000.

Selain biaya tiket masuk tadi, Anda juga diharuskan untuk membayar parkir. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp4.000 sedangkan roda empat Rp8.000. Oleh karena itu, penting agar wisatawan membawa uang cash lebih agar nanti tidak terjadi kendala.

Rute Perjalanan Wisata Petik Apel Bumiaji

Rute Perjalanan Wisata petik apel Bumiaji
Source : https://asset.kompas.com/

Rute perjalanan menuju tempat wisata ini sangatlah mudah dengan akses jalan yang sudah bagus. Anda bisa melihat arah jalan melalui aplikasi Google Maps dan mengarahkan kendaraan menuju destinasi ini. pengunjung dapat mengambil jalan ke arah Kota Batu lalu ke Jalan Raya Pandanrejo.

Setelah sampai di jalan tersebut dan menemukan pertigaan, ambillah arah ke kanan. Kemudian, telusuri Jalan Brantas hingga ke arah Jl. Raya Tulungrejo dan Anda pun sampai di tempat wisata petik apel Bumiaji ini. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan angkutan umum yang ada.

Dari Terminal Batu, Anda bisa menggunakan angkot berkode BB berwarna merah jambu bergaris hijau. Rute ini dari Kota Batu ke Kecamatan Bumiaji. Pengunjung akan melewati Jl. Dewi Sartika, hingga Jl Brantas dan terakhir menuju ke Binangun Bumiaji.

Syarat Pengunjung Wisata Petik Apel Bumiaji

"Syarat

Saat mengunjungi suatu tempat dengan jumlah orang yang cukup banyak, maka Anda harus memenuhi beberapa syarat untuk bisa masuk. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, semua orang harus mematuhi setiap persyaratan yang ada guna menghindari penyebaran virus covid. Berikut beberapa syarat yang harus terpenuhi, yakni:

  • Wisatawan harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di tempat wisata.
  • Wisatawan wajib memiliki aplikasi PeduliLindungi sebagai bukti telah melakukan vaksinasi.

Selain itu, jangan lupa untuk menyediakan keperluan pribadi, seperti obat-obatan agar nanti tidak terjadi kendala saat melakukan kegiatan liburan tersebut. Pastikan juga memakaikan anak Anda masker sesuai standar kesehatan selama berada di tempat wisata supaya lebih aman serta nyaman.

Fasilitas Wisata Petik Apel Bumiaji

"Fasilitas

Bukan hanya memberikan Anda pemandangan kebun apel lebat, di sini pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan dengan kegiatan outboundnya. Mulai dari Flying fox, airsoft gun, battlem, ATV, high rope game, paintball combat, mini train, dan masih banyak lainnya.

Untuk menikmati itu semua, Anda harus membayar biaya tambahan, yakni sebesar Rp150.000/paket selama 6 jam. Kegiatan itu akan membuat liburan menjadi lebih seru, mengasyikkan, dan tentunya menyenangkan karena semua aktivitas yang tersedia tidak membuat cepat bosan.

Anda juga bisa mengelilingi tempat wisata ini menggunakan mobil wisata dengan membayar biaya tambahan sebesar Rp10.000 saja. Ini akan menjadi destinasi yang cocok untuk berlibur bersama keluarga menikmati suasana sejuk dan pepohonan apel lebat di sekeliling objek wisata.

Jenis Buah Apel di Wisata Petik Apel Bumiaji

"Jenis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di lokasi Petik Apel Bumiaji terdapat cukup banyak jenis apel. Anda bisa mencobanya satu persatu dan menambah pengalaman baru merasakan berbagai jenis buah tersebut secara langsung. Lalu, apa saja jenis-jenisnya? Berikut ulasan lengkap mengenai hal tersebut, yakni:

1. Apel Anna

Jika Anda suka dengan buah apel yang memiliki warna merah di seluruh tubuhnya, mungkin jenis apel anna dapat menjadi solusi. Di tempat wisata ini juga tersedia apel anna yang dapat pengunjung petik dan nikmati secara langsung. Apel ini memiliki cita rasa manis dan juga asam, sehingga perpaduannya pas.

Untuk teksturnya sendiri agak lunak atau seringkali disebut dengan masir. Sedangkan kulitnya sendiri tipis dan memiliki warna merah kadang juga hijau kekuningan. Anda bisa mengenali jenis apel ini dengan mudah karena aromanya sedikit tajam dengan bentuk yang berbeda dari jenis lainnya, yakni trapesium.

2. Apel Green Smith

Jenis selanjutnya yakni Apel Green Smith. Jenis ini identik dengan warna hijaunya yang sangat cerah. Rasanya cukup asam namun memiliki kandungan air banyak, sehingga akan cocok jika Anda olah menjadi jus buah apel. Selain itu, apel ini juga akan membantu menyegarkan tubuh sebab rasa asamnya.

Untuk ciri-cirinya, apel ini memiliki warna kulit hijau dengan bintik-bintik putih di seluruh bagiannya. Jenis ini sulit Anda temukan di Kota Batu saat ini. Oleh karena itu, mengunjungi wisata apel ini akan memberi keuntungan karena dapat mencicipi cita rasa dari apel Green smith sepuasnya tanpa batas.

3. Apel Manalagi

Mangga manalagi adalah salah satu jenis manga yang sangat manis. Apel juga memiliki jenis manalagi. Apel ini memiliki cita rasa manis yang akan membuat Anda puas saat mencicipinya. Apalagi rasa legit yang terasa sangat segar karena pemetikan apel langsung dari pohonnya.

Untuk buahnya sedikit keras, sehingga akan memunculkan tekstur crunchy saat Anda menggigitnya. Selain itu, di dalam jenis apel ini juga terdapat banyak kandungan air dengan aroma yang sangat harum. Ini merupakan apel ciri khas dari kota Malang. Jika mengunjungi tempat ini, pengunjung bisa menikmati apel manalagi sepuasnya sembari berkeliling kebun dan menikmati pemandangan di sekitar.

Itu tadi informasi lengkap berkaitan dengan tempat wisata petik apel Bumiaji yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga saat waktu liburan datang. Kegiatan liburan ini mampu memberi pengalaman baru sebab suasananya asri. Selain itu, pengunjung juga dapat mencoba berbagai jenis apel secara langsung.

 

Tinggalkan komentar