Pemandian Air Sumber Ubalan Kediri: Harga Tiket Masuk, Lokasi dan Spot Menarik

Kediri memang terkenal memiliki banyak sekali objek wisata yang unik dan menarik baik alam atau buatan. Salah satunya adalah Sumber Ubalan. Konon air mata di sekitar wisata pemandian ini berkhasiat untuk membuat tubuh menjadi awet muda.

Wisata Pemandian Sumber Ubalan

Wisata Pemandian Sumber Ubalan
Source : https://1.bp.blogspot.com/

Apabila Anda sedang ingin mencari objek wisata alam yang dapat dikunjungi bersama dengan keluarga dan tempatnya masih asri, maka salah satu opsinya adalah Sumber Ubalan. Wisata pemandian alam ini berada di Desa Jarak Kec. Plosoklaten Kab. Kediri. lokasinya sekitar 12 km dari pusat kota Kediri.

Objek wisata alam satu ini memang sangat menarik untuk Anda kunjungi. Jadi sangat disayangkan jika sedang berkunjung ke Kediri namun tidak mampir ke Sumber Ubalan. Khususnya jika memang senang dengan wisata air atau pemandian yang masih alami, tentu destinasi satu ini sangatlah cocok.

Dulunya, Sumber Ubalan ini hanya sebuah hutan lindung alami saja seluas 10 hektar. Tepat di tengah hutan tersebut ada sumber mata air yakni Telaga Ubalan. Mitos beredar, air tersebut bisa membuat awet muda bagi siapapun yang mandi di sana. Sampai akhirnya kepercayaan ini meluas ke banyak orang.

Informasi Umum Sumber Ubalan

Informasi Umum Sumber Ubalan
Source : https://i0.wp.com/

Dari mitos yang beredar tentang sumber mata air tersebut, akhirnya membuat pemerintah setempat membuka hutan lindung dan beralih fungsi sebagai wisata pemandian alam. Sumber Ubalan akhirnya menarik minat masyarakat untuk datang dan berwisata alam di sana.

1. Fasilitas dan Akomodasi

Objek wisata Sumber Ubalan mempunyai fasilitas penunjang yang cukup lengkap. Pihak pengelola menyediakan sarana tersebut agar pengunjung tetap merasa nyaman. Diantaranya adalah area parkir luar, kamar mandi, mushola, kantin, rumah makan, gazebo serta tempat duduk relatif banyak.

Hotel dan penginapan juga tersedia tidak jauh dari lokasi Sumber Ubalan. Selain itu, objek wisata alam ini masih memiliki pemandangan alam yang masih kental sehingga Anda pun bisa memanfaatkan suasana tersebut sebagai latar belakang berfoto selfie atau dengan keluarga.

2. Hunting Foto Kekinian

Hunting Foto Kekinian
Source : https://assets.ayobandung.com/

Apabila Anda ingin berfoto di Sumber Ubalan bersama keluarga atau sahabat, maka harus tahu beberapa spot menarik di sana. Cobalah untuk mengambil foto di sekitar wahana permainan yang tersedia sebagai objeknya. Bahkan akan terlihat lebih bagus apabila berfoto saat berenang di kolam.

Ada banyak wahana permainan anak yang tersedia di Sumber Ubalan. Oleh karena itu, akan menjadi opsi yang paling tepat apabila Anda mengajak buah hati berlibur ke sini. Pasalnya mereka akan merasa betah bermain di wisata pemandian Ubalan. Kolam renangnya pun juga tersedia untuk dewasa dan anak.

3. Akses Jalan Menuju ke Sumber Ubalan

Bagi Anda yang hendak berkunjung ke Sumber Ubalan, maka harus tahu rute perjalanannya terlebih dahulu. Apabila sedang berada di pusat Kota Kediri, maka bisa melewati Jalan Semeru sebagai rute paling cepatnya. Selanjutnya hanya perlu mengikuti arah jalan untuk bisa sampai ke wisata Ubalan.

Atau opsi lain yakni Anda bisa melewati Jalan Raya Brenggolo atau Carik Grojogan Santi sebagai jalur alternatifnya. Gunakan kendaraan roda dua atau empat menuju ke lokasi wisata Sumber Ubalan tersebut. Selain itu, juga tersedia beberapa angkutan umum apabila tidak menaiki kendaraan pribadi.

4. Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka
Source : https://i0.wp.com/

Harga tiket masuk di Sumber Ubalan pun juga termasuk sangat murah. Baik dewasa maupun anak-anak, Anda harus membayar tiket seharga Rp 5 ribu saja. Jadi bukan masalah lagi apabila ingin mengajak rombongan bersama keluarga untuk berwisata alam di pemandian alami ini.

Untuk jam bukanya, Sumber Ubalan buka mulai jam 8 pagi sampai 7 sore. Apabila ingin berkunjung di hari libur, maka lebih baik berangkat di awal hari saja agar menghindari ramainya pengunjung. Pasalnya objek wisata ini memang sangat ramai didatangi para wisatawan ketika sedang hari libur.

Daftar Wahana Menarik di Sumber Ubalan

Daftar Wahana Menarik di Sumber Ubalan
Source : https://bosniatravel.net/

Tidak hanya sumber air saja, ternyata Sumber Ubalan juga memiliki banyak opsi wahana yang dapat Anda nikmati. Khususnya dengan harga tiket masuk tidak begitu mahal, tentu saja akan terasa menyenangkan apabila bisa mencoba berbagai permainan tersedia di sini.

1. Taman Bermain Anak

Sumber Ubalan menjadi salah satu wisata alam yang cocok bagi anak-anak. Pasalnya di objek wisata satu ini, tersedia banyak sekali jenis permainan menarik untuk mereka coba. Tentu saja akan sangat cocok bagi mereka jika ingin menghabiskan waktu selama liburan sekolah atau libur akhir tahun.

Beberapa contoh permainan yang tersedia antara lain ayunan, komedi putar, jungkat jungkit dan tentunya kolam renang. Anak-anak bisa bermain dengan teman-teman atau orang tua masing-masing agar tetap aman selama berada di taman bermain.

2. Kolam Renang dan Sumber Air Alami

Kolam renang yang tersedia di Sumber Ubalan pun juga ada dua jenis baik untuk dewasa maupun anak-anak. Anda bisa mengajak buah hati apabila ingin berenang dan bermain di sini. Namun tetap awasi mereka selama berenang agar tetap aman meskipun ketinggian kolam renang sesuai bagi anak.

Namun khusus untuk kolam sumber air alami ini, Anda hanya bisa menikmati keindahannya saja. Pasalnya terdapat larangan bagi pengunjung agar tidak boleh berenang di dalamnya. Wisatawan akan melihat berbagai jenis ikan di dalam kolam tersebut sembari bersantai melihat pemandangan sekitar.

3. Kolam Pancing

Kolam Pancing
Source : https://assets.ayobandung.com/

Bagi pengunjung yang memiliki hobi memancing, maka bisa mencoba alat pancing di Sumber Ubalan. Wisata pemandian air ini ternyata juga menyediakan kolam pancing. Anda bisa menemukan berbagai jenis ikan di sini untuk dipancing.

Di lokasi kolam pemancingan ini juga tersedia wahana naik perahu. Apabila Anda tertarik untuk menaikinya, maka bisa membayar Rp 2.500 pada perahu mesin. Sementara jika ingin naik perahu pancal, maka tarifnya adalah Rp 10 ribu dalam satu kali naik yakni pet 15 menit.

4. Tempat Konser, Pementasan dan Rumah Joglo

Sumber Ubalan ternyata sering  menjadi tempat bagi orang-orang untuk mengadakan acara mulai dari rapat besar, perkumpulan komunitas atau acara besar lainnya. Pasalnya pihak pengelola telah menyediakan tempat konser dan pementasan sekaligus rumah joglo khusus pada berbagai jenis acara.

Tidak hanya itu saja, Sumber Ubalan ternyata juga memiliki tempat outbound bagi anak-anak. Tidak heran apabila banyak sekolah tingkat SD dan TK yang memilih wisata pemandian ini sebagai lokasi wisata. Tentunya setiap kali kegiatan ini berlangsung, maka akan didampingi oleh pemandu wisata.

Sumber Ubalan akan menjadi opsi yang paling tepat bagi Anda untuk bisa menikmati keindahan sumber air alami serta pemandangan segar di sekitarnya. Maka dari itu, jangan kebingungan menghabiskan waktu liburan selama di Kota Kediri karena ada banyak sekali pilihannya.

Tinggalkan komentar