20 Rekomendasi Tempat Wisata di Kabupaten Malang Terbaik 2022

Tempat Wisata di Kabupaten Malang – Kabupaten Malang sering menjadi pilihan destinasi wisata di Jawa Timur. Ada banyak sekali tempat wisata yang seru di sini, mulai dari wisata alam hingga wahana-wahana permainan. Untuk Anda yang sedang menghabiskan waktu di kota ini, berikut rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Malang yang bisa Anda kunjungi.

Daftar Isi tampilkan

Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Malang

Tempat Wisata di Kabupaten Malang
Tempat Wisata di Kabupaten Malang

Kabupaten Malang ternyata tak hanya terkenal akan apel malang atau Kota Batunya saja.Kota ini ternyata memiliki banyak sekali tempat wisata menarik yang tak akan pernah habis untuk dikunjungi. Wisata seru yang ada di sini letaknya tak hanya ada di pusat kota saja, lho, tapi sampai ke pesisir selatan!

1. Pantai Teluk Asmara

Pantai ini menjadi salah satu pantai terbaik yang harus Anda kunjungi ketika sedang di Jawa Timur. Pasir putih dengan suara deburan ombak pasti tidak akan pernah gagal membuat mood Anda meningkat.

Hal yang membuatnya menjadi spesial adalah, pantai ini memiliki beberapa pulau kecil seperti di Pulau Raja Ampat. Hal inilah yang membuat Pantai Teluk Asmara disebut dengan Raja Ampatnya Pulau Jawa.

  • Lokasi Pantai Teluk Asmara

Bukan hanya daerah dataran tingginya saja yang membuat Malang menjadi destinasi wisata favorit, tapi juga daerah pesisirnya. Pantai ini berlokasi di Tambak, Sumbermanjing, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Anda bisa menempuh perjalanan selama sekitar 2 jam untuk bisa mencapai ke sini, atau sekitar 80 km perjalanan.

  • Berburu Sunset dan Melihat Keindahan Bawah Laut

Healing ke pantai ini bisa Anda jadikan pilihan. Terutama, jika datang ke sini untuk melihat sunset. Anda akan mendapatkan pemandangan matahari tenggelam yang sangat cantik. Di waktu ini, Anda bisa melihat siluet pulau-pulau kecil yang berbaris rapi.

Seakan belum lengkap, Anda juga bisa melakukan kegiatan snorkeling di sini. Bukan hanya pemandangan di atas airnya saja yang indah, tapi juga kehidupan bawah airnya yang tak kalah cantik. Kegiatan ini tentunya bisa memberikan Anda pengalaman baru yang tak terlupakan.

  • Harga Tiket

Berkunjung ke sini dijamin tidak akan membuat dompet Anda menipis. Anda hanya butuh mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000 saja untuk memasuki area ini. Harga tiket ini berlaku untuk dewasa maupun anak-anak.

2. Flora Wisata San Terra

Flora Wisata San Terra
https://www.instagram.com/nickname17_0/

Tempat wisata di Kabupaten Malang yang satu ini sangat pas untuk Anda para pecinta bunga. Di sini, Anda bisa melihat lebih dari 500 jenis bunga yang berbeda. Jenis dan penataan bunga-bunga di sini sangat unik dan menarik, tentu sangat bisa Anda jadikan latar untuk berfoto.

  • Lokasi Flora Wisata San Terra

Wisata bunga yang satu ini terletak di Jurangjero, Desa Pandesari, Kec. Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk bisa berkunjung ke sini, rutenya sangat mudah dijangkau, Anda bisa mengakses tautan berikut untuk mengetahuinya lebih lanjut https://goo.gl/maps/g9TqHSS3G16SF5KV7.

  • Spot Foto Unik dan Instagrammable

Pemandangan indah taman bunga di sini akan sangat sayang untuk dilewatkan. Anda bisa memilih berbagai spot foto unik dan menarik di sini. Mulai dari bunga-bunga yang digantung rapi, atau taman yang luas dengan warna-warni jenis bunga yang berbeda. Tak hanya itu, di sini juga ada kampung Korea yang menampilkan suasana khas Korea Selatan.

  • Harga Tiket

Selain tempatnya yang unik dan menyenangkan, harga tiket masuk ke sini juga tidak akan membuat kantong Anda jebol. Harga tiket di sini terbilang masih cukup terjangkau. Anda cukup membayar Rp 25.000 (weekday) dan Rp 30.000 (weekend).

3. Hawai Waterpark

Tempat rekreasi apa saja? Tempat wisata yang satu ini sangat cocok Anda kunjungi bersama keluarga. Anak-anak pasti sangat suka bermain di wahana air. Di sini, Anda bisa menikmati banyak wahana air yang jumlahnya mencapai 12. Untuk menikmatinya, Anda tak perlu mengeluarkan uang tambahan lagi.

  • Lokasi Hawai Waterpark

Wahana air yang satu ini berlokasi tak jauh dari exit Tol Singosari, dan aksesnya pun mudah dijangkau. Tepatnya, Hawai Waterpark ini berlokasi di Perum Graha Kencana, Jalan Balearjosari, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat lokasi dari tautan berikut https://g.page/hawaiwaterpark?share

  • Wahana di Hawai Waterpark

Ada banyak sekali wahana seru yang bisa Anda dan keluarga coba di tempat wisata di Kabupaten Malang yang satu ini, tersedia untuk anak-anak maupun dewasa. Untuk Anda pecinta wahana menantang, di sini juga ada beberapa seluncuran yang direkomendasikan khusus untuk Anda.

Jet Coaster Slide, Wailele Slide, Ekolu Slide Dan Waikiki Slide menjadi seluncuran favorit para pengunjung. Datang dan mencoba hiburan yang ada di sini tentunya akan memberikan Anda pengalaman yang tak terlupakan.

  • Jam Operasional dan Harga Tiket

Hawai Waterpark buka mulai pukul 10.00 – 16.00 WIB  dari Senin hingga Minggu. Untuk harga tiket, dibedakan menjadi 2, tiket weekday dan weekend. Untuk weekday sendiri, harganya, yaitu Rp 75 ribu, sedangkan untuk weekend, harganya Rp 100 ribu.

Tiket ini bisa dibeli secara online melalui official website-nya. Di sini, Anda hanya cukup membayar tiket masuk dan bisa mencoba seluruh wahana air tanpa biaya tambahan lagi. Hmm menarik, bukan?

4. Gunung Kawi Malang

Gunung Kawi Malang
https://www.instagram.com/agusalfirdaus/

Rekomendasi selanjutnya, yaitu destinasi wisata Malang bernuansa alam, namanya Lembah Indah Malang. Tempat wisata yang satu ini menjadi salah satu yang harus Anda kunjungi ketika sedang berada di Jawa Timur. Lembah ini berupa hamparan hijau perkebunan yang berada  di Lereng Gunung Kawi.

  • Lokasi Lembah Indah Gunung Kawi

Wisata alam Malang ini berlokasi di Gendogo Balesari, Kecamatan Ngajum, Kab. Malang, Jawa Timur. Akses untuk menuju ke sini terbilang mudah, jika Anda akan datang ke sini dari pusat Kota Malang, Anda bisa menempuh perjalanan selama 1 jam atau 29 km.

Beberapa rute yang bisa Anda gunakan, yaitu via jalan S. Supriadi, Jl. Kolonel Sugiono, atau Jalan Raya Kenongo.

  • Daya Tarik dan Fasilitas

Wisata alam memang tak akan pernah bosan untuk dikunjungi. Lembah Indah Malang merupakan destinasi wisata terbaik untuk memanjakan mata Anda. Hamparan hijau perkebunan dengan sejuknya udara sangat pas untuk Anda yang sedang rehat dari sibuknya aktivitas harian.

Ada banyak daya tarik yang bisa Anda nikmati di sini. Lembah Indah Malang menyediakan penginapan, area outbond, serta yang paling menarik, yaitu glamping. Selain itu, fasilitas pendukung lainnya juga cukup lengkap, misalnya cafe dan resto, mushola, dan spot foto instagramable.

  • Jam Operasional dan Biaya Masuk

Tempat wisata ini buka sejak pukul 07.00 – 21.00 WIB. Harga tiket untuk masuk ke destinasi wisata ini, yaitu Rp 20.000 per orang. Untuk menikmati camping tanpa harus kerepotan mencari spot sendiri, Anda bisa mencoba glamping. Berikut beberapa jenis glamping yang bisa Anda coba.

1. Glamping Dawala

  • Weekday: Rp 600.000
  • Weekend: Rp 750.000

2. Glamping Carani

  • Weekday: Rp 500.000
  • Weekend: Rp 650.000

3. Villa Dipayana

  • Weekday: Rp 1.500.000
  • Weekend: Rp 1.750.000

5. Pujon Kidul Malang

Tempat wisata di Kabupaten Malang yang satu ini menawarkan keindahan alam Malang. Berada di daerah dataran tinggi, Pujon Kidul memiliki pesona keindahannya tersendiri. Soal udara segar dan pemandangan yang memanjakan mata pasti tak perlu ditanyakan lagi. Dan yang pasti, jangan lupa siapkan kamera atau handphone untuk mengabadikan foto-foto menarik di sini.

  • Lokasi Pujon Kidul Malang

Untuk Anda yang tertarik berkunjung ke sini, tempat ini berlokasi di Krajan. Tepatnya di Pujon, Kabupaten Malang. Lokasinya berjarak kurang lebih 30 km dari pusat Kota Malang, Anda bisa menuju ke sini dengan menempuh 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan.

  • Menikmati Berbagai Wahana Seru dan Menarik

Ada banyak sekali hal seru yang dapat Anda coba di sini. Mulai dari mengendarai motor trail yang menantang, atau mencoba ATV melewati rute yang berliku. Atau jika Anda ingin mencoba hal yang lebih santai, seperti menunggang kuda pun ada di sini.

Destinasi wisata yang satu ini sangat direkomedasikan untuk Anda yang akan datang bersama keluarga. Selain pemandangannya yang indah, untuk urusan perut Anda tak perlu khawatir, di sini terdapat cafe untuk nongkrong dengan panorama alam.

  • Harga Tiket Masuk

Untuk bisa berkunjung ke desa wisata ini, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp 12.500 saja. Wisata ini dibuka sejak pukul 8 pagi hingga 5 sore.

6. Candi Singasari

Candi Singasari
https://www.instagram.com/zonasejarah_smawahas/

Bukan hanya wisata alam atau hiburan lainnya, di Malang juga terdapat objek wisata sejarah. Siapa yang tak pernah mendengar Candi Singasari? rasanya candi yang satu ini tercatat dalam buku sejarah yang kita pelajari di sekolah. Di Malang, Anda bisa mempelajari sejarahnya secara langsung.

Candi Singasari bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin mengunjungi berbagai macam objek wisata berbeda di Malang. Selain berwisata Anda juga bisa mendapatkan edukasi di sini.

  • Lokasi Candi Singasari

Candi Singasari bisa Anda kunjungi di Jalan Tunggul Ametung No. 4, Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kab. Malang, Jawa Timur. Jika Anda akan datang berkunjung ke sini dari Pusat Kota Malang, perjalanan bisa Anda tempuh selama 22 menit atau sekitar 10 km menggunakan kendaraan.

  • Berwisata Sambil Belajar Sejarah

Objek wisata ini sangat pas untuk Anda yang menyukai sejarah atau peninggalan-peninggalan kuno. Terdapat berbagai arca dan patung sisa peninggalan Kerajaan Singasari yang diperkirakan ada sejak tahun 1300 masehi di sini.

Tapi, selain melihat peninggalan sejarah, Anda juga bisa mengabadikan foto dengan latar belakang yang indah di sini. Untuk Anda yang senang hunting foto, di sini bisa menjadi lokasi yang menarik.

  • Harga Tiket Masuk

Untuk bisa berkunjung ke sini, Anda hanya akan dikenai biaya sebesar Rp 5.000 saja. Sangat terjangkau, bukan? Objek wisata sejarah ini bisa Anda kunjungi dari pukul 07.30 hingga 16.00. Jangan lupa untuk membawa payung saat berkunjung ke sini di siang hari.

7. Pantai Bajulmati

Malang juga punya pantai yang eksotis, lho, namaya Pantai Bajulmati. Pantai ini menyajikan pemandangan pesisir yang memukau, tak kalah dengan pantai-pantai lainnya. Yang membuat pantai ini menjadi terkenal, yaitu karena di sini terdapat tempat konservasi penyu.

  • Lokasi Pantai Bajulmati

Pantai ini berlokasi di Malang bagian selatan, tepatnya di Desa Gajahrejo, Kec. Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur. Jika Anda memulai perjalanan dari pusat Kota Malang, Anda bisa berkunjung ke sini dengan jarak 57 km atau dalam waktu 2 hingga 3 jam.

Klik tautan berikut untuk mengetahui rute dan detail lokasi https://goo.gl/maps/Tm6eDBsuz53RgaTy7.

  • Tempat Konservasi Penyu di Indonesia

Ternyata Malang tak hanya menarik karena wisata di kotanya saja, tapi di bagian pesisir juga tak kalah cantiknya. Pantai ini menjadi salah satu tempat konservasi penyu yang ada di Indonesia, namanya Bajulmati Sea Turtle Conservation (BSTC).

Di sini, terdapat lebih dari 50 indukan penyu yang dirawat dan dipelihara. Jika Anda datang berkunjung ke sini bertepatan dengan musim menetas, Anda bisa ikut melepas bayi-bayi penyu ke pantai. Hal ini pasti bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

  • Jam Operasional dan Harga Tiket

Bajulmati pantai eksotis di selatan Malang ini buka sejak pukul 05.00 hingga 18.00 WIB. Anda bisa melihat cantiknya matahari terbit dan terbenam di sini. untuk bisa masuk ke area Pantai Bajulmati, dikenakan tarif sebesar Rp 10.000 saja.

8. Pantai Watu Bengkung

Pantai Watu Bengkung
https://www.instagram.com/malang_kekinian/

Selain Bajulmati, terdapat satu lagi pantai di Kabupaten Malang yang tak kalah cantik, namanya Pantai Watu Bengkung. Pantai ini terbilang masih jarang dikunjungi wisatawan, sehingga sangat pas bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata yang tenang dan sepi.

  • Lokasi Pantai Batu Bengkung

Untuk menikmati keindahan pantai Watu Bengkung ini, Anda bisa mengunjunginya di Jl. Jalur Lintas Selatan, Desa Gajahrejo, Kec. Gadengan, Kab. Malang, Jawa Timur. Lokasinya bisa dijangkau menggunakan kendaraan dari pusat Kota Malang selama 2-3 jam atau 65 km.

  • Menikmati Suara Deburan Ombak yang Bikin Tenang

Wisata pantai memang tidak pernah gagal untuk dikunjungi. Seperti Pantai di Malang yang satu ini, yang menawarkan banyak pesona keindahan alam. Anda bisa menikmati cantiknya sunset di sore hari atau berwisata malam dengan mendirikan tenda.

  • Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati pantai ini, Anda perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp 7500. Jika Anda membawa kendaraan, dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000. Kemudian jika Anda akan bermalam di sini, biaya parkir yang dikenakan, yaitu sebesar Rp 10.000.

9. Coban Pelangi

Satu lagi destinasi wisata alam Malang yang wajib Anda kunjungi, yaitu Coban Pelangi. Destinasi wisata yang satu ini menawarkan keindahan alam berupa air terjun tinggi dengan aliran air yang deras. Ditambah lagi dengan hijaunya pepohonan yang mengelilingi, yang akan membuat mood Anda naik seharian.

  • Lokasi Coban Pelangi

Air terjun ini berlokasi di Ds. Gubugklakah, Kec. Poncokusumo, Kab. Malang, Jawa Timur. Coban Pelangi berada dalam kawasan Taman Nasional Tengger Bromo Semeru. Untuk menuju ke sini, rute yang ditempuh tidaklah sulit karena sudah disediakan penunjuk jalan. Jika Anda datang dari Pusat Kota Malang, perjalanan akan ditempuh sekitar 1-2 jam berkendara.

  • Percikan Segar Air Pegunungan

Air terjun ini berada pada ketinggian 1400 mdpl, tak heran udara di sini terbilang sejuk. Untuk air terjunnya sendiri, tingginya mencapai 110 meter. Karena ketinggiannya inilah, percikan kecil air beterbangan di sekitarnya. Ketika terkena sinar matahari, percikan-percikan air itu akan membentuk pelangi. itulah sebabnya, lokasi wisata ini disebut dengan Coban Pelangi.

Destinasi wisata yang satu ini juga lokasinya berdekatan dengan lokasi wisata Malang lainnya. Sehingga, Anda bisa menikmati banyak tempat wisata dalam satu kawasan ini.

  • Tiket Masuk

Anda tak perlu mengeluarkan banyak dana untuk bisa menikmati keindahan alam Kabupaten Malang yang satu ini. Cukup dengan Rp 10.000 per orang ditambah dengan biaya parkir Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

10. Tomboan Ngawonggo

Tempat Wisata di Malang yang satu ini memiliki konsep yang berbeda dengan rekomendasi sebelumnya. Di sini, Anda bisa merasakan suasana pedesaan jawa yang kental, mulai dari tempat sampai makanan-makanan yang disajikan.

  • Lokasi Tomboan Ngawonggo

Destinasi wisata yang satu ini berlokasi di Situs Petirtaan Ngawonggo. Tepatnya, berada di Desa Ngawonggo, Kec. Tajinan, Kab. Malang, Jawa Timur. Jika Anda memulai perjalanan dari pusat Kota Malang, kira-kira membutuhkan waktu sekitar 40 menit atau 19 km. Berikut tautan tempat untuk mengetahui beberapa rutenya https://g.page/Tomboan?share.

  • Serasa Pulang Kampung

Suasana khas alam pedesaan yang hangat dan penuh kesederhanaan bisa membuat pikiran dan perasaan menjadi lebih damai. Suasana ini juga didukung oleh rimbunnya pohon bambu dan rumah-rumah tradisional. Tempat ini cocok Anda kunjungi untuk melepaskan penat karena sibuknya pekerjaan.

Selain suasana alamnya yang menarik, di sini juga tersedia banyak menu makanan yang akan mengingatkan Anda dengan kampung halaman. Mulai dari makanan berat hingga jajanan tradisional. Penyajiannya pun khas, menggunakan perkakas tanah liat dan bambu.

  • Jam Operasional

Tomboan Ngawonggo buka mulai pukul 09.00 hingga 20.00. untuk Hari Jumat, tempat ini buka setelah Dzuhur, sedangkan untuk Hari Kamis Tomboan tidak beroperasi. Jadi, Anda bisa datang berkunjung ke sini di luar Hari Kamis, ya.

Untuk bisa merasakan sensasi alam pedesaan dan sajian lengkap makanan di sini sebelumnya Anda perlu melakukan reservasi terlebih dahulu. Reservasi bisa dilakukan dengan menghubungi Instagram @tomboan.

11. Rafting Kasembon

Rafting Kasembon
https://www.instagram.com/explorekasembon/

Nah, rekomendasi tempat wisata di Malang yang satu ini cocok untuk Anda yang menyenangi kegiatan menantang. Rafting atau arung jeram menjadi salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan bersama teman-teman. Aktivitas seru ini sangat pas untuk mengisi hari libur Anda.

  • Lokasi Rafting Kasembon

Di Malang sendiri, terdapat banyak lokasi untuk mencoba wahana rafting ini, salah satunya di Kasembon. Tepatnya, wisata arung jeram ini berlokasi di Desa Bayem, Kec. Kasembon, Kab. Malang. Lokasi ini berada tepat di wilayah perbatasan Kediri.

Untuk bisa menuju ke sini, butuh waktu sekitar 2 jam dari pusat Kota Malang. Rute yang bisa Anda lalui, yaitu via Batu kemudian Pujon dan Kasembon.

  • Yang Seru dari Rafting Kasembon

Arung jeram ini dilakukan di aliran Sungai Dandang dengan panjang rute 7,5 km. Sepanjang itu, Anda akan melewati beberapa desa, seperti Desa Bayem, Desa Beji Rejo, Desa Sepudak, dan Desa Mangir.

Rafting mungkin menjadi salah satu kegiatan memacu adrenaline yang belum pernah Anda coba. Nah, Rafting Kasembon cocok Anda pilih untuk mencoba sensasi menegangkan menerjang sungai.

  • Harga Rafting Kasembon Terbaru 2021

Untuk mengikuti aktivitas ini, tersedia beberapa paket yang bisa Anda pilih. Berikut di antaranya:

  1. Adventure Trip
  • Jarak: 12,5 km (3-4 jam pengarungan)
  • Lokasi: Sungai Bayem
  • Biaya: Rp 199.000 (min. 10 pax)
  • Fasilitas: welcome drink, guide/skyper, safety equipment, rescue team, insurance, local transport, lunch, coffee break instruktur
  1. Family Trip
  • Jarak: 7,5 km (1,5-2 jam pengarungan)
  • Lokasi: Sungai Bayem
  • Biaya: Rp 175.000 untuk weekday, Rp 195.000 untuk weekend (min. 5 pax)
  • Fasilitas: welcome drink, guide/skyper, safety equipment, rescue team, insurance, local transport, lunch, coffee break, instruktur
  1. Night Rafting
  • Jarak: 7,5 km (1,5-2 jam pengarungan)
  • Lokasi: Sungai Bayem
  • Biaya: Rp 199.000 untuk weekend (min. 20 pax)
  • Fasilitas: welcome drink, guide/skyper, safety equipment, rescue team, insurance, local transport, dinner, coffee break, instruktur

12. Gunung Katu

Beberapa orang biasanya mengunjungi gunung untuk bisa mendapatkan udara segar atau pemandangan yang cantik. Namun, di Gunung Katu Anda bisa mendapatkan pengalaman yang lebih dari itu. Beberapa orang berkunjung ke sini untuk merasakan sensasi yang berbeda.

Bukan hanya pemandangannya yang indah, yang membuat gunung ini menjadi lebih menarik adalah koleksi benda-benda kuno dan mistisnya. Beberapa di antaranya, yaitu fragmen-fragmen batu candi.

  • Lokasi Gunung Katu

Malang seolah tak ada habis-habisnya menyajikan banyak destinasi wisata alam. Jika Anda memiliki kegemaran mendaki gunung, maka gunung yang satu ini patut Anda coba daki. Gunung ini berlokasi di Sumberpang Kidul, Kec. Wagir, Kab. Malang, Jawa Timur.

Dari pusat Kota Malang, dapat ditempuh dalam jarak sekitar 15 km atau sekitar 45 menit berkendara. Untuk mengetahui lokasinya, Anda bisa mengakses tautan berikut https://goo.gl/maps/Wf82aWALpMJ1eT449.

  • Daya Tarik

Tempat Wisata di Malang berikut ini memiliki daya tariknya tersendiri. Pemandangan indah alam pegunungan tentunya menjadi alasan utama untuk berwisata ke gunung. Namun yang spesial dari Gunung Katu adalah, Anda bisa melihat sunrise dari ketinggian 705 m yang dikelilingi pepohonan.

Selain itu, di sini terdapat banyak spot foto unik dan menarik yang cocok menjadi tempat mengabadikan momen. Untuk Anda yang merasa tertantang dengan wahana extreme, Anda juga bisa mencoba wahana ayunan menantang yang Bernama extreme swinger.

  • Harga Tiket

Untuk berkunjung ke sini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak dana. Anda hanya perlu membayar tiket parkir yang harganya tak sampai Rp 10.000. selain itu, untuk bisa menikmati wahana yang ada di sini, biayanya juga sangat terjangkau.

13. Pantai Balekambang

Wisata ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai keindahan alam. Setiap pengunjung nantinya bisa mendapatkan melihat pemandangan pantai menakjubkan. Tidak heran jika sampai saat ini pun masyarakat selalu menjadikannya sebagai pilihan ketika hari libur tiba.

Jika Anda berangkat dari pusat kotanya, maka arah menuju ke pantai hanya sekitar 60 kilometer ke selatan. Dengan begitu, hanya memerlukan waktu sekitar 2 jam perjalanan saja memakai kendaraan pribadi. Terlebih wisata ini sudah ada sejak tahun 1985 sehingga tidak perlu meragukan keindahannya.

  • Lokasi 

Anda bisa mengunjungi pantai ini bersama keluarga di hari libur ataupun hari biasa tepatnya di Jalan Balekambang, Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

  • Harga Tiket Masuk

Anda bisa mengunjungi tempat ini setiap harinya sesuai keinginan. Umumnya jumlah wisatawan semakin banyak saat memasuki akhir pekan. Untuk di hari Senin-Jumat sendiri tiket masuknya sekitar Rp 10.000 sedangkan di Sabtu-Minggu Rp 15.000.

  • Fasilitas yang Tersedia

Pantai Balekambang digadang-gadang termasuk sebagai tempat wisata terbaik yang tidak kalah dengan Tanah Lot di Bali. Tidak heran jika julukannya adalah Tanah Lot Malang. Kawasan ini juga memiliki banyak fasilitas permainan. Mulai dari flying fox, perkemahan, dan lainnya.

Para pengunjung juga dapat berenang di sekitar pantai untuk menikmati kesegaran airnya. Tersedia juga hotel di sekitarnya untuk menginap sehingga sangat cocok menjadi pilihan saat ingin berlibur bersama keluarga dalam waktu beberapa hari.

14. Bukit Nirwana

Termasuk tempat wisata yang berupa area dataran tinggi. Tentu saja menawarkan pemandangan alam sangat luar biasa sehingga cocok bagi Anda saat ingin berlibur bersama orang-orang terdekat setelah lelah beraktivitas di tempat kerja. Suasananya sendiri sangat sejuk dengan area perbukitan menawan.

Anda juga bisa menkmati udara segarnya sambil memesan berbagai jenis kuliner yang tersedia. Soal harganya juga tidak perlu khawatir karena ramah di kantong. Lokasinya sendiri tidak jauh dari area kota sehingga akses menuju tempatnya mudah.

  • Lokasi Bukit Nirwana

Tempat wisata ini dapat Anda kunjungi di Desa Tulungrejo, Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Tentu bisa jadi pilihan tepat apabila Anda dan keluarga ingin berlibur bersama-sama saat berada di Jawa Timur.

  • Harga Tiket Masuk

Soal tiket masuknya sendiri sangat terjangkau, yakni sekitar Rp 10.000 saja per orangnya. Tentunya bisa jadi destinasi wisata keluarga yang sangat direkomendasikan. Pasalnya, Anda sudah bisa menikmati rekreasi bersama-sama tetapi sudah tidak perlu khawatir mengeluarkan banyak uang.

  • Jam Operasional

Apabila Anda ingin berkunjung ke Bukit Nirwana, maka penting untuk memperhatikan jam operasionalnya. Wisata ini sendiri terbuka setiap hari tepatnya pada hari Senin-Jumat mulai pukul 08.00 sampai 19.00 WIB. Kemudian hari Sabtu-Minggu dari jam 08.00 hingga 20.00 WIB.

  • Fasilitas yang Tersedia

Tempat wisata ini dapat Anda nikmati dengan fasilitas lengkap. Pengunjung bisa berkunjung ke area kebun agrowisata sehingga tidak perlu ragu apabila ingin mengajak si kecil. Pasalnya, Bukit Nirwana termasuk sebagai area liburan yang edukatif.

Setiap pengunjung bisa merasakan sendiri nikmatnya suasana alam di tengah-tengah perbukitan yang sangat terjaga keasliannya. Area kebun agrowisatanya sendiri bisa Anda manfaatkan untuk berkemah hingga mencoba melakukan cocok tanam.

15. Kasembon Rafting

Merupakan wisata arung jeram yang termasuk paling populer di Kabupaten Malang. Bernama Kasembon Rafting, para pengunjung nantinya dapat mencoba aktivitas menantang sekaligus memacu adrenalin masing-masing. Untuk menuju lokasi sendiri memerlukan perjalanan cukup jauh sekitar 45 menit dari kota.

Akan tetapi, tentu Anda bisa menjadikannya sebagai destinasi liburan terbaik karena memang keistimewaannya sangat banyak. Area ini juga sudah lama beroperasi tepatnya sejak tahun 2006. Pengunjung nantinya dapat melakukan eksplorasi dengan arus sungai yang cukup menantang.

  • Lokasi Kasembon Rafting

Untuk berkunjung ke tempat ini, Anda hanya memerlukan jarak tempuh sekitar 45 menit dari Kota Malang. Perjalanannya sendiri bisa dilakukan memakai kendaraan pribadi baik itu mobil maupun motor. Adapun lokasinya berada di Desa Bayem, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, Jatim.

  • Harga Tiket Masuk

Wisatawan yang dapat ke tempat ini nantinya dapat melakukan rafting dengan jalur sepanjang 7,5 meter. Adapun durasinya sekitar 2 jam yakni seharga Rp 175.000 sampai dengan Rp 200.000 per paketnya. Untuk pesertanya sendiri paling sedikitnya adalah 5 orang.

Jika Anda tertarik untuk mencobanya, maka pastikan untuk memesannya terlebih dahulu. Selain dapat melakukan rafting, para pengunjung dapat menikmati paket wisata lainnya yang tidak kalah lengkap, seru, serta pastinya menyenangkan.

Seperti flying fox, arum jeram, outbound, sampai point ball. Tentunya setiap paket wisata tersebut memiliki harga yang berbeda-beda. Dengan begitu, Anda hanya perlu menyesuaikannya saja dengan budget masing-masing.

16. Bromo Transit Park

Wisata alam yang ada di Kabupaten Malang memang seperti tidak ada habisnya. Adapun rekomendasi lainnya adalah Bromo Transit Park. Merupakan tempat singgah ketika ingin berkunjung ke Gunung Bromo-Tengger. Lokasinya sendiri masih terbilang baru tetapi memiliki banyak daya tarik.

Anda bisa mengunjunginya bersama orang-orang terdekat saat liburan tiba. Langsung rasakan sendiri kedamaian suasananya layaknya di Ubud, Bali. Tidak heran jika sampai saat ini ada banyak orang menjadikannya destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

  • Lokasi

Anda dapat berkunjung ke wisata ini tepatnya di Dusun Petung Sewu, Desa Duwet, Kecamapan Tumpang, Kabupaten Malang. Nikmati keindahan wisatanya bersama rombongan. Baik itu untuk menikmati suasana alamnya yang masih asri hingga menyantap kuliner khas daerah setempat.

Pengunjung juga bisa menikmati kopi hangat di tengah-tengah suasana sejuk tersebut. Terlebih, sudah ada banyak spot wisata Instagramable sehingga jangan sampai ketinggalan untuk mengabadikan momen bersama di tempat ini.

  • Harga Tiket Masuk

Soal biaya tiket masuknya sendiri termasuk sangat terjangkau. Anda hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp 15.000 per orangnya jika ingin berkunjung pada waktu siang hari. Kemudian jika di malam harinya hanya Rp 5.000 saja.

  • Jam Operasional

Tempat wisata ini sebenarnya berupa area hutan dengan penginapan dan kolam renang. Tentunya Anda bisa berkunjung dengan waktu lebih lama apabila ingin berlibur bersama keluarga. Adapun jam operasionalnya di siang hari mulai 07.00-17.00 WIB dan malamnya pukul 17.00-21.00 WIB.

17. Sumber Sira Putukrejo

Berupa tempat wisata untuk melakukan snorkeling di laut. Tepatnya memanfaatkan kolam air mata. Lokasinya sendiri memiliki jarak tempuh sekitar 21 kilometer dari Kota Malang. Setidaknya pengunjung hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit saja menuju tempatnya.

  • Lokasi

Tempat wisata ini berada di Jalan Sunan Kalijaga I, Putuk Utara, Putukrejo, Kecamatan Godanglegi, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya sendiri sangat sejuk dan asri. Hal tersebut karena air yang tersedia sangat alami sehingga begitu jernih.

  • Harga Tiket Masuk

Tempat ini tentunya wajib untuk Anda kunjungi. Hal tersebut karena biaya tiket masuknya sangat terjangkau yaitu hanya Rp 5.000 saja. Saat sudah sampai di lokasinya, maka para pengunjung akan terpesona dengan kejernihan airnya.

Anda bahkan bisa menikmati panorama dasar kolam dengan biota laut yang masih sangat terjaga dari pencemaran. Oleh karena itu, pastikan tidak lupa membawa kamera kedap air agar bisa mengabadikan momen di dasar kolam tersebut.

  • Jam Operasional

Sebelum datang ke tempat wisatanya, pastikan Anda memahami dahulu jam operasionalnya. Sumber Sira Putukrejo sendiri buka setiap hari sehingga pengunjung bisa datang baik saat weekend maupun weekday. Yaitu mulai dari pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB.

  • Fasilitas yang Tersedia

Pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas yang tersedia. Seperti kamar mandi, hingga tempat penjaja makanan. Dengan begitu, setelah selesai bermain air dan mengarungi sungai dengan panjang mencapai 100 meter, Anda bisa langsung mencicipi hidangan kulinernya.

18. Coban Rondo

Masyarakat kerap menyebutnya dengan julukan Air Terjun Janda. Destinasi wisata ini tentunya sudah sangat populer dan legendaris bahkan sudah ada sejak tahun 1980 silam. Tentu tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Kabupaten Malang.

  • Lokasi

Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini di Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Jika berangkat dari Kota Batu, maka hanya memerlukan jarak tempuh sekitar 12 kilometer saja, sedangkan dari Kota Malang sekitar 20 kilometer.

  • Harga Tiket Masuk

Berkunjung ke daerah Malang tentunya kurang lengkap rasanya apabila masih belum datang ke Coban Rondo. Terlebih soal tiket masuknya sendiri sangat terjangkau. Pada hari biasa biayanya hanya sekitar Rp 35.000 per orang sedangkan hari libur mulai Rp 40.000 per orang.

  • Jam Operasional

Jika Anda berkunjung di hari-hari biasa atau weekday, maka jam operasionalnya mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB. Sedangkan di waktu weekend dari 08.00 pagi hingga 17.00 WIB. Tentu bisa jadi destinasi wisata terbaik untuk menyegarkan pikiran saat musim libur tiba.

  • Keistimewaan Wisata Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo mempunyai banyak daya tarik. Seperti ketinggian air terjun yang mencapai 84 meter. Terdapat pula sumber air yang sangat bersih dan jernih sehingga sangat menyegarkan mata saat memandangnya. Lokasinya juga benar-benar berada di alam menjadikan suasananya begitu menenangkan.

  • Fasilitas yang Tersedia

Tempat wisata ini menawarkan banyak fasilitas sehingga para pengunjung bisa puas menikmati keseruan bersama keluarga. Mulai dari flying fox, outbound, taman labirin, perkemahan, sepeda gunung, hingga area kafe untuk minum kopi atau memesan makanan khasnya.

19. Lembah Indah Malang

Lembah Indah Malang termasuk destinasi wisata terbaik lainnya yang bisa Anda kunjungi di Kabupaten Malang. Untuk menuju lokasi sendiri dapat dinjangkau memakai kendaraan pribadi. Adapun jaraknya dari pusat kota tidaklah jauh yakni hanya sekitar 27 kilometer saja.

Tempat wisata ini memang masih tergolong baru. Akan tetapi, pengelolanya tidak main-main dalam pembangunannya. Terbukti ada banyak fasilitas tersedia sehingga nantinya para pengunjung pun dapat datang untuk berlibur sekaligus menginap di villanya.

  • Lokasi dan Jam Operasional

Kunjungi tempat wisata populer ini di Gendogo, Desa Balesari, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Setiap pengunjung bisa datang ke lokasi tersebut setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 08.00 sampai dengan 17.00. Adapun biaya tiket masuknya hanya sekitar Rp 20.000.

  • Daya Tarik dan Fasilitas yang Tersedia

Lembah Inda Malang menyimpan banyak daya tarik sehingga tidak heran jilka ada banyak wisatawan ingin berkunjung dan menikmati keindahannya. Seperti adanya area kebun sehingga Anda bisa mengajak anak-anak untuk mengenal tanaman. Terdapat juga spot foto Instagramable untuk pecinta fotografi.

Adapun fasilitasnya cukup lengkap. Mulai dari area camping menggunakan tenda biasa, villa, hingga area untuk menikmati makanan dan minuman khasnya. Tentu saja sangat cocok jika menjadikannya sebagai destinasi wisata liburan yang menyenangkan tetapi tetap bisa mengedukasi si kecil.

20. Pantai Tiga Warna

Para pecinta wisata bahari tentunya tidak boleh melewatkan Pantai Tiga Warna. Adapun lokasinya masih dalam kawasan CMC atau Clungup Mangrove Conservation. Tentu sangat tepat jika menjadikannya sebagai destinasi liburan dengan tema edukasi lingkungan.

  • Lokasi

Anda bisa mengunjungi Pantai Tiga Warna tepatnya di Jalan Sendang Biru, Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Untuk waktu operasionalnya sendiri terbuka selama 24 jam sehingga bisa datang kapan saja sesuai kebutuhan dan rencana liburan masing-masing.

  • Harga Tiket Masuk

Perlu Anda ketahui, bahwa ada banyak daya tarik yang ada pada Pantai Tiga Warna. Tidak heran jika banyak orang ingin mengunjunginya juga. Soal harga tiket masuknya sendiri sangat ramah di kantong. Mulai dari Rp 10.000 saja. Jika ingin datang secara berkelompok minimal 10 orang maka pakai jasa pemandu dengan biaya Rp 150.000 saja.

  • Daya Tarik

Sesuai dengan namanya, pantai satu ini memiliki daya tarik cukup banyak. Meski lokasinya berada di kasawasan laut Jawa bagian selatan tetapi ombaknya cukup tenang. Tidak heran jika pengunjung bisa menikmati banyak aktivitas.

Seperti menikmati banana boat, bermain air di bibir pantai, berfoto di spot Instagramable, hingga melakukan snorkeling agar bisa menikmati pemandangan bawah laut yang sangat cantik. Hanya saja wisatawan perlu melakukan aktivitas selama 2 jam saja minimalnya agar kebersihan pantai selalu terjaga.

Semua rekomendasi dari VisitPare.com tentng tempat wisata di Kabupaten Malang tadi bisa menjadi referensi Anda untuk menghabiskan waktu liburan pekan ini. Walaupun pandemi rasanya sudah mereda, tapi jangan lupa tetap memperhatikan protokol kesehatan agar liburan tetap terasa aman dan nyaman.

Tinggalkan komentar